"Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Menyikapi Ketidaksesuaian Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Surabaya"
Dosen Universitas Negeri Surabaya
Materi diawali dengan menyaksikan potongan gambar jengger ayam hingga pilot mengemudikan pesawat terbang
Makna :
- Bagaimana bisa peka memahami suatu masalah secara komprehensif
- Dengan gambar yang sama, bisa memberikan arti yang berbeda
- Kejelian melihat masalah, mempengaruhi dalam memahami akar masalahnya
Era Millenial : orang yang lahir tahun 1980 hingga 2000-an
Karakteristiknya yaitu peningkatan penggunaan teknologi digital
Kebutuhan :
- Kemampuan Berbahasa Asing
- Kemampuan Menggunakan teknologi digital
- Kemampuan analisis
Siapa yang membantu :
Melalui sekolah yang ramah bagi anak
Tahapan dalam menyelesaikan masalah bukan hanya satu sisi, tapi banyak sisi.
Kondisi idealnya guru BK : siswa adalah 1 : 150 siswa
Pendidik harus mampu menguasai teknologi yang lajunya sangat cepat.
Saat mengajar menginginkan peserta didik menjadi faham yang diajarkan, tapi nuansa pendidikan tidak boleh ditinggalkan.
Mengajar bukan hanya hi-tech, tapi juga hi-touch (sentuhan)
Memanfaatkan teknologi digital untuk mendidik, misalnya teknologi yang mampu mendeteksi siswa yang tidak masuk sekolah, sehingga orang tua mengetahui posisi keberadaan anak tersebut.