Selasa, 13 Agustus 2024

PMM literasi

 [Musik] literasi itu membaca dan menulis literasi itu membaca buku kegiatan membaca dan menulis juga kemampuan untuk mengerti informasi dalam teks bahasa Indonesia literasi itu membaca dan menulis dan dekat banget dengan mata pelajaran bahasa Indonesia [Musik] salam dan bahagia ibu dan bapak guru dari testimoni guru-guru dan murid-murid tadi kita menangkap bahwa literasi itu berkaitan dengan membaca menulis bahasa Indonesia namun Apakah literasi Hanya selalu tentang Itu semua tidak sebenarnya makna literasi itu jauh lebih dalam dan luas dari itu semua literasi sesungguhnya melingkupi keterampilan memahami teks dan konteks secara menyeluruh menurut International literasi asosiation literasi adalah kemampuan untuk mengenali memahami menafsirkan mencipta mengkomputasi dan berkomunikasi menggunakan simbol visual auditori dan digital mengenai topik lintas disiplin dan keilmuan membaca merupakan gerbang penting bagi kemampuan literasi namun membaca bukan sekadar kegiatan menggabungkan berbunyi menjadi suku kata dan kata namun merupakan kegiatan mengkonstruksi makna agar dapat membaca dengan baik seseorang perlu terampil menyimak dan berbicara mengungkapkan gagasannya dan mengembangkan kemampuan nalarnya dalam mengaitkan bacaan dengan diri dan lingkungan sekitarnya Lalu bagaimana dengan teks yang dibaca Apakah terbatas hanya pada teks cetak saja tentu tidak di era digital ini teks hadir dalam bentuk multi modal artinya teks dapat berupa poster pertandingan sepak bola siaran berita grafik tabel lagu film social media dan lainnya jelas bahwa kemampuan literasi dibutuhkan oleh topik lintas disiplin karena itu kemampuan literasi tidak seharusnya ditingkatkan di mata pelajaran bahasa Indonesia saja melainkan juga di mata pelajaran lainnya seperti matematika olahraga ilmu sosial seni dan lain sebagainya pada topik ini kita akan menelusuri literasi lebih dalam mengenai literasi mulai dari kompetensi-kompetensi strategi memahami berbagai jenis teks hingga menguatkan literasi pada berbagai mata pelajaran selain bahasa Indonesia literasi itu kemampuan esensial yang melintasi berbagai bidang seperti cairan dan gas Ia ada di berbagai ruang mengisi dan bisa ada dengan aneka macam bentuk loh kok saya jadi membicarakan benda cair padat dan gas 


buat bapak guru tentu tidak asing dengan kata rapor bukan saat ini rapor bukan hanya berarti laporan belajar anak satuan pendidikan pun memiliki rapor pendidikan di dalamnya terdapat data-data indikator pencapaian kompetensi satuan pendidikan salah satu kemampuan yang tercantum di rapor pendidikan adalah kemampuan literasi Wah seperti Apa ya Membaca kemampuan literasi dalam rapor pendidikan Mari kita simak Pengadegan berikut Bagaimana menurut bapak tentang rapor pendidikan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah kita kemarin dapur pendidikan yang setiap satuan pendidikan dapatkan di dalamnya memuat capaian kompetensi literasi dan generasi satuan pendidikan menarik sekali Pak Saya tertarik dengan nilai literasi dan nominasi sekolah kita yang rendah betul Bu berarti kita harus mempelajari Apa yang dimaksud dengan kompetensi literasi dalam dapur pendidikan itu Coba kita lihat lagi paparan sekolah kemarin untuk pertemuan kita kali ini fokus kita hanya di kompetensi literasi dulu ya kalau di rapor pendidikan literasi adalah kemampuan peserta didik dalam memahami menggunakan evaluasi refleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat dari definisi ini membaca dimaknai secara luas ya Pak tidak hanya memperoleh informasi tetapi juga memahami hingga merefleksi berbagai jenis teks ini informasi penting betul Bu kemampuan literasi dalam rapat pendidikan dilaporkan dalam 4 indeks capaian yang tergambarkan dalam warna yang berbeda sesuai dengan penjabaran atribut sekolah dan atribut muridnya tapi saya belum sepenuhnya paham tentang atribut sekolah dan atribut murid pak atribut sekolah adalah kategori ketercapaian dari satuan pendidikan atribut murid adalah uraian kompetensi mana saja yang sudah atau belum dikuasai peserta didik Ya seperti profil muridnya gitu Bu atribut murid ini yang melengkapi penjelasan dari atribut sekolahnya Yuk kita coba lihat yang warna merah indeks capaian ini adalah perlu intervensi khusus satuan pendidikan yang memiliki warna merah pada indeks literasinya berarti masih banyak memiliki peserta didik yang memerlukan intervensi khusus mereka belum mampu menemukan informasi eksplisit dari bacaan Artinya jangan-jangan mereka belum dapat membaca dengan lancar warna jingga memiliki indeks capaian 1,4 sampai dengan 1,79 satuan pendek indeks capaian ini berada pada tahap dasar Oh di sini berarti kurang dari 50% murid sudah mampu menemukan informasi eksplisit pada bacaan dan mampu membuat tafsiran sederhana tentunya mereka perlu bimbingan untuk memahami bacaan agar mampu menganalisis bacaan dengan baik Oh seperti itu siapa saya sudah mendapat gambarannya sekarang kalau begitu ijinkan saya membacakan yang berikutnya ya Pak silakan Bu dengan senang hati untuk satuan yang memiliki indeks capaian warna hijau peserta didik di satuan pendidikan ini telah mampu menganalisis membuat simpulan membandingkan informasi dan melakukan sintesis pada saat mereka membaca beberapa teks dari berbagai sumber satuan pendidikan ini termasuk pada kategori sudah bagus Namun kita nggak boleh terlena kita harus tetap mendorong lebih banyak murid menjadi Mahir oh betul juga ya tidak boleh berpuasa sendiri Iya nih tapi memang kemampuan peserta didik dicapaian ini ternyata sudah sampai pada tahap dapat membuat simpulan dari hasil integrasi beberapa informasi dalam suatu teks sudah bisa memahami lebih kompleks ya hingga membuat simpulan Betul Pak yang terakhir adalah Mahir dimana indeks capaiannya di angka 2,10 sampai dengan 3,00 di sini kemampuan peserta didik yang berada pada level cakap sudah lebih banyak presentasinya lalu apa bedanya dengan tahap cakap bedanya di sini peserta didik Mampu membaca dengan kritis misalnya mereka mampu mengevaluasi kebenaran teks Berdasarkan pengalaman dan pemaknaannya Wah masih sedikit sekali peserta didik di tahap ini jika cakep nih membuat simpulan Mahir sudah sampai pada menunjukan sikap reflektif akan bacaannya ya wah ini sih jelas banget perbedaan tingkat kemampuannya sekarang saya paham mengapa bapak kepala sekolah mengatakan bahwa tugas meningkatkan kecakapan literasi bukan pekerjaan guru bahasa saja Misalnya di mata pelajaran Ipas yang saya ampuh hasil belajar peserta didik akan lebih baik Apabila mereka mampu memahami dan menganalisis teks bacaan ikhlas peserta didik di kelas saya belum begitu kalau begitu seharusnya saat sudah paham akan kemampuan literasi di rapor pendidikan kita tidak boleh berdiam diri ya Nah itu poin pentingnya Bu sebaiknya setiap satuan pendidikan mampu mengidentifikasi komponen-komponen mana saja yang sudah bagus dan yang harus ditingkatkan hasil identifikasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan refleksi oleh semua guru untuk melakukan pembenahan strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat capaian muridnya kata kuncinya adalah identifikasi refleksi dan benahi identifikasi refleksi dan benahi Apakah yang dimaksud benahi di sini adalah memberikan intervensi Pak tepat sekali Bu intervensi lah dengan melakukan pembenahan atau perbaikan strategi pembelajaran jangan lupa sesuaikan ya dengan keragaman kondisi kebutuhan dan karakteristik peserta didik untuk mereka selamat dan bahagia di masa kini dan nanti dengan kompetensi literasi dapat tercapai kalau begitu ayo kita dukung supaya peserta didik sampai pada tahap akhir memang ya dimanapun posisi satuan pendidikan kita tetap harus lakukan intervensi yang tepat Nah kalau ingin tahu bagaimana cara intervensinya Yuk kita simak video berikutnya 


[Musik] ibu dan bapak guru telah diketahui bahwa terdapat empat jenjang kemampuan literasi peserta didik dalam rapor pendidikan yang menjadi acuan letak kecakapan literasi satuan kita pada praktiknya saat sudah mengetahui posisi literasi satuan pendidikan kita Apa yang harus dilakukan apa saja yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik di setiap jenjang kemampuannya lalu contoh penyesuaian kegiatan seperti apa yang perlu dilakukan sebelum membahas lebih dalam Mari kita ulas kembali mengenai 4 jenjang kemampuan literasi Terdapat 4 jenjang kemampuan literasi dalam rapor pendidikan yang digambarkan pada tabel berikut ini satuan pendidikan dapat berada pada jenjang kemampuan literasi yang berbeda dalam hal ini posisi kemampuan literasi satuan pendidikan tersebut digambarkan oleh profil peserta didik berdasarkan kemampuan literasinya jika satuan pendidikan ingin meningkatkan kemampuan literasi peserta didik maka perlu untuk mengetahui posisi jenjang kemampuan literasinya terlebih dahulu agar intervensi yang dilakukan dapat tepat sasaran setelah satuan pendidikan mengetahui PT kondisi literasinya dalam raport pendidikan maka warga sekolah dapat merancang program yang lebih terarah untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didiknya untuk itu Mari kita coba analisis Apa yang perlu diperhatikan dari masing-masing jenjang kemampuan literasi tersebut pertama satuan pendidikan dengan profil peserta didik berupa perlu intervensi khusus artinya berada pada posisi jenjang kemampuan literasi jauh di bawah kompetensi umum pada jenjang ini hal yang perlu menjadi perhatian adalah memastikan bahwa peserta didik memiliki kesiapan dan ketertarikan untuk mengembangkan kemampuan literasinya dalam hal ini guru dapat menyediakan bahan ajar seperti teks bacaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan membaca peserta didik peserta didik yang belum dapat membaca dengan Fasi dapat diberi teks bacaan yang mudah dicerna dengan teks yang sesuai tersebut peserta didik dibimbing agar meningkatkan kemampuan membacanya selanjutnya satuan pendidikan dengan profil peserta didik berupa jenjang kemampuan dasar artinya berada pada posisi jenjang kemampuan literasi di bawah kompetensi minimum hal yang perlu diperhatikan pada jenjang ini adalah pentingnya membangun minat dan kebiasaan membaca peserta didik sehingga mereka memiliki pajanan atau exposure kepada kosakata yang kaya peserta didik perlu diberikan bacaan yang sesuai dengan minatnya dengan elemen gambar yang membantu pemahaman terhadap isi bacaan guru dapat memberikan pendampingan secara individu dengan kegiatan membaca terbimbing guru mengecek kefasihan membaca si peserta didik dan menanyakan pertanyaan untuk memeriksa pemahaman peserta didik terhadap kosakata yang menjadi kunci pada bacaan tersebut ibu dan bapak dapat melihat beberapa strategi yang dapat diterapkan pada topik penguatan literasi selanjutnya jika profil peserta didik berada pada jenjang kemampuan cakap maka artinya satuan pendidikan berada pada jenjang kemampuan literasi mencapai kompetensi minimum hal yang perlu diperhatikan pada jenjang ini adalah pentingnya meningkatkan pajanan peserta didik terhadap teks dengan beragam tema yang tingkat kesulitannya meningkat guru dapat melatih kemampuan peserta didik untuk menginterpretasi materi bacaan dengan pertanyaan untuk memprediksi isi bacaan sebelum membaca Apa isi bacaan pada halaman berikutnya atau mengambil kesimpulan berdasarkan beberapa Fakta pada bacaan yang saling berhubungan terakhir satuan pendidikan yang berada pada jenjang di atas kompetensi minimum artinya memiliki profil peserta didik yang mahir saat literasi dalam rapor pendidikan sudah sampai pada tahap akhir perhatikanlah bahwa murid tetap membutuhkan tantangan agar tidak maka dari itu guru perlu untuk memperhatikan aktivitas atau teks bacaan murid dengan teks yang menarik topik yang beragam dan tingkat kesulitan yang semakin meningkat guru dapat mengajak peserta didik untuk menuliskan tanggapan terhadap isi bacaan menandai kosakata atau diksi tertentu yang menunjukkan asumsi opini dan bukti yang dipaparkan oleh penulis peserta didik juga dapat diajak untuk menganalisis pesan penulis mengkritisi posisi penulis dan membongkar stereotip atau produk yang terkandung secara implisit dalam bacaan berbagai tema dalam membangun analisis peserta didik diajak untuk menghubungkan isi bacaan dengan pengalaman atau teks lain yang pernah dibacanya usaha meningkatkan kemampuan literasi peserta didik perlu dilakukan oleh seluruh warga sekolah [Musik] satuan pendidikan dapat menyediakan fasilitas seperti pojok bacaan di sudut-sudut ruangan kelas mengadakan kegiatan rutin berupa jadwal membaca di perpustakaan untuk setiap kelas hingga merayakan bulan bahasa dengan mengadakan kegiatan perlombaan yang melibatkan kegiatan literasi aktivitas-aktivitas tersebut diharapkan dapat mengembangkan kemampuan literasi peserta didik secara menyeluruh selesai sudah pembahasan mengenai empat jenjang kemampuan literasi dilapor pendidikan Semoga ibu dan bapak guru sudah lebih memahami mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kemampuan pada setiap jenjang serta mengetahui contoh kegiatan penyesuaian yang dapat diterapkan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya [Musik]

Wah setelah kita mengetahui jenjang kemampuan di rapor pendidikan Langkah apa yang harus kita lakukan Bagaimana caranya untuk memahami literasi dalam rapor pendidikan Apakah seluruh guru dapat bergotong-royong mengembangkan kemampuan literasi di sekolah ibu dan bapak seperti yang sudah saya sampaikan kemarin rapor pendidikan kita sudah keluar ada beberapa hal yang perlu Saya bahas Pada kesempatan kali ini terkait hasil rapat pendidikan kita merujuk pada rapor pendidikan terlihat bahwa peserta didik kita cenderung berada pada tingkat cakap artinya peserta didik kita sudah mampu menemukan informasi eksklusif pada teks tapi zaman ini cakap menemukan informasi saja tidak cukup Mari kita tetap tingkatkan kemampuan literasi kita sehingga sampai pada satu titik di atasnya yaitu Mahir saya mewakili burung mata pelajaran belum punya solusi Apa keterkaitannya kemampuan cakep atau Mahir itu untuk mapel non bahasa misalnya mapel PJOK yang saya ajarkan 

Oh menurut saya kemampuan literasi ini esensi bagi semua mata pelajaran seorang peserta didik Mahir di kelas Pak adianna akan mampu bergerak dengan percaya diri dan baik untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatannya 

ia akan gemar mencari dan memilah informasi untuk hidup bugar dan sehat jadi apapun mata pelajarannya kita dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik terlebih lagi penguatan literasi sudah menjadi program sekolah 

kita betul juga ya Pak Zainuri pelajaran PJOK kan tidak dilakukan di ruang kelas jadi aktivitas literasi di kelas saya tidak harus membaca ya pak namun saya guru PJOK kan tidak pernah mendapat ruangan kelas Bagaimana cara saya mengajak anak membaca kalau tidak ada meja terutama untuk kelas 1 SD Membaca saja masih sulit tentu pak saya sering mengajak peserta didik berliterasi sambil mengenali lingkungan sekitar saya ajak mereka berkeliling sekolah untuk mengobservasi lingkungan sekitar mereka bahkan setelah itu saya ajak mereka membaca di selasar sekolah mereka malah ketagihan jadi kegiatan membaca bisa dilakukan dengan santai apalagi ini untuk Kijang SD Saya rasa menyenangkan banget aktivitasnya eksplorasi luas bener juga ya mungkin saya bisa mengajak peserta didik mencari buku non teks tentang biografi atlet atau buku nonfiksi lain yang berhubungan dengan materi PJOK ya Iya bahan bacaan yang menarik memang menumbuhkan minat peserta didik terhadap materi yang dipelajari bangun bukan hanya itu Bu Dia mungkin dapat menambahkan Saya ingin menambahkan ya Pak dalam kegiatan literasi yang penting adalah meningkatkan kecakapan berpikir peserta didik melalui bacaan saat ini bacaan itu bisa berupa materi cetak audio dan audio visual saat ini banyak video pendek yang dapat Pak adriannya gunakan untuk mengajarkan materi-materi PJOK Pak hadiahnya dapat mengajak peserta didik untuk mengamati dengan seksama dan menganalisis video melalui pertanyaan-pertanyaan yang membantu mereka memahami materi dalam video tersebut semakin Mahir peserta didik semakin mampu mereka memahami menganalisis dan mengkritisi apapun yang dibaca dan disimal literasi itu tidak hanya tentang membaca saja ya Pak tetapi kemampuan dalam memahami bacaan membaca juga diartikan proses menerjemahkan lambang-lambang bahasa hingga diproses menjadi suatu pengertian dan pemahaman pembaca Oh begitu Bu dia betul juga ya dengan mengamati dan menganalisis peserta didik juga akan semakin tertarik memahami materi PJOK ya Terus terang saya kebingungan memikirkan cara untuk menjelaskan sebuah teknik gerakan tertentu anak-anak cepat bosan dengan penjelasan lisan dengan menstruasi kecakapan berpikir peserta didik akan Terlatih Untuk mengaitkan materi pelajaran dengan diri dan pengalamannya Pak misalnya untuk materi makanan sehat penting sekali mengajak peserta didik memahami informasi nutrisi dan kalori pada kemasan makanan secara langsung dibutuhkan kemampuan literasi Mahir untuk dapat mengkritisi informasi terkait nutrisi dan makanan betul juga peserta didik kita dikelilingi oleh informasi iklan berita dan lain-lain yang mempengaruhi pola makan dan gaya hidup mereka semua ini menentukan kebugaran dan ketangkasan dalam bergerak saya bisa mengajak peserta didik mengenal dan membuat poster seruan tentang kesehatan dan olahraga wah seru sekali ya diskusi kita ini saya juga jadi bisa melihat pentingnya kemampuan literasi ini dalam mata pelajaran kalau peserta didik saya Mahir mereka akan mudah memahami materi dan dapat mencari informasi lain yang relevan mereka juga akan mudah diajak berdiskusi tentang manfaat bagi dirinya Karena wawasannya luas hasil belajarnya pun akan baik ada beberapa peserta didik seperti itu di kelas saya mereka motivasi belajarnya tinggi dan biasanya Gemar Membaca seandainya semua peserta didik kemampuannya Mahir tugas kita sebagai guru akan mudah [Musik] untuk sekolah kita capaian kemampuan literasinya dalam tahap percakapan sekitar 75% peserta didik kita ada dalam taraf tersebut sisanya 5% perlu intervensi 10% mendasar dan 10% Mahir jadi seperti dikatakan oleh Bu Junbi jumlah peserta didik cakap dan Mahir perlu kita tingkatkan agar penguasaan peserta didik terhadap materi juga baik dan hasil belajar meningkat Bu dia kemarin saya sudah tanya ke salah satu teman Katanya dalam rapor pendidikan juga dibahas tentang distribusi kemampuan peserta didik saya kurang paham bu Nah sebagai guru mapel tentunya kita ingin agar peserta didik menguasai dan memahami materi pelajaran kita perlu membantu peserta didik dengan strategi untuk memahami bacaan dengan lebih baik Misalnya Bagaimana memprediksi kosakata teknis yang terdapat pada teks di buku pelajaran Jangan lupa untuk membantu pemahaman itu dengan memberikan materi bacaan yang sesuai dengan kemampuan membacanya setelah mengetahui dan memahami rapor pendidikan saatnya kita bergerak bersama untuk meningkatkan kemampuan literasi tetap semangat [Musik] [Musik]


[Musik] ternyata sekolah kita ada di tahap dasar ya untuk kemampuan literasi tahap dasar lihat di mana Pak di rapor pendidikan yang tadi buku kepala sekolah Sampaikanlah Bu jujur tadi ditunjukkan bahwa raport pendidikan sekolah kita untuk kompetensi literasi berada di tingkat dasar lihat apa Bu ternyata ini berarti peserta didik yang mencapai kompetensi minimum untuk literasi membaca kurang dari 50% Aduh saya baru sadar nih Bagaimana ini Pak saatnya kita bertindak untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak kita coba lihat profil murid yang ada di kemampuan dasar Seperti apa Bu peserta didik Mampu menemukan dan mengambil informasi eksplisit yang ada dalam teks serta membuat interpretasi sederhana [Musik] saatnya kita memaknai hasil dari raport pendidikan ini yuk besok kita kumpul bersama guru-guru yang lainnya Bu [Musik] agenda kita hari ini adalah diskusi terkait Bagaimana memaknai hasil dari rapat pendidikan terutama terkait kompetensi literasi kita yang berada pada posisi di bawah kompetensi minimum berbicara soal literasi saya kan guru PJOK ya Pak berarti saya tidak bisa punya banyak peran di sini saya juga kan guru fisika Ya sepertinya bukan di mata pelajaran saya ya kalau berbicara kompetensi literasi ibu dan bapak setiap guru apapun itu mata pelajarannya mempunyai peran yang besar untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik literasi itu ada di seluruh aspek kehidupan kita aktivitas membaca memahami teks menginterpretasi mengevaluasi hingga merefleksikan informasi dari teks itu bukan hanya ada pada pelajaran bahasa Indonesia saja kan difisika Saya rasa juga anak-anak kan harus memiliki pengetahuan awal yang cukup agar dapat memahami konsep terkait fenomena alam yang dibacanya begitu juga di mata pelajaran lainnya betul juga ya Nah sekarang kira-kira bagaimana cara membantu peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi sesuai mata pelajaran kita sebelum murid-murid mengerjakan lembar kerja dan soal-soal di dalamnya ada baiknya saya akan ajak mereka untuk membaca dulu soalnya satu persatu kemudian saya akan meminta mereka untuk memetakan kata kunci pertanyaan dalam soal tersebut untuk murid dengan teks bacaan yang panjang saya akan coba untuk meminta murid-murid membuat peta konsep saat membaca Cara lainnya saya juga bisa nih membagi teks yang panjang tersebut ke dalam bagian-bagian kecil agar lebih mudah dipahami ke depannya saya akan mencari bahan ajar dengan panjang teks bervariasi mulai dari teks pendek yang dipadukan dengan gambar kemudian teks yang bertambah panjangnya dan meningkat kompleksitasnya Seiring berjalannya waktu saya akan naikkan tantangannya kalau begitu pada pelajaran PJOK kan nantinya Sebelum saya mengajarkan suatu konsep atau praktik saya akan ajak mereka untuk membaca artikel atau biografi atlet dengan Begini saya dapat melihat bukan saja kemampuan memahami teks tapi juga Kemampuan mereka dalam mengaitkan materi olahraga atau kesehatan jasmani dengan pengalamannya iya ya dengan kegiatan seperti ini murid-murid akan memahami manfaat belajar tentang kebugaran mereka juga jadi belajar nilai-nilai kehidupan yang dapat dipelajari dari perjuangan seorang atlet bagaimana saya nih yang fisika saya kepikiran seperti Bu jujur dapat memberikan tingkatan soal berdasarkan banyak jumlah teksnya tapi apalagi ya Bagaimana dengan mengajak anak untuk berpikir tentang manfaat mempelajari fenomena alam Bu fisika itu kan tidak jauh-jauh dari aktivitas kita sehari-hari ya Saya rasa pasti akan lebih menyenangkan jika anak-anak dapat merelakan konsep-konsep fisika dengan peristiwa yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari Oh Baik Pak kalau begitu saya bisa cari artikel jurnal novel atau teks fiksi sains lainnya Ternyata kita nggak boleh berdiam diri setelah mengetahui hasil rapor pendidikan jika ada satuan pendidikan yang berada pada tingkat Mahir pun harus tetap membantu murid untuk menguasai kompetensi literasi ya Pak Betul banget ayo terus tingkatkan kemampuan literasi [Musik]

1 komentar:

  1. https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/63?filter=recommendation

    BalasHapus