Senin, 30 Desember 2019

Steam Power Plant

Oleh : Prof. Dr. Ir. Danawati HP.



Penemuan Yang menginspirasi :
  1. James Watt saat tidak masuk sekolah dan melewati dapur sebuah kedai kopi yang sedang memasak air, ia mendapati tutup panci yang bergerak-gerak karena mendapatkan tekanan uap dari air yang mendidih. Sehingga disimpulkan bahwa uap air mempunyai tekanan. Sehingga menginspirasinya untuk menciptakan mesin uap.
  2. Penemu berat jenis, berawal dari raja yang ingin membuktikan bahwa mahkotanya ini aseli emas, maka ditanyakanlah kepada ahli kimia untuk membuktikannya. Sambil mencari jawaban ilmiahnya, sang ilmuwan kimia masuk ke dalam bak air yang terisi air penuh saat mandi, sehingga tertumpahlah air setelah badannya masuk. Akhirnya disimpulkan bahwa setiap benda mempunyai massa yang berbeda di dalam sebuah volume yang sama. Sehingga ditemukanlah berat jenis dari emas yang sesuai pula pada mahkota raja.
  3. Thomas Alva Edison menemukan bola lampu, setelah melewati penelitian yang ke 999 kali tapi selalu mengalami kegagalan dalam menemukan kawat yang bisa berpijar saat dialiri listrik. Namun dengan ketekunannya hingga berhasil menemukan lampu yang sangat bermanfaat untuk umat manusia hingga saat ini.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar