Sabtu, 27 Februari 2010

ASAM, BASA & GARAM

Asam, basa dan garam terdapat dalam banyak bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia asam-basa berperan penting dalam banyak proses yang terjadi dalam tubuh kita. Sari jeruk dan vitamin C sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita, karena dalam sari jeruk terdapat asam sitrat dan dalam vitamin C terdapat asam askorbat. Di lambung kita terdapat getah yang dikenal sebagai asam lambung yang mengandung asam klorida membantu menghancurkan makanan pada proses pencernaan.

Contoh basa dan garam dalam kehidupan sehari-hari, antara lain amonia sebagai desinfektan, aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida untuk obat nyeri lambung, serta garam dapur. Secara sederhana, sifat-sifat yang teramati dari asam, basa dan garam ternyata mampu membedakan asam, basa dan garam tersebut.

Sifat-sifat Asam, Basa dan Garam

Asam, basa dan garam merupakan zat kimia yang memiliki sifat-sifat yang dapat membantu kita untuk membedakannya. Karena pada umumnya asam bersifat masam dan basa berasa agak pahit. Akan tetapi rasa sebaiknya jangan dipergunakan untuk menguji adanya asam atau basa, karena Anda tidak boleh begitu saja mencicipi zat-zat kimia yang belum dikenal karena banyak diantaranya yang bersifat racun atau bersifat korosif

Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

Sifat suatu larutan dapat ditunjukkan dengan menggunakan indikator asam-basa, yaitu zat-zat warna yang warnanya berbeda dalam larutan asam, basa dan garam. Untuk mengidentifikasi sifat dari asam, basa dan garam dapat menggunakan kertas lakmus, larutan indikator atau indikator alami.

Umumnya zat-zat dengan sifat yang berlawanan, seperti asam dan basa cenderung bereaksi satu sama lain. Reaksi asam dan basa merupakan pusat kimiawi sistem kehidupan, lingkungan, dan proses-proses industri yang penting. Bila larutan asam
direaksikan dengan larutan basa, maka sebagian dari ion H3O+ asam akan bereaksi dengan sebagian ion OH- basa membentuk air.

H3O+ (aq) + OH- (aq) → 2H2O (l)
Karena air bersifat netral, maka reaksi asam dengan basa disebut reaksi penetralan.

Tugas :

1. Mengapa asam, basa dan garam bersifat elektrolit?
2. Sebutkan tiga asam, basa dan garam serta kegunaannya.
3. Mengapa mata Anda pedih pada saat terkena shampoo?
4. Beri nama dan rumus kimianya garam yang terbentuk dari reaksi-reaksi penggaraman berikut.

a. Asam klorida dan amonium hidroksida
b. Asam nitrat dan kalium hidroksida
c. Asam karbonat dan aluminium hidroksida
d. Natrium hidroksida dan asam asetat
e. Barium hidroksida dan asam klorida

5. kirimkan pada forum komentar paling lambat 20 Maret 2010
6. Tulis kelas/nama/no absen pada pojok atas jawaban anda

40 komentar:

  1. Nama :Rahma Tsani Laily Ramadlani
    Kelas :X-KA2
    No.Absen:12

    Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    Asam (yang sering diwakili dengan rumus umum HA) secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Suatu asam bereaksi dengan suatu basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam. Contoh asam adalah asam asetat (ditemukan dalam cuka) dan asam sulfat (digunakan dalam baterai atau aki mobil). Asam umumnya berasa masam; walaupun demikian, mencicipi rasa asam, terutama asam pekat, dapat berbahaya dan tidak dianjurkan.

    Definisi umum dari basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hydronium ketika dilarutkan dalam air. Svante August Arrhenius pada tahun 1887 menyatakan bahwa : “ Molekul-molekul elektrolit selalu menghasilkan ion-ion negatif dan positif jika dilarutkan dalam air “
    Selanjutnya pada tahun 1900 Svante Arrhenius mengemukakan teori yang dikenal samapi sekarang yaitu Teori Asam Basa Arrhenius.
    Pada kimia modern basa dapat menghasilkan ion Hidroksida (OH-) dengan 2 cara :
    1.Senyawa Basa dalam pelarut air menghasilkan ion Hidroksida (OH-) secara langsung.
    NaOH Na+ + OH-
    2.Senyawa Basa yang bereaksi dengan air menghasilkan ion Hidroksida (OH-).
    NH3 + H2O NH4+ + OH-
    Untuk menunjukan sifat basa, larutan NH3 sering ditulis NH4OH.
    Jumlah ion (OH-) yang dapat menghasilkan oleh suatu molekul basa disebut Valensi Biasa.

    Dalam kimia, garam ialah senyawa netral yang terdiri atas ion-ion.
    Garam juga bisa berarti:
    ý Garam dapur, digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan
    ý Natrium klorida, bahan baku utama garam dapur
    ý Garam (kriptografi), vektor inisialisasi sandi rahasia blok
    ý Bisa juga merujuk pada tiap arti ganda penggaraman
    Garam (kimia)
    Natrium klorida (NaCl) adalah bahan utama garam dapur
    Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.
    Larutan garam dalam air merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah.

    Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih.

    Yang harus dilakukan:
    Ø Segera bilas dengan air matang. Jangan gunakan air keran, karena kita tidak tahu kualitas dan higienis tidaknya air tersebut.
    Ø Gunakan pipet atau sendok yang bersih untuk meneteskan air tersebut ke dalam matanya. Tetaskan ke matanya sedikit demi sedikit secara perlahan. Jangan sekali-kali percaya mitos “Oleskan ASI atau air liur orang dewasa di mata si kecil sesaat setelah kemasukan benda asing”. Itu malah tidak dijamin kehigienisannya.
    Ø Cegah anak-anak agar tidak menggosok-gosok matanya.
    Ø Jika terjadi iritasi hebat, segera bawa ke dokter agar segera diatasi. Sebaiknya, dokter yang memang ahli dalam menangani kasus tersebut.

    Efek:
    Bila ada benda asing yang masuk ke mata seperti sampo, efek yang dirasakan mata menjadi pedih dan iritasi. Apalagi, kita tak tahu persis apa kandungan samponya.

    rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  2. Rendy Arviandy
    X KA 2/13

    1. Karena Asam, Basa dan Garam dapat menghantarkan ion-ion sehingga dapat menghantarkan ion-ion listrik.

    2. Asam
    Asam Sulfat --> Digunakan dalam Aki Mobil
    Asam Lambung --> Disekresikan di dalam lambung untuk membantu memecah protein dan polisakarida maupun mengubah proenzim pepsinogen yang inaktif menjadi enzim pepsin
    Asam Sitrat --> Pemberi cita rasa
    Basa
    Amonia --> Desinfektan
    Kalsium Hidroksida --> Mengetahui adanya gas CO2
    Sabun --> Membunuh Bakteri
    Garam
    NaCl --> Sebagai penyedap
    KCl --> Sebagai Pupuk
    NaF --> Sebagai Parfum

    3. Karena Shampo Mengandung basa

    4.
    HCl + NH4OH → NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH → KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH → AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH → CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl → BaCl + H2O

    Link balik
    http://rendyramadhan.blogspot.com
    http://sulappemula.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Nama:Oktavian zulfiky
    Kelas: XKa2(09)
    zulfiky.blogspot.com

    1.Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    2.Asam lambung berfungsi untuk membantu pencernaan makanan dan mencegah mikroorganisme masuk lebih jauh ke dalam usus. pH asam lambung yang rendah akan mendenaturasi protein, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh enzim pepsin. pH yang rendah ini juga akan mengaktivasi prekursor enzim pepsinogen. Setelah meninggalkan lambung, asam klorida dalam kim akan dinetralisasi oleh natrium bikarbonat dalam usus dua belas jari.
    Asam sulfat merupakan komoditas kimia yang sangat penting, dan sebenarnya pula, produksi asam sulfat suatu negara merupakan indikator yang baik terhadap kekuatan industri negara tersebut.[5] Kegunaan utama (60% dari total produksi di seluruh dunia) asam sulfat adalah dalam "metode basah" produksi asam fosfat, yang digunakan untuk membuat pupuk fosfat dan juga trinatrium fosfat untuk deterjen.
    Penggunaan utama asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawet makanan dan minuman, terutama minuman ringan. Kode asam sitrat sebagai zat aditif makanan (E number ) adalah E330.
    • Kalsium hidroksida digunakan untuk Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah asam.
    • Bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida
    • Pereaksi kimia
    Magnesium hidroksida digunakan dalam susu magnesia, magnesium klorida dan magnesium sulfat dalam garam Epsom dan magnesium sitrat dalam perubatan.
    Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia.
    • Magnesium hidroksida digunakan dalam susu magnesia, magnesium klorida dan magnesium sulfat dalam garam Epsom dan magnesium sitrat dalam perubatan.

    Sodium Chlorida atau Natrium Chlorida (NaCl) yang dikenal sebagai garam adalah zat yang memiliki tingkat osmotik yang tinggi. Zat ini pada proses perlakuan penyimpanan benih recalsitran berkedudukan sebagai medium inhibitor yang fungsinya menghambat proses metabolisme benih sehingga perkecambahan pada benih recalsitran dapat terhambat.
    Potasium sulfat (K2SO4) (juga dikenal sebagai garam abu sulfur) merupakan garam yang terdiri dari kristal putih yang dapat larut dalam air. Tak mudah terbakar.
    Bahan kimia ini biasanya digunakan dalam pupuk, menyediakan potasium dan sulfur.
    Garam (kriptografi), vektor inisialisasi sandi rahasia blok, Bisa juga merujuk pada tiap arti ganda penggaraman
    Garam (kimia)
    3.Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih.

    Yang harus dilakukan:
    Ø Segera bilas dengan air matang. Jangan gunakan air keran, karena kita tidak tahu kualitas dan higienis tidaknya air tersebut.
    Ø Gunakan pipet atau sendok yang bersih untuk meneteskan air tersebut ke dalam matanya. Tetaskan ke matanya sedikit demi sedikit secara perlahan. Jangan sekali-kali percaya mitos “Oleskan ASI atau air liur orang dewasa di mata si kecil sesaat setelah kemasukan benda asing”. Itu malah tidak dijamin kehigienisannya.
    Ø Cegah anak-anak agar tidak menggosok-gosok matanya.
    Ø Jika terjadi iritasi hebat, segera bawa ke dokter agar segera diatasi. Sebaiknya, dokter yang memang ahli dalam menangani kasus tersebut.
    4.rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  4. Yunan Hajar Sarah
    X KA 2 / 35
    piglers.blogspot.com

    1.Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    2.ASAM
    asam karbonat→bahan minuman berkarbonasi
    asam benzoat→untuk mencegah pertumbuhan jamur, bahan pengawet
    asam nitrat→bahan pupuk

    BASA
    aluminium hidroksida→deodoran, obat maag
    magnesium hidroksida→obat pencahar
    natrium hidroksida→sabun

    GARAM
    natrium klorida→penambah rasa
    kalsium karbonat→bahan cat
    amonium klorida→bahan baterai

    3.Karena sabun mengandung basa dan salah satu sifat basa yaitu iritasi terhadap kulit atau bagian tubuh kita

    4.rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  5. NAMA : UMU AFIFAH
    KELAS : X KA2
    NO.ABSEN: 27



    1.~ asam, basa, dan garam bersifat elektrolit karena asam, basa, dan garam merupakan zat-zat yang di dalam larutannya terurai menjadi ion-ion yang membentuknya.
    ~ asam, basa, dan garam adalah senyawa kovalen polar yang merupakan senyawa elektrolit.


    2. HCL (asam klorida) Digunakan pada industri logam untuk mngkstrasi logam tersebut.
    H2SO4 (Asam sulfat) digunakan dalam baterai/ aki mobil.
    CH3COOH(Asam asetat) digunakan dalam produksi polimer seperti polietilena tereftalat, selulosa aseten, dan polivinil asetat, aupun berbagai macam serat dan kain.

    NaOH(natrium hidroksida) digunakan sebagai bahan pemuat sabun.
    AL(OH)3 (Aluminium hidroksida) digunakan sebagai bahan deodorant dan antisida.
    NH4OH (Ammonium hidroksida) sebagai
    pelarut disenfektan.

    NaCL (Natrium klorida) digunakan sebagai garam dapur.
    NH4CL (Ammonium klorida) digunakan sebagai bahan pengisi batu baterai.
    KCL (kalium klorida) digunakan sebagai pupuk tanaman.

    3. karena shampo mengandung basa yang membuat mata kita perih.


    4. rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.

    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium klorat.

    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium klorat.

    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.

    BaOH + HCl→ BaCl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  6. NAMA : YOHANA LIDYA MUTIARA KASIH WALADOW
    KELAS: X KA 2
    ABSEN: 33

    1. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan. Senyawa elektrolit juga terbentuk dari senyawa kovalen polar karene senyawa- senyawa kovalen polar memiliki keelektronegatifan yang besar. Contoh senyawa kovalen polar ialah HF, HCL, HBr, HNO3, H2SO4

    2. Asam
    • Asam Sitrat (C6H8O7) yang terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning. Selain itu juga untuk menembah rasa.
    • Asam Sulfat (H2SO4) digunakan dalam accu mobil.
    • Asam askorbat sebagai pembentuk utama vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh
    • Asam asetat digunakan untuk pembuatan cuka
    Basa
    • Amonia sebagai desinfektan
    • Alumunium hidroksida dan megnesium hidroksida sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    • Natrium hidroksida merupakan salah satu bahan pembuatan shampo.
    Garam
    • Natrium Klorida merupakan bahan utama pembuatan garam dapur.
    • Kalsium karbonat sebagai salah satu bahan pembuatan cat.
    • Kalium klorida sebagai bahan pembuatan pupuk.

    3. Karena shampo bersifat basa selain itu mata kita juga akan terasa pedih karena mata tidak bisa menerima benda asing masuk ke dalamnya apapun bentuknya oleh karena itu mata akan mengeluarkan air mata secara refleks.


    4. HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O

    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O

    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O

    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O

    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  7. Nindy mengatakan,,

    Nama : Nindy Trisna Putri
    Kelas :XKA2_3


    1.Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.


    2.
    • Asam sulfat merupakan komoditas kimia yang sangat penting, dan sebenarnya pula, produksi asam sulfat suatu negara merupakan indikator yang baik terhadap kekuatan industri negara tersebut.[5] Kegunaan utama (60% dari total produksi di seluruh dunia) asam sulfat adalah dalam "metode basah" produksi asam fosfat, yang digunakan untuk membuat pupuk fosfat dan juga trinatrium fosfat untuk deterjen.
    • Asam klorida merupakan asam pilihan dalam titrasi untuk menentukan jumlah basa. Asam yang lebih kuat akan memberikan hasil yang lebih baik oleh karena titik akhir yang jelas. Asam klorida azeotropik (kira-kira 20,2%) dapat digunakan sebagai standar primer dalam analisis kuantitatif, walaupun konsentrasinya bergantung pada tekanan atmosfernya ketika dibuat.Asam klorida sering digunakan dalam analisis kimia untuk "mencerna" sampel-sampel analisis. Asam klorida pekat melarutkan banyak jenis logam dan menghasilkan logam klorida dan gas hidrogen. Ia juga bereaksi dengan senyawa dasar semacam kalsium karbonat dan tembaga(II) oksida, menghasilkan klorida terlarut yang dapat dianalisa.
    • Asam lambung berfungsi untuk membantu pencernaan makanan dan mencegah mikroorganisme masuk lebih jauh ke dalam usus. pH asam lambung yang rendah akan mendenaturasi protein, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh enzim pepsin. pH yang rendah ini juga akan mengaktivasi prekursor enzim pepsinogen. Setelah meninggalkan lambung, asam klorida dalam kim akan dinetralisasi oleh natrium bikarbonat dalam usus dua belas jari.

     Alumunium hidroksida dan megnesium hidroksida sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
     Kalsium hidroksida digunakan untuk Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah asam.
     NH4OH (Ammonium hidroksida) sebagai pelarut disenfektan.


     Natrium hidroksida merupakan salah satu bahan pembuatan shampo.
     Natrium Klorida merupakan bahan utama pembuatan garam dapur.
     KCL (kalium klorida) digunakan sebagai pupuk tanaman.

    3. Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih.
    4. HCl + NH4OH  NH4Cl + H2O (amonium hidroksida)
    HNO3 + KOH  KNO3 + H2O(Kalium nitrat)
    3H2CO3 + 2Al(OH)3  Al(CO3) + 3H2O (aluminium karbonat )
    NaOH + CH3COOH  CH3COONa + H2O (Natrium asetat)
    Ba(OH)2 + 2HCl  BaCl2 + 2H2O (Barium klorida)

    BalasHapus
  8. Nama : Nery Surya Agustin
    Kelas X-KA2 / 2

    1. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan. Senyawa elektrolit juga terbentuk dari senyawa kovalen polar karene senyawa- senyawa kovalen polar memiliki keelektronegatifan yang besar.
    2.Contoh asam beserta kegunaan :
    • Penggunaan utama asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawet makanan dan minuman, terutama minuman ringan.. Garam sitrat dengan berbagai jenis logam digunakan untuk menyediakan logam tersebut (sebagai bentuk biologis) dalam banyak suplemen makanan, berguna sebagai bahan sabun dan deterjen..Asam sitrat digunakan di dalam industri bioteknologi dan obat-obatan untuk melapisi (passivate) pipa mesin dalam proses kemurnian tinggi sebagai ganti asam nitrat, karena asam nitrat dapat menjadi zat berbahaya setelah digunakan untuk keperluan tersebut, sementara asam sitrat tidak.Asam sitrat dapat pula ditambahkan pada es krim untuk menjaga terpisahnya gelembung-gelembung lemak.Dalam resep makanan, asam sitrat dapat digunakan sebagai pengganti sari jeruk.

    • Asam Amino :

    1.Penyusun protein, termasuk enzim.
    2.Kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam metabolisme (terutama vitamin, hormon dan asam nukleat).
    3.Pengikat ion logam penting yang diperlukan dalam dalam reaksi enzimatik (kofaktor).


    • Asam klorida merupakan asam pilihan dalam titrasi untuk menentukan jumlah basa..Asam klorida sering digunakan dalam analisis kimia untuk "mencerna" sampel-sampel analisis. Asam klorida pekat melarutkan banyak jenis logam dan menghasilkan logam klorida dan gas hidrogen. Ia juga bereaksi dengan senyawa dasar semacam kalsium karbonat dan tembaga(II) oksida, menghasilkan klorida terlarut yang dapat dianalisa.

    Contoh basa beserta kegunaannya :
    • Natrium Hidroksida : digunakan di berbagai macam bidang industri, kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun dan deterjen.
    • Alumunium hidroksida dan megnesium hidroksida sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    • Magnesium hidroksida digunakan dalam susu magnesia, magnesium klorida dan magnesium sulfat dalam garam Epsom dan magnesium sitrat dalam perubatan.
    Contoh garam beserta kegunaanya :
    • NaCL (Natrium klorida) digunakan sebagai garam dapur.
    • NH4CL (Ammonium klorida) digunakan sebagai bahan pengisi batu baterai.
    • KCL (kalium klorida) digunakan sebagai pupuk tanaman.
    3. Karena shampo bersifat basa selain itu mata kita juga akan terasa pedih karena mata tidak bisa menerima benda asing masuk ke dalamnya apapun bentuknya oleh karena itu mata akan mengeluarkan air mata secara refleks.
    4.
    • HCl + NH4OH  NH4Cl + H2O amonium hidroksida
    • HNO3 + KOH  KNO3 + H2OKalium nitrat
    • 3H2CO3 + 2Al(OH)3  Al(CO3) + 3H2Oaluminium karbonat

    • NaOH + CH3COOH  CH3COONa + H2O Natrium asetat

    • Ba(OH)2 + 2HCl  BaCl2 + 2H2O Barium klorida

    BalasHapus
  9. NAMA : ROVIATUR RIZKYA
    KELAS/NO : X-KA2/17

    1. Mengapa asam , basa dan garam bersifat elektrolit ?
    • Karena mempunyai kation dan anion
    2. Sebutkan 3 asam , basa , dan garam serta kegunaanya ?

    Asam Sulfat --> Digunakan dalam Aki Mobil
    Asam Lambung --> Disekresikan di dalam lambung untuk membantu memecah protein dan polisakarida maupun mengubah proenzim pepsinogen yang inaktif menjadi enzim pepsin
    Asam Sitrat --> Pemberi cita rasa
    Basa
    Amonia --> Desinfektan
    Kalsium Hidroksida --> Mengetahui adanya gas CO2
    Sabun --> Membunuh Bakteri
    Garam
    NaCl --> Sebagai penyedap
    KCl --> Sebagai Pupuk
    NaF --> Sebagai Parfum

    3. Mengapa mata anda terasa perih pada saat terkena shampo ?
    • Karena ada zat kimia yang ada di dalam shampo , dimana zat kimia itu membuat mata kita terasa perih dan segera di bilas sama air biar tidak terjadi iritasi pada mata hingga mata menjadi merah
    4. Beri nama dan rumus kimia-nya garam yg terbentuk dari reaksi-reaksi penggaraman berikut :
    • HCl + NH4OH  NH4Cl + H2O
    amonium hidroksida
    • HNO3 + KOH  KNO3 + H2O
    Kalium nitrat
    • 3H2CO3 + 2Al(OH)3  Al(CO3) + 3H2O
    aluminium karbonat

    • NaOH + CH3COOH  CH3COONa + H2O
    Natrium asetat

    • Ba(OH)2 + 2HCl  BaCl2 + 2H2O
    Barium klorida

    BalasHapus
  10. Ishaq mengatakan…..
    Kelas: X KA2
    Absen:01
    1. Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    2. asam nitrat…bahan pupuk
    asam sulfat…sebagai aki kendaraan
    asam laktat…sebagai campuran dalam susu

    Alumunium hidroksida …sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    Kalsium hidroksida… digunakan untuk Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah asam.
    magnesium sitrat dalam perobatan.

    magnesium klorida dan dalam garam Epsom
    ammonium klorida…sebagai bahan batu baterai
    kalium klorida…bahan pupuk

    3. Karena shampoo bersifat basa,sedangkan basa sendiri bersifat iritasi pada kulit. Maka dari itu mata kita pedih saat terkena shampoo.
    4. HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  11. Wachid S. H.
    X KA 2/29
    1. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan. Senyawa elektrolit juga terbentuk dari senyawa kovalen polar karene senyawa- senyawa kovalen polar memiliki keelektronegatifan yang besar.]
    2. Sebutkan 3 asam , basa , dan garam serta kegunaanya ?

    Asam Sulfat --> Digunakan dalam Aki Mobil
    Asam Lambung --> Disekresikan di dalam lambung untuk membantu memecah protein dan polisakarida maupun mengubah proenzim pepsinogen yang inaktif menjadi enzim pepsin
    Asam Sitrat --> Pemberi cita rasa
    Basa
    Amonia --> Desinfektan
    Kalsium Hidroksida --> Mengetahui adanya gas CO2
    Sabun --> Membunuh Bakteri
    Garam
    NaCl --> Sebagai penyedap
    KCl --> Sebagai Pupuk
    NaF --> Sebagai Parfum
    3. Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih.
    4.HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  12. Youriko mengatakan.,.,.,
    Kelas : XKa2
    Absen: 34
    1. .Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    2. Asam:
    Asam Klorida berfungsi untuk membantu pencernaan makanan dan mencegah mikroorganisme masuk lebih jauh ke dalam usus. pH asam lambung yang rendah akan mendenaturasi protein, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh enzim pepsin. pH yang rendah ini juga akan mengaktivasi prekursor enzim pepsinogen.
    Asam sulfat merupakan komoditas kimia yang sangat penting, dan sebenarnya pula, produksi asam sulfat suatu negara merupakan indikator yang baik terhadap kekuatan industri negara tersebut. Kegunaan utama (60% dari total produksi di seluruh dunia) asam sulfat adalah dalam "metode basah" produksi asam fosfat, yang digunakan untuk membuat pupuk fosfat dan juga trinatrium fosfat untuk deterjen.
    asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawet makanan dan minuman.
    Basa:
    Kalsium hidroksida digunakan untuk Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah asam.
    • Bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida
    • Pereaksi kimia
    Magnesium hidroksida digunakan dalam susu.
    Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia.
    Garam:
    Magnesium klorida dan magnesium sulfat dalam garam Epsom.
    Natrium klorida, bahan baku utama garam dapur
    NH4CL (Ammonium klorida) digunakan sebagai bahan pengisi batu baterai.
    3. Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih. Bila ada benda asing yang masuk ke mata seperti sampo, efek yang dirasakan mata menjadi pedih dan iritasi.
    4. Rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  13. Rifatul Islamiah
    X KA2/ 15

    1. karena asam, basa dan garam dapat menghasilkan ion-ion yang nantinya bisa menghantarkan arus listrik seperti konsep Arhenius.

    2. asam sulfat H2SO4 => Aki mobil
    asam sitrat => pada jeruk nipis untuk mencerahkan warna pada nasi
    asam laktat => campuran dalam susu

    aluminium hidroksida => sebagai obat nyeri pada lambung
    amonium hidroksida => sbg pelarut disenfektan
    natrium hidroksida => sbg bahan pembuatan sabun

    Natrium klorida => bahan tambahan makanan
    Kalium klorida => sebagai bahan pupuk
    natrium fluorida => sbg pembuatan parfum

    3. karena shampoo mengandung basa yang dapat membuat mata iritasi/ pedih.

    4. HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O



    blog : rifatulislamiah.blogspot.com

    BalasHapus
  14. siska kartika
    XKA2/20

    1.Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan.

    2.• Asam Sitrat (C6H8O7) yang terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning. Selain itu juga untuk menembah rasa.
    • Asam Sulfat (H2SO4) digunakan dalam accu mobil.
    • Asam askorbat sebagai pembentuk utama vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh
    • Asam asetat digunakan untuk pembuatan cuka
    Basa
    • Amonia sebagai desinfektan
    • Alumunium hidroksida dan megnesium hidroksida sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    • Natrium hidroksida merupakan salah satu bahan pembuatan shampo.
    Garam
    • Natrium Klorida merupakan bahan utama pembuatan garam dapur.
    • Kalsium karbonat sebagai salah satu bahan pembuatan cat.
    • Kalium klorida sebagai bahan pembuatan pupuk.


    3.Karena shampo mengandung bahan kimia yang mengandung basa ,shampo jika terkena mata akan mengakibatkan mata perih serta akan menimbulkan reflek kemata sehingga mengeluarkan air mata

    4.reaksi penggaraman
    • HCl + NH4OH  NH4Cl + H2O
    amonium hidroksida
    • HNO3 + KOH  KNO3 + H2O
    Kalium nitrat
    • 3H2CO3 + 2Al(OH)3  Al(CO3) + 3H2O
    aluminium karbonat

    • NaOH + CH3COOH  CH3COONa + H2O
    Natrium asetat

    • Ba(OH)2 + 2HCl  BaCl2 + 2H2O
    Barium klorida

    BalasHapus
  15. NAMA : NURUL CHAIRIYAH
    KELAS : X KA 2
    No. Abs : 07


    1. Asam basa dan garam bersifat elektrolit karena pada saat dilarutkan dalam air asam basa dan garam melepaskan ion-ion baik positif(kation) maupun negatif(anion), sehingga asam, basa, dan garam dapat menghantarkan arus listrik. Selain itu, alasan bahwa asam basa dan garam merupakan elektrolit dikarenakan asam basa garam mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion-ion yang bermuatan.

    2.
    A. ASAM:
    - Asam Oksalat sebagai oksalat, juga agen pereduktor.
    - Asam asetat digunakan dalam produksi polimer seperti polietilena tereftalat, selulosa asetat, dan polivinil asetat, maupun berbagai macam serat dan kain. Dalam industri makanan, asam asetat digunakan sebagai pengatur keasaman. Di rumah tangga, asam asetat encer juga sering digunakan sebagai pelunak air.
    - Asam Sitrat terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning. Selain itu juga untuk menembah rasa.

    B. BASA:
    - Ammonium hidroksida sebagai penetral.
    - Ammonia digunakan untuk membersih, memutih dan mengurangkan bau busuk.
    - kalsium hidroksida banyak digunakan sebagai
    Flocculant pada air, pengolahan limbah, pengelolaan tanah asam, bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida, pereaksi kimia.

    C. GARAM:
    - Natrium Klorida sangat penting dalam fabrikasi senyawa ester dan dalam persiapan senyawa-senyawa organik. Logam ini dapat di gunakan untuk memperbaiki struktur beberapa campuran logam, dan untuk memurnikan logam cair.
    - Kalium klorida sebagai bahan pupuk.
    - Natrium fluorida sebagai pembuatan parfum.

    3. Karena shampoo terbuat dari bahan-bahan kimia yang bersifat basa yang salah satu cirinya adalah licin. Sehingga pada saat mata kita terkena shampoo terasa perih dan harus segera dibilas dengan air secukupnya.

    4.
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O

    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O

    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O

    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O

    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O

    BalasHapus
  16. NAMA : RENNI
    KELAS : X-KA 2
    NO : 14

    1.~ asam, basa, dan garam bersifat elektrolit karena asam, basa, dan garam merupakan zat-zat yang di dalam larutannya terurai menjadi ion-ion yang membentuknya.
    ~ asam, basa, dan garam adalah senyawa kovalen polar yang merupakan senyawa elektrolit.
    2. Asam
    • Asam Sitrat (C6H8O7) yang terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning. Selain itu juga untuk menembah rasa.
    • Asam Sulfat (H2SO4) digunakan dalam accu mobil.
    • Asam askorbat sebagai pembentuk utama vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh
    • Asam asetat digunakan untuk pembuatan cuka
    Basa
    • Amonia sebagai desinfektan
    • Alumunium hidroksida dan megnesium hidroksida sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    • Natrium hidroksida merupakan salah satu bahan pembuatan shampo.
    Garam
    • Natrium Klorida merupakan bahan utama pembuatan garam dapur.
    • Kalsium karbonat sebagai salah satu bahan pembuatan cat.
    • Kalium klorida sebagai bahan pembuatan pupuk.
    3. Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih.
    4. HCl + NH4OH  NH4Cl + H2O (amonium hidroksida)
    HNO3 + KOH  KNO3 + H2O(Kalium nitrat)
    3H2CO3 + 2Al(OH)3  Al(CO3) + 3H2O (aluminium karbonat )
    NaOH + CH3COOH  CH3COONa + H2O (Natrium asetat)
    Ba(OH)2 + 2HCl  BaCl2 + 2H2O (Barium klorida)

    BalasHapus
  17. Nama : Sindy Purwitosari
    Kelas : X KA-2
    No Absen:19
    1
    Karena Larutan asam,basa,garam dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan elektrolit.Larutan ini memberikan gejala berupa menyalanya lampu atau timbulnya gelembung gas dalam larutan.Larutan elektrolit mengandung partikel-partikel yang bermuatan (kation dan anion).
    A Pada larutan elektrolit kuat, seluruh molekulnya terurai menjadi ion-ion (terionisasi sempurna). Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik, maka daya hantarnya kuat. pada persamaan reaksi, ionisasi elektrolit kuat ditandai dengan anak panah satu arah ke kanan.
    Contoh Elektrolit kuat:
    Asam, contohnya asam sulfat (H2SO4), asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCl)
    Basa, contohnya natrium hidroksida (NaOH), kalium hidroksida (KOH), barium hidroksida (Ba(OH)2)
    Garam, hampir semua senyawa kecuali garam merkuri
    B Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang dapat memberikan nyala redup ataupun tidak menyala, tetapi masih terdapat gelembung gas pada elektrodanya. Hal ini disebabkan tidak semua terurai menjadi ion-ion (ionisasi tidak sempurna) sehingga dalam larutan hanya ada sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan arus listrik. Dalam persamaan reaksi, ionisasi elektrolit lemah ditandai dengan panah dua arah (bolak-balik).
    Contoh senyawa yang termasuk elektrolit lemah :
    CH3COOH, HCOOH, HF, H2CO3, dan NH4OH
    Larutan elektrolit dapat bersumber dari senyawa ion (senyawa yang mempunyai ikatan ion) atau senyawa kovalen polar (senyawa yang mempunyai ikatan kovalen polar)
    2
    CONTOH ASAM:
    HNO3 digunakan Pupuk
    Asam fosfat digunakan Cat anti karat
    H2SO4 digunakan Aki
    CONTOH GARAM:
    NaCL (Natrium klorida) digunakan sebagai garam dapur.
    KCL (kalium klorida) digunakan sebagai pupuk tanaman.
    NH4CL (Ammonium klorida) digunakan sebagai bahan pengisi batu baterai.
    CONTOH BASA:
    NaOH: digunakan di berbagai macam bidang industri, kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun dan deterjen.
    Al(OH)3 dan Mg(OH)2 sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    Ca(OH)2 digunakan untuk Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah
    asam.

    3
    Karna umumnya shampoo bersifat basa karna shampoo terbuat dari senyawa basa dengan minyak atau lemak. Sehingga pada saat mata kita terkena shampoo terasa perih dan harus segera dibilas dengan air secukupnya.
    4
    Reaksi penggaraman
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  18. NAMA :Wina Ayu N.K
    KELAS :XKA2
    NO ABSEN:32

    JAWABAN:

    1.Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan.

    2. ASAM:
    -Asam fosfat ->untuk deterjen,pupuk
    -Asam borat ->untuk pencuci mata
    -Asam Asetat ->untuk larutan cuka

    BASA:
    -Aluminium hidroksida ->deodoran
    -Natrium hidroksida -> bahan sabun
    -kalsium hidroksida ->mortar

    3.Karena shampo mengandung bahan kimia yang mengandung basa dan pH yang tinggi,shampo jika terkena mata akan mengakibatkan mata perih serta akan menimbulkan reflek kemata sehingga mengeluarkan air mata

    4.Reaksi penggaraman :
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  19. NAMA : Ririn Kusfantarini
    KELAS :X KA2
    NO ABSEN: 16

    JAWABAN:

    1.Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion-ion, baik ion positif dan ion negatif. sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. mak disebut larutan elektrolit.

    2. ASAM:
    -Asam fosfat sbg deterjen, pupuk
    -Asam borat sbg pencuci mata
    -Asam Asetat sbg larutan cuka

    BASA:
    -Aluminium hidroksida sbg deodoran, antasid
    -Natrium hidroksida sbg bahan sabun
    -kalsium hidroksida sbg mortar

    GARAM :
    - NaCl sbg penambah rasa makanan
    - NaHCO3 sbg pengembang kue
    - CaCO3 sbg cat tembok, bahan karet

    3.Karena tigkat kebasaan dan pH shampo yang tinggi, sehingga shampo jika terkena mata akan mengakibatkan mata perih.

    4.Reaksi penggaraman :
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  20. Nama:Tiara Puspawarni M.
    Kelas:X KA-2
    No. Absen:24

    1.Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila g...aram dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    2. Asam juga merupakan kebutuhan industri yang vital. Empat macam asam yang paling penting dalam industri adalah asam sulfat, asam fosfat, asam nitrat dan asam klorida. Asam sulfat (H2SO4) merupakan cairan kental menyerupai oli. Umumnya asam sulfat digunakan dalam pembuatan pupuk, pengilangan minyak, pabrik baja, pabrik plastik, obat-obatan, pewarna, dan untuk pembuatan asam lainnya. Asam fosfat (H3PO4) digunakan untuk pembuatan pupuk dan deterjen. Namun, sangat disayangkan bahwa fosfat dapat menyebabkan masalah pencemaran di danau-danau dan aliran sungai.

    Asam nitrat (HNO3) banyak digunakan untuk pembuatan bahan peledak dan pupuk. Asam nitrat pekat merupakan cairan tidak berwarna yang dapat mengakibatkan luka bakar pada kulit manusia. Asam klorida (HCl) adalah gas yang tidak berwarna yang dilarutkan dalam air. Asap HCl dan ion-ionnya yang terbentuk dalam larutan, keduanya berbahaya bagi jaringan tubuh manusia.

    Macam-macam Jenis Garam dan Kegunaannya:
    1.Yodium/Iodium/I
    Zat mineral yodium biasanya terdapat pada garam dapur yang tersedia bebas di pasaran, namun tidak semua jenis dan merk garam dapur mengandung yodium. Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok, gondong atau gondongan. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid.
    2.Phospor/Fosfor/P
    Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan membentuk gigi.
    3.Cobalt/Kobal/Kobalt/Co
    Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B.

    BASA
    1. Aluminium Hidroksida = deodorant dan antasida
    2. Kalsium Hidroksida = plester
    3. Natrium Hidroksida = pembersih saluran pipa
    4. Kalium Hidroksida = pembuatan sabun
    5. Ammonium Hidroksida = pelarut desinfektan

    3. Karena bahan yang terkandung di dalam shampoo merupakan bahan kimia iritan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata.

    4. rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O

    BalasHapus
  21. Nama : Nur Hidayati
    Kelas : X KA - 2
    No. Absen:06



    1.Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan.

    2. ASAM
    asam sulfat => Aki mobil
    asam sitrat => pada jeruk nipis untuk mencerahkan warna pada nasi
    asam laktat => campuran dalam susu

    BASA
    aluminium hidroksida => sebagai obat nyeri pada lambung
    amonium hidroksida => sbg pelarut disenfektan
    natrium hidroksida => sbg bahan pembuatan sabun

    GARAM
    Natrium klorida => bahan tambahan makanan
    Kalium klorida => sebagai bahan pupuk
    natrium fluoride => sbg pembuatan parfum


    3.Karena shampoo bersifat basa,sedangkan basa sendiri bersifat iritasi pada kulit. Maka dari itu mata kita pedih saat terkena shampoo.Dan mata tidak bisa menerima benda asing masuk ke dalamnya apapun bentuknya oleh karena itu mata akan mengeluarkan air mata secara refleks.


    4.
    A Reaksi asam klorida dan ammonium hidroksida
    HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O( terbentuk ammonium klorida )

    B. Reaksi asam nitrat dan kalium hidroksida
    HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O(terbentuk kalium nitrat)

    C. reasi asam karbonat dan alumunium hidroksida
    3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O(terbentuk alumunium karbonat)

    D.reaksi natrium hidroksida dan asam asetat
    NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O(terbentuk natrium asetat)

    E. reaksi barium hidroksida dan asam klorida
    Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O(terbentuk barium klorida)

    BalasHapus
  22. Nama :Tria Rahma Juliati
    Kelas : X KA-2
    No. Absen : 25


    1.Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan.

    2. ASAM
    •Asam sulfat : banyak digunakan dalam batrai atau aki mobil
    •Asam sitrat : banyak digunakan dalam pengawet dan pemberi cita rasa pada makanan
    •Asam klorida : membatu memecahkan protein

    BASA
    •Natrium hidroksida : aditif pada makanan
    •Kalsium hidroksida : banyak digunakan dalam pengolahan limbah
    •Magnesium hidroksida: digunakan pada pembutan obat maag

    GARAM
    •Natrium klorida : terdapat pada penyedap makanan
    •Magnesium klorida : pengeras dalam pembuatan tahu
    •Kalsium klorida : penurun titik beku pada mesin pendingin

    3.Karena shampoo bersifat basa,sedangkan basa sendiri bersifat iritasi pada kulit. Maka dari itu mata kita pedih saat terkena shampoo. Dan juga mata tidak bisa menerima benda asing masuk ke dalamnya apapun bentuknya oleh karena itu mata akan mengeluarkan air mata secara refleks.

    4.
    A Reaksi asam klorida dan ammonium hidroksida
    HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O( terbentuk ammonium klorida )

    B. Reaksi asam nitrat dan kalium hidroksida
    HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O(terbentuk kalium nitrat)

    C. reasi asam karbonat dan alumunium hidroksida
    3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O(terbentuk alumunium karbonat)

    D.reaksi natrium hidroksida dan asam asetat
    NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O(terbentuk natrium asetat)

    E. reaksi barium hidroksida dan asam klorida
    Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O(terbentuk barium klorida)

    BalasHapus
  23. Nama :Rahma Tsani Laily Ramadlani
    Kelas :X-KA2
    No.Absen :12

    1.Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    2.Asam (yang sering diwakili dengan rumus umum HA) secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Suatu asam bereaksi dengan suatu basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam. Contoh asam adalah asam asetat (ditemukan dalam cuka) dan asam sulfat (digunakan dalam baterai atau aki mobil). Asam umumnya berasa masam; walaupun demikian, mencicipi rasa asam, terutama asam pekat, dapat berbahaya dan tidak dianjurkan.

    contoh basa:,Aluminium Hidroksida ( deodorant dan antasida),Kalsium Hidroksida( plester), Natrium Hidroksida (pembersih saluran pipa),Kalium Hidroksida (pembuatan sabun),Ammonium Hidroksida (pelarut desinfektan)

    Dalam kimia, garam ialah senyawa netral yang terdiri atas ion-ion.
    Garam juga bisa berarti:
    ý Garam dapur, digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan
    ý Natrium klorida, bahan baku utama garam dapur
    ý Garam (kriptografi), vektor inisialisasi sandi rahasia blok
    ý Bisa juga merujuk pada tiap arti ganda penggaraman
    Garam (kimia)
    Natrium klorida (NaCl) adalah bahan utama garam dapur
    Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.
    Larutan garam dalam air merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah.

    3.Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya.Hal ini dikarenakan adanya tigkat kebasaan dan pH shampo yang tinggi, sehingga shampo jika terkena mata akan mengakibatkan mata perih.

    Yang harus dilakukan:
    Ø Segera bilas dengan air matang. Jangan gunakan air keran, karena kita tidak tahu kualitas dan higienis tidaknya air tersebut.
    Ø Gunakan pipet atau sendok yang bersih untuk meneteskan air tersebut ke dalam matanya. Tetaskan ke matanya sedikit demi sedikit secara perlahan. Jangan sekali-kali percaya mitos “Oleskan ASI atau air liur orang dewasa di mata si kecil sesaat setelah kemasukan benda asing”. Itu malah tidak dijamin kehigienisannya.
    Ø Cegah anak-anak agar tidak menggosok-gosok matanya.
    Ø Jika terjadi iritasi hebat, segera bawa ke dokter agar segera diatasi. Sebaiknya, dokter yang memang ahli dalam menangani kasus tersebut.

    Efek:
    Bila ada benda asing yang masuk ke mata seperti sampo, efek yang dirasakan mata menjadi pedih dan iritasi. Apalagi, kita tak tahu persis apa kandungan samponya.


    4.Rumus reaksi penggaraman :
    a. HCl + NH4OH → NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    b. HNO3 + KOH → KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    c. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 → Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    d. NaOH + CH3COOH →CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    e. Ba(OH)2 + 2HCl →BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  24. Nama : Nur.Chasanah
    Kelas : X-KA2
    No Absen : 04

    1/ Karena dapat menghantarkan arus listrik, dan sesuai dengan konsep ARHENIUS, bila asam dan basa dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion-ion positif(+) dan ion-ion negatif(-) yang dsisebut larutan elektrolit.

    2/
    1. Asam:
    *Asam klorida(HCL)= Untuk menghasilkan karat pada logam, sebagai campuran untuk pelarut logam.
    *Asam sulfat(H2SO4)= Digunakan untuk industri pupuk (pupuk super fosfat)
    -Pada industri zat organik: seperti pemurnian minyak bumi, pembuatan fenol, alkilasi isobutan, dan sebagainya.
    *Asam cuka(CH3COOH)= Dalam makanan misalnya acar dibuat sebagai rasa asam pada acar maupun manisan.
    2. Basa:
    *Natrium Hidroksida(NaOH)= Sebagai bahan baku pembuatan sabun mandi, untuk menjernihan minyak goreng pada industri minyak goreng.
    *KOH(alium Hidroksada)= Sebagai bahan pembuatan sabun.
    *Alkohol(C2H5OH)= Untuk mensterilkan alat-alat kedokteran, untuk minuman keras, sebagai bahan antiseptik
    3. Garam:
    *Al2(SO4)3 tawas= Sebagai koagulan (pengendapan) pada air
    *NaCL Garm dapur= Sebagai bahan aditif
    *CaCL2 Calsium klorida= Sebagai pemurnian air

    3/ Karena tingkat ke basaannya dan pH shampo yang tinggi, sehingga shampo jika terena mata mengkibatkan mata perih. Dan menimbulan efek kemata (mengeluarkan air mata/ mata menjadi merah)

    4/ a. HCL+NH4OH→NH4CL+H2O
    b. HNO3+KOH→KNO3+H2O
    c. 3HCO3+Al(OH3)→Al(CO3)3+3H2O
    d. NaOH+CH3COOH→CH3COONa+H2O
    e. Ba(OH)2+2HCL→BaCl2+2H2O

    BalasHapus
  25. NAMA : YOHANA LIDYA MUTIARA KASIH WALADOW
    KELAS: X KA 2
    ABSEN: 33

    PERBAIKAN NO.4

    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    {TERBENTUK GARAM AMMONIUM KLORIDA}

    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    {TERBENTUK GARAM KALIUM NITRAT}

    3H2CO3 + 2Al(OH)3→ Al2(CO3)3 + 6H2O
    {TERBENTUK GARAM ALUMUNIUM KARBONAT

    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa + H2O
    {TERBENTUK GARAM NATRIUM ASETAT}

    Ba(OH)2 + HCl → BaCl2 + H2O
    {TERBENTUK GARAM BARIUM KLORIDA}

    BalasHapus
  26. NAMA : NURUL CHAIRIYAH
    KELAS : X KA 2
    No. Abs : 07


    1. Asam basa dan garam bersifat elektrolit karena pada saat dilarutkan dalam air asam basa dan garam melepaskan ion-ion baik positif(kation) maupun negatif(anion), sehingga asam, basa, dan garam dapat menghantarkan arus listrik. Selain itu, alasan bahwa asam basa dan garam merupakan elektrolit dikarenakan asam basa garam mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion-ion yang bermuatan.

    2.
    A. ASAM:
    - Asam Oksalat sebagai oksalat, juga agen pereduktor.
    - Asam asetat digunakan dalam produksi polimer seperti polietilena tereftalat, selulosa asetat, dan polivinil asetat, maupun berbagai macam serat dan kain. Dalam industri makanan, asam asetat digunakan sebagai pengatur keasaman. Di rumah tangga, asam asetat encer juga sering digunakan sebagai pelunak air.
    - Asam Sitrat terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning. Selain itu juga untuk menembah rasa.

    B. BASA:
    - Ammonium hidroksida sebagai penetral.
    - Ammonia digunakan untuk membersih, memutih dan mengurangkan bau busuk.
    - kalsium hidroksida banyak digunakan sebagai
    Flocculant pada air, pengolahan limbah, pengelolaan tanah asam, bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida, pereaksi kimia.

    C. GARAM:
    - Natrium Klorida sangat penting dalam fabrikasi senyawa ester dan dalam persiapan senyawa-senyawa organik. Logam ini dapat di gunakan untuk memperbaiki struktur beberapa campuran logam, dan untuk memurnikan logam cair.
    - Kalium klorida sebagai bahan pupuk.
    - Natrium fluorida sebagai pembuatan parfum.

    3. Karena shampoo terbuat dari bahan-bahan kimia yang bersifat basa yang salah satu cirinya adalah licin. Sehingga pada saat mata kita terkena shampoo terasa perih dan harus segera dibilas dengan air secukupnya.

    4.
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk garam ammonium klorida.

    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk garam kalium nitrat.


    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk garam aluminium karbonat.


    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk garam natrium asetat.


    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk garam barium klorida.

    BalasHapus
  27. NAMA :NUR HASANAH
    KELAS :X KA2
    NO. ABSEN :05

    1. .Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    2. ASAM:
    -Asam fosfat sbg deterjen, pupuk
    -Asam borat sbg pencuci mata
    -Asam Asetat sbg larutan cuka

    BASA:
    - Ammonium hidroksida sebagai penetral.
    - Ammonia digunakan untuk membersih, memutih dan mengurangkan bau busuk.
    - kalsium hidroksida banyak digunakan sebagai
    Flocculant pada air, pengolahan limbah, pengelolaan tanah asam, bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida, pereaksi kimia.

    Garam:
    *Al2(SO4)3 tawas= Sebagai koagulan (pengendapan) pada air
    *NaCL Garm dapur= Sebagai bahan aditif
    *CaCL2 Calsium klorida= Sebagai pemurnian air

    3.Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya.Hal ini dikarenakan adanya tigkat kebasaan dan pH shampo yang tinggi, sehingga shampo jika terkena mata akan mengakibatkan mata perih.

    4.Rumus reaksi penggaraman :
    a. HCl + NH4OH → NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    b. HNO3 + KOH → KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    c. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 → Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    d. NaOH + CH3COOH →CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    e. Ba(OH)2 + 2HCl →BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Nama : uLfa auLia Putri
    keLas : XKA 2
    No. absen : 26


    1. asam,, basa,, dan garam bersifat eLektroLit karena itu sesuai dengan konsep Arhenius yang mengatakan bahwa "biLa asam , basa ,, dan garam diLarutkan daLam air akan menghasiLkan ion-ion . Sehingga Larutan tsb dapat menghantarkan Listrik. Jadi, bisa disebut sebagai eLektroLit .


    2. Asam
    asam karbonat untuk bahan minuman berkarbonasi
    asam benzoat untuk mencegah pertumbuhan jamur , bahan pengawet
    asam nitrat untuk bahan pupuk

    Basa
    aLuminium hidroksida untuk deodoran, obat maag
    magnesium hidroksida untuk obat pencahar
    natrium hidroksida untuk sabun

    Garam
    natrium kLorida untuk penambah rasa
    kaLsium karbonatuntuk bahan cat
    amonium kLorida untuk bahan baterai


    3. Karena di daLam shampo terdapat tingkat kebasaan dan juga pH shampo yang tinggi , sehingga itu yang menyebabkan mata perih jika terkena shampo .


    4. - HCl + NH4OH → NH4Cl + H2O
    - HNO3 + KOH → KNO3 + H2O
    - H2CO3 + Al2OH → Al2CO3 + H2O
    - NaOH + CH3COOH → CH3COONa +H2O
    - BaOH + HCl → BaCl + H2O

    BalasHapus
  30. Nama : NuruL Hidayanti
    KeLas : XKA 2
    No. absen : 08

    1. .Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.


    2. ASAM
    •Asam sulfat : banyak digunakan dalam batrai atau aki mobil
    •Asam sitrat : banyak digunakan dalam pengawet dan pemberi cita rasa pada makanan
    •Asam klorida : membatu memecahkan protein

    BASA
    •Natrium hidroksida : aditif pada makanan
    •Kalsium hidroksida : banyak digunakan dalam pengolahan limbah
    •Magnesium hidroksida: digunakan pada pembutan obat maag

    GARAM
    •Natrium klorida : terdapat pada penyedap makanan
    •Magnesium klorida : pengeras dalam pembuatan tahu
    •Kalsium klorida : penurun titik beku pada mesin pendingin


    3. Karena shampoo terbuat dari bahan-bahan kimia yang bersifat basa yang salah satu cirinya adalah licin. Sehingga pada saat mata kita terkena shampoo terasa perih dan harus segera dibilas dengan air secukupnya.



    4. - HCl + NH4OH → NH4Cl + H2O
    - HNO3 + KOH → KNO3 + H2O
    - H2CO3 + Al2OH → Al2CO3 + H2O
    - NaOH + CH3COOH → CH3COONa +H2O
    - BaOH + HCl → BaCl + H2O

    BalasHapus
  31. Nama :Sulistia Melani
    Kelas:X.KA2
    No :23


    1.Karena Larutan asam,basa,garam dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan elektrolit.Larutan ini memberikan gejala berupa menyalanya lampu atau timbulnya gelembung gas dalam larutan.Larutan elektrolit mengandung partikel-partikel yang bermuatan (kation dan anion).
    A Pada larutan elektrolit kuat, seluruh molekulnya terurai menjadi ion-ion (terionisasi sempurna). Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik, maka daya hantarnya kuat. pada persamaan reaksi, ionisasi elektrolit kuat ditandai dengan anak panah satu arah ke kanan.
    Contoh Elektrolit kuat:
    Asam, contohnya asam sulfat (H2SO4), asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCl)
    Basa, contohnya natrium hidroksida (NaOH), kalium hidroksida (KOH), barium hidroksida (Ba(OH)2)
    Garam, hampir semua senyawa kecuali garam merkuri
    B Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang dapat memberikan nyala redup ataupun tidak menyala, tetapi masih terdapat gelembung gas pada elektrodanya. Hal ini disebabkan tidak semua terurai menjadi ion-ion (ionisasi tidak sempurna) sehingga dalam larutan hanya ada sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan arus listrik. Dalam persamaan reaksi, ionisasi elektrolit lemah ditandai dengan panah dua arah (bolak-balik).
    Contoh senyawa yang termasuk elektrolit lemah :
    CH3COOH, HCOOH, HF, H2CO3, dan NH4OH
    Larutan elektrolit dapat bersumber dari senyawa ion (senyawa yang mempunyai ikatan ion) atau senyawa kovalen polar (senyawa yang mempunyai ikatan kovalen polar)

    2. ASAM
    •Asam sulfat : banyak digunakan dalam batrai atau aki mobil
    •Asam sitrat : banyak digunakan dalam pengawet dan pemberi cita rasa pada makanan
    •Asam klorida : membatu memecahkan protein

    BASA
    •Natrium hidroksida : aditif pada makanan
    •Kalsium hidroksida : banyak digunakan dalam pengolahan limbah
    •Magnesium hidroksida: digunakan pada pembutan obat maag

    GARAM
    •Natrium klorida : terdapat pada penyedap makanan
    •Magnesium klorida : pengeras dalam pembuatan tahu
    •Kalsium klorida : penurun titik beku pada mesin pendingin

    3. Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat mata semakin terasa perih.


    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    {TERBENTUK GARAM AMMONIUM KLORIDA}

    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    {TERBENTUK GARAM KALIUM NITRAT}

    3H2CO3 + 2Al(OH)3→ Al2(CO3)3 + 6H2O
    {TERBENTUK GARAM ALUMUNIUM KARBONAT

    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa + H2O
    {TERBENTUK GARAM NATRIUM ASETAT}

    Ba(OH)2 + HCl → BaCl2 + H2O
    {TERBENTUK GARAM BARIUM KLORIDA}

    BalasHapus
  32. Nama : Peggy Stefany D
    KeLas :X KA 2
    No.Absen : 10

    1.mengapa asam basa dan garanm disebut Larutan eLektroLit ,, karena asam ,basa , dan garam ersebut dapat mengion jika dilarutkan dalam air . Baik ion positif (kation) maupun ion negatif (anion) sehingga dapat menghantarkan Listrik .

    2.*ASAM
    a)Asam Sulfat :pada Aki Mobil
    b)Asam Lambung : Disekresikan di dalam lambung untuk membantu memecah protein dan polisakarida maupun mengubah proenzim pepsinogen yang inaktif menjadi enzim pepsin
    c)Asam Sitrat : Pemberi cita rasa
    *BASA
    a)amonia (NH4) : Desinfektan
    b)Kalsium Hidroksida (Ca(OH)2) : Mengetahui ada tidaknya gas CO2
    c)alkohol(C2H5OH)= Untuk mensterilkan alat-alat kedokteran, untuk minuman keras, sebagai bahan antiseptik
    *GARAM
    a) Natrium Klorida (NaCl) : sebagai bahan aditif atau penyedap masakan .
    b)tawas (Al2(SO4)3) : Sebagai koagulan (pengendapan) pada air .
    c)Natrium Flouride : sebagai bahan pembuat parfum .

    3.Karena shampoo merupakan basa yang dapat menyebakan iritasi pada mata . SeLain itu , mata juga akan secara refLeks mengeLuarkan air mata karena mata berusaha mengeLuarkan benda asing dari daLamnya .

    4.Reaksi penggaraman
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  33. Nama : Widia Septiandri
    Kelas : X - Ka2
    No : 31

    1. Karena asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    2.
    Asam
    -Asam Lambung : untuk membantu memecah protein dan polisakarida maupun mengubah proenzim pepsinogen yang inaktif menjadi enzim pepsin.
    -Asam fosfat : untuk membuat pupuk fosfat dan juga trinatrium fosfat untuk deterjen.
    -Asam karbonat : bahan minuman berkarbonasi.

    Basa
    -Natrium hidroksida : bahan pembuatan sabun.
    -Aluminium hidroksida : digunakan sebagai bahan deodorant dan antisida.
    -Magnesium hidroksida : sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.

    Garam
    -Kalium klorida sebagai bahan pembuatan pupuk.
    -Ammonium klorida digunakan sebagai bahan pengisi batu baterai.
    -Natrium klorida digunakan sebagai bahan pembuat garam dapur.

    3. Karena shampoo mengandung basa dan salah satu sifat basa yaitu iritasi pada bagian tubuh.

    4.
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  34. Nama : Wardatut Toyyiba V.
    Kelas X-KA2
    No. : 30

    1. Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.

    2.
    Asam
    a. Asam Sitrat yang terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning, selain itu juga untuk menembah rasa.
    b. Asam asetat digunakan dalam produksi polimer seperti polietilena tereftalat, selulosa asetat, dan polivinil asetat, maupun berbagai macam serat dan kain.
    c. Asam Sulfat digunakan dalam accu mobil.

    Basa
    a. Natrium hidroksida merupakan salah satu bahan pembuatan shampo.
    b.Al(OH)3 dan Mg(OH)2 sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    c.Aluminium hidroksida sebagai bahan pembuatan deodoran.

    Garam
    a.Natrium klorida sebagai bahan tambahan makanan dan pembuatan garam.
    b.Magnesium klorida : pengeras dalam pembuatan tahu.
    c.Kalsium klorida Sebagai penjernih air.

    3. Karena shampoo mengandung basa yang bersifat iritasi pada bagian tubuh.

    4.HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  35. virda.28.Xka2@gmail.com

    NAMA : VIRDA IMANNIA
    KELAS : XKA2
    NO : 28

    1. .Asam, basa dan garam bersifat elektrolit. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.


    2. ASAM:
    -Asam fosfat sbg deterjen, pupuk
    -Asam borat sbg pencuci mata
    -Asam Asetat sbg larutan cuka

    BASA:
    -Aluminium hidroksida sbg deodoran, antasid
    -Natrium hidroksida sbg bahan sabun
    -kalsium hidroksida sbg mortar

    GARAM :
    - NaCl sbg penambah rasa makanan
    - NaHCO3 sbg pengembang kue
    - CaCO3 sbg cat tembok, bahan karet



    3.Bila sampo masuk mata,meski sejumlah produk mandi untukanak-anak - seperti sampo - mengaku aman digunakan dan tidak perih di mata, pada kenyataannya tak sedikit yang menangis kesakitan bila matanya kemasukan sampo. Bahkan mereka refleks menggosok-gosok matanya.Hal ini dikarenakan adanya tigkat kebasaan dan pH shampo yang tinggi, sehingga shampo jika terkena mata akan mengakibatkan mata perih.

    4. Rumus reaksi penggaraman:
    HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O
    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O
    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O
    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O
    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  36. nama: sazi ajeng
    no : 18
    kelas : x ka2

    1.dalam pernyataan yg di buat oleh Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan.

    2.• Asam Sitrat (C6H8O7) yang terdapat pada jeruk nipis digunakan untuk mencerahkan warna dalam pembuatan nasi kuning. Selain itu juga untuk menembah rasa.
    • Asam Sulfat (H2SO4) digunakan dalam accu mobil.
    • Asam askorbat sebagai pembentuk utama vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh
    • Asam asetat digunakan untuk pembuatan cuka
    Basa
    • Amonia sebagai desinfektan
    • Alumunium hidroksida dan megnesium hidroksida sebagai bahan pembuatan obat nyeri lambung.
    • Natrium hidroksida merupakan salah satu bahan pembuatan shampo.
    Garam
    • Natrium Klorida merupakan bahan utama pembuatan garam dapur.
    • Kalsium karbonat sebagai salah satu bahan pembuatan cat.
    • Kalium klorida sebagai bahan pembuatan pupuk.
    3. selama ini kita tau bahwa shampo bersifat basa selain itu mata kita juga akan terasa pedih karena mata tidak bisa menerima benda asing masuk ke dalamnya apapun bentuknya oleh karena itu mata akan mengeluarkan air mata secara refleks.


    4. HCl + NH4OH→ NH4Cl + H2O

    HNO3 + KOH→ KNO3 + H2O

    H2CO3 + Al2OH→ AL2CO3 +H2O

    NaOH + CH3COOH→ CH3COONa +H2O

    BaOH + HCl→ BaCl + H2O

    BalasHapus
  37. Nama :Yuniar risky W N
    No :36
    Kelas:X ka2

    1. Asam basa dan garam bersifat elektrolit karena pada saat dilarutkan dalam air asam basa dan garam melepaskan ion-ion baik positif(kation) maupun negatif(anion), sehingga asam, basa, dan garam dapat menghantarkan arus listrik. Selain itu, alasan bahwa asam basa dan garam merupakan elektrolit dikarenakan asam basa garam mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion-ion yang bermuatan.

    2. asam sulfat H2SO4 => Aki mobil
    asam sitrat => pada jeruk nipis untuk mencerahkan warna pada nasi
    asam laktat => campuran dalam susu

    aluminium hidroksida => sebagai obat nyeri pada lambung
    amonium hidroksida => sbg pelarut disenfektan
    natrium hidroksida => sbg bahan pembuatan sabun

    Natrium klorida => bahan tambahan makanan
    Kalium klorida => sebagai bahan pupuk
    natrium fluorida => sbg pembuatan parfum

    3.Karena shampoo merupakan basa yang dapat menyebakan iritasi pada mata . SeLain itu , mata juga akan secara refLeks mengeLuarkan air mata karena mata berusaha mengeLuarkan benda asing dari daLamnya .

    4.
    A Reaksi asam klorida dan ammonium hidroksida
    HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O( terbentuk ammonium klorida )

    B. Reaksi asam nitrat dan kalium hidroksida
    HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O(terbentuk kalium nitrat)

    C. reasi asam karbonat dan alumunium hidroksida
    3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O(terbentuk alumunium karbonat)

    D.reaksi natrium hidroksida dan asam asetat
    NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O(terbentuk natrium asetat)

    E. reaksi barium hidroksida dan asam klorida
    Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O(terbentuk barium klorida)

    BalasHapus
  38. Nama : Sri Awiyaningsih
    Klas / no:X KA2/22


    1. Sesuai dengan konsep Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan. Senyawa elektrolit juga terbentuk dari senyawa kovalen polar karene senyawa- senyawa kovalen polar memiliki keelektronegatifan yang besar.
    2. Asam:
    Asam Klorida berfungsi untuk membantu pencernaan makanan dan mencegah mikroorganisme masuk lebih jauh ke dalam usus. pH asam lambung yang rendah akan mendenaturasi protein, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh enzim pepsin. pH yang rendah ini juga akan mengaktivasi prekursor enzim pepsinogen.
    Asam sulfat merupakan komoditas kimia yang sangat penting, dan sebenarnya pula, produksi asam sulfat suatu negara merupakan indikator yang baik terhadap kekuatan industri negara tersebut. Kegunaan utama (60% dari total produksi di seluruh dunia) asam sulfat adalah dalam "metode basah" produksi asam fosfat, yang digunakan untuk membuat pupuk fosfat dan juga trinatrium fosfat untuk deterjen.
    asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawet makanan dan minuman.
    Basa:
    Kalsium hidroksida digunakan untuk Flocculant pada air, pengolahan limbah, serta pengelolaan tanah asam.
    • Bahan alkali untuk menggantikan natrium hidroksida
    • Pereaksi kimia
    Magnesium hidroksida digunakan dalam susu.
    Natrium hidroksida adalah basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia.
    Garam:
    Magnesium klorida dan magnesium sulfat dalam garam Epsom.
    Natrium klorida, bahan baku utama garam dapur
    NH4CL (Ammonium klorida) digunakan sebagai bahan pengisi batu baterai.
    3. Karena shampoo terbuat dari bahan-bahan kimia yang bersifat basa yang salah satu cirinya adalah licin. Sehingga pada saat mata kita terkena shampoo terasa perih dan harus segera dibilas dengan air secukupnya.
    4. A. Reaksi asam klorida dan ammonium hidroksida
    HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O( terbentuk ammonium klorida )

    B. Reaksi asam nitrat dan kalium hidroksida
    HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O(terbentuk kalium nitrat)

    C. reasi asam karbonat dan alumunium hidroksida
    3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O(terbentuk alumunium karbonat)

    D.reaksi natrium hidroksida dan asam asetat
    NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O(terbentuk natrium asetat)

    E. reaksi barium hidroksida dan asam klorida
    Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O(terbentuk barium klorida)

    BalasHapus
  39. Nama : Siskah diah J.
    Kelas : X KA2
    No.absen:21

    1.dalam pernyataan yg di buat oleh Arhenius, bila asam dan basa dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion, sehingga larutan asam dan basa tersebut dapat menghantarkan listrik. Demikian juga, bila garam dilarutkan dalam air menghasilkan ion-ion yang dapat menghantarkan listrik.
    Umumnya senyawa elektrolit berupa asam, basa, dan garam merupakan elektrolit karena dapat mengalami ionisasi sempurna di dalam air yang terdiri atas ion- ion yang bermuatan.
    2. ASAM:
    -Asam fosfat sbg deterjen, pupuk
    -Asam borat sbg pencuci mata
    -Asam Asetat sbg larutan cuka

    BASA:
    -Aluminium hidroksida sbg deodoran, antasid
    -Natrium hidroksida sbg bahan sabun
    -kalsium hidroksida sbg mortar

    GARAM :
    - NaCl sbg penambah rasa makanan
    - NaHCO3 sbg pengembang kue
    - CaCO3 sbg cat tembok, bahan karet
    3. Karena shampoo mengandung basa yang bersifat iritasi pada bagian tubuh.
    4.Reaksi penggaraman
    A. HCl + NH4OH -> NH4Cl + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk ammonium klorida.
    B. HNO3 + KOH -> KNO3 + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk kalium Nitrat
    C. 3H2CO3 + 2Al(OH)3 -> Al2(CO3)3 + 6H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk aluminium Karbonat.
    D. NaOH + CH3COOH -> CH3COONa + H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk natrium asetat.
    E. Ba(OH)2 + 2HCl -> BaCl2 + 2H2O
    dari reaksi tersebut terbentuk barium klorida.

    BalasHapus
  40. Nama :candra indri any
    kelas :xi.ki 1/16

    1.sebutkan macam" penggiling pusingan?
    *penggiling fuller,penggiling peluru
    2.bagaimana hasil giling penggiling peluru?
    *sangat halus
    3.penggiling fuller digunakan u/apa?
    *untuk membwat arang bubuk dan semen
    4.penggiling raymond digunakan untuk apa?
    *u/menggiling fosfat,batu kapur,arang bubuk
    5.bagaimana bentuk hasil giling penggiling peluru?
    *tidak pernah bersudut tetapi berpola
    6.mengapa pada waktu mesin bekerja,peluru" tidak boleh jatuh dr ayakan?
    *karena dapat mengakibatkan ayakan menjadi cpt rusak
    7.penggiling peluru digunakan u/apa ?
    *u/menggiling tanah liat,tepung thomas,tulang
    8.berapa ukuran butir hasil giling penggiling peluru?
    *kira" 0,25mm
    9.apa yang disebut batu jalan ?
    *batu giling yg berputar
    10.apa yang disebut batu baring?
    *batu giling yang diam
    11.digunakan u/apa penggiling buhrstone?
    *u/menggiling pigmen,rempah-rempah
    12.berapa ukuran hasil giling penggiling buhrstone?
    *kira" 0.07
    13.bagaimana hasil giling penggiling ultra?
    *sangat halus,sehinga mencapai lebih kecil dr 0,001cm
    14.digunakan u/apa penggiling ultra?
    *menggiling grafik dan belerang
    15.digunakan u/apa penggiling koloid?
    *u/membuat tinta cetak,cat air dsb
    16.berapa kapasitas mesin"giling buatan amerika?
    *200-800kg tiap jam
    17.sebutkan macam" penggiling ultra?
    *koloid dan micronizer
    18.sebutkan kegunaan micronizer?
    *u/bahan giling yg halus sperti grafit,belerang dsb
    19.berapa kapasitas giling pd penggiling raymond?
    *kira" 25000kg arang batu
    20.batu giling tiap jam dgn ukuran butir?
    *+- 0,07mm

    BalasHapus