Singkronisasi dan Paradigma Perubahan Kurikulum 2013 yang dikonversi menjadi Kurikulum Merdeka
SMKN 1 Mojoanyar
Senin, 11 September 2023
Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Mojoanyar
- Ucapan selamat Bu. Kanti dan Bu. Sri yang telah membimbing siswa mendapatkan juara II ajang lomba di UPN veteran Jatim bidang kimia
 - Selamat kepada pak Indra dalam mengemban amanat Waka sarpras, pengganti pak Agus yang purna
 - Memiliki 4 guru pengajar praktek dan 7 guru penggerak
 - Penilaian kinerja menjalankan tugas dan kwajiban yang baik dengan mengisi masterweb
 
Sambutan mewakili kacabdin, bapak Benny Sujatmiko, SE (Kasubag Tata Usaha)
- Berkeliling dalam pekerjaan lebih afdol
 - Transformasi pendidikan tidak merubah yang dasar, dan mengarah yang lebih baik. Pemikiran dalam jangka panjang dan berkelanjutan
 - Berkualitas dalam kompetensi dasar dan karakter
 - Intervensi asimetris berfokus pada penguatan kelompok yang termarjinalkan
 - Berdampak pada kualitas hasil belajar dan pemerataannya
 - Menghasilkan peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila, bermanfaat di masyarakat selain bermanfaat untuk dirinya sendiri
 - Menciptakan generasi emas mulai saat ini
 - Raport pendidikan dari assessment disandingkan dengan dapodik, dan sarana pendukung.
 - Intervensi kebijakan transformasi untuk peningkatan dan pemerataan mutu
 - Permasalahan implementasi kurikulum merdeka kondisi awal : belum memahami dan proses implementasi, tidak yakin perangkat pembelajarannya memenuhi ketentuan, Implementasi kurmer tidak berjalan optimal atau tidak sesuai harapan.
 - Rencana Program Kerja Cabdin : membuat perencanaan dan rencana aksi, penguatan SDM, Kegiatan Pendampingan, Membimbing dan evaluasi
 - Program Berhasil "jika seluruh pihak terlibat memberikan pengaruh dan dukungan sepenuhnya"
 
Pemateri I : Arini Hidayati, S.Pd.,M.Pd.
(Pengawas Pendidikan SMK Cabdin Mojokerto)
- Apakah kita mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik ?
 - Guru memiliki Seni pengetahuan dalam mendidik - Ki Hajar Dewantara
 - Bayangkan kelas yang saat ini diampu dengan segala keragaman murid-muridnya
 - Apa yang telah anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda ?
 - Apa yang anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran lebih mudah ?
 - Apakah ada perlakuan yang berbeda yang anda lakukan ?
 - Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran untuk mendukung SEMUA murid di kelas kita
 - Mengapa kita melakukan pembelajaran berdiferensiasi ?
 - Guru harus paham capaian dan tujuan pembelajaran
 - Mengetahui dan merespon kebutuhan peserta didik
 - Asesmen Formatif bisa di awal dan tengah pembelajaran
 - The equalizer untuk melihat latar belakang peserta didik
 - Minat dengan CeKJam : cocokan, koneksikan, Jembatani
 - Profil belajar murid : Lingkungan belajar, budaya, gaya belajar, kecerdasan majemuk
 - Mengidentifikasi kebutuhan belajar murid ?
 - Pembelajaran diferensiasi Konten, Proses, Produk.
 - Diferensiasi Konten : menyiapkan materi, memberikan teks yang mudah dibaca, memecah materi menjadi bagian kecil, memberikan topik yang berbeda
 - Diferensiasi Proses : pendampingan, kelompok belajar tambahan, kesempatan murid secara individu atau berkelompok sambil memandunya
 - Diferensiasi produk : pembelajaran yang berbasis proyek
 - Manajemen kelas efektif sesuai kebutuhan dan konteksnya
 - Penilaian berkelanjutan mulai dari sederhana hingga yang kompleks
 - Assessment Sumatif ; perhitungan diakhir pelajaran semester, akhir tahun ajarannya. Digunakan sebagai monitor belajar murid. Memberikan informasi untuk kebutuhan belajar per individu
 - Dilakukan Assessment Formatif : dilakukan secara sederhana, menggunakan berbagai teknik, dilaksanakan pada pembelajaran. Instrumennya berupa lembar evaluasi. Menuliskan konsep refleksi, pelajari yang lebih mendalam, dan bagian yang belum dipahami
 - Assessment Sumatif : dengan lembar observasi, performance, proyek, penugasan, portofolio
 - Assessment untuk SMK : assessment PKL oleh DUDI, Uji kompetensi kejuruan, Ujian Unit Kompetensi
 - P5 tujuan kompeten di bidangnya dan berkarakter Pancasila
 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar