Selasa, 14 November 2023

World Cup U-17 di Gelora Bung Tomo

Piala dunia dengan kategori kelompok usia berapapun, menjadikan magnet tersendiri bagi bangsa Indonesia. Perhelatan U-17 seakan mengobati kekecewaan dengan batalnya kelompok U-20 yang rencana awal akan dilaksanakan di Indonesia. Tetapi karena protes keikutsertaan Israel menjadi pesertanya.

Kini, gelora bung Tomo salah satu venue yang menyajikan pertandingan yang dilakoni oleh Garuda muda Indonesia

Opening ceremony yang bertepatan dengan Hari Pahlawan 2023 menjadi momentum yang membahagiakan, kenapa tidak karena saya, istri dan Abil bisa menyaksikan langsung di GBT tersebut.

Shuttle Bus

Mengikuti aturan FIFA bahwa sekitar stadion harus steril dari kendaraan pribadi, maka panitia menyediakan shuttle bus dari beberapa titik penjemputan suporter untuk diangkut ke stadion.

Pilihan Terminal Intermoda Joyoboyo menjadi pilihan memarkirkan mobil, dengan tarif parkir hingga pulang sebesar Rp 10.000,-

Dari TIJ ke GBT terpaut waktu 45 menit memang lumayan jauh untuk ukuran jarak stadion dari tengah kota, walaupun telah melewati tol. 

Menjelang sampai tampak gundukan bukit menjulang ternyata sampah yang ditutupi dengan plastik. Untung bau tidak menyengat.

Abil serasa tidak sabar ingin masuk stadion, apalagi sudah banyak suporter berdatangan. Pemeriksaan mulai tiket, body, hingga tas yang tidak diperbolehkan bawa rokok, korek, flare, dan parfum hingga makanan dan minuman.

Setelah menduduki tribun, maka saya tinggal sholat dan membeli air mineral yang susahnya luar biasa. Banyak kios penjualan yang sudah habis hingga berjalan menuju gate 1, itupun rebutan. Beruntung bisa beli enam botol dengan harga sebotol Rp. 10.000,-

Acara seremoni pembukaan dihadiri oleh presiden Jokowi dan pejabat negara, diawali dengan pementasan seperti halnya opening FIFA world cup. Kembang api menyala berhamburan di dalam stadion terbesar di kota Surabaya ini

Menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara yang akan bertanding, yaitu Ekuador dan Indonesia


Tepat pukul 19.00 kick of dimulai, dari sisi permainan Indonesia sering mendapatkan tekanan, apalagi dari status peringkat FIFA yang terpaut jauh, juga timnas Ekuador merupakan Runner up kejuaraan sejenis untuk tingkat Amerika Latin. Beruntung hasil skor berkesudahan 1-1

Problem muncul saat perjalanan pulang, penumpukan penonton di areal parkir tidak diimbangi sistem manajemen angkutan yang baik menyebabkan saling berebut naik shuttle bus. Dengan upaya mencari bus yang kosong merangsek masuk diantara antrian panjang. Beruntung pukul 21.30 telah naik ke atas bus.

Senin, 13 Nopember 2023

Dengan tiga tiket yang sudah dipesan sebelumnya, Abil tetap ingin nonton lagi di stadion. Sedangkan bundanya mempertimbangkan Selasa banyak kerjaan,  maka tiket dilimpahkan ke mbak Nisfa.

Sampai lokasi tepat pukul 19.00 saat kick off dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar