Senin, 09 Januari 2023

Refleksi PPL Aksi ke-2

JURNAL REFLEKSI GURU 

Sekolah : SMK Negeri 5 Surabaya 

Mata Pelajaran : Operasi Teknik Kimia 

Materi : Ekstraksi Padat - Cair menggunakan sokhlet

Nama Guru : Onny Fahamsyah 

Kelas : XII KI 2

Tanggal pelaksanaan : 

  1. 03 Januari 2023 bertempat di ruang operasi teknik kimia SMK Negeri 5 Surabaya. Penggunaan ruangan ini terkait diskusi dan desain perencanaan desain proyek 
  2. 05 Januari 2023 bertempat di ruang produk kreatif dan kewirausahaan, karena ruangan terbuka dan luas untuk menguji hasil desain peralatan secara nyata dan terbuka

Persiapan Teknis :

  1. Pengambilan video dengan kamera berjalan mengarah kepada objek, dan kamera diam yang menyorot satu ruangan pembelajaran 
  2. Zoom menggunakan zoom pro sehingga proses sit-in dosen pembimbing dan guru pamong menjadi lebih mudah dengan host teman yang tidak melaksanakan PPG
  3. Mengkomunikasikan jadwal PPL kepada pihak jurusan kimia industri 
  4. Guru menggunakan baju putih berdasi hitam, dan celana hitam saat pelaksanaan PPL

Hasil Video Pertemuan 1 :

https://drive.google.com/file/d/1-_0i2uqCyEu2G2Qf9uVQu2hRnAPLYNCm/view?usp=drivesdk

Hasil Video Pertemuan 2 :

https://drive.google.com/file/d/1-Fo4pVcARq00pJOVVNZLa18y2aAsBAow/view?usp=drivesdk

Bagaimana anda memaknai pengetahuan yang didapatkan pada praktik pembelajaran inovatif hari ini ?

Pengetahuan tentang penyusunan perangkat pembelajaran, mulai dari identifikasi permasalahan tentang Bagaimana meningkatkan keterampilan berfikir HOTS pada peserta didik dengan pemilihan solusi berupa pembelajaran model Project Based Learning dapat diterapkan beserta pemahaman sintak-sintaknya.


Link Materi Pembelajaran :

https://onnyfahamsyah.blogspot.com/2023/01/materi-ekstraksi-padat-cair.html?m=1

Hasil pekerjaan LKPD :

https://drive.google.com/file/d/1QwqnKJpnQtAUCtl9MR8mJsVCOIPh-WfK/view

Hasil Desain alat dan jadwal pelaksanaan 

https://drive.google.com/file/d/1QxdUPHbzfPXRDC6JEwkMcmw2hisd61Jg/view


Presentasi Desain masing-masing kelompok 

Meluruskan bila tidak sesuai konsep




Mengetahui kondisi peserta didiknya dalam ranah kognitif dengan memberikan pretes dan postest setelah pembelajaran


Dari grafik penilaian kognitif dapat disimpulkan adanya kenaikan hasil penilaian setiap siswa dalam mengerjakan soal HOTS

Untuk mengetahui penilaian ranah afektif dan psikomotorik dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung, terkhusus pada kerja kelompok, presentasi desain dan produk alat, dan diskusi tanya jawab

Testimoni dari peserta didik dapat mengetahui observasi kepuasan dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan

Penilaian dari observer guru memberikan gambaran tentang terlaksananya pembelajaran sesuai sintak model PjBL

Observer 1 pertemuan 1

Sambungan Observer 1 pertemuan 1

Observer 1 pertemuan kedua

Sambungan observer 1 pertemuan kedua

Dari testimoni peserta didik dalam refleksi pembelajaran :

  1. Peserta didik merasa tertantang dalam menyelesaikan Project tugas, walaupun mengalami suatu kegagalan tetapi tetap mencoba alternatif lain hingga berhasil
  2. Peserta didik merasa terasah dalam memunculkan kreativitasnya
  3. Saat merangkai peralatan, mereka mengetahui bahwa plat kaleng tidak bisa dilas karena bisa melubanginya, hingga mendapatkan solusi menyambung antar partisi dengan solder listrik
  4. Rangkaian peralatan bisa didesain dari botol plastik dan selang plastik, dengan botol pemanasnya dari botol kaca siswa minuman energi
  5. Pada suatu rangkaian kelompok tertentu, selang produk ekstraksi dari sokhlet ternyata mendapatkan tekanan dari botol pemanas, sehingga terjadi balikan lagi masuk ke sokhlet (kajian teori dari hukum termodinamika, Vapour Liquid Equilibrium - Liquid Liquid Equilibrium)
  6. Secara garis besar, desain produk peralatan peserta didik dapat diimplementasikan di masyarakat umum

Bagaimana perasaan anda selama melaksanakan proses praktik pembelajaran inovatif hari ini ?

Pembelajaran sangat menyenangkan, karena peserta didik mengikutinya dengan antusias

Antusias ini bisa terjadi karena materi, video, dan LKPD dapat tersaji dengan mudah pada web blog guru. Sedangkan semua siswa memiliki gadget beserta paket datanya

Di akhir pembelajaran, peserta didik memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran tersebut menyenangkan dan dapat diterima dengan mudah, maka membuat kepuasan tersendiri pagi guru pengajar 

Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari praktik pembelajaran inovatif anda hari ini ?

Peserta didik hadir tepat waktu

Ketua kelas memimpin doa sebelum dan sesudah Pembelajaran, sebagai pembelajaran dari segi leadership

Bersama-sama berdiri dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai wujud Cinta Tanah Air

Semua Peserta didik membawa gadget beserta paket data di dalamnya, sehingga memudahkan mengakses materi pembelajaran, LKPD, video motivasi, kuis dan angket

Peserta didik aktif dalam diskusi, presentasi, dan tanya jawab 

Ceritakan hal-hal yang dapat menghambat praktik pembelajaran inovatif Anda pada hari ini ?

Bila peserta didik tidak membawa gadget, atau tidak memiliki paket data. maka akan kesulitan mengikuti pembelajaran

Bila ada peserta didik yang tidak masuk, sebetulnya akan menghambat dalam penguasaan materi pembelajaran. Akan tetapi bila rekannya yang masuk mampu mentransformasikan maka tidak menjadi kendala. karena semua materi telah tersaji dalam web blog guru

Apakah pembimbingan yang dilakukan dosen dan guru pamong dalam pengembangan Perangkat pembelajaran menginspirasi dalam melakukan perbaikan ?

Sangat menginspirasi

Terutama dalam pemahaman sintak model pembelajaran PjBL 

Dalam evaluasi pembelajaran, menjadi sarana yang komprehensif untuk menilai capaian pembelajaran dan menjawab permasalahan yang sedang dihadapi

Perangkat pembelajaran yang telah dibimbing selayaknya menjadi referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran lainnya 

Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda melaksanakan praktik pembelajaran inovatif hari ini ?

Setiap awal pembelajaran sebaiknya telah tersaji konten materi lengkap pada web blog guru

Konten web blog dapat lebih disempurnakan setiap waktu, sehingga menjadi literasi digital yang terbuka

Pada saat presentasi kelompok sebaiknya disyuting, agar gesture dan performance-nya menjadi referensi bagi penampilan yang prima saat presentasi di depan kelas

Ceritakan kesimpulan yang Anda dapatkan setelah praktik pembelajaran inovatif hari ini ? 

Pembelajaran inovatif model PjBL ini dapat meningkatkan keterampilan berfikir HOTS peserta didik pada mata pelajaran Operasi Teknik Kimia


Observer 2 pertemuan 1

Sambungan Observer 2 pertemuan 1

Observer 2 pertemuan kedua

Sambungan observer 2 pertemuan kedua


Soal kognitif melalui media Quiziz


Hasil penilaian kognitif media Quiziz 

1 komentar: