Kamis, 23 Februari 2023

Open House Teknik Kimia Ubaya

Dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan di bidang Teknik Kimia, sekaligus memperkenalkan program peminatan yang ada di Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya (UBAYA) antara lain :

  • Program Teknik Kimia Murni
  • Program Teknologi dan Bisnis Material Hijau (Green Material and Business Technology)
  • Program Rekayasa Proses Pangan (Food Process Engineering)

Hadir pada kegiatan "OPEN HOUSE" Program Studi Teknik Kimia UBAYA, yang diselenggarakan pada :

  • Kamis, 23 Februari 2023
  • Pukul 09.00 - 12.00
  • Kampus Ubaya - Rungkut 
Pemberangkatan dijemput menggunakan bus Ubaya yang berkapasitas 30 seat 




Tur kampus dipandu oleh guide, diperkenalkan gedung-gedung beserta fungsinya 

Berpose pada plakat fakultas teknik





Memperkenalkan laboratorium, diajak pula praktikum di dalamnya (bath bomb, gummy gum dan pewarna logam)



Kampus dengan motto : To be the first university in heart and mind

PROGRAM GREEN MATERIAL BUSINESS TECHNOLOGY

Dengan berkembangnya kebutuhan untuk terus berinovasi di karir yang ditekuni bagi sarjana Teknik Kimia, Teknik Kimia Ubaya berinisiatif untuk membangun kompetensi lulusannya di bidang green material untuk clean environment and energy, yang berbasis teknologi hijau. 

Kompetensi ini dibutuhkan bagi lulusan Teknik Kimia dan relevan dengan isu global di bidang teknologi hijau, energi dan lingkungan bersih.

Teknik Kimia UBAYA berada di garda depan untuk menjawab dua permasalahan yang sedang dan akan menjadi permasalahan global :
  1. Dekarbonisasi sistem yang berbasis bahan bakar fosil 
  2. Transformasi teknologi ke alternatif teknologi hijau. 
Hal ini selaras  dalam upaya menahan kenaikkan suhu di bumi dengan adanya perubahan iklim dengan maksimum 1,5 derajat Celsius pada 2100 yang disepakati pada pertemuan G20 pada tahun 2021.

Untuk itu dibutuhkan inovasi di bidang industri dan bisnis dengan material hijau dalam proses produksi yang mampu dijangkau dari aspek ekonomi. mahasiswa akan dibekali dengan ilmu teknologi material hijau dan aspek bisnis untuk komersialisasi 

Program Green Material Business Technology adalah disiplin Teknik di bawah program studi Teknik Kimia yang mendalami teknologi material (bahan) untuk mendukung dekarbonisasi di sektor industri melalui proses separasi, pengembangan katalis dan pengembangan adsorben dalam proses teknik reaksi kimia dan separasi.

Teknologi material hijau mengambil peran untuk mengurangi jejak karbon (carbon footprint) dalam proses produksi dengan mengurangi emisi gas buang, menghasilkan energi bersih melalui pemanfaatan nikel untuk pembuatan baterai yang akan digunakan pada otomotif berbasis listrik serta mendukung pengelolaan lingkungan.

Program Creen material business technology menggabungkan ilmu material hijau, advanced material, dan implementasinya pada proses di industri serta aspek bisnis agar aplikasi material hijau dalam mendukung proses produksi dan energi bersih dapat dikembangkan dalam skala komersial.

PROGRAM FOOD PROCESS ENGINEERING

Dalam upaya mengantisipasi kebutuhan pangan yang semakin meningkat karena pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia, dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada serta melakukan berbagai rekayasa dalam penyediaan produk pangan nasional. 

Keilmuan Teknik Kimia yang didasarkan pada kemampuan mengolah bahan baku menjadi produk yang bermanfaat memiliki peran yang sangat besar terkait isu ketahanan pangan nasional di masa kini dan masa yang akan datang.

Selama ini telah banyak lulusan Teknik Kimia yang berkiprah dan berkontribusi pada industri pangan nasional dan internasional. Oleh karena itu Program Studi Teknik Kimia UBAYA memberikan kesempatan para calon mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam memperkaya ilmu, wawasan dan keterampilan dalam bidang teknologi pangan.

Program Food Process Engineering  atau Rekayasa Proses Pangan adalah disiplin teknik di bawah prodi teknik kimia yang menggabungkan ilmu pangan, mikrobiologi, dan ilmu rekayasa (Engineering science) pada penerapan praktis formulasi, proses produksi pengemasan penyimpanan dan distribusi produk-produk pangan.

Fokus dari program ini adalah upaya menjamin kelancaran proses yang terjadi selama produksi produk pangan yang di dalamnya meliputi neraca massa dan energi yang dibutuhkan oleh unit operasi yang digunakan. sistem utilitas yang dibutuhkan, pengemas dan produk, integrasi proses produksi pengolahan limbah yang dihasilkan selama proses produksi  serta analisis ekonomi dan kelayakan pabrik pangan.

Program Food Process Engineering ini mempelajari bidang pengolahan pangan yang diharapkan akan mampu membekali lulusan dengan kemampuan mendesain proses yang terkait dengan pengolahan pangan pada skala industri. 

Program ini melengkapi program dan peminatan yang telah ada di Teknik Kimia, yaitu General Chemical Engineering yang memiliki landasan ilmu-ilmu dasar (Basic sciences) dan ilmu-ilmu rekayasa dasar (Basic engineering Sciences) yang sama.

Adapun beberapa mata kuliah unggulan yang ditawarkan oleh masing-masing program baru tersebut adalah sebagai berikut :

Green Material Business Technology
  • Introduction to Business Process
  • Sustainable Composites and Biopolymers
  • Sustainable Business and Innovation
  • Environmental Life Cycle Analysis
  • Smart and advanced materials
  • Bio-based materials for clean technology
  • Mass and Energy Balances in Green Material
  • Renewable clean energy Analytical Chemistry for Material Laboratory
Food Process Engineering
  • Food Microbiology
  • Hydrocolloids Technology
  • Food Processing Technology
  • Food Packaging Technology
  • Food Quality Control and Safety
  • Mass and Energy Balances in Food Industry
  • Food Chemical Reaction Engineering
  • Food Process Computation
Kedua program yang dibuka ini mewajibkan mahasiswa untuk menempuh minimal 144 SKS kuliah dan kurikulum di desain untuk diselesaikan secara normal dalam 8 semester.

(Sumber : leaflet Green Material Business Technology Food Process Engineering - Universitas Surabaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar