Sinjay Ketengan, Bangkalan (Senin, 28/02/2022)
Pacet Mini Park (Ahad, 20/02/2022)
La Fes Sidoarjo
Sambel Surabaya
Sinjay Ketengan, Bangkalan (Senin, 28/02/2022)
Pacet Mini Park (Ahad, 20/02/2022)
La Fes Sidoarjo
Sambel Surabaya
Tujuan Pembelajaran/Learning Objective :
Mata kuliah Kimia Analisa 2 bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang dasar-dasar prinsip kerja instrumen dan analisa serta mampu melakukan analisa bahan secara instrumental maupun konvensional.
Kompetensi yang dibina :
Kompetensi/ Learning Outcomes :
Pokok Bahasan
Bagian yang mendapatkan penekanan :
Pustaka :
![]() |
Buku referensi |
Tujuan Pembelajaran/Learning Objective :
Mata kuliah Kimia Analisa 1 bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang dasar-dasar analisa bahan secara kualitatif sehingga dapat mengidentifikasikan kation dan anion yang ada dalam suatu sampel.
Kompetensi yang dibina :
Kompetensi/ Learning Outcomes :
Pokok Bahasan :
Bagian yang mendapatkan penekanan :
Pustaka :
Ion sulfat (SO₄²⁻) dapat diuji dengan larutan BaCl₂. Jelaskan reaksi yang terjadi dan bagaimana cara membedakan antara SO₄²⁻ dan SO₃²⁻ menggunakan larutan asam.
Mengapa penting untuk menghilangkan gangguan anion dalam analisa sistematik kation? Berikan dua contoh anion yang dapat mengganggu analisis dan jelaskan bagaimana menghilangkannya.
Matakuliah ini mempelajari tentang metode analisa secara kualitatif dan kuantitatif, serta metode analisa dengan cara metode konvensional dan metode instrumentasi. Materi yang dipelajari meliputi macam-macam metode analisa, teori kesetimbangan asam-basa, pengendapan dan hasilkali kelarutan, reaksi pembentukan ion kompleks, dan reaksi redoks, metode analisa volumetrik, gravimetrik, potensiometri, spektroskopi, dan kromatografi.
Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa mampu menerapkan dasar-dasar analisa kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan komposisi bahan baku dan produk, baik menggunakan cara-cara konvensional dan instrumentasi yang dapat dilakukan secara mandiri maupun kerjasama dalam tim.
Dengan metode pembelajaran meliputi : ceramah, diskusi, studi kasus, pembelajaran berbasis masalah, ujian Tulis, (meliputi kuis, tugas dan EAS), Ujian tulis, membuat makalah, ketrampilan kerja di laboratorium
CAPAIAN :
MATERI :
DAFTAR PUSTAKA :