Selasa, 27 September 2022

INFORMATIKA : Pengurutan (Sorting)


Saat merapikan sesuatu, misalnya koleksi buku, kita menyusun buku tersebut dengan menggunakan suatu aturan. Misalnya, jika kita memiliki koleksi buku cerita berseri, kemungkinan besar kita akan menyusunnya secara berurut dari volume pertama hingga volume yang terbaru. 

Atau, ketika sedang berbaris, kita diminta untuk membentuk barisan berdasarkan tinggi badan. Hal-hal tersebut merupakan sebuah proses pengurutan atau sorting. 

Proses pengurutan akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program komputer atau aplikasi yang sering kita gunakan. 

Pada aktivitas ini, kita akan melihat bagaimana proses pengurutan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi. 

Pelajarilah strateginya! Pengurutan merupakan suatu permasalahan klasik pada komputasi yang dilakukan untuk mengatur agar suatu kelompok benda, objek, atau entitas diletakkan mengikuti aturan tertentu. 

Urutan yang paling sederhana misalnya mengurutkan angka secara terurut menaik atau menurun. Biasanya, masalah pengurutan terdiri atas sekumpulan objek yang disusun secara acak yang harus diurutkan. Setelah itu, secara sistematis, posisi objek diperbaiki dengan melakukan pertukaran posisi dua buah objek. Hal ini dilakukan secara terus-menerus hingga semua posisi objek benar.

Kita dapat membuat angka tersebut terurut menaik dengan melakukan satu kali pertukaran, yaitu dengan menukar nilai 4 dengan nilai 3. Terdapat 2 langkah penting dalam melakukan sebuah pengurutan. 

Langkah pertama ialah melakukan pembandingan. Untuk melakukan pengurutan, dipastikan ada dua buah nilai yang dibandingkan. Pembandingan ini akan menghasilkan bilangan yang lebih besar dari, lebih kecil dari, atau memiliki nilai sama dengan sebuah bilangan lainnya. 

Langkah kedua ialah melakukan penempatan bilangan setelah melakukan pembandingan. Penempatan bilangan ini dilakukan setelah didapatkan bilangan lebih besar atau lebih kecil (bergantung pada pengurutan yang digunakan). 

Terdapat beberapa teknik (algoritma) untuk melakukan pengurutan seperti bubble sort, insertion sort, quick sort, merge sort, dan selection sort. 

Pada unit ini, hanya akan diberikan penjelasan untuk setiap tiga teknik ialah sebagai berikut. Teknik lainnya dapat kalian pelajari dari referensi yang diberikan. 

1. Insertion Sort Insertion Sort adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk permasalahan pengurutan dalam list (daftar objek). 

Sesuai namanya, insertion sort mengurutkan sebuah list dengan cara menyisipkan elemen satu per satu sesuai dengan urutan besar kecilnya elemen hingga semua elemen menjadi list yang terurut. Misalnya, dalam kasus mengurutkan elemen list dari yang terkecil hingga terbesar (ascending), tahap pertama ialah kita akan membaca suatu elemen dengan elemen yang berdekatan. 

Apabila elemen yang berdekatan dengan elemen saat ini lebih kecil, elemen yang lebih kecil akan ditukar dengan elemen yang lebih besar dan dibandingkan kembali dengan elemen-elemen sebelumnya yang sudah terurut. Apabila elemen saat ini sudah lebih besar dari elemen sebelumnya, iterasi berhenti. 

Hal ini dijalankan satu per satu hingga semua list menjadi terurut. 

Ilustrasi Insertion Sort 

Terdapat sebuah deret bilangan seperti berikut: 2, 3, 7, 6, 5 yang direpresentasikan dengan menggunakan kartu. Urutkan bilangan tersebut secara menaik dengan menggunakan algoritma insertion sort.

Proses Iterasi Pertama Langkah pertama, tinjau bilangan kedua, bandingkan bilangan pertama dan kedua, yaitu 2 dan 3. Didapatkan 2 lebih kecil dari 3, maka urutan bilangan tersebut tetap (2,3). 

 (2, 3, 7, 6, 5) menjadi (2, 3, 7, 6, 5)

Proses Iterasi Kedua Pada iterasi selanjutnya, kita mengambil bilangan ketiga, yaitu 7. Lalu bandingkan dengan bilangan sebelumnya. Karena 3 lebih kecil dari 7, urutan tetap. (2, 3, 7, 6, 5) menjadi (2, 3, 7, 6, 5)


Proses Iterasi Ketiga 

Pada iterasi selanjutnya, kita mengambil bilangan keempat, yaitu 6. Lalu, bandingkan dengan bilangan sebelumnya. Didapatkan bahwa 7 lebih besar dari 6. Oleh karena itu, selanjutnya, kita akan membandingkan dengan bilangan-bilangan sebelumnya, lalu menukarnya apabila bilangan tersebut lebih besar. 

Pertama, kita akan membandingkan 6 dan 7. Apakah 6 lebih kecil dari 7? Karena iya, kita akan menukar 6 dengan 7. Lalu, kita akan membandingkan lagi dengan bilangan sebelumnya, yaitu 3. Apakah 6 lebih kecil dari 3? Karena 6 tidak lebih kecil dari 3, maka 6 sudah berada pada posisi yang benar, yaitu sebelum 7 dan setelah 3

Proses memindahkan 6 di antara 3 dan 7 ini biasa disebut penyisipan (insertion) sehingga nama algoritma ini disebut insertion sort. 

(2, 3, 7, 6, 5) menjadi (2, 3, 6, 7, 5)

Proses Iterasi Keempat 

Pada iterasi selanjutnya, kita mengambil bilangan kelima, yaitu 5. Didapatkan bahwa 7 lebih besar dari 5. Oleh karena itu, selanjutnya, kita akan membandingkan dengan bilangan-bilangan sebelumnya, lalu menukarnya apabila bilangan tersebut lebih besar. Pertama, kita akan membandingkan 5 dan 6. Apakah 5 lebih kecil dari 6? Karena iya, kita akan menukar 5 dengan 6. Setelah itu, kita akan mengecek dengan bilangan sebelumnya lagi, yaitu 3. Apakah 5 lebih kecil dari 3? Karena 5 tidak lebih kecil dari 3, maka 5 sudah pada posisi seharusnya, yaitu setelah 3 dan sebelum 6. Terjadi lagi proses penyisipan kartu 5 di antara 3 dan 6. 

(2, 3, 6, 7, 5) menjadi (2, 3, 5, 6, 7) 



Apa yang kalian diskusikan? 

Setelah bermain, saatnya memikirkan permainan tersebut dan cara kalian bermain. Beberapa poin yang penting untuk didiskusikan seperti berikut. 

    1. Apakah permainan tadi merupakan masalah pengurutan? 
    2. Strategi pengurutan seperti apa yang kalian lakukan untuk melakukan pengecekan dan pertukaran sesedikit mungkin? 
    3. Apakah strategi kalian berbeda dengan strategi yang dilakukan oleh teman kalian? Jika berbeda, apa perbedaannya? 
    4. Strategi paling bagus apa yang dapat kalian temukan untuk mengurutkan dengan banyaknya pertukaran paling sedikit? 
    5. Adakah kondisi yang membuat kalian melakukan banyak sekali pertukaran untuk mengurutkan kartu secara menaik?
REFERENSI :
Mushthofa, dkk.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM PERBUKUAN 

Kuis :

Kirimkan pada kolom komentar :
Nama
Kelas
No. Absen
Nilai 


88 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : Vellix Ardiansyach
    Kelas : X KA 2
    No absen : 34
    Jawaban soal :
    1. Ya
    2. Insertion sort
    3. Ya, perbedaan nya terletak pada caranya saya memakai cara mengecek satu-satu dan membandingkan nya sedangkan teman saya menggunakan cara membandingkan 1 angka terbesar dengan angka yang lainnya
    4. Insertion sort
    5. Ada yaitu banyaknya kartu

    BalasHapus
  3. Nama : Fikri Ardiyansah Hidayat
    Kelas : X KA 2
    No absen : 06
    Jawaban
    1. Iya, karena permainan tadi menurutku angka dalam kartu remi
    2. Dengan algoritma Insertion sort
    3. Belum tentu,karena bisa jadi strategi teman kita sama/berbeda dengan kita
    4. Algoritma insertion sort
    5. Ada, yaitu dengan melihat jumlah / banyaknya kartu

    BalasHapus
  4. Nama:Riva Achmad Dani Zakariya
    Absen:28
    Kelas: X-KA-2
    1.iya,karena dari awal angka2 yang ada pada kartu Remi tidak berurutan
    2.dengan cara membandingkan angka terkecil hingga terbesar semua angka yg tersedia
    3.tidak,karena cara yg kami lakukan adalah cara paling cepat dan efektif
    4.dengan cara membandingkan bilangan terbesar hingga terkecil
    5.tidak ada,karena saya sudah menemukan cara paling cepat dan efektif dalam permainan tersebut

    BalasHapus
  5. Nama: Lailatul Fadhila
    Kelas: X-KA 2
    No absen: 14

    1. Iya
    2. Mengecek urutan yang tertukar/ salah penempatan kemudian memindahkan ke tempat yg benar
    3.iya, berbeda dalam memindahkan kartu yg salah
    4.hanya memindahkan bagian yg salah/tertukar agar memindahkan lebih sedikit kartu
    5.ada karena penempatan kartu yang acak

    BalasHapus
  6. Nama: Satria Pratama
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 30
    Jawaban:
    1.iya mengurutkan angka dari yang terkecil ke terbesar
    2.proses iterasi keempat
    3.berbeda karena saya menggunakan cara membandingkan 1 angka terbesar dengan angka lainnya teman saya memakai cara mengecek satu-satu dan membandingkannya
    4.iterasi keempat
    5.ada yaitu banyaknya kartu

    BalasHapus
  7. Nama : Intan Zakiyah Nandriyanti
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 12
    Jawaban :
    1. Iya
    2. Strategi perbandingan
    3. Sama
    4. Strategi perbandingan, agar kesempatan pengurutan bisa menjadi lebih sedikitpun
    5. Ada, yaitu saat proses pembandingan angka yang sedikit kurang teliti atau kurang tepat, maka semakin banyak kesempatan percobaan yang digunakan

    BalasHapus
  8. Nama : Shafa Nayla S
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 31

    Jawaban:
    1. Iya
    2. Dengan menggunakan algoritma selection sort
    3. Caranya berbeda
    4. Yaitu dengan menggunakan strategi pertukaran selection sort
    5. Ada,yaitu dikarenakan banyaknya kartu yang teracak sehingga membutuhkan penukaran kartu yang lebih banyak

    BalasHapus
  9. Nama : Yoga pratama Mardiyanto
    Kelas : X - KA 2
    Absen : 35

    1. Iya
    2. Dengan membandingkan angka terkecil dan terbesar
    3. Cara yang kami gunakan sama, yaitu mengecek angka dan membandingkan angka mulai dari kecil ke besar
    4. Teknik Selection Sort
    5. Ada, sesuai dengan jumlah kartu

    BalasHapus
  10. Nama: Ibrahim Ramzi Zaaidan
    Kelas: X-KA 2
    No. Absen: 09
    Nilai: 100

    BalasHapus
  11. Nama : Vellix Ardiansyach
    Kelas : X KA 2
    No absen : 33
    Nilai : 100

    BalasHapus
  12. Nama : Fikri Ardiyansah Hidayah
    Kelas : X KA 2
    No. Absen : 05
    Nilai : 100

    BalasHapus
  13. Mivthakhul RahmaDhani5 Oktober 2022 pukul 09.50

    Nama: Mivthakhul RahmaDhani
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 21
    Nilai: 90

    BalasHapus
  14. Nama : Salman al farisi
    Kelas : X KA 2
    Absen : 29
    Nilai : 100

    BalasHapus
  15. Nama : zaky ahmad yassar
    Kelas : X KA 2
    Absen : 35
    Nilai : 100

    BalasHapus
  16. Nama : Mevia Dwi Agustina
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 20
    Nilai : 95

    BalasHapus
  17. Nama : Shafa Nayla S
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 30
    Nilai : 100

    BalasHapus
  18. Nama: Lailatul Fadhila
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 13
    Nilai: 95

    BalasHapus
  19. Nama : Amalia Rizka Shabirah
    Kelas : X - KA 2
    No. Absen : 01
    Nilai : 100

    BalasHapus
  20. Nama: Najwa Azilla Hariyanto
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 23
    Nilai: 100

    BalasHapus
  21. Nama : Intan Zakiyah Nandriyanti
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 11
    Nilai : 100

    BalasHapus
  22. nama : Hendro Nugroho
    kelas : X-KA2
    ABSEN : 8
    NILAI : 100

    BalasHapus
  23. Nayla aulia ramadani5 Oktober 2022 pukul 10.39

    Nama: Nayla aulia ramadani
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 25
    Nilai: 100

    BalasHapus
  24. Nama: Marta laraswati
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 19
    Nilai: 100

    BalasHapus
  25. Nama: Elga Anastasya Putri Faizah
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 03
    Nilai: 100

    BalasHapus
  26. Nama : Ghaniyandra Mirza Izzati
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 06
    Nilai : 100

    BalasHapus
  27. Nama : Leandhira Khalila P
    Kelas : X - KA 2
    No Absen : 14
    Nilai : 100

    BalasHapus
  28. Nama : Natasya Kinamai Ramadhani
    Kelas : X - KA 2
    Absen : 24
    Nilai : 100

    BalasHapus
  29. Nama : love joy irine
    Kelas : X-KA2
    No absen : 15
    Nilai : 100

    BalasHapus
  30. Nama: Satria Pratama
    Kelas: X-KA 2
    Absen: 29
    Nilai: 95

    BalasHapus
  31. Nama: indah dwi rosdiana
    Kelas/jurusan:X/ka2
    Absen: 10
    Nilai:100

    BalasHapus
  32. Nama : Yoga pratama mardiyanto
    kelas : X - KA 2
    Absen : 34
    Nilai : 100

    BalasHapus
  33. Nama : kayla aurellia natasya
    Kelas : X-KA2
    Absen : 12
    Nilai : 100

    BalasHapus
  34. Nama : Sherin Dwi Cahyani
    Kelas : X - KA 2
    Absen : 31
    Nilai : 100

    BalasHapus
  35. Nama: Nabila arien Pramitha
    Kelas: X-KA 2
    No absen: 22
    Nilai: 100

    BalasHapus
  36. Nama : Marcela Gunawan
    Kelas : X KA 2
    Absen : 18
    Nilai : 100

    BalasHapus
  37. Nama : M Raffi Bagas Agastha
    Kelas : X KA 2
    Absen : 16
    Nilai : 100

    BalasHapus
  38. Nama : Sisca Anggreani
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 33
    Nilai : 100

    BalasHapus
  39. Nama: Atha Rafi Risqulloh
    Kelas : X-KA 1
    Absen : 20

    1.iya
    2.Teknik selection sort
    3.Tidak ,trategi saya dgn teman saya sama
    4.Strategi paling bagus yang saya temukan dalam mengurutkan pertukaran paling sedikit adalah 'Selection sort' Sebab kartu yang sdh terbuka bisa ditempatkan pada susunan sudah berurut
    5.Ada ,ketika kartu tidak ada yang urut sama sekali dan susunan nya teracak, membutuhkan pertukaran kartu yang lebih banyak

    BalasHapus
  40. nama: indah nurlaili agustin
    kelas: X KA-1
    No. absen: 34
    nilai: 100

    BalasHapus
  41. Nama: Clarissa Nadine Afelia
    Kelas: 10 KA 1
    No. Absen: 26
    Nilai: 100

    BalasHapus
  42. nama: Nazwa Keyla Tabitha
    kelas: X-KA 1
    no.absen: 36
    nilai: 100

    BalasHapus
  43. nama : chelsea moniue earlyanda
    kelas ; X KA 1
    no 24
    nilai 100

    BalasHapus
  44. Nama: Atha Rafi Risqulloh
    Kelas/Absen: X-KA 1/20
    Nilai: 100

    BalasHapus
  45. Nama: devina raihanun faradillah
    Kelas: X KA 1
    Absen: 28
    Nilai: 100

    BalasHapus
  46. Nama: Alifia Widya Pratiwi
    Kelas: X-KA1
    No. Absen: 11
    Nilai: 100

    BalasHapus
  47. Nama : Alif Bachtiar Pramusinto
    Kelas : X-KA1
    No Absen : 10
    Nilai : 100

    BalasHapus
  48. Nama : Ahmad Aditya Hanung Permana
    Kelas : X-KA1
    No Absen : 06
    Nilai : 100

    BalasHapus
  49. NAMA: Amelia dwi aprilianti
    KELAS: X-KA 1
    ABSEN: 13
    NILAI: 100

    BalasHapus
  50. Nama : Antonius Jolanda Saputra
    Kelas : X KA 1
    Absen : 18
    Nilai : 100

    BalasHapus
  51. Nama: Diandra Ilham Wiyoko
    Kelas: X-KA 1
    No absen: 31
    Nilai: 100

    BalasHapus
  52. Nama: Ibrahim Fairuz Islam
    Kelas: X-KA 1
    No absen: 33
    Nilai: 100

    BalasHapus
  53. Nama: Ammar Hanifan
    Kelas: X-KA 1
    No absen: 14
    Nilai: 100

    BalasHapus
  54. Nama: Cevin Ararya A.P
    Kelas: X-KA 1
    No absen: 22
    Nilai: 100

    BalasHapus
  55. nama : charissa vania maliong
    kelas : x - ka 1
    absen : 23
    nilai : 100

    BalasHapus
  56. Nama : Achmad Nurul Mubin Habibi
    Kelas : X-KA 1
    No. Absen : 02
    Nilai : 100

    BalasHapus
  57. Nama: ADRIAN SYAWAL DWI SAPUTRA
    Kelas: X KA 1
    Absen: 05
    Nilai: 100

    BalasHapus
  58. Nama: Ajeng Dara Aulia
    Kelas: X KA 1
    Absen: 09
    nilai: 100

    BalasHapus
  59. Nama: Aivy Chandra Zakiffa
    Kelas: X KA 1
    Absen: 08
    Nilai: 100

    BalasHapus
  60. Nama : Dayu Ismi Pramesti
    Kelas : X KA - 1
    Absen : 27
    Nilai : 100

    BalasHapus
  61. Nama : Aditya Rizky Alamsyah
    Kelas : X KA 1
    Absen : 4
    Nilai : 100

    BalasHapus
  62. NAMA : ANAS TASYA PUTRI
    KELAS : X KA 1
    NO. ABSEN : 15
    NILAI : 100

    BalasHapus
  63. NAMA : FARIHA ROSADAH
    KELAS : X KA 1
    ABSEN : 32
    NILAI : 100

    BalasHapus
  64. Nama : ALIYA ZULISTIN YUMNA
    Kelas : X - KA 1
    Absen : 12
    Nilai : 100

    BalasHapus
  65. Nama : Aisyah Putri Agung
    Kelas : X – KA 1
    Absen : 07
    Nilai : 100

    BalasHapus
  66. Nama: Citra Divani Putri
    Kelas: X KA 1
    No absen: 25
    Nilai: 100

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. NAMA : ANNISA CAMALIA
    KELAS : X-KA 1
    ABSEN : 17
    NILAI : 100

    BalasHapus
  69. Nama : Abidah Putri Ardelia
    Kelas : X - KA 1
    Absen : 01
    Nilai : 100

    BalasHapus
  70. Nama : Dhini Afrillia
    Kelas : X KA 1
    Absen : 29
    Nilai : 100

    BalasHapus
  71. Nama : Diajeng Puspita R
    Kelas : X - KA 1 ( 30 )
    Nilai : 100

    BalasHapus
  72. Nama : Anindita Fahrezi
    Kelas : X KA 1
    Absen : 16
    Nilai : 100

    BalasHapus
  73. Nama : Nayzilla Aurelia Putri
    Kelas : X KA 2
    Absen : 26
    Nilai : 100

    BalasHapus
  74. nama: indah dwi rosdiana
    kelas :X-ka 2
    absen:11
    Jawaban :
    1. Iya
    2. Strategi perbandingan
    3. Sama
    4. Strategi perbandingan, agar kesempatan pengurutan bisa menjadi lebih sedikitpun
    5. Ada, yaitu saat proses pembandingan angka yang sedikit kurang teliti atau kurang tepat, maka semakin banyak kesempatan percobaan yang digunakan

    BalasHapus
  75. Nama : Achsya Salwa S.W
    Kelas : X KA-1
    No.Absen : 03
    Nilai 100

    BalasHapus

  76. Nama: Ajeng Dara Aulia
    Kelas: X KA 1
    Absen: 09
    1. Ya
    2. Selection sort
    3. Tidak tau, mungkin bisa sama, sama-sama mengecek lalu mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar
    4. Menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  77. Nama : Intan Safira Putri Effendi
    Kelas : X-KA 1 /35
    Nilai : 100

    BalasHapus
  78. Nama : Charissa Vania M
    Kelas : X - KA 1 / 23

    1. Ya
    2. Selection sort
    3. Tidak tau, mungkin bisa sama, sama-sama mengecek lalu mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar
    4. Menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  79. Nama : Intan Safira Putri Effendi
    Kelas : X-KA 1/35
    Jawaban:
    1. Ya
    2. Selection sort
    3. Tidak tau, mungkin bisa sama, sama-sama mengecek lalu mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar
    4. Menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  80. Nama: Clarissa Nadine Afelia
    Kelas: X KA 1
    Absen: 26
    1. Iya
    2. Selection sort
    3. Strategi yang dilakukan teman sebelah saya
    4. Dengan menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  81. Nama : Aliya Zulistin Yumna
    Kelas : X - KA 1
    Absen : 12

    Jawaban :
    1. Ya
    2. Selection sort
    3. Tidak tau, mungkin bisa sama, sama-sama mengecek lalu mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar
    4. Menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  82. nama: indah nurlaili agustin
    kelas: x ka 1
    no. absen: 34
    jawaban:
    1. Iya
    2. Selection sort
    3. Strategi yang dilakukan teman sebelah saya
    4. Dengan menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  83. Nama : Dayu Ismi Pramesti
    Kelas : X-KA 1
    Absen: 27

    1. Ya
    2. Selection sort
    3. Tidak tau, mungkin bisa sama, sama-sama mengecek lalu mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar
    4. Menggunakan strategi Selection sort
    5. Ada, jika kartu banyak dan tidak urut sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama

    BalasHapus
  84. Nama : Intan Safira Putri Effendi
    Kelas : X-KA 1/35
    Nilai : 100

    BalasHapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Nama : Hana Crysanta
    Kelas : X-KA 2
    Absen : 07
    Jawaban :
    1. Ya
    2. Strategi perbandingan
    3. Strategi sama
    4. Strategi perbandingan, agar kesempatan pengurutan bisa menjadi lebih sedikitpun
    5. Ada, yaitu saat proses pembandingan angka yang sedikit kurang teliti atau kurang tepat, maka semakin banyak kesempatan percobaan yang digunakan

    BalasHapus