Kamis, 06 Desember 2018

Banyuwangi, InsyaAllah kami datang....


Di penghujung tahun 2018, keluarga besar Teknik Kimia SMK Negeri 5 Surabaya mengadakan pelepasan purna tugas pada empat guru produktif kimia, yaitu :
  1. Bu Wahyu Fajar
  2. Bu Hermini Purwaningdyah
  3. Bapak Danang Eddy Santjojo
  4. Bu Alifa
Telah menjadi tradisi, bila acara pelepasan tersebut dilaksanakan di luar kota sambil berwisata. Untuk momen kali ini dilaksanakan ke Banyuwangi karena dasar pertimbangannya banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Apalagi kota di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini merupakan 'jembatan' penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Karena kedekatan lokasi dengan Pulau Dewata tersebut, tidak heran bila beberapa tradisi dan kesenian di Bayuwangi juga memilki kemiripan dengan di Bali

Tak hanya tradisinya, keindahan alam Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Bali. Bahkan, awal tahun 2016 lalu Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Dengan menggunakan travel Scorpion Tour Surabaya mengagendakan obyek wisata yang akan dikunjugi meliputi :

  1. Pantai Pulau Merah
  2. Desa Kemiren
  3. Hutan Pinus Songon
  4. Air Terjun Timcor
  5. Pantai Pasir Putih
  6. Wisata oleh-oleh osing delles
Hari Jum'at, 07 Desember 2018 Tepat pukul 20.30 Wib, tour leader memandu pemberangkatan dan diawali dengan doa bersama agar perjalanan lebih barokah dan lancar.

Mas Satria-Tour Leader

Otobus 

salad buah-mendinginkan perut

Sholat shubuh di masjid Nurusjid-Genteng  Banyuwangi tepat pukul 04.00 dan sempat mengikuti berjamaah dengan warga lokal

Dengan kondisi hujan deras perjalanan dilanjutkan pada pukul 04.30 menuju rumah makan de tumpit resto.

Pukul 06.00 sampai di resto dan menyempatkan membersihkan diri sebelum makan pagi.

(gaya motor CB)

(bebek ulung)


(nasi besek)

Setelah menikmati makan pagi dilanjutkan menuju pantai pulau merah dan sampai di objek wisata menunjukkan pukul 08.45.

(pintu gerbang)

(latar belakang bukit berkabut)

(latar belakang deburan ombak)


( yup....berfoto )

(tuh nampak pulau-nya)



(mau selancar, tapi belum bisa.....)


Setelah puas menikmati eloknya pulau merah, jam 11.00 dilanjutkan menuju hutan pinus Songgon. Dengan jalan yang sempit untuk ukuran bus, kondisi alam dengan vegetasi pinus dan gazebo untuk peristirahatan membuat pemandangan menjadi nampak natural.
Sampai disini pukul 12.00 dilanjutkan dengan sholat dan berfoto pada viuew yang alami.

(berdua disaksikan pinus)


(berteduh di bawah gazebo)


(tunjuk satu bintang....)


Perjalanan berikutnya menuju ke air terjun timcor atau dua putri arum, yang menarik dari perjalanan ini adalah rombongan setelah turun dari bus berganti dengan pick up terbuka.

Sebelum ke lokasi air terjun rombongan makan siang dengan menu sayuran diantaranya pakis dan selada air, sambil mencocol durian kupas dan buah kepondoh

(menu alami)

(bergambar di depan kebun cengkeh)

Setelah perut terisi, medan selanjutnya melewati jalan setapak dan berundak-undak menuju air terjun.

Dedaunan menambah indahnya panorama

(merasakan dinginnya air terjun)


Melewati guyuran air terjun dengan aneka sudut pandangan foto, selanjutnya kembali ke Bus yang berparkir di areal kebun cengkih di dekat lokasi objek wisata.

(label pengelola kebun cengkih)

Tepat pukul 17.00 rombongan memasuki Hotel Santika di Jalan S. Parman Banyuwangi.

(di depan lobby hotel)

Setelah melepas lelah sesaat dan bersih-bersih diri kemudian pada pukul 18.30 bergerak ke Resto Kemarang yang berada di kaki Gunung Ijen.

Perjalanan menuju Kemarang melewati jalan sempit dan sepi, terkadang ditemui rumah perkampungan tapi berikutnya seperti hutan yang tiada penerang jalan di kanan-kirinya.

Di Kemarang, merupakan inti kegiatan. Acara yang dibuka Bu Nanda sebagai MC dan sambutan pak Eko mewakili pak Meiyanto yang sedang monitoring siswa prakerin di Thailand.
Dilanjutkan yang memberi sambutan selaku sesepuh adalah pak Redjoko,  pemberian tali asih yang purna tugas kemudian doa bersama.

(pembagian doorprize)

Ramah tamah menikmati menu khas yaitu Rujak Soto dan Nasi tampong serta diiringi nyanyian electon dan pembagian doorprize. Acara diakhiri pada pukul 22.00, sampai di hotel pukul 22.25 dan langsung sholat dan istirahat.

Ahad pagi setelah sholat Shubuh dilanjutkan jalan-jalan ke taman tirta wangi yang terdapat patung penunggang kereta kencana

(berpagi santai)

(plakat monumen)

(monumen kereta kencana)

(kuda menarik kereta kencana)

(kereta kencana berlari)

Setelah puas di taman kemudian menikmati pecel khas Banyuwangi yang berada di samping hotel.

(nasi pecel Banyuwangi)

Kemudian disusul makan pagi di hotel, namun yang dinikmati adalah susu sapi segar dicampur sereal. omeelet serta buah-buahan.

Pukul 10.00 chek-out dari hotel dan menuju daerah adat Kemiren.



(selamat datang dengan penyematan udeng dan kain)

Desa adat ini merupakan tempat tinggal suku osing. Di sini dapat mengenali rumah adat, pakaian, kesenian, makanan khas, beserta ekonomi dan pendidikannya.


(bersama kepala adat)

(menuju petilasan buyut cilik)

(kampung osing)

(rumah adat)

(dengan ibu-ibu kesenian lesung)

(Balai Desa)

(gamelan adat)

(Barong Banyuwangi)

Setelah melaksanakan  sholat di masjid setempat dan menunggu bus di balai desa, perjalanan dilanjutkan ke Osing Deles untuk makan siang dan berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi.





Pukul 14.30 bus mulai berangkat untuk kembali pulàng ke Surabaya
Pukul 19.00 transit di Rumah Makan Utama Raya Situbondo, untuk sholat sekaligus makan malam.


Perjalanan dilanjutkan kembali pukul 20.00 dan sampai di SMK Negeri 5 surabaya tepat pukul 01.00 dini hari dalam kondisi lancar dan selamat.

VIDEO GATHERING KIMIA-BANYUWANGI

Dengan niat utama merajut tali silaturahim sesama Keluarga Besar Teknik Kimia - SMK Negeri 5 Surabaya, dan Tadabbur Alam akan keindahan Ciptaan Allah Yang Maha Kuasa. Perjalanan ini juga menyimpulkan begitu berhasilnya dari kepemimpinan Sang Bupati yang mampu mengelola daerahnya menjadi obyek pariwisata yang mempesona. Bangga dengan Mas Abdullah Azwar Anas yang juga merupakan senior di IPNU ( Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama )

Lampiran foto :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar