- Pembelajaran tatap muka bila zonanya level warna hijau permanen, tidak boleh berwarna kuning. Misalnya : Bila kecamatan Gubeng sudah hijau tapi sekitarnya masih merah, maka harus ijin kepada gugus tugas. Yang sekolah boarding school belum bisa mendatangkan siswa ke asrama
- Masa transisi zona yang warna hijau pembelajarannya separuh dari jumlah siswanya, jam waktunya tidak lama. Siswa bawa bekal makanan sendiri
- New normal pembelajarannya separuh, waktu agak lama, kantin boleh buka
- Bila sudah normal, maka pembelajarannya masuk seperti biasa lagi.
- Perencanaan hingga bulan Desember, adalah pembelajarannya dari rumah. Dengan aspek sikap terkait respon mengikuti pelajaran, disiplin dalam tugas.
- Untuk pengetahuan disampaikan materi kejuruan
- Keterampilan dengan memberikan tugas rangkuman, resume, materi baru untuk dikumpulkan sebagai portofolio
- Semester depan direncanakan dengan belajar praktek
- Belajar dari rumsh (BDR) mulai 20 Maret, hingga Desember (9 bulan)
- Bila sebelum Desember sudah masuk masa transisi, maka ada perubahan untuk jadwal pembelajarannya.
- Ekstrakurikuler tidak bisa jalan, karena tidak boleh ada kerukunan.
- Rapat menggunakan webinar, vicon,
- Untuk kursus ditangani direktorat jenderal vokasi, link and match dengan induka (industri dan dunia kerja) diadakan MoU tentang : singkronisasi kurikulum yang juga diakui oleh industri, menjadi guru tamu, menerima anak didik magang, bersedia menjadi penguji kompetensi di sekolah, dan menerima tenaga kerja
- SMK membuat produk yang laku dijual, adalah SMK yang mempunyai pola pengelolaan BLUD, sehingga untuk memberikan pelayanan kepada anak didik dan gurunya
- Diharapkan anak yang masuk SMK punya kemantapan, lalu peminatan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Wirausaha, atau bekerja.
- Bila mau usaha, maka diadakan pelatihan usaha, bila mau ke Perguruan Tinggi ada materi ke PT, begitu juga yang ingin bekerja di dalam maupun ke luar negeri
- Bila link and match sudah berjalan, maka maksimal lulusannya bisa terserap bekerja
- Guru PKK/ wirausaha menyampaikan materi yang bisa diterapkan dalam usaha dan menggandeng dengan pihak lain
- Tahun ini secara nasional ada SMK yang akan dijadikan BLUD sebanyak 512. Untuk SMK Negeri 5 Surabaya, menjadi rekomendasi untuk sekolah lain belajar ke sini.
- Untuk kegiatan yang di bengkel kompetensi keahlian membuat target untuk membuat barang yang laku dijual dan ada wujud kegiatan.
- Jatim ada 20 SMK, dan akan ditambah 30, sehingga diharapkan menjadi 50 SMK BLUD di Jawa Timur
- Sekolah sebagai pusat keunggulan, Centre of Excelent (COE) maka sekolah itu boleh melakukan proses barang jadi, pelatihan, dan menjadi sekolah mandiri.
- Ada bagian industri yang bisa digarap di SMK, dan industri bisa mengeluarkan sertifikat kompetensi standar industri, misalnya : kompetensi pengelasan
- Bila tidak ada UN, maka kelulusan ditentukan dengan portofolio yang berasal dari sertifikat kompetensi yang dimiliki siswa
- Semester depan, siswa bisa masuk praktek walaupun jumlahnya separoh siswa, masuk jam 7 hingga jam 11
- Untuk mesin dan manufaktur ke arah CNC dengan ada pelatihan guru di industri, guru pengajarnya harus memiliki sertifikat dari industri
- Pelatihan membuat RPP, moodle, Aktivitas pekerjaan jurnal ditulis dalam masterweb, dan pembelajarannya boleh dengan aplikasi daring yang bisa dilakukan
- Untuk prakerin fokus yang di Surabaya, bila perusahaannya di Sidoarjo maka diharapkan setiap hari pulang pergi dan tidak indekos
- Beberapa hal yang dilakukan pendidik : mengetahui "passion" siswa, dengan membuat buku pribadi siswa, dan disisipkan materi motivasi untuk tidak jenuh dan bosan dengan tidak bisa bertatap muka.
- Pengkondisian suasana industri diterapkan di sekolah seperti Paving cat hijau untuk pejalan kaki, warna abu-abu untuk motor dan mobil, juga gerbang masuk dan keluar terpisah.
Tanggapan Sesi tanya jawab :
- Siswa baru bisa dihadirkan untuk pengenalan lingkungan dan waktunya tidak terlalu lama ke sekolah
- Bagi siswa yang sudah naik kelas, bisa dihadirkan bergelombang dengan pengenalan materi yang diajarkan dan pembagian raport secara berkelompok dan tidak lama waktunya
- Untuk prakerin belum bisa diputuskan
- Untuk jurusan bisa menghasilkan produk harus ada dukungan, misalnya : alat cuci tangan dengan sensor. Sehingga bisa direncanakan dari jurusan dan pihak sekolah mendukung bahan dan perencanaan teknis lainnya
- LSP dari Dirjen vokasi SMK menyampaikan bahwa uji kompetensinya dilakukan oleh asesor dari guru dan dari industri
- Notulen rapat akan diunggah ke info stemba
- Secara rutin rapat dengan kakomli, sehingga kakomli bisa menyampaikan ke anggotanya, begitu juga kepada koordinator mapel wajib A dan wajib B
- Kekurangan guru belum bisa menambah GTT di jurusan walaupun PNS banyak yang pensiun karena ada moratorium penerimaan GTT. Sehingga solusinya pengurangan jumlah kelas penerimaan siswa baru
- Untuk anggaran rapid tes dan swab tidak ada, namun diusulkan ke APBD. Karena BOS hanya anggarannya untuk cuci tangan
- Untuk zebra cross bisa ditindaklanjuti pembuatannya
- Untuk LSP, ditunggu sampai 24 Juli 2020, bila daerah zona hijau boleh diajukan pelaksanaan LSP. Selain warna tersebut tidak diperbolehkan
- Sekolah sudah membelikan kamera video dan tripodnya untuk evaluasi. Saat guru mengajar divideo rekaman, lalu oleh MGMP internal sekolah bisa menjadi media evaluasi bersama. Dan bisa digunakan untuk media pembelajaran.