Rabu, 02 Agustus 2023

Agenda di SMKN 1 Mojoanyar

Selasa, 01 Agustus 2023

  • Penerimaan SK PPPK cabdin Mojokerto untuk penempatan kerja sebagai guru teknik kimia industri di SMK Negeri 1 Mojoanyar 

Awal tujuan sesuai undangan menuju cabdin Mojokerto, karena belum bergabung dengan grup WA ASN PPPK Mojokerto maka belum tahu jika penyerahan SK di SMK Kemlagi yang jarak tempuh mencapai 30 Km. Dengan berbekal GPS sambil meraba perjalanan putar-putar di alun-alun skywalk hingga dua kali. Tak tahunya belok ke kiri sebelum penyebarangan sungai.

Di sini ada insiden menerobos pekarangan orang menghindari mobil yang arahnya berlawanan tapi saat belokan dengan laju yang relatif tinggi, sehingga untuk menghindari tabrakan saya banting kiri dan menabrak pot bunga milik orang, untungnya orangnya tidak marah bahkan anak lakinya mengarahkan jalan yang harus saya tuju sesuai GPS. (Semoga Allah membalas kebaikan dan kemurahan orang yang pot bunganya saya tabrak hingga pecah)

Sesampai di lokasi SMKN 1 Kemlagi, tidak membawa berkas yang diminta cabdin karena belum tahu info sebelumnya, belum lagi ditanyai koq jauh-jauh dari Surabaya, padahal guru Mojokerto bisa relokasi. Sebuah pertanyaan yang membuat hati remuk  dan nelangsa sesaat itu 

Rabu, 02 Agustus 2023

  • Mengajar XTKI1 : pengenalan tentang mikrobiologi dan mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop 
  • Mengajar XTKI3 : pengenalan tentang mikrobiologi dan mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop 
Senin, 07 Agustus 2023
Home visit ke rumah walimurid XKI3 yang diusulkan mendapat dana asuh dari Cabdin Mojokerto






Kamis, 17 Agustus 2023

Setelah mengikuti upacara bendera memperingati HUT kemerdekaan RI ke-78, diadakan acara tasyakuran di aula SMKN 1 Mojoanyar yang terletak di lantai dua.



Dalam kesempatan ini Bapak Kepala Sekolah memotong tumpeng yang diberikan ke pak Agus (Waka sarpras), yang bulan September depan akan purna tugas.

Setelah itu, bersama rekan-rekan kimia industri silaturahmi tinjau bayi putra ke-3 dari Bapak Arif (kajur KI) di daerah Puri Mojokerto.

(Bersamaan tamu dari Guru MI tempat istri pak Arif mengajar)

Karena hari ini tadi agenda Ais dan Abil upacara, bundanya vaksinasi booster II di rektorat Unair. Daripada pulang ke Surabaya sepi rumah, maka cari kegiatan positif ke Trowulan.

Kolam Segaran, Trowulan Mojokerto. Salah satu situs peninggalan kerajaan Majapahit. Konon saat menjamu Raja tetangga, setelah makan piring dan gelas yang terbuat dari emas dilempar ke kolam tersebut yang menandakan Majapahit adalah kerajaan kaya raya.

Makam Sayyid Jumadil kubro, Trowulan Mojokerto. Penghulu para wali penyebar Islam di tanah Jawa. Sebelum kedatangan generasi walisongo

Gapura Bajangratu terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dilihat dari bentuk gapura ini merupakan bangunan pintu gerbang tipe “paduraksa” yaitu Gapura yang memiliki atap. 

Bahan utamanya adalah bata. Kecuali lantai tangga serta ambang pintu yang dibuat dari batu andesit. Denah bangunan berbentuk segi empat berukuran 11,5 x 10,5 meter, tingginya 16,5 meter dan lebar lorong pintu masuk gapura 1,40 meter.

Secara vertikal gapura Bajangratu dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu kaki, tubuh, dan atap. Gapura ini mempunyai sayap dan pagar tembok di kedua sisinya. 

Pada gapura terdapat hiasan panil yang menggambarkan cerita sri tanjung, dibagian ambang pintu terdapat hiasan kala, sulur–suluran. Bagian atapnya bentuknya bertingkat tingkat dengan puncak persegi. 

Pada atapnya berbentuk bertingkat – tingkat dengan puncaknya berbetuk persegi Pada atap tersebut terdapat hiasan kepala kala diapit singa, relief matahari, naga berkaki, kepala garuda, dan relief bermata satu (monocle cylclop) 

Relief relief ini mempunyai fungsi sebagai penolak marabahaya, sedangkan pada sayap gapura terdapat relief Ramayana digambarkan dengan perkelaihan raksasa melawan kera. Dan bingkai kanan dan kiri pintu diberi pahatan berupa binatang bertelinga panjang.

Gapura Bajangratu pertama kali disebut dalam Oudheidkundige Verslag (Ov) tahun 1915, Dalam kitab Negarakertagama disebutkan bahwa Raja Jayanegara kembali ke dunia wisnu 1328 Saka, begitu juga dalam kitab Pararaton menyebutkan bahwa Raja Jayanegara didharmakan di Kapopongan alias Creanggapura atau Cri Ranggapura pratistanya di Antawulan atau Trowulan. 

Berdasarkan bangunan gapura Bajangratu terdapat relief Sri Tanjung dan sayap gapura yang mempunyai arti sebagai lambang pelepasan. Berdasarkan relief Ramayana, relief binatang bertelinga panjang dan relief naga diperkirakan gapura ini dibangun dari abad XIII – XIV. 

Berdasarkan hal tersebut diperkirakan Gapura Bajangratu sebagai tempat pendharmaan wafatnya Raja Jayanegara pada tahun 1328 Saka.  

Gapura ini pernah dilakukan konsolidasi oleh pemerintahan Hindia – Belanda pada tahun 1915. Pada tahun 1989 Gapura Bajangratu mulai dipugar selesai tahun 1992. (enik yumastutik)

(Sumber : Mengenal Kepurbakalaan Majapahit di Daerah Trowulan)

Dalam film Hati Suhita, Candi Bajangratu sebagai caption penutup film dengan mengutip redaksi dari novelnya :

"Hari ini aku tahu, tidak sia-sia Mbah Kung menyematkan nama salah satu penguasa perempuan di kerajaan Majapahit dalam namaku, Suhita. Perang di hatiku sepanjang tujuh purnama ini begitu dahsyat. Kebekuan dan keangkuhan suamiku telah membuat hatiku berdarah-darah. Penolakannya sudah membuatku tersungkur tak berdaya. Tapi aku tidak pernah menyerah. Aku melawannya dengan kelembutan, dengan ilmuku, sekaligus dengan puja pintaku. Hari ini ia sudah takluk. Aku telah memenangkan pertarunganku. Akulah Alina Suhita, yang kini bertahta di kerajaan hatinya." -Alina Suhita

Kalau Alina Suhita tujuh purnama hatinya berdarah-darah. Kalau saya nanti berapa purnama di sini (Mojoanyar).....🤷‍♂️

Waktu menunjuk pukul 12.30 selanjutnya meluncur ke warung Cak Mat untuk mengisi perut yang mulai keroncongan





Warung yang pernah menjadi lokasi syuting film Hati Suhita ini ramai dikunjungi pembeli, dengan harga terjangkau dan rasanya yang enak untuk nasi, sambel wader, sayur asem dan es teh ditarif Rp. 23.000,-

Di seberang warung, dekat dengan pagar kolam Segaran terdapat es ketan ireng plus kue Lupis-nya dengan harga Rp. 5.000,- semangkok

Lapak es ketan ireng 


Jum'at, 18 Agustus 2023
Diadakan kegiatan pawai dan pesta kostum daur ulang, dengan berbagai bentuk kreasi mempercantik kemeriahan hari itu

Sumber : kanal YouTube Mr. Paulsaif







Senin, 21 Agustus 2023
Penyerahan SK PPPK oleh Gubernur Jawa Timur di gedung graha Unesa, Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya 










Kamis, 24 Agustus 2023
Rapat dengan walimurid untuk persiapan PKL siswa kelas XI, pada forum ini selaku MC 





Jumat, 25 Agustus 2023
menyampaikan Maidhotul Chasanah pasca kejadian kebakaran lahan bagian belakang sekolah, dengan materi tentang :
  1. Allah menciptakan api dari kayu yang hijau (fotosintesis) pada QS. Yaasin
  2. Api tidak mempunyai rumus kimia maupun rumus bangun, bisa muncul dari berbagai keadaan dan wujud padat, cair, dan gas
  3. Setan tercipta dari Api yang sifatnya panas, sehingga janganlah ucapan dan perbuatan yang menyebabkan orang lain yang panas hatinya
  4. Api raja Namrudz untuk membakar Nabi Ibrahim menjadi dingin karena perintah Allah
  5. Kisah burung Pipit yang ingin memadamkan api raja Namrudz yang mendapat ledekan dari cicak
  6. Video kebakaran yang viral, seharusnya menampakan usaha siswa-siswi untuk memadamkan api dengan cara pembasahan di sekitar sumber api sambil menunggu datangnya PMK

Selasa, 29 Agustus 2023
webinar kepegawaian series 10, penyusunan SKP bagi ASN baru di lingkungan provinsi Jatim

https://www.youtube.com/watch?v=OJUF41WJoKc


Jum'at, 01 September 2023
Menjadi khotib di masjid SMKN 1 Mojoanyar, dengan tema makna dan hikmah sujud dalam sholat 

Sertifikat Diklat BKD

Ahad, 10 September 2023
Pukul 06.30 mengajak Abil bermotor untuk survey tentang bus trans Jatim. Sampai di Bungurasih lalu naik bus pada halte yang telah disediakan. 



Pembayarannya bisa menggunakan uang tunai Rp 5.000,- atau scan Qria, maupun cetak kartu Karisma yang dibuat di kantor Trans Jatim tanpa biaya (cukup menunjukkan KTP dan Foto diri)

Makan kentang dicampur paru
Di atas meja ada paku
Lupakan mantan cari yang baru
Karena di hatimu sekarang ada aku
(Tagline Bus trans Jatim)

Sopir bus bertopi seperti pilot dan kondekturnya berbusana seperti pramugari 

Tepat pukul 07.00 berangkat dari Bungurasih dan sampai di Terminal Kertajaya - Mojokerto sambil menikmati rawon dan soto ayam di dalam terminal, sedangkan di dekatnya terdapat penitipan motor dengan tarif Rp. 70.000,- perbulan.

Senin, 11 September 2023
Berangkat pagi ke Mojokerto menggunakan motor Jupiter, dan pulangnya sudah masuk parkiran Kertajaya sekaligus membayar jasa parkir bulanannya, bertemu dengan mas Baim

11 September 2023


Selasa, 12 September 2023
Mengantar magang ke UPN veteran Jatim

Ditemui oleh Bu. Sinta selalu Kajur Teknik Kimia, Bu. Lilik dan Pak Rahmad selalu dosen, dan mbak Bella sebagai adminnya. Pada kesempatan tersebut diajak road show laboratorium, yaitu : OTK, PTK Mikrobiologi dan Kimia Analisa, Biomasa, dan lab penelitian.

Sedangkan peserta didik dari kelas XI KI bernama :



Dalam penempatan mengajar di SMKN 1 Mojoanyar tersingkap beberapa hikmah, antara lain :
  1. Diversifikasi pengalaman untuk bisa diceritakan ke rekan sejawat dan anak cucu nantinya tentang pengalaman kos, berangkat Senin pagi pulang Jum'at sore, dengan sehari-hari di kos merasa kesepian. Jauhnya mencari warung untuk makan, sedangkan untuk masak sendiri tidak memungkinkan. Belum lagi bila ada keluhan dari keluarga yang di Surabaya membuat kepikiran bukan hanya di otak, tapi juga menghujam hingga di hati
  2. Setelah survei perjalanan menggunakan bus Trans Jatim, terbuka kemudahan untuk bisa PP sehingga bisa bertemu dengan keluarga. Walaupun setiap hari kerja ber-home base di rumah orang tua Rungkut Kidul, karena setiap harinya Aisyah di sana sepulang sekolah. Membuat Aisyah bisa didampingi dalam tugas pelajarannya 
  3. Sedangkan Abil bersama bundanya di Medokan Ayu melatih dirinya untuk belajar hidup mandiri dan menjaga bundanya. Perubahan sikap yang terlihat darinya adalah ketika dimintai tolong sesuatu segera menunaikannya tanpa menundanya maupun mencekalnya.
  4. Bila setiap bulannya menyediakan uang jajan sore untuk Aisyah dan Abil, namun yang dibelinya adalah tempura yang diberi saos dan minuman sasetan yang kurang baik bagi kesehatan, tapi sulit untuk dicegahnya. Namun kini uang jajan tersebut untuk biaya PP Mojokerto - Surabaya, sedangkan Ais Abil akhirnya tidak pernah membeli jajanan tersebut lagi. 
Kamis, 21 September 2023
Tiba-tiba ada suara memanggil sepulang sholat dhuhur dari masjid, setelah ditengok ternyata suara siswi XKI3 yang menunggu pelajaran olahraga dan ingin foto bersama dengan walikelasnya.



Maulid Nabi Muhammad SAW
Rabu, 27 September 2023





Koordinasi Kelas Industri ke Rapid Plas, Berbek dan Monitoring PKL ke AHP & CNL Rungkut Industri
Selasa, 03 Oktober 2023







PT. HAP (19/2/2024)

UKK Selasa, 20 Februari 2024







UKK Kamis, 22 Februari 2024


2 komentar: