Senin, 09 Januari 2023

Dicintai Allah

Merujuk pada pendapat Imam Al Ghazali dalam kitabnya, Minhajul Abidin, ia mengumpulkan empat puluh perkara yang merupakan tanda-tanda seseorang dicintai Allah SWT.

Yakni golongan orang-orang ma'rifat. Dua puluh tanda diantaranya akan diperlihatkan oleh Allah SWT di dunia dan dua puluh tanda berikutnya akan diperlihatkan di akhirat kelak.

Tanda Orang yang Dicintai Allah SWT

Berikut beberapa tanda yang diperlihatkan oleh Allah SWT di dunia:

Tanda Orang yang Dicintai Allah SWT

Berikut beberapa tanda yang diperlihatkan oleh Allah SWT di dunia:

1. Senantiasa berzikir

Orang yang dicintai Allah, akan merasa sanggup berdzikir setiap saat. Dzikir di sini dalam arti sebenarnya, yaitu setiap saat ingat bahwa Allah menyaksikan segala kejadian di dunia dan selalu menghindari dari perbuatan maksiat karena merasa setiap perilakunya selalu diawasi dan ditatap oleh Allah.

2. Dimuliakan oleh Allah

Orang yang dicintai Allah akan diangkat namanya, lalu dimuliakan, kemudian diagungkan oleh Allah. Bagi mereka yang mendapat kemuliaan-Nya, maka bagaimanapun manusia lain melakukan penghinaan, pencacian dan perbuatan negatif lainnya, ia tetap saja harum namanya di dunia.

3. Akan dicintai Allah

Dicintai oleh Allah merupakan buah dari cinta kita terhadap Allah. Keutamaanya, kalau sudah dicintai oleh Allah, maka tidak ada kesulitan yang menyengsarakan kehidupan lahir dan batinnya, karena Allah yang memiliki alam raya ini dan Allah maha tahu akan kebutuhan kita, daripada diri kita sendiri.

Setiap orang yang dicintai Allah, maka segala yang terjadi akan selalu dipahami hikmahnya, ridha dan berbaik sangka kepada-Nya. Sehingga pribadinya selalu merasakan kenikmatan dalam setiap ketentuan-Nya.

4. Allah akan menjadi walinya ketika di dunia

Artinya seorang yang dicintai Allah, maka dalam kehidupan dunia Allah akan menjadi pembela dan pengurusnya. Setiap seluk beluk permasalahan dunia, tidak akan disikapinya dengan perasaan bingung, was-was, stres, pusing, dan sejenisnya. Tapi, ia akan selalu berusaha tenang, tidak pusing dengan masalah itu, karena ia merasa yakin setiap masalah itu diatur oleh Allah.

5. Allah akan menyambung rezekinya

Posisi seorang yang sudah mendapat cinta Allah, maka rezeki orang itu akan dilimpahkan-Nya dari suatu fenomena keadaan dengan tidak susah payah. Artinya, walaupun kelihatannya orang itu bekerja keras, namun kerja kerasnya itu bukan sesuatu yang meletihkannya, melainkan dinikmatinya.

6. Allah menjadi penolongnya

Inilah indahnya orang yang telah dicintai Allah, bahwa pembelaan-Nya akan menyelimuti segala kejadian. Dampaknya, orang seperti ini akan tenang dalam menghadapi setiap keadaan.

Ketenangan ini cukup beralasan dimiliki oleh orang yang dicintai Allah, sebab setiap yang ada di dunia ini mutlak adalah dalam koridor kekuasaan Allah dan tentunya segala sesuatunya takluk kepada apa pun yang dikehendaki-Nya.

Yang jelas, harus diingat bahwa wujud perlindungan dan pertolongan Allah itu, bukan berarti harus terus-menerus berupa suatu kenikmatan. Tapi, adakalanya Allah melindungi orang yang dicintai-Nya dengan jalan ditimpa musibah (lahir).

7. Hatinya penuh ketenteraman

Orang yang mendapat cinta Allah, akan selalu tenang dalam memposisikan setiap keadaan. Baginya sikap tenang akan membuat kita bisa semakin dekat kepada Allah dan doa kita makin mantap kepada-Nya untuk memudahkan urusan.

Lebih dari itu, hati penuh ketenteraman akan membuat hidupnya penuh dengan kebaikan kepada orang lain, meskipun banyak orang lain menghina dan mendzaliminya.

8. Derajatnya menjadi mulia

Orang yang dicintai Allah, maka ia derajatnya menjadi mulia. Pasalnya, Allah mencabut dari hatinya keinginan menghambakan kepada selain Allah.

Justru karena sikap demikian, orang yang dicintai Allah ini memposisikan dunia berikut isinya tidak akan memperbudak dirinya. Hatinya tidak tercuri sedikitpun untuk mengelabui penghambaannya kepada Allah.

9. Diberi kekayaan hati oleh Allah

Perasaan orang yang dicintai Allah, ia tidak akan pernah merasa miskin. Tepatnya, hatinya selalu kaya. Pribadinya, memposisikan orang kaya itu, tidak dengan kekayaan orang lain, karena bagi dia kekayaan orang lain semata-mata kekayaan Allah yang benar-benar Mahakaya.

10. Hatinya dibuat bersih

Dengan kebersihan hati, Allah memudahkan baginya memahami ilmu hikmah yang terbilang sangat susah dan perlu waktu lama bila dipelajari oleh orang lain. Dari kebersihan hati akan berproyeksi pada kebersihan tutur kata, pandangan, dan perilakunya, yang pada akhirnya akan bermuara pada pribadi dan pemikirannya yang bersih.

11. Orang-orang segan dan simpati kepadanya

Keseganan dan kesimpatian dari orang lain itu adalah bukan hasil rekayasa. Bagi orang yang mendapat cinta Allah itu, memiliki keyakinan bahwa segala perilaku kita jelas-jelas membuat Allah suka (sesuai tuntunan-Nya), maka seluruh manusia yang normal, pikiran, dan hatinya, insyaAllah akan suka juga.

Dalam bahasa Imam Al Ghazali, orang-orang yang baik berhimpun untuk menghormatinya, sebaliknya raja-raja dzalim dan musuh akan segan terhadapnya.

12. Orang-orang akan mencintainya

Artinya orang yang mendapat cinta-Nya, maka Allah akan menyirami orang-orang yang menyelimutinya dengan rasa cinta. Dengan kata lain, bukan orang dicintai-Nya yang ingin dicintai oleh orang-orang sekelilingnya, melainkan Allah menggerakkan hati orang-orang itu untuk mencintainya.

13. Hidupnya penuh barokah

Orang yang mendapat cinta-Nya Allah SWT, maka segala perkataan dan perilakunya akan berfokus pada kebarokahan (kebaikan) yang banyak.

Tepatnya, keberadaannya dan apa saja yang ada padanya akan memberikan kebaikan kepada orang lain.

13. Hidupnya penuh barokah

Orang yang mendapat cinta-Nya Allah SWT, maka segala perkataan dan perilakunya akan berfokus pada kebarokahan (kebaikan) yang banyak.

Tepatnya, keberadaannya dan apa saja yang ada padanya akan memberikan kebaikan kepada orang lain.

14. Hewan-hewan takluk kepadanya

Bahwa sesungguhnya semua makhluk yang ada di alam ini bertasbih kepada Allah. Artinya Allah akan menaklukan hewan-hewan kepada orang yang dicintai Allah, sehingga menjadi damai dan bersahabat pada kekasih Allah.

15. Doanya diijabah

Hal ini dikarenakan bagi orang yang telah mendapat cinta Allah itu memiliki keyakinannya sangat bulat. Lagi pula, doanya kekasih Allah ini tidaklah sembarangan, karena biasanya doanya senantiasa merupakan rahmat.

Demikian beberapa tanda dan ciri orang yang dicintai Allah. Semoga kita termasuk ke dalam salah satunya.


Baca artikel detikhikmah, "Ciri Orang yang Dicintai Allah SWT, Dapat Dilihat di Dunia" selengkapnya https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6501954/ciri-orang-yang-dicintai-allah-swt-dapat-dilihat-di-dunia.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar