Rabu, 21 Desember 2022

REFLEKSI PPL AKSI 1

 JURNAL REFLEKSI GURU 

Sekolah : SMK Negeri 5 Surabaya 

Mata Pelajaran : Azas Teknik Kimia 

Materi : Neraca Massa dengan reaksi kimia 

Nama Guru : Onny Fahamsyah ,ST.,MT 

Kelas : XI KI 1

Tanggal : 09 dan 12 Desember 2022 


Video PPL 1 :

https://youtu.be/IwuG_GkaV9A


Video PPL 2 :

https://youtu.be/I1GetrvwHxU


Bagaimana anda memaknai pengetahuan yang didapatkan pada praktik pembelajaran inovatif hari ini ?

  • Pengetahuan tentang penyusunan perangkat pembelajaran, mulai dari masalah tentang minat belajar peserta didik rendah dan pemilihan solusi pembelajaran model Problem Based Learning dapat diterapkan beserta pemahaman sintak-sintaknya.
  • Mengetahui kondisi peserta didiknya dalam ranah kognitif dengan memberikan pretes dan postest setelah pembelajaran
  • Mengetahui minat belajar peserta didik yang hendak dicapai solusinya dengan testimoni lesan peserta didik dan pengisian angket
  • Untuk mengetahui penilaian ranah afektif dan psikomotorik dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung, terkhusus pada kerja kelompok, presentasi, dan diskusi tanya jawab

Bagaimana perasaan anda selama melaksanakan proses praktik pembelajaran inovatif hari ini ?

  • Pembelajaran sangat menyenangkan, karena peserta didik mengikutinya dengan antusias
  • Antusias ini bisa terjadi karena materi, video, dan LKPD dapat tersaji dengan mudah pada web blog guru. Sedangkan semua siswa memiliki gadget beserta paket datanya
  • Di akhir pembelajaran, peserta didik memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran tersebut menyenangkan dan dapat diterima dengan mudah, maka membuat kepuasan tersendiri pagi guru pengajar 

Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari praktik pembelajaran inovatif anda hari ini ?

  • Peserta didik hadir tepat waktu
  • Ketua kelas memimpin doa sebelum dan sesudah Pembelajaran, sebagai pembelajaran dari segi leadership
  • Bersama-sama berdiri dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai wujud Cinta Tanah Air
  • Semua Peserta didik membawa gadget beserta paket data di dalamnya, sehingga memudahkan mengakses materi pembelajaran, LKPD, video motivasi, kuis dan angket
  • Peserta didik aktif dalam diskusi, presentasi, dan tanya jawab 

Ceritakan hal-hal yang dapat menghambat praktik pembelajaran inovatif Anda pada hari ini ?

  • Bila peserta didik tidak membawa gadget, atau tidak memiliki paket data. maka akan kesulitan mengikuti pembelajaran
  • Bila ada peserta didik yang tidak masuk, sebetulnya akan menghambat dalam penguasaan materi pembelajaran. Akan tetapi bila rekannya yang masuk mampu mentransformasikan maka tidak menjadi kendala. karena semua materi telah tersaji dalam web blog guru

Apakah pembimbingan yang dilakukan dosen dan guru pamong dalam pengembangan Perangkat pembelajaran menginspirasi dalam melakukan perbaikan ?

  • Sangat menginspirasi
  • Terutama dalam pemahaman sintak model pembelajaran PBL 
  • Dalam evaluasi pembelajaran, menjadi sarana yang komprehensif untuk menilai capaian pembelajaran dan menjawab permasalahan yang sedang dihadapi
  • Perangkat pembelajaran yang telah dibimbing selayaknya menjadi referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran lainnya 

Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda melaksanakan praktik pembelajaran inovatif hari ini ?

  • Setiap awal pembelajaran sebaiknya telah tersaji konten materi lengkap pada web blog guru
  • Konten web blog dapat lebih disempurnakan setiap waktu, sehingga menjadi literasi digital yang terbuka
  • Pada saat presentasi kelompok sebaiknya disyuting, agar gesture dan performance-nya menjadi referensi bagi penampilan yang prima saat presentasi di depan kelas

Ceritakan kesimpulan yang Anda dapatkan setelah praktik pembelajaran inovatif hari ini ? 

  • Pembelajaran inovatif model PBL ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran azas teknik kimia
Saran dari Dosen, Guru Pamong, sesama rekan dalam forum refleksi :
  1. untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dapat diubah orientasi masalahnya dengan video yang merangsang nalar kritis peserta didik
  2. melakukan pengacakan ulang terhadap komposisi kelompok

Jurnal Mengajar dan Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar

  1. edit video memakai software Filmora gratisan, sehingga branded-nya muncul setiap tayangan video

Penayangan Video :

  1. Gambar Sekolah
  2. Masuk Kelas
  3. Pengambilan profil guru dari kepala hingga ujung kaki
  4. Running text setiap tahap
  5. Soroti peserta didik sedang presentasi
  6. objek yang dijelaskan guru, yang dishooting
  7. Jangan mensyuting belakang siswa


Lampiran :

Materi pertememuan pertama :

https://onnyfahamsyah.blogspot.com/2022/12/modul-materi-neraca-massa-dengan-reaksi.html


Materi pertemuan ke dua :

https://onnyfahamsyah.blogspot.com/2022/12/bahan-baku-dan-bahan-penunjang.html


kuisioner angket minat siswa :

https://forms.gle/bWqXifB8qorTgp8u9

Hasil Kuisioner :

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1yYRcksJfUzh6kImU9b2PcFVDj7fwiuSz/edit?usp=share_link&ouid=115164317136479851468&rtpof=true&sd=true 

Pembahasan :

Dari pertemuan pertama didapatkan minat peserta didik : 61, 09 %

Dari pertemuan kedua didapatkan mintat peserta didik : 67, 18 %


Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

  • SMK NEGERI 5 SURABAYA
  • Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.167-169, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285
Lingkup pendidikan

  • Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai

  • Meningkatkan minat belajar peserta didik
Penulis

  • Onny Fahamsyah
Tanggal

  1. Jumat, 09 desember 2022
  2. Senin, 12 Desember 2022

  • Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. 
  • Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
  • Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
  • Refleksi Hasil dan dampak : Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Jawab : 

Situasi : 
Tantangan :
Aksi
Refleksi Hasil dan Dampak

6 komentar:

  1. https://youtu.be/IwuG_GkaV9A

    BalasHapus
  2. https://docs.google.com/document/d/1gyIObrHB7GSw-45s6TtKU-us47fKsM8_/edit?usp=drivesdk&ouid=115164317136479851468&rtpof=true&sd=true

    BalasHapus
  3. https://docs.google.com/document/d/1gyIObrHB7GSw-45s6TtKU-us47fKsM8_/edit?usp=drivesdk&ouid=115164317136479851468&rtpof=true&sd=true

    BalasHapus
  4. https://docs.google.com/spreadsheets/d/1i6h_dTWscXb81-Anmiwon049nSdtMoTS/edit?usp=drivesdk&ouid=115164317136479851468&rtpof=true&sd=true

    BalasHapus
  5. https://drive.google.com/file/d/1y0NdVgXTFgwVvb_kg8zXhns199lgyIsV/view?usp=share_link

    BalasHapus
  6. https://zoom.us/j/97696305927?pwd=UzN5czhsTENaaG95T2x3My9WSms4dz09

    BalasHapus