Selasa, 25 Juli 2023

Karakteristik Industri Kimia


Capaian Pembelajaran

Memahami proses bisnis bidang kimia analisis secara menyeluruh termasuk laboratorium kimia analisis, industri yang melibatkan kimia analisis, perawatan peralatan kimia analisis, dan pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.


Tujuan Pembelajaran :

  1. Memahami karakteristik industri kimia
  2. Memahami bahan kimia komoditas
  3. Memahami bahan kimia Adi (fine chemical)
  4. Memahami bahan kimia khusus 


Materi :

 a. Industri agrokimia

Populasi dunia masih tumbuh pada tingkat yang berbahaya. Oleh karena itu, peningkatan substansial dalam produksi pangan sangat dibutuhkan. Hal ini, dapat hanya dapat dicapai dengan meningkatkan efisiensi pertanian yang ditunjukkan dengan panen yang lebih tinggi per area. Peningkatan hasil melalui pemulihan lahan gurun untuk pertanian dapat dicapai dalam jangka panjang serta di bawah kondisi politik yang stabil di dalam negara tersebut.

Transformasi tanah yang masih asri dijadikan lahan pertanian seperti hutan Amazon, secara ekologis tidak sehat. Jadi, efisiensi hanya dapat ditingkatkan menggunakan penambahan pupuk. Namun, penambahan pupuk hanya menurunkan sedikit kerugian yang disebabkan oleh penyakit tanaman dan parasit. Oleh karena itu, penggunaan pestisida, fungisida, dan metode biologis menjadi lebih banyak.

Walaupun terdapat pergeseran, namun memiliki tujuan perlindungan tanaman yang lebih cerdas. Hal ini untuk menghindari kerusakan ekologi yang lebih besar di masa datang. Oleh karena itu, muncul permintaan bahan kimia yang efisien dan terurai lebih cepat serta tidak berbahaya setelah digunakan.

Untuk menghindari penggunaan bahan kimia, telah dibuat tanaman yang dimodifikasi secara genetik untuk menunjukkan resistensi terhadap parasit yang berbeda. Contohnya, gen Bacillus thuringiensis yang dimasukkan pada jagung. Namun, masih diragukan teknologi ini akan dikenalkan dalam skala luas di negara-negara Barat dalam waktu dekat atau tidak. Untuk negara dengan tingkat produksi dan gizi yang bagus/tinggi (over produksi) tidak perlu meningkatkan pasokan makanan. Hal ini karena tidak terjadi kekurangan di negara - negara kaya. Peningkatan permintaan untuk agrokimia di dasarkan pada motif kenyamanan

Tugas 1 : lanjutkan menguraikan tentang :

  1. Industri Farmasi
  2. Industri bioteknologi dan genomik
  3. Industri bahan kimia komoditas
  4. Industri bahan kimia spesialis
  5. Industri rekayasa
Tugas 2 : lanjutkan menguraikan tentang 
  1. Bahan kimia komoditas
  2. Bahan kimia Adi (fine chemical)
  3. Bahan kimia khusus 


30 komentar:

  1. Rajendra Emir XKA325 Juli 2023 pukul 13.27

    1. industri farmasi adalah industri yang berfokus pada obat obatan
    2aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial
    3. industri yang terlibat dalam kimia kimiaan
    4. industri yang terlibat dalam spesialisasi kekimiaan
    5.

    1. bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar /fine chemicals
    2. bahan kimia yang penggunaannya tidak untuk umum dikarenakan tingkat keberbahayaannya jika disalah gunakan

    BalasHapus
  2. Ribka Rendyta Baraka25 Juli 2023 pukul 15.39

    https://sg.docworkspace.com/d/sAA_K1LK2pvOfAcuW4uqxpxQ

    BalasHapus
  3. Nama: Puri Jacinda Mustika
    Kelas: X - Ka.3

    1. Industri farmasi adalah suatu industri yang melakukan pembuatan obat obatan.

    2. Industri bioteknologi dan genomik adalah industri yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas industri.

    3. Industri bahan kimia komoditas adalah
    Industri yang memproduksi dengan menggunakan bahan kimia dalam jumlah besar.

    4. Industri bahan kimia spesial adalah industri yang menggunakan bahan bahan kimia yang spesial atau khusus.

    5. Industri rakayasa adalah teknik industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem.

    Tugas 2

    1. Bahan kimia komoditas adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar atau banyak.

    2. Bahan kimia adi (fine chemical) adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah banyak

    3. Bahan kimia khusus adalah bahan kimia yang dibuat secara khusus atau spesial

    BalasHapus
  4. Nabilla Saskia Azzahra25 Juli 2023 pukul 16.35

    https://docs.google.com/document/d/1ukY2bMg7j7pVPRzZB2PHS7xxIRKV210uCzES3A5a0jg/edit?usp=drivesdk

    BalasHapus
  5. VIOLINA ADILIA KARINA X KA-325 Juli 2023 pukul 17.50

    TUGAS 1 :
    1. INDUSTRI FARMASI
    Industri farmasi adalah badan usaha yang memiliki ijin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat. Pembuatan obat merupakan seluruh rangkaian kegiatan dalam menghasilkan obat yang meliputi pengadaan bahan awal dan bahan pengemas, produksi, pengemasan, pengawasan mutu dan pemastian mutu sampai di dapatkan obat untuk di distribusikan. Fungsi industri farmasi adalah pembuatan obat atau bahan obat, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan.

    2. INDUSTRI BIOTEKNOLOGI DAN GENOMIK
    Industri bioteknologi adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Juga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk. Bioteknologi mampu mempengaruhi berbagai industri kimia karena banyak produknya mampu dihasilkan secara efisien dengan bioteknologi.
    Industri genomik adalah industri mendasari segudang upaya penelitian genom yang beroperasi di seluruh dunia adalah pemetaan dan pengurutan seluruh genom.

    3. INDUSTRI BAHAN KIMIA KOMODITAS
    Industri bahan kimia komoditas adalah modal dasar bagi pengembangan industri di hilirnya, seperti industri makanan dan minuman, serat kain, tekstil, kemasan, barang plastik, elektronika, otomotif, hingga obat-obatan. Keberhasilan pembangunan industri nasional salah satunya sangat dipengaruhi oleh profil industri kimia.

    4. INDUSTRI BAHAN KIMIA SPESIALIS
    Industri bahan kimia spesialis adalah mengacu pada bagian dari industri kimia yang berfokus pada produksi bahan kimia dengan karakteristik dan aplikasi khusus. Ini dapat mencakup bahan kimia yang sangat teknis atau memiliki persyaratan kualitas yang ketat, serta produk yang digunakan dalam industri yang sangat tersegmentasi dan khusus. Contoh industri bahan kimia spesialis yaitu memproduksi bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan obat-obatan dan produk kesehatan.

    5. INDUSTRI REKAYASA
    Industri rekayasa adalah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang rancang bangun industri atau dikenal dengan sebutan Engineering, Procurement, dan Construction (EPC). Perusahaan negara ini telah menyelesaikan berbagai proyek industri skala besar. Rekayasa Industri dikenal juga dengan sebutan Rekind yaitu sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rekind telah berhasil membantu dalam penciptaan lapangan kerja, mendukung ketahanan pangan nasional, hingga membantu menggerakan roda perekonomian Indonesia.

    TUGAS 2 :
    1. BAHAN KIMIA KOMODITAS
    Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia. Subsektor lain yaitu bahan kimia murni, bahan kimia khusus, bahan kimia anorganik, petrokimia, farmasi, energi terbarukan (mis. biofuel) dan material (mis. biopolimer). Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    2. BAHAN KIMIA ADI (FINE CHEMICAL)
    Bahan kimia adi bercirikan kuantitas sedikit dengan nilai ekonomi tinggi, semula di kembangkan dari ekstrak bahan alam, dilakukan sintesis kimia.

    3. BAHAN KIMIA KHUSUS
    Bahan kimia khusus adalah produk kimia yang volume produksinya kecil, dengan tolak ukur kualitas komposisi kimia.

    BalasHapus
  6. SITI RIHHADATUL A'ISYA A.25 Juli 2023 pukul 18.09

    NAMA: SITI RIHHADATUL A'ISYA A.
    KELAS: X KA-3


    TUGAS 1

    1. Industri Farmasi
    - Teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri yang bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi dan memasarkan obat-obatan.

    2. Industri bioteknologi dan genomik
    - Industri Bioteknologi adalah segala teknologi yang bergantung pada organisme hidup. Genomik adalah studi tentang genom organisme. Bidang tersebut mencakup upaya intensif untuk menentukan seluruh urutan DNA dan upaya penangkapan genetik skala halus.

    3. Industri bahan kimia komoditas
    - Industri bahan kimia komoditas adalah industri yang menghasilkan sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global.

    4. Industri bahan kimia spesialis
    - Industri yang melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif pada zat.

    5. Industri rekayasa
    - Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem.

    TUGAS 2

    1. Bahan kimia komoditas
    - Bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri .

    2. Bahan kimia Adi (fine chemical)
    - Bahan kimia yang memiliki volume tidak besar dan dijual mengikuti standar tertentu.

    3. Bahan kimia khusus
    - Bahan kimia khusus adalah produk kimia yang volume produksinya kecil, dengan tolak ukur kualitas komposisi kimia.

    BalasHapus
  7. Sukma Ayu Nabillah X KA-325 Juli 2023 pukul 18.15

    Tugas 1 :
    ○1. Industri Farmasi adalah teknologi obat-obatan dalam bidang industri. Ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan obat-obatan atau obat-obatan farmasi untuk digunakan sebagai obat yang akan diberikan (atau dikelola sendiri) kepada pasien dari dokter, dengan tujuan untuk menyembuhkan mereka, memvaksinasi mereka, atau mengurangi gejala.
    ○2. Industri bioteknologi dan genomik : -industri bioteknologi adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Industri genomik adalah studi tentang genom organisme. Bidang tersebut mencakup upaya intensif untuk menentukan seluruh urutan urutan DNA dan upaya penangkapan genetik skala halus.
    ○3. Industri bahan kimia komoditas adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global. Harga rata-rata bahan kimia komoditas secara teratur dipublikasikan di majalah perdagangan kimia.
    ○4. Industri bahan kimia spesialis adalah Melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.
    ○5. Industri rekayasa adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    ○Tugas 2 :
    ○1. Bahan kimia komoditas adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen.
    ○2. Bahan kimia Adi (fine chemical) adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen.
    ○3. Bahan kimia khusus adalah produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya.

    BalasHapus
  8. Nabila makaela/10 KA-3
    Tugas 1 melanjutkan menguraikan tentang

    1. Industri Farmasi : Farmasi industri adalah teknologi obat-obatan dalam bidang industri. Ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan obat-obatan atau obat-obatan farmasi untuk digunakan sebagai obat yang akan diberikan (atau dikelola sendiri) kepada pasien dari dokter, dengan tujuan untuk menyembuhkan mereka, memvaksinasi mereka, atau mengurangi gejala. Perusahaan farmasi dapat menangani obat generik atau merek dan alat kesehatan. Mereka tunduk pada berbagai hukum dan peraturan yang mengatur paten, pengujian, keamanan, kemanjuran dan pemasaran obat-obatan.

    2. Industri bioteknologi dan genomik : Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Juga Buat
    mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk. Studi genom memainkan peran penting dalam mengubah sistem atau tindakan perawatan kesehatan publik dengan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana genomik dan DNA memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan personal.

    3. Industri bahan kimia komoditas : Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik , petrokimia , farmasi , energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer )) Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    4. Industri bahan kimia spesialis : Melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.

    5. Industri rekayasa : Rekayasa Sistem dan Industri adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    Tugas 2 melanjutkan menguraikan tentang :

    1. Bahan kimia komoditas : Bahan kimia komoditas adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global. Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik , petrokimia , farmasi , energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer )) Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    2. Bahan kimia Adi (fine chemical) : Sampai saat ini belum ada kesepakatan definisi umum tentang kimia komoditi (bulk chemicals), kimia adi (fine chemicals) dan kimia khusus (specialty chemicals). Sebagai contoh, suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi, pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi. komoditi adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen.

    3. Bahan kimia khusus : Bahan kimia khusus adalah kombinasi dari dua atau lebih bahan kimia halus yang menghasilkan campuran dengan fungsi berbeda. Bahan kimia khusus dapat disebut bahan kimia efek atau bahan kimia kinerja karena dirancang untuk bekerja dalam aplikasi pengguna akhir. Berbagai macam proses dan produk tergantung pada bahan kimia khusus, misalnya, penghambat korosi, katalis, fotografi, aditif pakan ternak, tinta, cat, air, bahan kimia pengolahan limbah dan pelapis.

    BalasHapus
  9. Zulfa Nour Riesta (10 KA 3)

    Tugas 1

    1. Industri Farmasi adalah badan usaha yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat

    2. Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Juga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk.
    Genomik merupakan studi tentang seluruh genome dari suatu organisme.

    3. Bahan kimia komoditas (atau komoditas curah hujan atau bahan kimia curah ) adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global. Harga rata-rata bahan kimia komoditas secara teratur dipublikasikan di majalah perdagangan kimia.

    4. Melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.

    5. Rekayasa Sistem dan Industri adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    Tugas 2

    1. BAHAN KIMIA KOMODITAS
    Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalahbahan kimia murni,bahan kimia khusus,bahan kimia anorganik,petrokimia, farmasi , energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer )) Bahan kimia komoditas, dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    2. BAHAN KIMIA ADI (FINE CEMICAL)
    volume tidak besar, dijual mengikuti standar tertentu (misalnya US pharmacopeia, food chemicals codex) misalnya, bahan kimia obat (aspirin) bahan kimia aroma.

    3. BAHAN KIMIA KHUSUS
    Bahan kimia khusus (disebut juga bahan kimia khusus atau bahan kimia efek ) adalah produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang dapat diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya. Beberapa kategori bahan kimia khusus adalah perekat , bahan kimia pertanian , bahan pembersih , pewarna , aditif kosmetik , bahan kimia konstruksi , elastomer , rasa , bahan tambahan makanan , wewangian , industri gas , pelumas , cat , polimer , surfaktan, dan pembantu tekstil. Sektor industri lainnya seperti otomotif , dirgantara , makanan , kosmetik , pertanian , manufaktur , dan tekstil sangat bergantung pada produk tersebut

    BalasHapus
  10. PELANGI RAHAYU ARDIYANTI X-KA 325 Juli 2023 pukul 19.08

    Tugas 1
    1. Industri farmasi adalah teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri, jadi simpelnya adalah obat-obatan dalam industri. Mulai dari ilmu membuat obat dalam skala besar, regulasi mengenai obat (CPOB) dan flow process bisnis obat. teknologi obat-obatan dalam bidang industri.
    2. Industri bioteknologi adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Juga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk. Sedangkan genomik adalah studi tentang seluruh genome dari suatu organisme. Genomik menggambarkan studi tentang semua gen seseorang (genom). Keduanya berperan menentukan kesehatan dan penyakit orang tersebut.
    3. Industri bahan kimia komoditas adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global. Harga rata-rata bahan kimia komoditas secara teratur dipublikasikan di majalah perdagangan kimia dan situs web seperti Chemical Week dan ICIS. Ada beberapa studi skala dan kompleksitas pasar ini misalnya di Amerika Serikat. Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik , petrokimia , farmasi , energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer)
    4. Industri bahan kimia spesialis adalah industri yang melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.
    5. Industri rekayasa adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    Tugas 2:
    1. Bahan kimia komoditas adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen. Contoh bahan kimia komoditi misalnya aseton, etilen oksida dan fenol.
    2. Bahan kimia adi (fine chemical) adalah produksi kimia adi yang umumnya melibatkan proses sintesis multi-step dan dilakukan secara batch menggunakan peralatan yang multi-purpose, hal ini berbeda dengan produksi kimia bulk yang umumnya melibatkan proses kontinyu dalam dedicated plant.
    3. Bahan kimia khusus adalah produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya. Beberapa kategori bahan kimia khusus adalah perekat, bahan kimia pertanian, bahan pembersih, warna, aditif kosmetik, bahan kimia konstruksi, elastomer, rasa, bahan tambahan makanan, wewangian, gas industri, pelumas, cat, polimer, surfaktan, dan pembantu tekstil.

    BalasHapus
  11. Nama : Nailah Zakia Fauzi
    Kelas : X-KA 3

    Tugas 1
    1. Industri Farmasi adalah teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri.

    2. Industri Bioteknologi dan Genomik Teknologi ini memungkinkan orang mempelajari keanekaragaman gen dari suatu populasi tanaman, perkembangan dan pertumbuhan organisme.

    3. Industri Bahan Kimia Komoditas adalah Industri yang memproduksi dengan menggunakan bahan kimia dalam jumlah besar.

    4. Industri Bahan Kimia Spesialis adalah industri yang menggunakan bahan bahan kimia yang spesial atau khusus.

    5. Industri Rekayasa adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    Tugas 2
    1. Bahan Kimia Komoditas adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global.

    2. Bahan Kimia Adi (fine chemical) adalah bahan kimia (sebagai bahan kimia fotografi, parfum, atau obat-obatan) yang diproduksi dan ditangani dalam jumlah yang relatif kecil dan biasanya dalam keadaan kurang murni.

    3. Bahan Kimia Khusus adalah produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya.

    BalasHapus
  12. NUNIK WULANDARI X-KA 325 Juli 2023 pukul 19.27

    Tugas 1:
    1.Industri farmasi : adalah badan usaha yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat
    2. Industri bioteknologi dan genomik bioteknologi adalah segala teknologi yang bergantung pada organisme hidup atau sistem biologis. Sedangkan genomik difokuskan pada studi tentang genom organisme. Bidang tersebut mencakup upaya intensif untuk menentukan seluruh urutan DNA organisme dan upaya pemetaan genetik skala halus untuk menentukan aktivitas dan fungsi gen
    3. Industri bahan kimia komoditas :adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global.
    4. Industri bahan kimia spesialis: untuk menghasilkan beragam produk yang berguna dalam kehidupan.
    5. Industri rekayasa: adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    Tugas 2:
    1.bahan kimia komoditas misalnya aseton, etilen oksida dan fenol.
    2. Industri Kimia Adi (Fine Chemicals) Bahan kimia adi bercirikan. kuantitas sedikit dengan nilai. ekonomi tinggi; semula. dikembangkan dari ekstrak.
    3.Bahan kimia khusus adalah bahan yang digunakan berdasarkan kinerja atau fungsinya.

    BalasHapus
  13. Sabrina Kyvia 10 KA-325 Juli 2023 pukul 19.38

    Tugas 1
    1. Farmasi Industri adalah teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri, jadi simpelnya adalah obat-obatan dalam industri. Mulai dari ilmu membuat obat dalam skala besar, regulasi mengenai obat (CPOB) dan flow process bisnis obat.
    2.Industri bioteknologi adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri , termasuk manufaktur , bioenergi , dan biomaterial . Juga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk. Bioteknologi mampu mempengaruhi berbagai bahan kimia industri karena banyak produknya yang mampu dihasilkan secara efisien dengan bioteknologi.
    3.Industri Komoditas adalah industri yang memproduksi bahan kimia umum dalam jumlah besar dan memenuhi pasar global.
    4.Industri kimia khusus yaitu Industri yang memproduksi bahan-bahan kimia khusus yang umumnya penggunaan nya dibatasi.
    5. Rekayasa Sistem dan Industri adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.
    Tugas 2
    1. Bahan kimia komoditas, seperti namanya, adalah bahan kimia umum yang dapat diproduksi dalam jumlah massal oleh sejumlah besar produsen bahan kimia. Contohnya Fenol, aseton, gliserol, nilon.
    2. Bahan kimia adi bercirikan kuantitas sedikit dengan nilai ekonomi tinggi, semula di kembangkan dari ekstrak bahan alam, dilakukan sintesis kimia.
    3. Bahan kimia khusus, di sisi lain, lebih eksklusif dalam hal produsen yang mampu memproduksinya. Bahan kimia ini diarahkan untuk layanan khusus dan kebutuhan pelanggan, daripada penggunaan umum. Bahan kimia khusus sering dibatasi untuk produsen tertentu karena paten, tetapi karena paten tersebut kedaluwarsa dan permintaan pasar meningkat, bahan kimia khusus dapat menjadi bahan kimia komoditas dari waktu ke waktu. Contohnya cat, coatings, tinta, polimer, engineering plastics, adhesives, karet, agrokimia, petrokimia.

    BalasHapus
  14. RISKA SHALIZA DEVI X-KA 325 Juli 2023 pukul 19.46

    TUGAS 1
    1. Industri Farmasi adalah perusahaan berbentuk badan hukum yang memiliki izin untuk melakukan kegiatan produksi serta penyaluran obat dan bahan obat, termasuk Narkotika.
    - Industri Farmasi mempunyai fungsi: 
    a. pembuatan obat dan/atau bahan obat
    b. pendidikan dan pelatihan
    c. penelitian dan pengembangan. 

    2. Industri Bioteknologi dan Genomik
    - Bioteknologi industri merupakan sebuah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, seperti manufaktur, bioenergi, dan biomaterial.
    - Industri Genomik mencakup pada upaya intensif, untuk menentukan urutan DNA, serta upaya penangkapan genetik skala halus

    3. Industri Bahan Kimia Komoditas
    Bahan kimia komoditas merupakan suatu golongan bahan kimia yang di buat dalam skala yang sangat besar untuk memenuhi suatu pasar global.

    4. Industri Bahan Kimia Spesialis
    Industri bahan kimia khusus adalah sektor dalam industri kimia yang dapat menghasilkan lebih luas ragam bahan kimia dan bahan bernilai tinggi yang dapat digunakan dalam berbagai bidang. Bahan kimia ini, juga dikenal sebagai bahan kimia kinerja atau efek, diformulasikan untuk menyediakan fungsi khusus, meningkatkan kinerja produk, atau memenuhi persyaratan khusus pelanggan.
    -Bahan kimia khusus digunakan dalam beragam industri seperti
    a. otomotif
    b. kedirgantaraan
    c. pertanian
    d. konstruksi
    e. elektronik
    dll

    5. Industri Rekayasa
    Industri rekayasa merupakan suatu kelompok yang menerapkan teknik industri yang berfungsi untuk mengevaluasi, meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi, serta merancang.

    TUGAS 2
    1. Bahan Kimia Komoditas
    bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen.
    Contoh bahan kimia komoditi misalnya aseton, etilen oksida dan fenol.

    2. Bahan Kimia Adi (Fine Chemical)
    bahan ini merupakan zat kimia, tunggal, kompleks dan murni yang di produksi dalam skala yang terbatas. Melalui proses kimia atau bioteknologi multistep bacth.

    3. Bahan Kimia Khusus
    Bahan kimia khusus merupakan bahan kimia yang disebar luaskan berdasarkan kinerja fungsionalnya. Produk kimia khusus juga diproduksi secara khusus dengan skala yang kecil. Namun, bahan kimia khusus memiliki pengaruh pada hasil akhir suatu produk.

    BalasHapus
  15. NASYITH RESHA SAPUTRA X KA-325 Juli 2023 pukul 19.49

    TUGAS 1
    1) INDUSTRI FARMASI
    -Farmasi Industri adalah teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri.apoteker umumnya bekerja dalam pengendalian mutu, pemastian mutu, dan produksi obat

    2) INDUSTRI BIOTEKNOLOGI DAN GENOMIK
    -Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Contoh dari bioteknologi : ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup, seperti bakteri, virus, dan fungi untuk menghasilkan barang atau jasa yang bisa digunakan oleh manusia. Genomik merupakan studi tentang seluruh genome dari suatu organisme

    3) INDUSTRI BAHAN KIMIA KOMODITA
    -Bahan kimia komoditas (atau komoditas curah atau bahan kimia curah ) adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global dan bahan kimia jumlah yang besar,Bahan kimia komoditas diproduksi untuk memasok kebutuhan industri yang beragam tetapi biasanya terdefinisi dengan baik.

    4) INDUSTRI BAHAN KIMIA SPESIAL
    industri yang bahan-bahannya spesial dan spesialisasinya juga kimian. Tugas dari kimia spesialis:
    -Memelihara, membersihkan, dan mensterilkan instrumen atau peralatan laboratorium
    -Mengatur dan melakukan eksperimen, pengujian, dan analisa kimia dengan menggunakan beberapa teknik, seperti kromatografi, spektroskopi, teknik pemisahan fisika atau kimia, atau mikroskopi
    -Memantau kualitas produk untuk memastikan kesesuaiannya dengan standar dan spesifikasi
    -Menyiapkan solusi secara kimia untuk menghasilkan produk atau menjalankan suatu proses Dengan mengikuti formula standar atau bereksperimen dengan formula baru

    5) INDUSTRI REKAYASA
    -Industri rekayasa adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, informasi. penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan contohnya : produk – produk yang dibuat denan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat


    TUGAS 2

    1) BAHAN KIMIA KOMODITAS
    -Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik , petrokimia , farmasi
    Bahan kimia komoditas yaitu bahan dasar untuk bidang kimia. Mereka dibuat secara massal di pabrik kimia yang terus beroperasi untuk memenuhi permintaan internasional.
    -Bahan kimia komoditas organik didasarkan pada minyak bumi (juga dikenal sebagai petrokimia) dan sebagian besar merupakan turunan dari benzena. Beberapa contoh bahan kimia komoditas adalah fenol, klorobenzena, anilin, sikloheksana, kumena, xilena, dan etilbenzena.
    -Bahan kimia komoditas anorganik dibuat dari logam dan mineral lainnya. Unsur-unsur ini digunakan untuk membuat basa, asam, garam, oksida, dan bahan kimia anorganik lainnya. Contoh bahan kimia komoditas anorganik adalah kalium dan soda kaustik, asam sulfat, asam klorida, tembaga oksida dan besi klorida.
    -Contoh bahan kimia murni adalah bahan farmasi aktif (API), protein dan peptida, biosida, steroid, dan alkaloid.

    2) BAHAN KIMIA ADI
    -kimia adi (fine chemicals) dan kimia khusus (specialty chemicals). Sebagai contoh, suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi, pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi. komoditi adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen. Contoh bahan kimia komoditi misalnya aseton, etilen oksida dan fenol

    3) BAHAN KIMIA KHUSUS
    -bahan kimia khusus adalah bahan kimia yang dibuat secara khusus dan juga berbagai macam" efek kimia

    BalasHapus
  16. nama: maulidanisa'nuraini
    kelas : X-KA3
    tugas 1
    1.Industri farmasi merupakan industri penghasil obat, dituntut untuk dapat menghasilkan obat yang harus memenuhi persyaratan khasiat (efficacy), keamanan (safety) dan mutu (quality) dalam dosis yang digunakan untuk tujuan kesehatan.

    2. Bioteknologi atau dikenal juga dengan rekayasa genetika (genetic engineering) memungkinkan modifikasi sifat organisme sesuai dengan kebutuhan dengan memanfaatkan gen dari spesies lain.

    3.Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik , petrokimia , farmasi , energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer )) Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    4.Melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.

    5.Mempelajari operasi proses industri kimia, pengawasan, keterampilan manajerial, berwawasan lingkungan, dan berwawasan technopreneur. Petrokimia, minyak dan gas, semen, makanan dan minuman, kertas, karet dan plastik, farmasi.

    tugas 2
    1. bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen.

    2. Sampai saat ini belum ada kesepakatan definisi umum tentang kimia komoditi (bulk chemicals), kimia adi (fine chemicals) dan kimia khusus (specialty chemicals). Sebagai contoh, suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi, pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi.

    3.Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik , petrokimia , farmasi , energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer )) Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.


    BalasHapus
  17. Nama: Siti Aisyatuzzuhroh
    Kelas: X KA-3

    Tugas 1
    1. Industri farmasi adalah industri obat-obatan yang bertujuan untuk memproduksi dan memasarkan obat-obatan farmasi untuk digunakan sebagai obat kepada pasien/dikelola sendiri.

    2. Industri bioteknologi dan genomik adalah industri yang mempelajari tentang penggunaan agen biologis untuk kemajuan teknologi, dan mempelajari tentang keanekaragaman gen dari suatu populasi tanaman, perkembangan dan pertumbuhan organisme.

    3. Industri bahan kimia komoditas adalah industri yang memproduksi bahan kimia dengan skala besar untuk memenuhi pasar global.

    4. Industri bahan kimia spesialis adalah industri yang membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas.

    5. Industri rekayasa adalah industri yang menerapkan perancangan dalam sistem yg ekonomis juga efisien antara manusia, material, teknologi dan informasi.

    Tugas 2
    1. Bahan kimia komoditas adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah yang besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri.

    2. Bahan kimia adi (fine chemical) adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah tidak besar dan dijual mengikuti standar tertentu.

    3. Bahan kimia khusus adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah kecil dan bernilai ekonomi tinggi.

    BalasHapus
  18. Safira Nuraini X KA-3


    Tugas 1

    1. Industri Farmasi
    Farmasi Industri adalah teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri, jadi simpelnya adalah obat-obatan dalam industri. Mulai dari ilmu membuat obat dalam skala besar, regulasi mengenai obat (CPOB) dan flow process bisnis obat. teknologi obat-obatan dalam bidang industri.
    Di industri farmasi, apoteker umumnya bekerja dalam pengendalian mutu, pemastian mutu, dan produksi obat. Peran apoteker juga sangat dibutuhkan dalam penelitian dan pengembangan (R&D), seiring dengan ditemukannya obat-obatan baru bagi berbagai penyakit.

    2. Industri bioteknologi dan genomik
    Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Juga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk.
    Genomik merupakan studi tentang seluruh genome dari suatu organisme. ilmu genomik memiliki fokus terhadap gen-gen yang dimiliki oleh makhluk hidup, baik itu tumbuhan, hewan ataupun manusia dan juga epic genetic.

    3. Industri bahan kimia komoditas
    Bahan kimia komoditas adalah subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni, bahan kimia khusus, bahan kimia anorganik, petrokimia, farmasi, energi terbarukan (salah satunya biofuel) dan bahan (biopolimer) Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    4. Industri bahan kimia spesialis
    Industri bahan kimia spesialis ini prosesnya menggunakan bahan bahan yang khusus.

    5. Industri rekayasa
    Rekayasa Sistem dan Industri adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.


    Tugas 2

    1. Bahan Kimia Komoditas
    Bahan kimia komoditas (atau komoditas curah hujan atau bahan kimia curah ) adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global. Harga rata-rata bahan kimia komoditas secara teratur dipublikasikan di majalah perdagangan kimia dan situs web.

    2. Bahan kimia Adi (fine chemical)
    Sampai saat ini belum ada kesepakatan definisi umum tentang kimia komoditi (bulk chemicals), kimia adi (fine chemicals) dan kimia khusus (specialty chemicals). Sebagai contoh, suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi, pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi.

    3. Bahan kimia khusus
    Bahan kimia khusus (disebut juga bahan kimia khusus atau bahan kimia efek) adalah produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang dapat diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya. Beberapa kategori bahan kimia khusus adalah perekat, bahan kimia pertanian, bahan pembersih, pewarna, aditif kosmetik, bahan kimia konstruksi, elastomer, rasa, bahan tambahan makanan, wewangian, industri gas, pelumas, cat, polimer, surfaktan, dan pembantu tekstil. Sektor industri lainnya seperti otomotif, dirgantara, makanan, kosmetik, pertanian, manufaktur, dan tekstil sangat bergantung pada produk tersebut

    BalasHapus
  19. >> Tugas 1 :

    - Industri Farmasi
    Industri farmasi ialah sebuah bidang industri yang fokus pada jenis obat-obatan.
    - Industri bioteknologi dan genomik
    Industri ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kerja industri
    - Industri bahan kimia komoditas
    Industri ini menggunakan jumlah kimia terbanyak dan modal untuk dasar pengembangan industri
    - Industri bahan kimia spesialis
    Industri ini adalah mengacu menggunakan bahan kimia yang spesial
    - Industri rekayasa
    Industri rekayasa ialah sebuah industri yang berkelompok dengan keahlian yang digunakan untuk merancang,mengevaluasi dan meningkatkan nilai produktivitas.

    >>Tugas 2 :
    - Bahan kimia komoditas
    Bahan kimia tersebut di produksi dalam jumlah besar dan dijual dengan spesifikasi industri.
    - Bahan kimia adi ( fine chemical )
    Bahan kimia ini tidak di produksi cukup besar dan juga di jual mengikuti spesifikasi standar industri
    - Bahan Kimia Khusus
    Bahan kimia khusus ini produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai efek yang didapat kan oleh sektor industri lain.

    BalasHapus
  20. TUGAS 1
    1. Industri farmasi

    - perusahaan bisnis yg fokus
    meneliti,menggembangkan,dan
    mendistribusikan obat. terutama dalam hal
    kesehatan.

    2. Industri bioteknologi
    - mempelajari terkait makhluk hidup untuk
    memproduksi barang atau jasa yg dapat di
    manfaatkan oleh manusia.
    industri genomik.
    - merupakan studi tentang seluruh genomik
    dari suatu organisme, tetapi di fokuskan ke
    dalam bidang intensif untuk menentukan
    seluruh DNA organisme dan upaya pemetaan
    genetik skala halus untuk menentukan
    aktivitas.

    3. Industri bahan kimia komoditas
    - bahan kimia komoditas di fokuskan pada
    bahan-bahan kimia yang di kategorikan
    berdasarkan komposisi kimianya.

    4. Industri bahan kimia spesialis.
    - bahan kimia spesialis memproduksi bahan
    kimia yang berkarakteristik dan
    menggunakan bahan-bahan kimia yg khusus.

    5. Industri rekayasa
    -suatu kegiatan yg berhubungan dengan
    perancangan, mengevaluasi dan pembuatan
    mesin-mesin.

    TUGAS 2

    1.Bahan kimia komoditas
    -bahan kimia yg di produksi atau di jual dalam
    jumlah besar dan dalam spesifikasi industri
    tidak ada perbedaan dengan spesifikasi
    signifikan

    2. Bahan Kimia Adi (fine chemicals)
    -bahan kimia perantara khusus digunakan
    terutama untuk membuat produk poliuretan
    (PU)
    >> pelapis, perekat, sealant, dan elastomer yang biasanya mereka menjual ke pelanggan industri untuk membuat resin yg di gunakan dalam bentuk tekstil, cat, pengikat atau pengeras selama proses pembuatan dan ADI tidak menjual langsung untuk di gunakan konsumen.

    3.Bahan kimia khusus
    -di gunakan secara khusus dan jumlah
    produksi sangat kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAYSILLA ATIKAH FITRIANI25 Juli 2023 pukul 21.12

      NAYSILLA ATIKAH FITRIANI

      Hapus
  21. shafitri nurul izza25 Juli 2023 pukul 21.11

    Tugas 1
    1.Industri farmasi
    - badan hukum yang memiliki izin untuk melakukan kegiatan produksi serta penyaluran obat dan bahan obat, termasuk Narkotika

    2.Industri bioteknologi dan genomik
    - bioteknologi atau dikenal juga dengan rekayasa genetika (genetic engineering) memungkinkan modifikasi sifat organisme sesuai dengan kebutuhan dengan memanfaatkan gen dari spesies lain.

    3.Industri bahan kimia komoditas
    - subsektor industri kimia (subsektor lain adalah bahan kimia murni , bahan kimia khusus , bahan kimia anorganik,petrokimia,farmasi,energi terbarukan (mis. biofuel ) dan material (mis. biopolimer )) Bahan kimia komoditas dibedakan terutama oleh sebagian besar pembuatannya.

    4.Industri bahan kimia spesial
    - melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas.Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru,kontrol kualitas,pemeliharaan standar lingkungan dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen,teori atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.

    5.Industri rekayasa
    - kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang,mengevaluasi dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia,material,peralatan,energi, teknologi,informasi.

    Tugas 2
    1.Bahan kimia komoditas
    - adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan dari beberapa produsen

    2.Bahan kimia adi ( fine chemical )
    - sampai saat ini belum ada kesepakatan definisi umum tentang kimia komoditi (bulk chemicals), kimia adi (fine chemicals) dan kimia khusus (specialty chemicals).Sebagai contoh,suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi,pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi.

    3.Bahan kimia khusus
    - bahan kimia yang juga dikenal sebagai zat murni adalah suatu bentuk materi yang memiliki komposisi kimia dan sifat karakteristik konstan.tidak dapat dipisahkan menjadi komponen dengan metode pemisahan fisika,yaitu tanpa memutuskan ikatan.Zat kimia bisa berupa unsur kimia,senyawa kimia,ion atau paduan

    BalasHapus
  22. ZUKHRUFI ZAHIYYAH X KA-3/3425 Juli 2023 pukul 21.34

    TUGAS 1
    1.) Industri Farmasi
    - Industri Farmasi adalah perusahaan berbentuk badan hukum yang memiliki izin untuk melakukan kegiatan produksi serta penyaluran obat dan bahan obat, termasuk Narkotika.

    2.) Industri Bioteknologi dan Genomik.
    -Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial.
    - Industri genomik adalah industri mendasari segudang upaya penelitian genom yang beroperasi di seluruh dunia adalah pemetaan dan pengurutan seluruh genom.

    3.) Industri Bahan Kimia Komoditas.
    - Industri bahan kimia komoditas adalah industri yang menghasilkan sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global.

    4.) Industri Bahan Kimia Spesialis.
    - Adalah industri yang melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas.

    5.) Industri Rekayasa.
    - Merupakan upaya agar setiap pelaksanaan pekerjaan itu menyenangkan karyawan dan tentunya efektif dan efisien. Bentuknya bisa berupa rekayasa di bidang manajemen produksi, manajemen teknologi, manajemen distribusi, manajemen informasi, dan manajemen sumberdaya manusia.


    TUGAS 2
    1.) Bahan Kimia Komoditas.
    - Bahan kimia komoditas merupakan bahan-bahan kimia yang hanya dikategorikan berdasarkan komposisi kimianya. Meskipun demikian, komposisi bahan kimia tersebut faktanya bersifat universal dimana produk kimia komoditas satu pemasok dapat dengan mudah dipertukarkan dengan produk lainnya.
    - Beberapa contoh penggunaan kimia komoditas yaitu untuk membuat produk seperti furniture, dekorasi rumah, prostesis, tangki air, dan elektronik.

    2.) Bahan Kimia Adi (Fine Chemical)
    - Sampai saat ini belum ada kesepakatan definisi umum tentang kimia komoditi (bulk chemicals), kimia adi (fine chemicals) dan kimia khusus (specialty chemicals). Sebagai contoh,suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi,pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi.

    3.) Bahan Kimia Khusus.
    - Bahan kimia khusus merupakan bahan kimia yang dipasarkan berdasarkan kinerja fungsionalnya. Produk kimia khusus juga diproduksi secara khusus dengan jumlah yang kecil. Namun, bahan kimia khusus memiliki pengaruh pada hasil akhir suatu produk. Oleh karena itu, peranannya cukup penting bagi industri produk berbahan dasar kimia khusus.

    BalasHapus
  23. Ravinza Putri Helmina X KA-325 Juli 2023 pukul 21.52

    tugas 1

    1.Industri Farmasi:Industri Farmasi adalah badan usaha memiliki materi kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat
    2.Industri bioteknologi dan genomik:Bioteknologi adalah segala teknologi yang bergantung pada organisme hidup atau sistem biologis.
    Ilmu genomik difokuskan pada studi tentang genom organisme
    3.Industri bahan kimia komoditas:Kimia komoditas ini merupakan modal dasar bagi pengembangan industri di hilirnya, seperti industri makanan dan minuman, serat kain
    4.Industri bahan kimia spesialis:Spesialis Kimia membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas
    5.Industri rekayasa:industri rekayasa adalah kegiatan yang berhubungan dengan peracangan dan pembuatan mesin-mesin

    tugas 2

    1.Bahan kimia komoditas:Bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi
    2.Bahan kimia Adi (fine chemical):Kimia adi (fine chemicals) adalah bahan kimia sebagai bahan kimia fotografi, parfum, atau obat-obatan
    3.Bahan kimia khusus:Bahan kimia khusus atau bahan kimia efek adalah produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya


    BalasHapus
  24. SYAFA ISNANIYAH HAMAMI25 Juli 2023 pukul 21.58

    TUGAS 1
    1. industri farmasi adalah suatu bidang kesehatan yang bertujuan untuk membuat bahan obat atau obat obatan
    2. Industri bioteknologi adalah suatu bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial.Genomik adalah studi tentang genom organisme. 
    3. industri kimia komoditas adalah ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.
    4. industri bahan kimia spesial adalah bahan yang digunakan berdasarkan kinerja atau fungsinya. Akibatnya, selain bahan kimia "efek", mereka kadang-kadang disebut sebagai bahan kimia "kinerja" atau bahan kimia "formulasi".
    5. industri rekayasa adalah suattu bidang industri yang merancang, mengevaluasi, meningkatkan produktifitas atau bisa juga untuk menyelesaikan sebuah masalah
    TUGAS 2
    1. bahan kimia komoditas adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen. Contoh bahan kimia komoditi misalnya aseton, etilen oksida dan fenol.
    2. bahan kimia adi (fine chemical) suatu produk kimia yang di produksi secara besar besaran dan di jual dengan standar tertentu
    3. bahan kimia khusus(speciality chemicals) adalah produk kimia yang volume produksinya kecil dengan tolak ukur kualitas komposisi kimia

    BalasHapus
  25. Rayhan Adrielsema X KA-325 Juli 2023 pukul 22.22

    Tugas 1

    1. Industri Farmasi = Badan usaha yang menangani pembuatan, pengembangan dan memasarkan obat-obatan.
    2. Industri Bioteknologi & geonomik = industri yang mengupayakan penelitian geonom dan bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri.
    3. Industri Bahan Kimia Komoditas = modal dasar untuk pengembangan suatu industri.
    4. Industri Kimia Spesialis = berfokus pada produksi bahan kimia dengan karakteristik khusus.
    5. Industri Rekayasa = berfokus pada bidang rancang, bangun, dan evaluasi untuk menyelesaikan berbagai proyek industri.

    Tugas 2
    1. Bahan Kimia Komoditas = bahan kimia yang dilakukan dalam jumlah yang besar, dalam subsektor industri kimia.
    2. Bahan Kimia Adi = bahan kimia yang diproduksi dan dijual mengikuti spesifikasi standar tertentu.
    3. Bahan Kimia Khusus = produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek kategori dalam industri kimia.

    BalasHapus
  26. Tugas 1
    1.teknologi obat-obatan dalam bidang industri. Ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan obat-obatan atau obat-obatan farmasi untuk digunakan sebagai obat yang akan diberikan (atau dikelola sendiri) kepada pasien dari dokter, dengan tujuan untuk menyembuhkan mereka, memvaksinasi mereka, atau mengurangi gejala. Perusahaan farmasi dapat menangani obat generik atau merek dan alat kesehatan. Mereka tunduk pada berbagai hukum dan peraturan yang mengatur paten, pengujian, keamanan, kemanjuran dan pemasaran obat-obatan

    2.Bioteknologi industri adalah aplikasi bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri, termasuk manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Juga mencakup penggunaan sel dan komponen sel seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk.

    Industri Genomik
    Hal mendasar dari segudang upaya penelitian genom yang beroperasi di seluruh dunia adalah pemetaan dan pengurutan seluruh genom . Seluruh genom lebih dari tujuh puluh organisme telah diselesaikan pada awal tahun 2002, termasuk draf kerja genom manusia, pertama kali diterbitkan pada tahun 2001. Keberhasilan penyelesaian pengurutan genom ini sebagian dimungkinkan oleh perusahaan yang mengembangkan dan memanfaatkan teknologi dan proses baru untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi pemetaan dan pengurutan. Upaya ini juga telah melahirkan seluruh bidang baru yang bertujuan, dengan berbagai cara, memanfaatkan genomik dan mengidentifikasi gen penyebab penyakit serta strategi terapi baru.

    3.Bahan kimia komoditas (atau komoditas curah atau bahan kimia curah ) adalah sekelompok bahan kimia yang dibuat dalam skala sangat besar untuk memenuhi pasar global.

    4.Melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas. Hasilnya bermanfaat untuk penelitian atau pengembangan produk/proses yang baru, kontrol kualitas, pemeliharaan standar lingkungan, dan pekerjaan lainnya yang melibatkan eksperimen, teori, atau aplikasi praktis kimia maupun ilmu terkait.

    5.Rekayasa Sistem dan Industri adalah Kelompok Keahlian yang menerapkan pendekatan Teknik Industri untuk merancang, mengevaluasi, dan meningkatkan produktivitas dalam sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia, material, peralatan, energi, teknologi, informasi.

    Tugas 2
    1.bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen.

    2.suatu bahan yang saat ini dianggap sebagai kimia komoditi, pada tahap awal pengembangannya diklasifikasikan sebagai kimia adi.

    3.produk kimia tertentu yang menyediakan berbagai macam efek yang diandalkan oleh banyak sektor industri lainnya. Beberapa kategori bahan kimia khusus adalah perekat , bahan kimia pertanian , bahan pembersih , warna, aditif kosmetik , bahan kimia konstruksi, elastomer , rasa , bahan tambahan makanan , wewangian , gas industri , pelumas , cat, polimer , surfaktan, dan pembantu tekstil. Sektor industri lainnya seperti otomotif , dirgantara , makanan , kosmetik, pertanian, manufaktur , dan tekstil sangat bergantung pada produk tersebut.

    BalasHapus
  27. TUGAS 2.

    1. bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen
    2. komoditi adalah bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dalam basis spesifikasi industri dan tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan antar beberapa produsen. Contoh bahan kimia komoditi misalnya aseton, etilen oksida dan fenol. Dalam pengklasifikasian Cybulski tersebut, ada kelompok komoditi "semu" (pseudo-komoditi) yang mana juga dibuat dalam kuantitas besar namun dijual dalam basis kinerjanya. Formulasi dan sifat-sifat kimia pada pseudo-komoditi dapat berbeda antar satu supplier dengan yang lain, contoh pseudo-komoditi antara lain bahan kimia polimer, surfaktan dan cat.
    3. produk kimia khusus yang menyediakan berbagai efek kategori

    BalasHapus
  28. Revanditya Surya Putra,KA-326 Juli 2023 pukul 08.52

    Tugas 1
    1. Industri Farmasi = perusahaan yang pembuatan,memasarkan atau mendustrikan obat-obat .
    2. Industri Bioteknologi & geonomik = penelitian geonom dan bioteknologi untuk memenuhi tujuan aktivitas industri.
    3. Industri Bahan Kimia Komoditas = modal dasar untuk pengembangan suatu industri.
    4. Industri Kimia Spesialis = berfokus pada produksi bahan kimia dengan karakteristik khusus.
    5. Industri Rekayasa = berfokus pada bidang rancang, bangun, dan evaluasi untuk menyelesaikan berbagai proyek industri.

    Tugas 2
    1. Bahan Kimia Komoditas = bahan kimia yang dilakukan dalam jumlah yang besar, dalam subsektor industri kimia.
    2. Bahan Kimia Adi = bahan kimia yang diproduksi dan dijual mengikuti spesifikasi standar tertentu.
    3. Bahan Kimia Khusus = produk kimia tertentu yang bervolume kecil dan menyediakan berbagai macam efek kategori dalam industri kimia.

    BalasHapus
  29. Tugas 1


    1.industri farmasi
    Industri farmasi adalah membuat obat obatan
    2.industri bioteknologi dan gemonik
    adalah merupakan studi tentang seluruh genome dari suatu oraganisme
    3.industru kimia
    adalah bahan bahan kimia murni, bahan kimia khusus,fan bahan kimia anorganik
    4.industri bahan kimia spesialis
    adalah menggunakan bahan bahan khusus
    5.industri
    teknik industri untuk merancang, mengevaluasi



    tugas 2


    1.bahan kimia komoditas
    bahan komoditas adalah secara teratur dipublikasikan di majalah perdagangan kimia dan situs web
    2. Bahan kimia
    Sebagai contoh suatu bahan yang saat ini di anggap sebagai kimia komoditas
    3. Bahan kimia khusus
    Bahan kimia khusus adalah perekat, bahan kimia pertanian, bahan kimia konstruksi

    BalasHapus