Jumat, 22 November 2019

Workshop Penulisan kisi-kisi dan kartu soal berorientasi HOTS


Karakter soal HOTS
  1. Mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi
  2. Menuntut kemampuan berfikir kritis
  3. Meminimalisir kemampuan mengingat kembali
  4. Transfer dari konsep ke konsep
  5. Menggunakan penalaran dan logika
"Sulit tidak mesti HOTS"

Teknik penulisan soal HOTS :
  1. Mengetahui pengetahuan untuk penyelesaian masalah
  2. Menyediakan berbagai macam data
  3. Data-data memberikan informasi sehingga dapat diolah lebih lanjut
  4. Mengacu kepada kaidah penulisan soal :
  • (Jumlah soal/ jumlah pilihan plus minus 3)
  • Panjang jawaban harus hampir sama
  • Jawaban benar dan salah tidak mencolok
  • Jika jawaban berupa angka/ nominal harus diurut
  • Soal jangan sampai ambigu

Ciri-ciri asesment kontekstual :
  • Peserta didik mengkonstruksi responnya sendiri
  • Tugas merupakan tantangan dunia nyata
  • Memungkinkan banyak jawaban benar

Asesment tradisional
  • Cenderung memilih respon yang diberikan
  • Konteks dunia kelas
  • Tidak cenderung teoritas

Asesmen kontekstual
  • Mengekpresikan respon
  • Konteks dunia nyata
  • Pembuktian toeri, hitung, nyata

Langkah menyusun soal HOTS :
  1. Menganalisis KD yang dapat dibuat soal HOTS
  2. Menyusun kisi-kisi soal
  3. Memilih stimulus
  4. Menulis butir pertanyaan
  5. Sesuai kaidah
  6. Pedoman pensekoran (rubrik), kunci jawaban bila pilihan ganda
  7. Menyusun Stimulus
  8. Menyusun indikator soal
  • A : Audiens
  • B : Behaviour
  • C : Condition
  • D : Degree (tujuan)

Baca pula : Materi HOTS dari Pak Hamid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar