Jumat, 04 November 2022

IDENTIFIKASI MASALAH

  1. Peserta didik masih memiliki semangat belajar yang rendah, terbukti ada yang ketinggalan banyak tagihan laporan hasil praktikum
  2. Kemampuan dasar Matematika masih rendah, perhitungan pecahan dan desimal mengalami kesulitan
  3. Peserta didik kesulitan dalam menghafal unsur-unsur kimia, nama-nama alat laboratorium
  4. Belum maksimal memanfaatkan perpustakaan sekolah ataupun ruang baca, buku yang dipinjamkan ke masing-masing siswa tidak banyak yang membacanya

Analisis identifikasi masalah

  1. Peserta didik tidak semangat dan aktif mengikuti pembelajaran dan kebanyakan diam saat ditanya kembali tentang materi yang dipelajari, saat apersepsi banyak yang lupa terhadap materi / praktikum sebelumnya
  2. Peserta didik tidak banyak berlatih dengan teman atau mandiri untuk mengulang pelajaran, memasukan angka pada rumus perhitungan masih salah disertai satuan-satuannya, sekaligus cara perhitungan perkalian dan pembagian pecahan
  3. Peserta didik masih belum hapal ujian lisan dalam menyebutkan unsur-unsur dan peralatan laboratorium
  4. Perpustakaan dan ruang baca sepi dari kunjungan siswa, bergitu juga buku yang dipinjamkan ke pribadi siswa terlihat masih rapi (seperti tidak pernah dibaca)
  5. Siswa kurang memiliki rasa peduli atau komitmen terhadap tugas yang diberikan
  6. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru ketika pembelajaran
  7. Selalu berupaya mencontek hasil pekerjaan siswa lain dalam menyelesaikan tugas
  8. Siswa kurang memiliki dorongan rasa ingin tahu yang tinggi


JENIS MASALAH

Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi GURU

Masalah yang diidentifikasikan

  1. Masih ada siswa kelas V yang belum bisa perkalian dasar dengan lancar
  2. Masih ada siswa kelas V yang masih belum lancar membaca

 Analisis identifikasi masalah

  1. Peserta didik tidak aktif mengulang pelajaran atau mengikuti les/ bimbel
  2. Peserta didik tidak berlatih membaca untuk mengulang materi dan lebih memilih bermain. 


Jenis permasalahan

Membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.


Masalah yang diidentifikasikan

Hubungan komunikasi antar guru dan orangtua peserta didik terkait pembelajaran masih kurang dan terbatas

 Analisis identifikasi masalah

  1. Orangtua yang sibuk bekerja dan kurang memperhatikan pola belajar anaknya
  2. Beberapa orangtua tidak hadir saat diundang oleh sekolah
Alam komunitas belajar berbasis proyek yang efektif
dapat dituliskan sebagai berikut.
a. Rancang, kelola, awasi dan perbaiki proyek, dan
pemecahan masalah yang dibangun oleh mereka
sendiri.
b. Bekerja secara kolaboratif dan mengambil
keuntungan dari keahlian yang menyebar dari
komunitas yang membolehkan perbedaan,
kreativitas, dan fleksibilitas dalam belajar.
c. Belajar topik yang dipilih sendiri dan identifikasi isu
mereka apakah berkaitan dengan permasalahan dan
identifikasi sumber-sumber yang relevan.
d. Gunakan berbagai macam teknologi macam untuk
membangun pengetahuan lebih dari sekedar teknologi
sebagai knowledge teller.
e. Dorong pemikiran mahasiswa menjadi visible sehingga
mereka dapat memperbaiki pengetahuan, pemikiran,
dan argumen yang dimiliki (Lin, dkk, 1996).
Dalam komunitas belajar, mahaiswa diberi peluang
untuk merancang dan mengelola proyek dan pemecahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar