Senin, 27 Februari 2023

Rekomendasi LKS tahun 2023

Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik.

Kegiatan ini adalah untuk mendorong semangat berprestasi peserta didik SMK yang diadakan setiap tahun dan sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya.

Program yang menjadi kalender rutin tahunan, seyogyanya mempunyai makna inovatif dan memperkaya keilmuan

Makna inovatif :

  • Mengacu pada pengenalan dan penerapan ide-ide baru, produk, proses, dan prosedur untuk peran kerja seseorang, unit kerja, ataupun organisasi. 
  • Proses inovasi yang cukup kompleks dalam menemukan metode atau prosedur untuk melakukan pendekatan terhadap masalah.
  • Berkembangnya variasi tema yang dilombakan, bisa menambah pengembangan berbagai ide menjadi barang atau jasa yang bernilai.

Makna memperkaya keilmuan :

  • Semakin bervariasi semakin memperbesar peluang menimba ilmu, baik guru maupun siswa pesertanya 
  • Mendapatkan pengetahuan mendalam, mengidentifikasi masalah potensial, dan menguji berbagai solusi untuk masalah tersebut.

Tema yang diusulkan :

A. Pembuatan maltodestrin

Mini praktikum pembuatan maltodekstrin yang berfungsi sebagai bahan tambahan pangan pada proses pembuatan santan kelapa bubuk. 

B. Eletroplating (Anodizing)

Elektroplating atau penyepuhan merupakan salah satu proses pelapisan bahan padat dengan lapisan logam menggunakan arus listrik searah melalui suatu larutan elektrolit. Elektroplating ditujukan untuk berbagai keperluan, baik untuk skala industri maupun rumah tangga 

Proses elektroplating dilakukan untuk tujuan melindungi permukaan logam dasar dengan sifat logam pelapis yang mempunyai sifat berbeda dengan sifat logam dasarnya.

Stakeholder Lomba :

  1. Penanggung jawab LKS Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
  2. MKKS Provinsi Jawa Timur
  3. MGMP Teknik Kimia Jawa Timur
  4. Panitia Lokal LKS 
  5. Pelatih dan Juri Lomba
  6. Peserta lomba, meliputi guru pembimbing dan peserta didiknya

Teknis Fase Lomba :

  1. Peserta yang meliputi guru dan siswa mendapatkan sosialisasi dari pelatih dan juri tentang tema materi melalui via zoom dan mengikuti pelatihan online / tutorial pembuatan produk yang dilombakan
  2. Peserta diwajibkan untuk menyusun flowsheet atau diagram alir pembuatan produk yang dilombakan. 
  3. Flowsheet yang telah dibuat selanjutnya akan dipresentasikan di hadapan dewan juri dan penonton beserta praktek pembuatan produknya serta analisanya pada arena lomba panitia lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar