Jumat, 11 Oktober 2019

MANAJEMEN ORGANISASI

Menurut Koontz dan O. Donnel, manajemen organisasi adalah semua aktivitas organisasi yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), dan mengawasi (Controlling).
Tujuan utama organizational management untuk mencapai apa yang diinginkan oleh organisasi tersebut dengan cara seefisien mungkin.

Sehingga dalam jangka panjang dapat menjamin keuntungan organisasi, dengan cara :
  1. Membentuk koordinasi yang baik antar divisi maupun individu
  2. Membentuk kinerja sumber daya yang lebih efektif melalui pemberian rasa aman dan kesatuan diantara anggota
  3. Menciptakan suasana lingkungan yang damai dan positif
  4. Mendorong aktivitas dengan rasa tanggung jawab
  5. Mencapai tujuan utama organisasi dengan cara-cara yang paling efisien melalui pembentukan karakter sumber daya

Manajemen organisasi memiliki beberapa fungsi berikut yang harus diterapkan dalam organisasi :
Fungsi Perencanaan (Planning)


Manajer akan bertindak untuk merencanakan dan mempersiapkan kegiatan organsasi yang berkaitan dengan sumber daya. Ini akan menjadi langkah penting untuk menentukan keputusan seperti apa yang akan diambil di masa depan sehingga dapat menghindari kebingungan. Secara teknis perencanaan bisa dilakukan melalui koordinasi dalam rapat yang membahas terkait rencana kerja dan angarannya.

Fungsi Pengorganisasian (Organizing)


Dalam fungsi ini, pimpinan diharuskan membuat kebijakan terbaik terkait penggunaan sumber daya. Fungsinya adalah untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dari anggotanya. Sebagai contoh, jika organisasi memiliki kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kaderisasi, maka pemilihan sumber daya untuk kegiatan tersebut harus dipilih dari divisi yang menangani pengkaderan

Fungsi Kepegawaian (Staffing)


Suatu organisasi harus memiliki management yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi tersebut. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat juga akan memberikan sumbangsih yang besar pada organisasi

Fungsi Pengarahan (Lead)


Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa seorang manajer berperan untuk mengarahkan anggota tim sesuai target yang jelas. Fungsinya adalah supaya sumber daya bekerja dengan arah yang benar sesuai dengan tujuan organisasi

Fungsi Kontrol (Controling)


Selain itu manajer juga harus berperan sebagai pengendali terhadap setiap kegiatan yang melibatkan sumber daya. Jika terjadi tindakan-tindakan yang bisa merugikan perusahaan yang dilakukan oleh salah seorang maupun tim perusahaan, maka manajer berhak untuk mengambil keputusan terkait hal tersebut.

Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)


Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini berkaitan dengan cara kerja anggota yang tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.

Fungsi Motivasi (Motivation)


Manajemen organisasi juga berperan penting dalam memberikan motivasi kepada anggotanya. Dengan adanya motivasi tersebut maka para anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.
Cara memberikan motivasi adalah dengan memberikan penghargaan atas kinerja yang baik dari anggota, baik itu dalam bentuk piagam tertulis ataupun dalam bentuk ucapan.

Tugas dikerjakan setelah LDKS selesai, pada postingan komentar di bawah ini.
Tulis nama dan Kelas :
  1. Uraikan tentang OSIS SMKN 5 Surabaya yang kamu ketahui ?
  2. Apa kontribusi yang bisa kamu berikan untuk OSIS SMKN 5 Surabaya
  3. Berikan ide kreatif untuk OSIS SMKN 5 Surabaya lebih berprestasi

1 komentar:

  1. Tugas dikerjakan setelah LDKS selesai, pada postingan komentar di bawah ini.
    Tulis nama dan Kelas :

    1. Uraikan tentang OSIS SMKN 5 Surabaya yang kamu ketahui ?
    2. Apa kontribusi yang bisa kamu berikan untuk OSIS SMKN 5 Surabaya
    3. Berikan ide kreatif untuk OSIS SMKN 5 Surabaya lebih berprestasi

    BalasHapus