Kamis, 02 April 2020

Analisis Pemasaran


Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya (definisi The American Marketing Association, dalam Kotler (2009 : 5) ).

Menurut Kotler dan Keller (2009:9) pemasaran adalah “Suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain.”

Menurut Kotler dan Keller (2009:5) manajemen pemasaran adalah “Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan
meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan
menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang
unggul.”
Pemasaran merupakan jiwa dalam perusahaan atau inti perusahaan, yang akan
membawa perusahaan maju dan tetap eksis di era globalisasi, pemasaran harus
membuat perusahaan mampu bersaing. Pemasaran harus bisa membuat setiap
bagian di perusahaan dan jaringannya dapat menciptakan dan menyerahkan nilai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar