Kamis, 16 November 2023

Berbasis Data


Bos Kinerja Sekolah Berkemajuan Terbaik Tahun 2023

SMK Negeri 1 Mojoanyar

Kamis, 16 Nopember 2023

Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Mojoanyar :

  • Sekolah sudah diakui dan diberi penghargaan atas kinerja semua komponen telah dinilai baik. Tidak semua sekolah di Mojokerto mendapatkan predikat tersebut
  • Lima bulan terakhir telah menggunakan aplikasi masterweb. Terintegrasi guru dan peserta didik. Bahkan nanti juga terhubung ke orang tuanya
  • Guru walaupun berada dinas luar, masih bisa mengajar 
  • Grafik perkembangan pengisian jurnal masterweb mengalami kenaikan
  • Jaga peserta didik dari kerawanan ekonomi dan pergaulan
  • Ekonomi : Catat benar untuk anak-anak yang benar-benar tidak mampu, bahkan home visit. Dan catatan itu berikan ke BK. Jajaran manajemen akan mencarikan solusi. Melalui dana sosial dan UPZ
  • Pergaulan : enam anak mengundurkan diri karena pengaruh dari temannya di luar (sekolah swasta). Ada siswi yang mengundurkan diri karena hamil dan ada siswi yang mau menikah.
  • Mohon jaga anak-anak kita, khususnya yang perempuan. Walikelas secara berkala melakukan pembinaan ke kelasnya masing-masing 
  • Terus melaksanakan sesuatu program berdasarkan data yang akurat. Yaitu Rapor pendidikan
  • Yang masih lemah, yaitu kemampuan literasi, numerasi, peserta didik dan  workshop dan magang guru.
Materi : Konsep Perencanaan Berbasis Data dan Tracer Study Pendidikan Menengah Kejuruan

Oleh : Eko Heri Prihantono, S.Pd, M.Mpd
Kasi PMK Cabdin kab & kota Mojokerto
  • Lima indikator transformasi satuan pendidikan. (1) berfihak pada tumbuh kembang murid. (2) pengembangan budaya berbasis data. (3) literasi, numerasi, dan karakter murid (4) menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman serta inklusi - menerima yang disable (5) kemitraan dengan orang tua/ wali. Bila sekolah memberikan perawatan yang baik, maka komite pasti mendukungnya.
  • Dalam suatu proses membutuhkan perencanaan yang baik. Perlu data yang akurat. 
  • Mendukung transformasi pendidikan, dari assessment nasional muncul rapor pendidikan lalu perencanaan berbasis data
  • Visi misi maksimal lima tahun harus berubah, agar tidak usang.
  • Program yang harus dilakukan tertuang dalam Arkas, Anggaran perencanaan kegiatan sekolah
  • Platform Merdeka Mengajar diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Terkait pula sarana prasarana dan kondisi sekolah
  • Pembentukan komunitas belajar dimasukan dalam jam pelajaran. 2 JP diharapkan bisa mengatasi bagi yang kekurangan jampel, koordinasi dengan ko-kapten merdeka belajar 
  • Tahapan implementasi perencanaan berbasis data : tahu dan paham, kapasitas terbangun, kerja bersama, implementasi bermakna, Penggerak.
  • Tracer Study tujuannya mengetahu dampak pendidikan vokasi terhadap lulusan (bekerja, melanjutkan Study, wirausaha)
  • Mendapatkan informasi penyerapan lulusan
  • Mendapatkan informasi umpan balik dari lulusan untuk meningkatkan kualitas program pendidikan vokasi
  • Mendapatkan informasi tentang tingkat keselarasan antara kompetensi lulusan pendidikan dengan kebutuhan ketenagakerjaan pada dunia kerja 
  • Mendapatkan informasi kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja
  • Mendapatkan informasi pendapatan lulusan pendidikan vokasi
  • Walikelas kelas 3 tetap komunikasi dengan lulusan dua tahun berturut - turut. Hingga terbentuk komunitas alumni. 
  • Indikator rapor pendidikan : keterserapan lulusan (melanjutkan Study, Bekerja, berwirausaha), pendapatan lulusan (melanjutkan Study sambil bekerja/wirausaha, Bekerja, berwirausaha) kompetensi lulusan (lulusan dengan sertifikat kompetensi, kepuasan dunia kerja pada budaya kerja lulusan)
  • Hasil analisa secara nasional : 3% Bekerja
Mencetak guru "Hebat" di era kurikulum merdeka

Oleh : Arini Hidayati, S.Pd. M.Pd
Pengawas Cabdin Mojokerto 
  • Ibarat siswa adalah kayu, guru memiliki pengetahuan tentang seni mendidik untuk "diukir"
  • Keunikan murid harus dirawat untuk berkembang 
  • Guru hebat adalah memiliki kompetensi untuk mengembangkan anak-anak berprestasi
  • Berhenti menyangkal inovasi, hadapi dan kerjakan perubahan
  • Merubah mindset berpikir pencapaian prestasi dan prestise
  • Merubah budaya lembaga menjadi budaya mutu
  • Menyadari kekurangan dan segera berbenah diri
  • Memaksimalkan potensi cerdas literasi
  • Apa sih yang dikejar ketika mengajar : kompetensi yang dicapai, menyiapkan anak untuk hidup dan mengantarnya menuju masa depan sesuai kebutuhannya
  • Banyak guru yang tidak tahu bagaimana cara menjadi guru hebat 
  • Persiapan sebelum mengajar : luruskan niat, cintailah profesi anda, miliki totalitas, mempersiapkan diri, rendah hati, optimis selalu, jangan sering mengeluh.
  • Meningkatkan wibawa dan kreatifitas : menambah pengetahuan dan pengalaman, katakan tidak tahu jika memang tidak tahu, jangan terlalu banyak bercanda, keteladanan dan kesederhanaan, hati-hati dengan ucapan, jangan mengatakan kelemahan siswa dihadapan siswa yang lain, bersikap lembut tapi tegas.
  • Menarik simpati : saling memiliki dan pengertian, Hindari perdebatan, penampilan menawan, memaafkan kesalahannya, memuji siswa, jangan enggan minta maaf, kasih sayangi, berikan hadiah
  • Hindari terlalu memberi informasi sekaligus
  • Memanfaatkan perasaan siswa untuk membantu mengingat informasi
  • Merangkul kesalahan sebagai proses pembelajaran
  • Dukung tutor sebaya 
  • Sertakan unsur kebaruan
  • Fokus pada keaktifan siswa
  • Kolaborasi pada setiap pembelajaran 
  • Senantiasa menjaga ruh semangat menjalani program yang cepat berkembang melalui dunia IT
Platform Merdeka Mengajar
Bu. Yanti 
  • Yang menonton video, asesmen, perangkat mengajar, kategori tinggi
  • Yang terendah adalah aksi nyata, dan aksi nyata tervalidasi 

4 komentar:

  1. https://drive.google.com/file/d/1vD4HfDnwleszu7OhPONd78mZbgEH0x7z/view?usp=drivesdk

    BalasHapus
  2. Dudi
    https://docs.google.com/document/d/1xTngBJTnG7LAFUZ2_Iv64lX1-N2HgMfa/edit?usp=drivesdk&ouid=115164317136479851468&rtpof=true&sd=true

    BalasHapus
  3. dudi onny
    https://docs.google.com/document/d/1lYqwpp-9Ebyh60SZ0wKzUQ0eJIGPWY51/edit?usp=sharing&ouid=111319559934107715231&rtpof=true&sd=true

    BalasHapus
  4. Menunjukkan penguasaan yang baik dalam mampu membuat sistematis perencanaan massal, menentukan metoda perakitan produk, menjelaskan metoda perakitan produk, membuat tabel indikator keberhasilan tahapan produksi massal, mempraktikkan produksi massal suatu produk, mempraktikkan pengujian produk, mempraktikkan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk.

    BalasHapus