TUJUAN PEMBELAJARAN 
Dengan kegiatan diskusi dalam materi ekstraksi padat-cair sokletasi ini diharapkan
peserta didik terlibat aktif, disiplin dan tanggung jawab melalui : 
- Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja ekstraksi padat cair dengan benar
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menjelaskan desain peralatan ektraksi padat cair dengan benar
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menganalisis fungsi dan jenis peralatan ekstraksi padat – cair dengan teliti
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu memutuskan langkah-langkah pengoperasian ekstraksi soklet melalui SOP dengan benar
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet mampu membandingkan hasil produk ektraksi dengan standar SNI dengan benar
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menemukan desain mandiri rangkaian peralatan ektraksi padat – cair dari bahan yang ada dengan benar
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu menggabungkan bagian desain rangkaian peralatan ektraksi padat – cair dengan benar
 - Setelah berdiskusi dan mencari informasi dari buku ajar dan internet, peserta didik mampu merangkai peralatan ektraksi padat – cair berdasarkan desain yang telah ditemukan dengan benar
 
Pretes
Instrumen Penilaian
Video menstimulasi pertanyaan mendasar
Modul Ajar
LKPD
Langkah-langkah kegiatan 
Part 1 :
- Lihat dan amati video tentang pengoperasian peralatan ekstraksi soxhlet di youtube dengan link https://youtu.be/NzLwCWk9Qt0
 - Berdasarkan video pembelajaran, lihat, amati dan diskusikan dengan kelompokmu. Tentukan alat dan bahan apa saja yang digunakan dalam ekstraksi soxhlet pada video tersebut !
 - Analisisislah jenis dan fungsi peralatan ekstraksi padat-cair pada video pembelajaran yang telah kalian lihat ! Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab soal ini !
 - Setelah melihat & mengamati video tentang pengoperasian peralatan ekstraksi soxhlet, Urutkan & uraikan langkah-langkah pengoperasian peralatan ekstraksi soxhlet pada video tersebut mulai dari preparasi alat dan bahan sampai ekstraksi selesai sesuai siklus yang diminta dengan benar !
 - Rancanglah peralatan ekstraksi dari bahan di sekitar kalian, lalu laksanakan proses pengoperasianya dari bahan alam yang mudah didapatkan, dengan terlebih dahulu guru membagi kelompok peserta didik
 
Part 2 :
- Buatlah prosedur pembuatan alat ekstraksi sesuai keputusan kelompok kalian
 - Buatlah jadwal pembuatan alat ekstraksi dari penyiapan bahan baku, proses pembuatan, hingga finishing
 - Apa langkah alternatif kalian bila rencana tidak sesuai dengan keputusan kelompok
 - Dari desain yang kalian buat, jelaskan alasan kalian memilih desain tersebut
 
Kemajuan Pelaksanaan Proyek : 
- Apa kesulitan yang kalian temui dalam melaksanakan proyek ?
 - Berapa luas wadah pelarut yang digunakan
 - Berapa luas bidang kontak antara sumber pemanas dengan wadah pelarut ekstraksi
 - Berapa tinggi permukaan pelarut dengan bahan ektraksi
 - Bagaimana desain pendingin agar uap terkondensasi menjadi cairan kembali
 - Apakah desain kalian sudah sesuai dengan prinsip ekstraksi ?
 - Menurut kalian, apakah “Jika desain proyek peralatan ekstraksi dapat dibuat dengan baik, maka proses ektraksi dapat berhasil dengan baik pula ?”
 - Jelaskan kesimpulan kelompok kalian
 
Part 3 :
- Kumpulkan hasil proyek pembuatan alat ekstraksi sederhana kepada gurumu !
 - Jalankan alat ekstraksi yang telah kamu buat sesuai dengan prosedurnya !
 - Lakukan reviw dari alat yang telah kalian buat !
 - Jelaskan pengalaman kalian selama membuat proyek pembuatan alat ekstraksi sederhana tersebut !
 
Evaluasi Produk :
- Apakah peralatan yang dihasilkan sesuai dengan tujuan pembelajaran
 - Apakah peralatan tersebut memungkinkan untuk diaplikasikan ?
 - Apa kelebihan produk peralatan yang telah dibuat
 - Apa produk peralatan yang telah dibuat dapat menggantikan alat sebenarnya yang sudah ada ?
 
Post Tes :
link youtube part 1 
sambungan full part 2
video full pertemuan kedua
Edit Vidio pertemuan ke-1 :
Edit Vidio pertemuan ke-2
Hasil tugas kelompok 3, 12 KI 2:
BalasHapusAditya Dewa L.H /04
Aisyah Dwi Rahma Wati/05
An Amulloh /09
Dhoriatus siti aisyah/14
Luluk chusnul/19
M.Raul H /21
Niradiani f. /24
revanda Aurellia/29
Tharisha Dhuhita Zabrina/34
https://drive.google.com/file/d/1QwqnKJpnQtAUCtl9MR8mJsVCOIPh-WfK/view?usp=drivesdk (part 1)
https://drive.google.com/file/d/1QxdUPHbzfPXRDC6JEwkMcmw2hisd61Jg/view?usp=drivesdk (desain gambar proses ekstraksi sederhana)
https://drive.google.com/file/d/19yFydJlHat6dadfPvfrB9gwm99BTZ9fR/view?usp=drivesdk
BalasHapushttps://drive.google.com/file/d/19tvC_9tvnYxJNrpyVhZCxLaP-rzJ4kN7/view?usp=drivesdk
https://drive.google.com/file/d/1PDRLX8fNtFfTiUtkksMWniKkLb9tCwB9/view?usp=drivesdk. (vidio)
BalasHapushttps://drive.google.com/file/d/1PIKwbzmkHNg1i28XjbFi7Ognjma7o6WC/view?usp=drivesdk (desain)
Kelompok 2 ki-2
kelompok 4:
BalasHapusWildan abdul aziz
Akbar punggawa
Arifah
Fadhilah
Luluk frista
Novia
Rahwanda bima
Salsabila putri
https://drive.google.com/file/d/1Cgc1VljXJYV0zKNhN_jZKHSqX4cspnEi/view?usp=drivesdk
https://drive.google.com/file/d/1CdSakcWURU-JMgU5khdinODp_iLyZIcG/view?usp=drivesdk
https://drive.google.com/file/d/1PJMYzr_zx_d9XTFuHbeCbUwoFP3axi85/view?usp=drivesdk. (kel.2)
BalasHapushttps://drive.google.com/file/d/1PJgmDb0iP9_vMbx-JT5s9URRU4EUer4d/view?usp=drivesdk. (kel.2 fto)