Minggu, 26 Mei 2019

Munas BKKMTKI tahun 2002



Menemukan catatan perjalanan saat mengikuti Munas BKKMTKI Makassar di sebuah buku harian. Seakan menghidupkan kembali memori 17 tahun silam.

Kini relik kenangan ingin diceritakan kembali agar bisa dibaca oleh generasi berikutnya.

BKKMTKI merupakan Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia sebagai wadah berhimpun mahasiswa pra-profesi jurusan teknik kimia.

Kampus ITATS sebagai tempat menimba ilmu merupakan anggota dalam Sekretariat Daerah Wilayah IV yang meliputi Provinsi Jawa Timur. Di dalamnya terdapat kampus ITS, Unipra, UPN Jatim, ITN Malang dan beberapa kampus teknik kimia yang lain.

Setelah koordinasi yang matang, baik di Surabaya maupun Malang, disepakati bahwa visi dari ITATS ingin Munas selanjutnya setelah Makassar; tuan rumahnya adalah ITATS yang didukung oleh anggota daerah wilayah IV.

Untuk posisi memperebutkan Sekjen sebagai pimpinan tertinggi organisasi tingkat nasional, tidak ada hasrat.

Dengan visi yang sudah bulat, maka mulailah berkampanye. Apalagi Surabaya merupakan transit bagi peserta yang dari Sumatera dan Jawa sebelum menyeberang dengan Kapal Laut Ke Makassar. Sehingga masa tunggu menjadi ajang lobi-lobi untuk memenangkan visi dan misinya.

Keberangkatan dari Tanjung Perak menaiki KMP Umsini menuju Pelabuhan Soekarno-Hatta Ujung Pandang. Dengan durasi dua malam perjalanan seakan mengguriskan semangat bahari nenek moyang. Apalagi Makassar dikenal dengan pelaut tradisional yang handal dengan perahu phinisinya.

( di atas KMP Umsini )

Sejarah pernah mencatat bahwa pelaut Nusantara dengan phinisinya mampu mencapai Tanjung Harapan, sebuah tanjung di selatan benua Afrika sebagai pintu masuk pelayaran ke benua biru eropa

Wisma KNPI Sudiang Makassar 


Depan Pabrik Semen Tonasa - Pangkep

Balla Lompoa-Sangguminasa Gowa


Karaeng Bantimurung - Maros

Karaeng Bantimurung - Maros


Tidak ada komentar:

Posting Komentar