Kamis, 11 Januari 2024

Strategi Pemasaran



Menurut Kotler (2018) strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.
  1. Kenali pelanggan
  2. Pilih lokasi strategis
  3. Menggunakan internet marketing
  4. Lakukanlah promosi
  5. Menjalin hubungan dengan pelanggan
Tugas ;
Kalian pernah membuat donat karakter, maka sekarang buatlah rencana strategi pemasaran dengan menjelaskan lima poin di atas

Jawaban diketik langsung pada kolom komentar di bawah ini, cantumkan nama, kelas, dan nomor absen

Tugas Pengganti, Senin 22 Januari 2024
Buatlah 5 pertanyaan pilihan ganda beserta alternatif jawaban a,b,c,d,e disertai kunci jawabannya. (Tema Strategi pemasaran)

Pengerjaan tugas diketik pada kolom postingan di bawah ini


11 komentar:

  1. Yogi XII KI 1 NO 317 Januari 2024 pukul 19.36

    Lanjutannya nomer 5
    3. Adakan Program Retensi
    Mengadakan program retensi dalam upaya mengapresiasi keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda menjadi salah satu langkah cermat untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Sebab, dari program retensi ini, Anda dapat menghasilkan sejumlah keuntungan, seperti angka penjualan yang meningkat dan mendatangkan transaksi.
    Adapun, salah satu cara untuk retensi pelanggan adalah melalui penggunaan solusi program loyalitas. Anda dapat menyusun objektif yang hendak dicapai dan menyelaraskannya dengan kebutuhan pelanggan. Misal, pelanggan Anda lebih menyukai bentuk reward berbentuk digital yang praktis dan mudah untuk digunakan, maka pemilihan reward seperti e-voucher dapat memberi kepuasan dan membantu perusahaan dalam mengelola hubungan baik dengan pelanggan.
    4. Tetap Terhubung dengan Pelanggan
    Untuk perusahaan B2B, salah satu orientasi yang berusaha dibentuk oleh para pelaku bisnis adalah memiliki pelanggan yang berjangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk tetap terhubung dengan pelanggan.
    Pada dasarnya, untuk tetap terhubung dengan pelanggan tidak harus selalu berbentuk hard selling. Sebab, alih-alih hard selling, Anda juga bisa menerapkan cara soft selling, seperti mengirimkan hampers pada hari perayaan keagamaan sesuai keyakinan masing-masing pelanggan, mengundang pelanggan sebagai tamu eksklusif ketika ada perilisan produk atau layanan terbaru, dan menghadiahkan bunga atau barang lainnya ketika pelanggan berhasil meraih suatu pencapaian.
    5. Pertimbangkan Feedback Pelanggan
    Berdasarkan hasil survei, 55% pelanggan tidak berkenan melanjutkan hubungan kerja sama dengan brand apabila mereka merasa feedback-nya tidak diterima dan justru diabaikan. Oleh karena itu, supaya hubungan tetap terkelola dengan baik, Anda dapat menjadikan feedback tersebut sebagai insight yang valuable dan menghadirkan sejumlah inovasi sebagai bukti bahwa pendapat mereka didengar dan dipertimbangkan.
    6. Optimalkan Layanan Purnajual
    Selain karena adanya payung hukum yang melindungi konsumen terkait layanan purnajual, mengoptimalkan faktor ini juga dapat menjadi salah satu cara mengelola hubungan dengan pelanggan B2B. Layanan purnajual juga sempurna untuk membuat pelanggan terus terlibat dengan produk atau layanan perusahaan Anda dan juga menjadikan mereka tanpa sadar terikat dalam hubungan jangka panjang. Selain itu, layanan purnajual yang memuaskan akan mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order dan bahkan tidak segan membeli produk atau layanan lainnya dari bisnis Anda. Dan juga bekerja sama dengan influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan target pasar Anda dapat membantu meningkatkan eksposur merek Anda. Carilah influencer yang aktif di media sosial dan memiliki ketertarikan pada makanan atau makanan penutup, dan mengajak mereka untuk mereview atau mempromosikan produk donat Anda.

    BalasHapus
  2. Nama : Angi Dear A
    Kelas : XII KI 1
    Absen : 17

    1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...
    a. Predatory pricing
    ๐™— . ๐˜ผ๐™™๐™–๐™ฅ๐™ฉ๐™ž๐™ซ๐™š ๐™ฅ๐™ง๐™ž๐™˜๐™ž๐™ฃ๐™œ
    c. Coperative pricing
    d. Opportunistic pricing

    10. Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua meliputi …
    a. Producer -> representative -> customers
    b. Producer -> retailer -> customers
    c. Produces -> customers
    d. ๐™‹๐™ง๐™ค๐™™๐™ช๐™˜๐™š๐™ง -> ๐™ง๐™š๐™ฅ๐™ง๐™š๐™จ๐™š๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ซ๐™š -> ๐™™๐™ž๐™จ๐™ฉ๐™ง๐™ž๐™—๐™ช๐™ฉ๐™ค๐™ง -> ๐™˜๐™ช๐™จ๐™ฉ๐™ค๐™ข๐™š๐™ง

    12. Memilih pasar sasaran terbatas, dalam hal ini tidak semua segmen untuk pemasaran produk baru merupakan strategi…
    a. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
    ๐™— . ๐™ฃ๐™ž๐™˜๐™๐™š ๐™ฅ๐™š๐™ฃ๐™š๐™ฉ๐™ง๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ค๐™ฃ (๐™‹๐™š๐™ฃ๐™š๐™ฉ๐™ง๐™–๐™จ๐™ž ๐™˜๐™š๐™ง๐™ช๐™  ๐™ฅ๐™–๐™จ๐™–๐™ง )
    c. mass-market penetration (Penetrasi pasar secara massal)
    d. skimming and early withdrawal (Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat)

    16. Perusahaan Mazda Corporation bekerja sama dengan Ford Corporation. Kedua perusahaan membuat produk Bersama-sama, untuk pasar Jepang mereknya Mazda dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation, sedangkan untuk pasar Amerika diberi merek Ford dan didistribusikan Ford Corporation. Ilustrasi tersebut menggambarkan tipe sistem pemasaran..
    ๐™– . ๐™Ž๐™ž๐™จ๐™ฉ๐™š๐™ข ๐™‹๐™š๐™ข๐™–๐™จ๐™–๐™ง๐™–๐™ฃ ๐™ƒ๐™ค๐™ง๐™ž๐™จ๐™ค๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ก
    b. Contractual System
    c. Corporate System
    d. Administered System

    11. Salah satu ilustrasi berikut ini yang menggambarkan saluran pemasaran dengan strategi distribusi selektif yaitu ….
    a. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah
    ๐™— . ๐™†๐™š๐™ข๐™š๐™Ÿ๐™– ๐™ข๐™š๐™ง๐™š๐™  ๐˜ผ๐™ง๐™ง๐™ค๐™ฌ ๐™๐™–๐™ฃ๐™ฎ๐™– ๐™™๐™ž๐™Ÿ๐™ช๐™–๐™ก ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ช ๐™–๐™™๐™– ๐™™๐™ž ๐™จ๐™ฌ๐™–๐™ก๐™–๐™ฎ๐™–๐™ฃ ๐™ ๐™š๐™ก๐™–๐™จ ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ ๐™ ๐™š ๐™–๐™ฉ๐™–๐™จ, ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™ฉ๐™ž๐™™๐™–๐™  ๐™™๐™ž๐™Ÿ๐™ช๐™–๐™ก ๐™ฅ๐™–๐™จ๐™–๐™ง-๐™ฅ๐™–๐™จ๐™–๐™ง tradisional
    c. Pasta gigi merek Pepsodent yang bisa kita jumpai pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
    d. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta

    BalasHapus
  3. Nama: Anggi Putri aprilla
    Kelas: XII-KI 1
    NO :15

    1. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah...
    a. Bauran produksi
    b. Marketing mix
    c. Segmenting
    d. Targetting
    e. Positioning
    Jawaban: b. Marketing mix

    2. Hal utama dalam strategi pemasaran bagi Philip Kotler adalah...
    a. Pasar sasaran
    b. Penetapan posisi
    c. Bauran pemasaran
    d. Budget untuk pemasaran
    Jawaban: c. Bauran pemasaran

    3. Ada berapa jenis strategi pemasaran?
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    e. 5
    Jawaban: e. 5

    4. STP merupakan tahapan-tahapan pemasaran terarah yang meliputi...
    a. Segmenting, targetting, promotion
    b. Selling, targetting, promotion
    c. Segmenting, targetting, positioning
    d. Selling, treding, promotion
    e. Segmenting, treding, positioning
    Jawaban: c. Segmenting, targetting, positioning

    5. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan ...
    a. Survey pasar
    b. Pemosisian pasar
    c. Segmentasi pasar
    d. Menetapkan business domain
    e. Melakukan market oriented
    Jawaban: c. Segmentasi pasar

    BalasHapus
  4. NAMA : DENIS FARISKA ANANDA
    NO : 25
    KELAS : XII KI 1
    1. Berikut adalah bagian penting startegi pemasaran, kecuali…
    A. Product
    B. Place
    C. Price
    D. Plan
    E. Promotion
    (jawaban D)
    2. Perhatikan data di bawah ini:
    1) Memiliki tujuan mengajak produsen untuk melakukan pembelian produk
    2) memiliki tujuan mengajak konsumen agar melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
    3) memiliki tujuan untuk menitikberatkan distributor untuk menjualkan produk kembali perusahaan.
    4) merupakan langkah promo untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan menurun.
    5) bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi dan komunikasi ke pelanggan lama dan tetap agar penjualan lebih banyak.
    Dari data di atas, yang termasuk dalam strategi promosi penjualan adalah…
    A. 1), 2), dan 3)
    B. 1), 2), dan 5)
    C. 2), 3), dan 4)
    D. 2), 3), dan 5)
    E. 3), 4), dan 5)
    (jawaban D)
    3. Pelangan dan pesaing merupakan komponen penting dalam...
    A. Analisis lingkungan internal
    B. Analisis lingkungan makro
    C. Analisis lingkungan mikro
    D. Analisis lingkungan global
    (jawaban B)
    4. Bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar disebut dengan...
    A. Coperative pricing
    B. Adaptive pricing
    C. Opportunistic pricing
    D. Predatory pricing
    (jawaban B)
    5. Kriteria yang mempertimbangkan agar perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran jika terjadi suatu perubahan, dinamakan kriteria...
    a. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
    b. Kriteria adaptif
    c. Kriteria ekonomi
    d. Kriteria pengendalian
    (jawaban B)

    BalasHapus
  5. 1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...
    a. Predatory pricing
    b. Adaptive pricing
    c. Coperative pricing
    d. Opportunistic pricing
    Jawab : B

    2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
    a. Waktu (time pricing)
    b. Bentuk produk (product-form pricing)
    c. Segmen
    d. Lokasi (location pricing)
    Jawab : C

    3. Ada berapa jenis strategi pemasaran?
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    e. 5
    Jawaban: e. 5

    4. STP merupakan tahapan-tahapan pemasaran terarah yang meliputi...
    a. Segmenting, targetting, promotion
    b. Selling, targetting, promotion
    c. Segmenting, targetting, positioning
    d. Selling, treding, promotion
    e. Segmenting, treding, positioning
    Jawaban: c. Segmenting, targetting, positioning

    5. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan ...
    a. Survey pasar
    b. Pemosisian pasar
    c. Segmentasi pasar
    d. Menetapkan business domain
    e. Melakukan market oriented
    Jawaban: c. Segmentasi pasar

    BalasHapus
  6. Nama:Candra setiawan
    Kelas: XII KI 1
    absen:23

    1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...
    a. Predatory pricing
    b. Adaptive pricing
    c. Coperative pricing
    d. Opportunistic pricing
    Jawab : B

    2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
    a. Waktu (time pricing)
    b. Bentuk produk (product-form pricing)
    c. Segmen
    d. Lokasi (location pricing)
    Jawab : C

    3. Ada berapa jenis strategi pemasaran?
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    e. 5
    Jawaban: e. 5

    4. STP merupakan tahapan-tahapan pemasaran terarah yang meliputi...
    a. Segmenting, targetting, promotion
    b. Selling, targetting, promotion
    c. Segmenting, targetting, positioning
    d. Selling, treding, promotion
    e. Segmenting, treding, positioning
    Jawaban: c. Segmenting, targetting, positioning

    5. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan ...
    a. Survey pasar
    b. Pemosisian pasar
    c. Segmentasi pasar
    d. Menetapkan business domain
    e. Melakukan market oriented
    Jawaban: c. Segmentasi pasar

    BalasHapus
  7. Nama: Bayu eka Saputra
    Kelas: 12ki1
    Nomor absen:22
    1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...
    a. Predatory pricing
    b. Adaptive pricing
    c. Coperative pricing
    d. Opportunistic pricing
    Jawab : B

    2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
    a. Waktu (time pricing)
    b. Bentuk produk (product-form pricing)
    c. Segmen
    d. Lokasi (location pricing)
    Jawab : C

    3. Ada berapa jenis strategi pemasaran?
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    e. 5
    Jawaban: e. 5

    4. STP merupakan tahapan-tahapan pemasaran terarah yang meliputi...
    a. Segmenting, targetting, promotion
    b. Selling, targetting, promotion
    c. Segmenting, targetting, positioning
    d. Selling, treding, promotion
    e. Segmenting, treding, positioning
    Jawaban: c. Segmenting, targetting, positioning

    5. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan ...
    a. Survey pasar
    b. Pemosisian pasar
    c. Segmentasi pasar
    d. Menetapkan business domain
    e. Melakukan market oriented
    Jawaban: c. Segmentasi pasar

    BalasHapus
  8. Nama: BAGAS RESTU A.
    Kelas: XII KI 1
    Nomor absen:21
    1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...
    a. Predatory pricing
    b. Adaptive pricing
    c. Coperative pricing
    d. Opportunistic pricing
    Jawab : B

    2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
    a. Waktu (time pricing)
    b. Bentuk produk (product-form pricing)
    c. Segmen
    d. Lokasi (location pricing)
    Jawab : C

    3. Ada berapa jenis strategi pemasaran?
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    e. 5
    Jawaban: e. 5

    4. STP merupakan tahapan-tahapan pemasaran terarah yang meliputi...
    a. Segmenting, targetting, promotion
    b. Selling, targetting, promotion
    c. Segmenting, targetting, positioning
    d. Selling, treding, promotion
    e. Segmenting, treding, positioning
    Jawaban: c. Segmenting, targetting, positioning

    5. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan ...
    a. Survey pasar
    b. Pemosisian pasar
    c. Segmentasi pasar
    d. Menetapkan business domain
    e. Melakukan market oriented
    Jawaban: c. Segmentasi pasar

    BalasHapus
  9. Achmad al Fattah Khoirul Nizam ( 01/ XII KI-1)

    1. Salah satu ilustrasi berikut ini yang menggambarkan saluran pemasaran dengan strategi distribusi selektif yaitu ….
    a. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua pusat perbelanjaan mewah
    b. Kemeja merek Arrow hanya dijual atau ada di swalayan kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional๐Ÿ“Œ
    c. Pasta gigi merek Pepsodent yang bisa kita jumpai pada warung kumuh sampai pada pusat perbelanjaan mewah
    d. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta

    2. Memilih pasar sasaran terbatas, dalam hal ini tidak semua segmen untuk pemasaran produk baru merupakan strategi…
    a. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
    b. niche penetration (Penetrasi ceruk pasar) ๐Ÿ“Œ
    c. mass-market penetration (Penetrasi pasar secara massal)
    d. skimming and early withdrawal (Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat)

    3. Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
    a. Memiliki preferensi merek/ berkeliling untuk mencari harga terbaik ๐Ÿ“Œ
    b. Memilih produk dari antara produk-produk yang tersedia pada toko yang paling mudah didatangi
    c. Menyukai toko tertentu/ tidak peduli terhadap merek yang ada
    d. Menyukai toko tertentu/ mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam memutuskan toko yang didatangi/ merek belum pasti

    4. Produsen menyampaikan keinginannya dalam hal cakupan pasar, pengembangan pasar, tingkat inventory, layanan dan bantuan teknis, pencarian pelanggan, serta informasi pasar, merupakan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi anggota saluran melalui...
    a. Evaluasi anggota saluran
    b. Kemitraan ๐Ÿ“Œ
    c. Kerjasama
    d. Pemrograman distribusi

    5. Kriteria yang mempertimbangkan agar perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran jika terjadi suatu perubahan, dinamakan kriteria...
    a. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
    b. Kriteria adaptif ๐Ÿ“Œ
    c. Kriteria ekonomi
    d. Kriteria pengendalian

    BalasHapus
  10. ARYA NUR FATKHURACHMA
    XII KI1
    20
    1. iklan banner yang dijual kepada firma hukum pada tahun 1993 oleh global network navigatoradalah yang pertama di klik. merupakan pendapat menurut....
    a. Kamus besar bahasa indonesia
    b. Wikipedia *
    c. Malhotrad
    d . Siswanto Sutoyoe.

    2. Ada 3 langkah dalam menciptakan permintaan konsumen, salah satunya menginformasikan.yang terdapat pada tujuan iklan online yaitu...
    .a. Menginformasikan konsumen tentang merk-merk baru
    b. Membangun kesadaran merk
    c. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen*
    d. Membujuk konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang di iklankane.

    3. Keuntungan iklan online diantaranya, kecuali....
    a. Kecepatan koneksi*
    b. Tidak ada tanggal kadaluarsa
    c. Kualitas paparan
    d. Kebebasane.

    4. Iklan yang berupa teks link yang cara kerjanya adalah dengan menganalisa halaman website anda secara berkelanjutan disebut iklan...
    .a. Iklan daftar lokal.
    b. Iklan konten.*
    c. Iklan direktori online.
    d. Iklan kontekstual.

    5. Iklan ini ditampilkan dihalaman web dengan target individu tertentu disebut iklan...
    .a. Iklan daftar lokal.
    b. Iklan konten.
    c. Iklan direktori online.
    d. Iklan kontekstual.*

    BalasHapus
  11. Nama: Dimas Ardiansyah
    Kelas: XII KI 1
    Nomor absen: 27
    1. Salah satu bentuk reaksi terhadap penetapan strategi harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar dinamakan ...
    a. Predatory pricing
    b. Adaptive pricing
    c. Coperative pricing
    d. Opportunistic pricing
    Jawab : B

    2. Salah satu teknik diskriminasi harga yang mana kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda merupakan teknik berdasarkan ...
    a. Waktu (time pricing)
    b. Bentuk produk (product-form pricing)
    c. Segmen
    d. Lokasi (location pricing)
    Jawab : C

    3. Ada berapa jenis strategi pemasaran?
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4
    e. 5
    Jawaban: E

    4. STP merupakan tahapan-tahapan pemasaran terarah yang meliputi...
    a. Segmenting, targetting, promotion
    b. Selling, targetting, promotion
    c. Segmenting, targetting, positioning
    d. Selling, treding, promotion
    e. Segmenting, treding, positioning
    Jawaban: C

    5. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan ...
    a. Survey pasar
    b. Pemosisian pasar
    c. Segmentasi pasar
    d. Menetapkan business domain
    e. Melakukan market oriented
    Jawaban: C

    BalasHapus