Senin, 02 Januari 2023

Materi : Ekstraksi Padat Cair

 


TUJUAN PEMBELAJARAN 
Dengan kegiatan diskusi dalam materi ekstraksi padat-cair sokletasi ini diharapkan peserta didik terlibat aktif, disiplin dan tanggung jawab melalui : 
  1. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja ekstraksi padat cair dengan benar 
  2. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menjelaskan desain peralatan ektraksi padat cair dengan benar 
  3. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menganalisis fungsi dan jenis peralatan ekstraksi padat – cair dengan teliti 
  4. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu memutuskan langkah-langkah pengoperasian ekstraksi soklet melalui SOP dengan benar 
  5. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet mampu membandingkan hasil produk ektraksi dengan standar SNI dengan benar 
  6. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menemukan desain mandiri rangkaian peralatan ektraksi padat – cair dari bahan yang ada dengan benar 
  7. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menggabungkan bagian desain rangkaian peralatan ektraksi padat – cair dengan benar 
  8. Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu merangkai peralatan ektraksi padat – cair berdasarkan desain yang telah ditemukan dengan benar

Pretes

Instrumen Penilaian



Video menstimulasi pertanyaan mendasar

Modul Ajar

LKPD

Langkah-langkah kegiatan 

Part 1 :
  1. Lihat dan amati video tentang pengoperasian peralatan ekstraksi soxhlet di youtube dengan link https://youtu.be/NzLwCWk9Qt0 
  2. Berdasarkan video pembelajaran, lihat, amati dan diskusikan dengan kelompokmu. Tentukan alat dan bahan apa saja yang digunakan dalam ekstraksi soxhlet pada video tersebut ! 
  3. Analisisislah jenis dan fungsi peralatan ekstraksi padat-cair pada video pembelajaran yang telah kalian lihat ! Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab soal ini ! 
  4. Setelah melihat & mengamati video tentang pengoperasian peralatan ekstraksi soxhlet, Urutkan & uraikan langkah-langkah pengoperasian peralatan ekstraksi soxhlet pada video tersebut mulai dari preparasi alat dan bahan sampai ekstraksi selesai sesuai siklus yang diminta dengan benar ! 
  5. Rancanglah peralatan ekstraksi dari bahan di sekitar kalian, lalu laksanakan proses pengoperasianya dari bahan alam yang mudah didapatkan, dengan terlebih dahulu guru membagi kelompok peserta didik
Part 2 :
  1. Buatlah prosedur pembuatan alat ekstraksi sesuai keputusan kelompok kalian 
  2. Buatlah jadwal pembuatan alat ekstraksi dari penyiapan bahan baku, proses pembuatan, hingga finishing 
  3. Apa langkah alternatif kalian bila rencana tidak sesuai dengan keputusan kelompok 
  4. Dari desain yang kalian buat, jelaskan alasan kalian memilih desain tersebut

Kemajuan Pelaksanaan Proyek : 
  1. Apa kesulitan yang kalian temui dalam melaksanakan proyek ? 
  2. Berapa luas wadah pelarut yang digunakan 
  3. Berapa luas bidang kontak antara sumber pemanas dengan wadah pelarut ekstraksi 
  4. Berapa tinggi permukaan pelarut dengan bahan ektraksi 
  5. Bagaimana desain pendingin agar uap terkondensasi menjadi cairan kembali 
  6. Apakah desain kalian sudah sesuai dengan prinsip ekstraksi ? 
  7. Menurut kalian, apakah “Jika desain proyek peralatan ekstraksi dapat dibuat dengan baik, maka proses ektraksi dapat berhasil dengan baik pula ?”
  8. Jelaskan kesimpulan kelompok kalian
Part 3 :
  1. Kumpulkan hasil proyek pembuatan alat ekstraksi sederhana kepada gurumu ! 
  2. Jalankan alat ekstraksi yang telah kamu buat sesuai dengan prosedurnya ! 
  3. Lakukan reviw dari alat yang telah kalian buat ! 
  4. Jelaskan pengalaman kalian selama membuat proyek pembuatan alat ekstraksi sederhana tersebut ! 
Evaluasi Produk :
  1. Apakah peralatan yang dihasilkan sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Apakah peralatan tersebut memungkinkan untuk diaplikasikan ?
  3. Apa kelebihan produk peralatan yang telah dibuat
  4. Apa produk peralatan yang telah dibuat dapat menggantikan alat sebenarnya yang sudah ada ?

Post Tes :


link youtube part 1 

sambungan full part 2

video full pertemuan kedua

Edit Vidio pertemuan ke-1 :

Edit Vidio pertemuan ke-2

5 komentar:

  1. Hasil tugas kelompok 3, 12 KI 2:
    Aditya Dewa L.H /04
    Aisyah Dwi Rahma Wati/05
    An Amulloh /09
    Dhoriatus siti aisyah/14
    Luluk chusnul/19
    M.Raul H /21
    Niradiani f. /24
    revanda Aurellia/29
    Tharisha Dhuhita Zabrina/34


    https://drive.google.com/file/d/1QwqnKJpnQtAUCtl9MR8mJsVCOIPh-WfK/view?usp=drivesdk (part 1)

    https://drive.google.com/file/d/1QxdUPHbzfPXRDC6JEwkMcmw2hisd61Jg/view?usp=drivesdk (desain gambar proses ekstraksi sederhana)

    BalasHapus
  2. https://drive.google.com/file/d/19yFydJlHat6dadfPvfrB9gwm99BTZ9fR/view?usp=drivesdk

    https://drive.google.com/file/d/19tvC_9tvnYxJNrpyVhZCxLaP-rzJ4kN7/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  3. https://drive.google.com/file/d/1PDRLX8fNtFfTiUtkksMWniKkLb9tCwB9/view?usp=drivesdk. (vidio)

    https://drive.google.com/file/d/1PIKwbzmkHNg1i28XjbFi7Ognjma7o6WC/view?usp=drivesdk (desain)

    Kelompok 2 ki-2

    BalasHapus
  4. kelompok 4:
    Wildan abdul aziz
    Akbar punggawa
    Arifah
    Fadhilah
    Luluk frista
    Novia
    Rahwanda bima
    Salsabila putri
    https://drive.google.com/file/d/1Cgc1VljXJYV0zKNhN_jZKHSqX4cspnEi/view?usp=drivesdk
    https://drive.google.com/file/d/1CdSakcWURU-JMgU5khdinODp_iLyZIcG/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  5. https://drive.google.com/file/d/1PJMYzr_zx_d9XTFuHbeCbUwoFP3axi85/view?usp=drivesdk. (kel.2)

    https://drive.google.com/file/d/1PJgmDb0iP9_vMbx-JT5s9URRU4EUer4d/view?usp=drivesdk. (kel.2 fto)

    BalasHapus