Kamis, 07 Februari 2019

Digital Abbe Refractometer



Refraktometer Abbe adalah refraktometer untuk mengukur indeks bias cairan, padatan dalam cairan atau serbuk dengan indeks bias dari 1,300 sampai 1,700 dan persentase padatan 0 sampai 95%, 

Alat untuk menentukan indeks bias minyak, lemak, gelas optis, larutan gula, dan sebagainnya, indeks bias antara 1,300 dan 1,700 dapat dibaca langsung dengan ketelitian sampai 0,001 dan dapat diperkirakan sampai 0,0002 dari gelas skala di dalam.

Baca Pula : Pengertian
Lihat pula : Video  Tutorial
Lihat pula : Using an Abbe Refractometer


Indeks bias adalah perbandingan kecepatan cahaya dalam udara dengan kecepatan cahaya dalam zat tersebut. 

Indeks bias berfungsi untuk identifikasi zat kemurnian, suhu pengukuran dilakukan pada suhu 20oC dan suhu tersebut harus benar-benar diatur dan dipertahankan karena sangat mempengaruhi indeks bias. 

Harga indeks bias dinyatakan dalam farmakope Indonesia edisi empat dinyatakan garis (D) cahaya natrium pada panjang gelombang 589,0 nm dan 589,6 nm. 

Umumnya alat dirancang untuk digunakan dengan cahaya putih. 

Alat yang digunakan untuk mengukur indeks bias adalah refraktometer ABBE. Untuk mencapai kestabilan, alat harus dikalibrasi dengan menggunakan plat glass standart. (Dogra, S.K ,1990)

Brix adalah jumlah zat padat semu yang larut (dalam gr) setiap 100 gr larutan. Biasanya yang sering menggunakan % brix antara lain larutan gula (sucrose) dan larutan garam (NaCl). 

Sebagai contoh misalnya brix nira = 16, artinya bahwa dari 100 gram nira, 16 gram merupakan zat padat terlarut dan 84 gram adalah air.

1 komentar:

  1. pak izin bertanya, foto tersebut diambil dari buku apa ya pak? terima kasih pak

    BalasHapus