Senin, 11 September 2023

Diklat



Singkronisasi dan Paradigma Perubahan Kurikulum 2013 yang dikonversi menjadi Kurikulum Merdeka

SMKN 1 Mojoanyar

Senin, 11 September 2023

Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Mojoanyar

  • Ucapan selamat Bu. Kanti dan Bu. Sri yang telah membimbing siswa mendapatkan juara II ajang lomba di UPN veteran Jatim bidang kimia
  • Selamat kepada pak Indra dalam mengemban amanat Waka sarpras, pengganti pak Agus yang purna
  • Memiliki 4 guru pengajar praktek dan 7 guru penggerak
  • Penilaian kinerja menjalankan tugas dan kwajiban yang baik dengan mengisi masterweb
Sambutan mewakili kacabdin, bapak Benny Sujatmiko, SE (Kasubag Tata Usaha)
  • Berkeliling dalam pekerjaan lebih afdol
  • Transformasi pendidikan tidak merubah yang dasar, dan mengarah yang lebih baik. Pemikiran dalam jangka panjang dan berkelanjutan
  • Berkualitas dalam kompetensi dasar dan karakter
  • Intervensi asimetris berfokus pada penguatan kelompok yang termarjinalkan
  • Berdampak pada kualitas hasil belajar dan pemerataannya
  • Menghasilkan peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila, bermanfaat di masyarakat selain bermanfaat untuk dirinya sendiri 
  • Menciptakan generasi emas mulai saat ini
  • Raport pendidikan dari assessment disandingkan dengan dapodik, dan sarana pendukung.
  • Intervensi kebijakan transformasi untuk peningkatan dan pemerataan mutu
  • Permasalahan implementasi kurikulum merdeka kondisi awal : belum memahami dan proses implementasi, tidak yakin perangkat pembelajarannya memenuhi ketentuan, Implementasi kurmer tidak berjalan optimal atau tidak sesuai harapan.
  • Rencana Program Kerja Cabdin : membuat perencanaan dan rencana aksi, penguatan SDM, Kegiatan Pendampingan, Membimbing dan evaluasi
  • Program Berhasil "jika seluruh pihak terlibat memberikan pengaruh dan dukungan sepenuhnya"
Pemateri I : Arini Hidayati, S.Pd.,M.Pd.
(Pengawas Pendidikan SMK Cabdin Mojokerto)
  • Apakah kita mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik ?
  • Guru memiliki Seni pengetahuan dalam mendidik - Ki Hajar Dewantara 
  • Bayangkan kelas yang saat ini diampu dengan segala keragaman murid-muridnya
  • Apa yang telah anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda ?
  • Apa yang anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran lebih mudah ?
  • Apakah ada perlakuan yang berbeda yang anda lakukan ? 
  • Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran untuk mendukung SEMUA murid di kelas kita
  • Mengapa kita melakukan pembelajaran berdiferensiasi ?
  • Guru harus paham capaian dan tujuan pembelajaran
  • Mengetahui dan merespon kebutuhan peserta didik
  • Asesmen Formatif bisa di awal dan tengah pembelajaran
  • The equalizer untuk melihat latar belakang peserta didik
  • Minat dengan CeKJam : cocokan, koneksikan, Jembatani
  • Profil belajar murid : Lingkungan belajar, budaya, gaya belajar, kecerdasan majemuk
  • Mengidentifikasi kebutuhan belajar murid ?
  • Pembelajaran diferensiasi Konten, Proses, Produk.
  • Diferensiasi Konten : menyiapkan materi, memberikan teks yang mudah dibaca, memecah materi menjadi bagian kecil, memberikan topik yang berbeda
  • Diferensiasi Proses : pendampingan, kelompok belajar tambahan, kesempatan murid secara individu atau berkelompok sambil memandunya
  • Diferensiasi produk : pembelajaran yang berbasis proyek
  • Manajemen kelas efektif sesuai kebutuhan dan konteksnya
  • Penilaian berkelanjutan mulai dari sederhana hingga yang kompleks 
  • Assessment Sumatif ; perhitungan diakhir pelajaran semester, akhir tahun ajarannya. Digunakan sebagai monitor belajar murid. Memberikan informasi untuk kebutuhan belajar per individu
  • Dilakukan Assessment Formatif : dilakukan secara sederhana, menggunakan berbagai teknik, dilaksanakan pada pembelajaran. Instrumennya berupa lembar evaluasi. Menuliskan konsep refleksi, pelajari yang lebih mendalam, dan bagian yang belum dipahami 
  • Assessment Sumatif : dengan lembar observasi, performance, proyek, penugasan, portofolio
  • Assessment untuk SMK : assessment PKL oleh DUDI, Uji kompetensi kejuruan, Ujian Unit Kompetensi 
  • P5 tujuan kompeten di bidangnya dan berkarakter Pancasila


Tidak ada komentar:

Posting Komentar