- Hari : Selasa dan Rabu
 - Tanggal : 19 dan 20 Februari 2019
 - Waktu : 07.00 - 17.00 wib
 - Tempat : PPPPTK BOE VEDC Malang ( SGB lantai 2 Timur ). Jl. Teluk Mandar Tromol Pos No.5, Arjosari, Blimbing Kota Malang, Jawa Timur
 - Fasilitas : (1) pendampingan aktif maupun pasif dari Tim Quantum Book dan PPPPTK BOE selama dua bulan hingga buku diterbitkan (2) makan siang dan snack
 
Pemateri : Drs. Mulyana, S.Pd, M.Psi
No HP : 081332080275
Kesalahan dalam menulis "tidak ada satupun pekerjaan di dunia ini yang luput dari kesalahan, bahkan sepandai-pandainya seseorang dalam menulis."
No HP : 081332080275
Kesalahan dalam menulis "tidak ada satupun pekerjaan di dunia ini yang luput dari kesalahan, bahkan sepandai-pandainya seseorang dalam menulis."
- Kesalahan meletakkan tanda baca, titik, koma, seru, tanda tanya, garis hubung, dan tanda kurung harus ditempatkan secara tepat dalam suatu kalimat
 - Menulis kata berbahasa asing, ditulis miring
 - Mengumpulkan naskah kepada penerbit tanpa melakukan revisi adalah sebuah kesalahan besar
 
Yang ada dalam penulisan buku :
- Harus ada kompetensi Dasar
 - Tujuan Pembelajaran
 - Peta konsep pahami KI KD
 - Materi pembelajarannya
 - Gambar dicarikan yang baik dan sesuai materi
 - Ilustrasi dengan pertanyaan dan jawaban narasi
 - Kerangka penulisan ditulis lebih dulu
 - Penulisan sumber ditulis huruf kecil, font 8
 - Penggunaan kata yang sama jangan muncul dalam satu larik kalimat
 - Spasinya 1,3
 - Jenis hurufnya verdana 11
 - Ukuran kertas B5
 - Daftar isi
 
Pemantapan cara penulisan :
Penjelasan Materi HOTS
- Buku disesuaikan dengan pasar, bila terlalu high class sedangkan marketnya rendah maka bisa tidak laku. misalnya menggunakan hardcover sehingga harganya lebih mahal
 - Buku dari Singapura berorientasi ilmiahnya tinggi, dan harganya juga tinggi
 - Bila ada KD yang mempunyai kemiripan, maka lebih baik materinya dikumpulkan dalam satu bab
 - Mengedit meliputi : edit konten, edit bahasa, bicara alur, layout
 - STEM bisa masuk dibeberapa lini, yang penting siswa bisa aktif melakukan sesuatu. bila dimasukan pada lembar kerja siswa diperbolehkan. yang penting ada sedikit "warna-cita rasa STEM" dalam buku.
 
Penjelasan Materi HOTS
Dr. Sumarno
WA : 082266248192
Baca Pula : STEM untuk Revolusi Industri 4.0
WA : 082266248192
Baca Pula : STEM untuk Revolusi Industri 4.0
- Guru yang dikumpulkan di PPPPTK biasanya minta gratis, sedangkan yang hadir ini dengan biaya sendiri demi memperbaiki diri untuk lebih baik
 - Mendukung gerakan literasi nasional yang bermanfaat bagi peserta didik
 - Revolusi Industri 4.0 perkembangan global yang begitu pesat, agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri. Sehingga harus berbenah diri
 - Bekal kebijakan, pengalaman, tuntunan, tantangan global, tuntutan pembangunan di Indonesia, sebagai instrumen mengarah revolusi industri 4.0
 - Generasi Builder usia 70+; Baby Boomer usia 51-69; Generasi x usianya 36-50; Generasi y usianya 21-35; generasi z usianya 6-29; generasi alpha usia dibawah 6 tahun
 - Karakteristik setiap generasi, era IT sudah melewati semua jenjang
 - Trend pembelajaran ke depan : terbuka, bergerak, komunikasi, individual
 - Kapanpun dan di manapun, definisi ruang kelas sudah bergeser sehingga bisa di restoran, stasiun dsb. karena definisi belajar sudah tidak dibatasi waktu. dan menu belajar bisa disesuaikan
 - Dengan menggunakan alat akses dan kapanpun waktunya, resourcesnya bisa disimpan di cloud storage (FB, Instagram, dsb)
 - Multilevel Delivery dengan menggunakan WA grup
 - Abad 21, kurikulum K-13 mempunyai tiga pilar, yaitu pilar pendidikan karakter, pilar literasi, Pilar Kompetensi
 - Kaidah ilmu pengetahuan harus diuji publik, sebelum dikonsumsi publik. sehingga karya tersebut kuat dilihat dari segala penjuru
 - Hati-hati dalam mengambil sumber, agar tidak terkena plagiarisme
 - Untuk menghasilkan siswa yang baik, maka harus improve semuanya, tidak ada dalil kebetulan untuk kesuksesan
 - Aristoteles menyebut 1% Kecerdasan dan 99 % effort/usaha
 - Cita-cita yang bertingkat, melalui benchmarking dengan membandingkan yang lebih baik kita samakan.
 - Perbaikan yang berkelanjutan/ continous improvement
 - Literasi yang paling basic, membaca, menulis dan hitung.
 - Literasi numerical, sosial, ekonomi dan agama
 - Lierasi Digital / ICT tanpa menggunakan kertas, Ilmu tidak disembunyikan namun harus dibagikan dengan mudah lewat IT. Semakin memberi, maka semakin bertambah keilmuwan.
 - Kompetensi meliputi Kritikal, kreatif, kolaboratif.
 - Kurikulum SD dengan tematik dengan mengkolaborasikan beberapa KD
 - SMK tuntutannya HOTS dan berbasis STEM
 - STEM terintegrasi dengan beberapa sistem ilmu
 - Tahapan integrasi otomasi dengan ICT
 - Tahapan Internet of things, semua kehidupan dikendalikan aplikasi internet
 - Youtuber merupakan ICT literasi
 - Bagaimana cara beradaptasi ? adalah dengan learning/ belajar
 - Pembelajaran berbasis STEM, contohnya adalah beberapa kelompok yang mendesain jembatan untuk dicari yang paling kuat dalam menahan beban.
 - Literasi diukur secara global : Bahasa, nemerik dan sains.
 - Finlandia nomer satu secara dunia berdasarkan PISA Prancis atau TIMMS Belanda
 - PISA 2015-2016 Singapura peringkat 1, Indonesia pada Zona Merah dengan urutan 62 dari 70 Negara
 - Jadilah manusia pembelajar, Individual responsibility, sebagai guru mendidik adalah tanggung jawab pribadi dengan memotivasi hadiah-hukuman,
 - Motivasi ekstrinsik kepada siswa bukan karena hadiah-hukuman, tapi kemampuan dari dalam dirinya yang meledak-meledak
 - Abad 21, dalam taksonomi blom harus mampu meng-creat atau menciptakan. misalnya : ayam geprek, goreng, bakar; dan aneka jenis minuman kopi dengan kreasinya.
 - Bila menulis buku : Untuk siapa, perilaku spesifik, syarat yang harus dipenuhi, batas minimal KKM berapa ?
 





Tidak ada komentar:
Posting Komentar