Sabtu, 10 Februari 2024

PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEMESTER GENAP

PETUNJUK UMUM

SMKN 1 MOJOANYAR  

2024

Tema

KEBEKERJAAN

Sub Tema

Kenali Diri/ Impian


Tujuan

Peserta didik mampu membangun impianya tentang masa depan kebekerjaan melalui gambar sungai kehidupan / River of Life


Deskripsi singkat projek

Projek pada tema kebekerjaan dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai dengan program keahliannya.

Ruang Lingkup tema: 

Projek pada tema kebekerjaan ini meliputi: 

  1. Kenali Diri/ Impian;
  2. Bekali Diri / Penguatan Kompetensi;
  3. Eksplorasi kompetensi local; 
  4. Kemampuan Komunikasi Efektif;
  5. Kolaborasi dalam dunia kerja; 
  6. Kreativitas dan Proaktif;
  7. Kolaborasi dalam dunia kerja ;
  8. Penerapan Komunikasi dalam Wawancara; 
  9. Personal Branding (menuju dunia kerja); 
  10. Rencana Tindak Lanjut (RTL).


Tujuan:

  1. Tujuan umum pada projek tema kebekerjaan adalah agar peserta didik memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahliannya
  2. Tujuan khusus tiap projek dapat dilhat pada setiap subtema.


Pelaksanaan:
HARI KE : 1
TANGGAL : 12 Februari 2024
KEGIATAN :
  1. Peserta didik memetakan proses yang sudah dilalui dalam hidupnya melalui gambar sungai kehidupan
  2. Peserta didik di ajak mengenali diri dan potensi yang dimiliki seutuhnya melalui gambar river of life
MATERI BK :
  • Mengenali diri 
  • Potensi diri
BENTUK TUGAS
Gambar river of live
River of life merupakan sebuah metode visual yang digunakan untuk membantu kita menceritakan kondisi masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. 

Gambar ini sebagai dasar untuk memetakan secara singkat kehidupan kita, sehingga kita mengetahui dimana posisi kita saat ini, pencapaian apa yang pernah didapat, apa yang menjadi permasalahan hidup kita, dan bagaimana Solusi dari masalah tersebut. 

River of life berguna untuk :
  1. Perkenalan diri secara personal (Mulai dari lahir, Playgrup, TK, SD, SMP, SMA/SMK)
  2. Untuk merefleksikan diri
  3. Mengetahui kekuatan diri
  4. Menggambarkan masalah dan mencari solusinya
  5. Merencanakan masa depan 


Alat dan bahan:
  • Kertas gambar A3
  • Alat tulis, pensil, bolpoint, penggaris
  • Pensil warna / crayon / spidol




HARI KE : 2
TANGGAL : 13 Februari 2024
KEGIATAN :
  1. Peserta didik mendeksripsikan impian kesuksesan yang diharapkan
  2. Peserta didik membuat langkah-langkah untuk mewujudkan impian kesuksesan
  3. Peserta didik mengidentifikasi profesi dunia kerja yang bisa menjadi pekerjaan setelah lulus SMK sesuai bidang keahlian
  4. Peserta didik dapat merencanakan karir setelah lulus
MATERI BK :
  • Impian dan kesuksesan
  • Jurusan
  • Profesi dunia kerja sesuai jurusan
  • Peluang dunia kerja
Tambahan referensi Jurusan TKI :


BENTUK TUGAS
Diary Scrapbook (ukuran A5)
Seni menempel dan Menyusun foto, tulisan, cerita, jurnal di media kertas, dan menghiasnya menjadi karya kreatif.


Isi scrapbook minimal memuat konten berikut :
  1. Identitas
  2. Foto Diri dan Foto Tokoh Idola
  3. Deskripsi Impian kesuksesan
  4. Langkah-langkah untuk mewujudkan Impian kesuksesan
  5. Identifikasi profesi dunia kerja sesuai bidang keahlian
  6. Rencana karir setelah lulus
  7. Afirmasi Diri (Motivasi Diri/Janji Diri)
  8. Form umpan balik
Alat dan bahan:
  • Kardus (untuk halaman cover)
  • Alat tulis, pensil, bolpoint, penggaris
  • Pensil warna / crayon / spidol
  • Silet, gunting
  • Kertas halaman dalam (contoh: kertas linen, kertas minyak, kertas bufalo dll )
  • Daun kering
  • Kertas warna
  • Barang-barang lain nya untuk menghias scrap book

HARI KE : 3
TANGGAL : 15 Februari 2024
KEGIATAN :
  1. Peserta didik memberikan umpan balik pada scrapbook
  2. Peserta didik menempelkan Impian pada papan
Alat dan bahan :
  • Triplek ukuran 120x 80cm ( perkelas)
  • Sticky note
  • Alat tulis


Proses pengerjaan hari pertama :

Kelas XKI1






Kelas XKI2






Kelas XKI3





Link pengumpulan tugas :

Kelas X TKI 1

Kelas X TKI 2

Kelas X TKI 3

Pelaksanaan hari ke-3














Tidak ada komentar:

Posting Komentar