Rabu, 08 Januari 2020

Proposal Pelantikan & Raker MWC NU Kecamatan Rungkut



PENDAHULUAN
Puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga kita diberi kemampuan akal dan pikiran yang sehat serta kesehatan jasmani dan rohani. Dan semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amin.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita menyaksikan perubahan yang begitu drastis tentang keberagamaan di Indonesia. Islam yang menebarkan keramahan, kedamaian, rahmat bagi seluruh alam, mendapati citra yang berbeda di sebagian pemeluknya. Sayangnya, justru citra yang radikal, garang, nyaris tanpa kelembutan dalam berdakwah, tampak di depan wajah masyarakat kita.

Nahdlatul Ulama, fakta historis dilahirkan di kota Surabaya, yang urban. Membawa misi akan proses kekotaan bagi kalangan Islam tradisional, terutama kalangan pesantren. Inilah tantangannya sekarang. Di samping dakwah NU yang telah mengakar kuat dilapisan grassroot (akar rumput), arus bawah, telah menjadi ciri khasnya, perlu merambah ke ranah kekotaan. Merambah ke lapis urbanis dengan latar bekalang pendidikan yang baik, masyarakat terpelajar dan kelas menengah.

Lapisan masyarakat urban, terpelajar dan kelas menengah, selama ini telah menjadi sasaran dakwah mereka yang justru bertolak-bekalang dengan dakwah NU selama ini. Sehingga, hasilnya, dakwah dengan ciri khas berbeda dengan NU itulah yang mewarnai dalam aksi massa yang hiruk-pikuk itu.

Mereka telah menguasai dakwah di masjid-masjid di kota, di masjid-masjid kampus dan masjid-masjid di perumahan-perumahan. Di situ pula kita melihat lapis masyarakat Islam terpelajar dan kelas menengah berada. Selain itu, mereka pun merambah ke kalangan pelajar di sekolah-sekolah umum dalam melakukan pengkaderan hingga berlanjut ke kampus-kampus.

Dakwah NU adalah dakwah yang berkembang di bumi Nusantara. Berakar pada model dakwah yang pernah dikembangkan para pejuang Islam, Wali Songo, sehingga menurunkan para kiai dan ulama-ulama pesantren. Mereka itulah yang menjadi panutan di organisasi yang lahir pada 31 Januari 1926 ini. Sekaligus para ulama itulah yang mewarnai wajah kultural di Indonesia, sekaligus wajah Islam khas di Nusantara.

Dakwah Islam yang berurat-berakar, yang turut memberikan wajah moderat, wajah Islam toleran dan Islam yang rahmatan lil'alamin di Bumi Nusantara. Para kiai dan ulama pesantren berjuang menegakkan Islam di Indonesia, juga turut memberikan jiwa, raga, dan harta, bagi berdirinya negeri ini.

NU tumbuh dan ikut memperjuangan terbentuknya negara bangsa. Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, NU berada di garda depan menghadang upaya tentara sekutu untuk merebut Indonesia dari bangsanya sendiri.

Melalui Resolusi Jihad yang ditelorkan para kiai pendiri NU, kemerdekaan yang telah di tangan tak berhasil diambil lagi oleh mereka.

Resolusi Jihad melahirkan perlawanan rakyat yang mengusir kekuatan tentara sekutu lewat pertempuran dahsyat di Surabaya.

Berapa santri NU yang gugur dalam pertempuran itu ? Para sejarawan menyebut puluhan sampai ratusan ribu. Konon, gugurnya para santri dalam pertempuran rakyat di Surabaya itu sampai membuat pendiri NU Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari sakit, gerah, memikirkan umatnya.

Pada masa perjuangan, para pendiri NU terus menggelorakan semangat perjuangan
mewujudkan NKRI dengan cara cerdas. KH Wahab Hasbullah mengarang sebuah mars,
lagu penyemangat, berbahasa Arab. Judulnya Ya Lal Wathan (Mars Syubanul Wathan). Mars ini yang sampai sekarang selalu dinyanyikan bersamaan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Singkat kata, NU telah menyatu dengan ke-Indonesia-an sejak bangsa ini masih dalam kandungan. NU menjadi salah satu bidan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). NU yang menjaga kelahirannya sehingga bayi bernama Indonesia tumbuh dan berkembang.

NU tak juga berontak saat ada upaya meminggirkan perannya. NU juga tidak melawan saat ia ditinggal puluhan tahun dalam proses tumbuh kembangnya bangsa ini. NU tetap menunjukkan kasih sayangnya saat anak yang dilahirkan “durhaka" terhadap orang tua yang melahirkan dan membesarkan.

Sampai era reformasi yang mengembalikan kekuatan rakyat terjadi. Di saat demokratisasi politik berlangsung, NU yang mengandung, melahirkan, dan menjaganya
mendapatkan ruang gerak dalam kepemimpinan politik di Indonesia. Dalam posisi ini, NU makin tergerak untuk menjaga Indonesia tetap tegak.

Pasti, mereka yang masih mempertanyakan sikap ke-Indonesia-an yang begitu besar itu kurang memahami sejarah Keindonesiaan. Atau mereka sengaja tidak mau paham karena ingin mengambil alih kepemimpinan agama yang telah menyatu dengan ke-Indonesia-an.


Saat ini kita sedang berada di era revolusi industri 4.0 yang mensyaratkan seluruh kekuatan dikerahkan dalam menunjang akselerasi dengan memanfaatkan internet sebagai panglimanya.

Arus informasi demikian deras yang mengharuskan semua pihak harus lebih cepat dalam memanfaatkan peluang. Semangat itu pula yang kini disadari. Yakni bagaimana tantangan yang ada dapat dijawab dengan langkah yang lebih terukur sesuai tantangan zaman. Salah satunya adalah dengan terus berbenah agar tidak kalah dalam persaingan.

Fastabiqul khairat atau bersaing dalam kebajikan harus dibarengi dengan persiapan yang terukur dengan meminta banyak pertimbangan dari berbagai kalangan.

Kalau sedang ngaji al-Qur'an, salah satu ayat yang mengingatkan akan pentingnya menyiapkan masa depan dan tetap waspada dengan kiprah sebelumnya adalah ayat ini. Yakni surat al-Hasyr (59) ayat 18 bahwa perhatikan masa lampaumu untuk hari esok.

Dengan demikian, setiap insan harus menghargai dan memperhatikan capaian masa lalu dan menatap masa depan dengan perencanaan yang baik agar kian berhasil.

Dalam kesempatan berbeda, Kanjeng Nabi Muhammad SAW memberikan pesan bahwa kalangan beruntung adalah mereka yang prestasi hari ini lebih baik dari sebelumnya. Bagaimana dengan yang capaiannya sama ? Disebut dengan merugi lantaran sudah kehilangan waktu, biaya, tenaga dan sejenisnya akan tetapi tidak ada yang dibanggakan. Bahkan yang lebih buruk dari itu yakni kalangan dengan reputasi jelek dari sebelumnya dan ini dikatakan sebagai kelompok binasa.

Sehingga tidak ada pilihan lain dalam perjalanan ini kecuali terus menorehkan prestasi terbaik. Dan spirit itu pula yang mengemuka dalam menghadapi tantangan maha berat mengemban amanah organisasasi dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Jam’iyyah Nahdhatul Ulama sebagai representasi berbasis keulamaan tidak lain adalah pewaris serta pemelihara nilai-nilai kenabian. Salah satu peran penting keulamaan adalah menjaga peradaban, memelihara nilai-nilai keseimbangan dalam percaturan peradaban tersebut atau dengan kata berkhidmat melalui etos al muhafadhat ‘ala l-qadiim l-shaalih wa l-ahdhu bi l-jadiid l-aslah.

Dengan terjaganya kedamaian di negeri, kita pun niscaya akan merasakan tenangnya beribadah, damainya berkhidmah demi meraih ridha Allah Ta'ala.

DASAR KEGIATAN
  1. AD/ART Nahdlatul Ulama
  2. Program Kerja Pengurus MWC NU Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya
  3. Rapat Pembentukan Panitia pada tanggal 08 Januari 2020

NAMA & TEMA KEGIATAN
Nama Kegiatan ini adalah “Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus MWC NU Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya masa khidmat 2019 - 2020. Dengan tema "Membangun Kolaborasi Kebangsaan dalam era keterbukaan, dengan prilaku yang Moderat."

TUJUAN
A.    Tujuan Umum
Mengesahkan Kepengurusan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Rungkut masa khidmat 2019 – 2024 dan mempererat tali silaturahim.

B.     Tujuan Khusus
  1. Upaya pemantapan dan komitmen kepengurusan dalam  rangka menjalankan roda organisasi.
  2. Mengenalkan Kepengurusan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Rungkut masa khidmat 2019 – 2024 
  3. Menyusun dan menetapkan program kerja pengurus dalam menjalankan amanah yang diembannya.

PELAKSANA
Yang menjadi pelaksana kegiatan ini adalah panitia pelaksana yang telah dibentuk pada tanggal 08 Januari 2020. (Susunan panitia sebagaimana terlampir pada lampiran 1).

WAKTU DAN TEMPAT
Pelantikan Pengurus, Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal                :
Februari 2020
Waktu                            :
08.00 WIB– Selesai
Tempat                           :
Gedung Samator, Kedung Baruk Surabaya

Rapat Kerja Pengurus, Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal                :
Februari 2020
Waktu                            :
08.00 WIB– Selesai
Tempat                           :
Villa Pemkot Surabaya, di Tretes
(Susunan acara sebagaimana terlampir pada lampiran 3)

TARGET & SASARAN :
Kegiatan mentargetkan yang menghadiri undangan sebanyak 1000 orang.

Sedangkan yang diharapkan hadir meliputi :
Pada waktu pelantikan pengurus :
  1. Rais Aam PBNU, KH. Miftachul Akhyar
  2. Walikota Surabaya, DR. (H.C). Ir. Tri Rismaharini, MT.
  3. Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono
  4. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Surabaya
  5. Camat Rungkut
  6. Kapolsek Rungkut
  7. Danramil Rungkut
  8. Lurah se-Kecamatan Rungkut
  9. Seluruh Pengurus MWC NU se-Surabaya
  10. Pengurus Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser, IPNU-IPPNU Kecamatan Rungkut
  11. Seluruh Pengurus MWC NU Kecamatan Rungkut Surabaya
  12. Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Rungkut
  13. Undangan Tokoh masyarakat.
  14. Warga Nahdliyyin

Pada waktu Rapat Kerja Pengurus :
  1. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Surabaya
  2. Seluruh Pengurus MWC NU Kecamatan Rungkut Surabaya
  3. Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Rungkut
  4. Undangan Tokoh masyarakat.

ANGGARAN DANA
Estimasi dana yang dibutuhkan dalam kegiatan ini sebesar Rp ........??.????. (Rincian anggaran dana sebagaimana terlampir pada lampiran 2).

PENUTUP
Demikian Proposal ini dibuat, dengan ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang berkenan membantu terlaksananya kegiatan ini.


Surabaya, 07 Januari 2020
Panitia Pelaksana


.................................................................................
SUSUNAN PANITIA

PELAKSANAAN PELANTIKAN & RAPAT KERJA
PENGURUS MWC NU
KECAMATAN RUNGKUT, KOTA SURABAYA

PELINDUNG :
  1. Rais Syuriah MWC NU Kec. Rungkut
  2. Ketua Tanfidziyah MWC NU Kec. Rungkut

STEERING COMMITTEE
Koordinator Steering Committee :
  • Machrus Ihtichsan, S.Ag
Anggota Steering Committee :
  1. Drs. H. Abdul Mujib, HU. (Ex Officio)
  2. H.M. Syaifi, SE. (Ex Officio)
  3. Moch. Yusuf, S.Ag

ORGANIZING COMMITEE
Ketua Panitia
  • H.M. Syaifi, SE.                                               
Wakil Ketua         
  • Onny Fahamsyah, ST.,MT.                
Sekretaris       
  • Arif Fathoni, SH.                             
Bendahara
  • H. Fauzan                                







SEKSI-SEKSI
SEKSI PERLENGKAPAN :
  • Edy Tandon
  • Mujahidin
SEKSI KONSUMSI  :
Koordinator Umum : Choiruroh Thosin
  • Koordinator Konsumsi Tamu VIP : 
  • Koordinator Konsumsi Tamu Undangan
  • Koordinator Konsumsi Peserta Pelantikan
  • Koordinator Konsumsi Hiburan
  • Koordinator Konsumsi Lainnya          
SEKSI HUMAS                   
  • Koordinator Undangan : Zamroni A. Bahrom            
  • Koordinator Pemasangan Banner & Umbul-umbul : Hadi Setyawan, SH.         
SEKSI PUDEKDOK 
Koordinator Umum : Moch Yasin         
  • Koordinator Perijinan              
  • Koordinator Dekorasi Pelantikan
  • Koordinator Dekorasi Hiburan 
  • Koordinator Dokumentasi Pelantikan & Raker                                    
  • Koordinator Dokumentasi Hiburan & lainnya                         
SEKSI ACARA           
Koordinator Umum : Fitrotin - Fatayat     
  • Koordinator Acara Pelantikan  
  • Koordinator Acara Hiburan / Pra Acara Lainnya                 
  • Koordinator Acara Raker   
SEKSI PENGGALI DANA 
Koordinator Umum : H. Waris
  • Koordinator Proposal Khusus  
  • Koordinator Proposal Pengusaha        
SEKSI KEAMANAN         
Koordinator Umum : Satkoryon Banser
  • Koordinator Keamanan Parkir  
  • Koordinator Keamanan Jalan & Lainya                                  
  • Kapolsek Rungkut dan Danramil Rungkut
SEKSI KESEHATAN
  • Koordinator Kesehatan
.................................................................................
Susunan Acara Pelantikan

Pra Acara
Pukul 06.00
Persiapan

Pukul 06.15
Pembacaan Juz Amma

Pukul 07.00
Khususiyah, Tahlil, Istighotsah & Doa

Pukul 08.00
Banjari

Pukul 08.45
Atraksi Pencak Silat Pagar Nusa

Pukul 09.00
Parade Defile Banom - Banom NU Rungkut

Acara Inti
Pukul 09.30 Pembukaan
  1. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Menyanyikan Lagu Yalal Wathon

Pukul 10.00
Prosesi Pelantikan

Pukul 10.30
Sambutan - sambutan

Pukul 11.00
Mauidloh Chasanah & Doa

Pukul 12.00
Penutup dan Ramah Tamah

.................................................................................
Susunan Acara Rapat Kerja

Sabtu, Februari 2020
Pukul 06.00
Berkumpul di MWC / Pasar Soponyono

Pukul 06.30
Pemberangkatan

Pukul 08.30
Tiba di lokasi dan Check-In

Pukul 09.00
Pembukaan

Pukul 09.15
Sambutan-sambutan

Pukul 10.00
Keynote Speaker : Motivasi dalam Penyusunan Program Kerja yang efektif dan efisien

Pukul 11.00 - 13.00
Ishoma

Pukul 13.00 - 15.00
Penyusunan program kerja masing-masing bidang

Pukul 15.00 - 15.30
Sholat Ashar berjamaah & rehat kopi

Pukul 15.30 - 17.30
Pleno presentasi masing-masing bidang

Pukul 17.30 - 19.30
Ishoma Maghrib dan Isya

Pukul 19.30 - 21.00
Sarasehan & Ngopi bareng

Pukul 21.00
Acara bebas

Ahad, Februari 2020
Pukul 03.00
Bangun pagi, mandi dan bersuci

Pukul 04.00 - 04.30
Sholat Shubuh Berjamaah.

Pukul 04.30 - 05.30
Persiapan Senam Pagi

Pukul 05.30 - 06.30
Senam Pagi

Pukul 06.30 - 07.30
Makan Pagi

Pukul 07.30 - 08.30
Acara Bebas

Pukul 08.30 - 09.00
Membangun Komitmen dan Rencana Tindak Lanjut

Pukul 09.00 - 12.00
Penutupan dan Perjalanan pulang


..................................................................................
Rencana Anggaran Dana
Pelantikan
  1. Alat Tulis Kantor (500ribu)
  2. Membuat stempel (150ribu)
  3. Cetak Undangan (Rp.5000 x 1000 : 5juta)
  4. Sewa Gedung dan Sound (10 juta)
  5. Transportasi (1 juta)
  6. Konsumsi makan (Rp25ribu x 1000 : 25 juta)
  7. Konsumsi snack (Rp.10ribu x 1000 : 10juta)
  8. Rokok (500ribu)
  9. Backdrop (750ribu)
  10. Spanduk, Banner, Baliho(15 x 100ribu : 1,5juta)
  11. Bisyaroh Kyai (10juta)
  12. Dekorasi Gedung (5 juta)
  13. Cetak Dokumentasi (500ribu)
  14. Bisyaroh Keamanan (1juta)
  15. Bisyaroh pemasangan spanduk, banner, baliho (3juta)
  16. P3K Kesehatan & Ambulance (1juta)
Sub Total : Rp. 74.900.000,-

Rapat Kerja
  1. Sewa Gedung dan Sound (5 juta)
  2. Transportasi Bus (6juta)
  3. Konsumsi makan (3x60x25000 : 4.5juta)
  4. Konsumsi snack (3x60x10.000 : 1,8juta)
  5. Rokok (500ribu)
  6. Spanduk (200ribu)
  7. Bisyaroh Keynote Speaker (1juta)
Sub Total : Rp. 19.000.000,-

Total General : Rp. 93.900.000,-
(Sembilan puluh tiga juta sembilan ratus ribu rupiah)
.................................................................................

Gantt Chart :
Asumsi Pelaksanaan Pelantikan
Ahad, 02 Februari 2020

Asumsi Pelaksanaan Raker
Sabtu-Ahad, 8-9 Februari 2020

Januari Pekan I dan II (Tanggal 1-18)
  1. Pembentukan Pengurus MWC NU Rungkut
  2. Pemilihan panitia Pelantikan & Raker
  3. Penyusunan Draft Proposal 
Januari Pekan III (Tanggal 19-25)
  1. Rapat Pengurus untuk melengkapi komposisi panitia
  2. Mencetak & distribusi proposal
Januari Pekan IV (26-31)
  1. Penggalangan dana
  2. Kerja panitia masing-masing seksi
Februari Pekan I (1-2)
  1. Gladi Bersih Pelantikan
  2. Acara resmi pelantikan
Februari Pekan II (3-9)
  1. Pelaksanaan Raker
Februari Pekan III (10-16)
  1. Penyusunan LPJ
Februari Pekan IV (17-29)
  1. Rapat LPJ Panitia Kegiatan
.................................................................................

Rancangan program standart yang disesuaikan dengan kondisi wilayah Rungkut.

Pendidikan
  1. Bimbel dan Try-out UNAS, cq ke IPNU dan IPNU
  2. Membentuk Relawan dalam sosialisasi dan pendaftaran online bagi sekolah Negeri.
  3. Seminar parenting, cq ke Muslimah dan Fatayat
  4. Menyusun buku saku tentang sekolah di Rungkut
  5. Pembekalan spiritual Aswaja bagi putra-putri Nahdliyin yang masuk semester awal perkuliahan, untuk membentengi dari pengaruh radikalisme di kampus 

Dakwah
  1. Penjadwalan Khotib Jumat, Sholat Ied untuk perutusan ke masjid yang berafiliasi dengan NU

Perwakafan dan Pertanahan
  1. Pelatihan pengelolaan wakaf
  2. Mendata seluruh aset wakaf NU di Rungkut
  3. Memudahkan dan membantu aset-aset  dari warga yang akan diwakafkan ke NU

Lazis
  1. Pelatihan pengelolaan zakat, terutama zakat maal
  2. Mendata potensi zakat fitrah dan maal, serta muzakki tiap Syawal dari laporan seluruh Lazis NU Rungkut.
  3. Bila persebaran zakat tidak merata di Rungkut/ ada ketimpangan zona. Maka Membuat nota kesepahaman dengan Lazis tingkatkan kelurahan atau masjid, untuk bagian "prosentase' tertentu dikumpulkan di MWC untuk membantu pemerataan distribusinya.
  4. mendata mustahiq di Rungkut untuk pada tempo tertentu diberikan bantuan berupa sembako maupun alat kebutuhan sekolah dari zakat maal yang terkumpul

Lesbumi
  1. Mengadakan lomba apresiasi seni (Dai cilik, banjari, kaligrafi, tulis khot Al-Qur'an, mewarnai) untuk tingkatan siswa pada sekolah di Rungkut, cq : IPNU dan IPPNU
  2. Pembinaan dan menata manajerial Pagar Nusa
  3. Data base Ishari se-kecamatan Rungkut

Ke-Takmiran
  1. Pelatihan manajemen ketakmiran, administrasi umum, kearsipan, manajemen keuangan, dan perawatan jenazah.
  2. Menghadiri Lailatul Ijtima' dengan tempat bergiliran pada masjid dan musholla NU se-Kecamatan Rungkut.

Bantuan Hukum
  1. Mengadvokasi yang terkait dengan permasalahan NU
  2. Kampanye sadar hukum kepada warga NU
  3. Sosialisasi program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, misalnya : pemilu, empat pilar kebangsaan

Kesekretariatan
  1. Melengkapi ATK
  2. Menyiapkan buku tamu
  3. Buku ekspedisi surat masuk dan keluar
  4. Memiliki fulltimer atau penjadwalan piket bagi pengurus NU dan Banom-Banomnya
  5. Memasang Wifi sekaligus memiliki web yang menjadi situs resmi MWC
  6. Pembuatan KTA untuk warga NU
  7. Pembelian sound portable 
  8. Pengadaan LCD dan Slide
  9. White board
  10. Pencahayaan ruangan ditingkatkan
  11. Sabun MCK selalu tersedia
  12. Sajadah fasholatan
  13. Keran wudlu untuk mengantisipasi MWC dipakai sholat berjamaah saat ada kegiatan yang memasuki waktu sholat.

.................................................................................

Rangkaian Kerja Panitia

Survey Lokasi Pelantikan
Sabtu, 25 Januari 2020
Ke Samator

Penyebaran Proposal/ Penggalian dana
Penyebaran Undangan
Pemasangan Publikasi
Kerjasama Vendor
Gladi kotor
Persiapan Pemantapan
Pelaksanaan


Progres Kerja Panitia :
  1. Sewa 1000 kursi undangan (3000.000)
  2. Sewa gedung (500.000)
  3. Pinjam kursi VIP (H. Sholeh Wahab)
  4. Sound system (2400.000)
  5. Snack 1000 jamaah (10.000.000)
  6. Konsumsi Jamuan Kyai (3000.000)
  7. Bisyaroh kyai (3000.000)
  8. Bisyaroh Qori (1000.000)
  9. Backdrop (1000.000)
  10. Keamanan (1000.000)
  11. Pubdekdok (1000.000)
  12. Kesekretariatan (1000.000)
  13. TV9 (200.000)
  14. Transportasi (200.000)
  15. Pra Acara Gambus 
  16. Sewa 2 terop (1000.000)

Tugas Administrasi :
  1. Proposal
  2. Undangan rapat
  3. Pengantar permohonan dana
  4. Permohonan Mauidlotul Chasanah
  5. Pemberitahuan Muspika
  6. Permohonan pelantikan ke PCNU

Donatur :
  1. Bu. Khofifah
  2. Bu. Yayuk
  3. Pak Adi
  4. Mas Toni
  5. Angga wonoayu
  6. H. Handis
  7. Pasar Soponyono
  8. H. Hartono

4 komentar:

  1. 1. Untuk pelantikan, Banom se kec. Rungkut diundang jg. Sbb blm masuk dilist.
    2. Agenda kegiatan Raker jg blm terjadwal.
    3. Dan masih perlu banyak masukan, apakah melibatkan para banom dlm kepaniaan penyelenggaraan.

    BalasHapus
  2. Inggih ustadz, siap sy tambahkan usulannya.
    Terkait disetujui nopo mboten, mangke disetujui saat rapat panitia

    BalasHapus
  3. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus
  4. segera di REVISI tapi menggu kepastian Hotel Dulu

    BalasHapus