JURNAL REFLEKSI GURU
Sekolah : SMK Negeri 5 Surabaya
Mata Pelajaran : Operasi Teknik Kimia
Materi : Ekstraksi Padat - Cair menggunakan sokhlet
Nama Guru : Onny Fahamsyah
Kelas : XII KI 2
Tanggal pelaksanaan :
- 03 Januari 2023 bertempat di ruang operasi teknik kimia SMK Negeri 5 Surabaya. Penggunaan ruangan ini terkait diskusi dan desain perencanaan desain proyek
- 05 Januari 2023 bertempat di ruang produk kreatif dan kewirausahaan, karena ruangan terbuka dan luas untuk menguji hasil desain peralatan secara nyata dan terbuka
Persiapan Teknis :
- Pengambilan video dengan kamera berjalan mengarah kepada objek, dan kamera diam yang menyorot satu ruangan pembelajaran
- Zoom menggunakan zoom pro sehingga proses sit-in dosen pembimbing dan guru pamong menjadi lebih mudah dengan host teman yang tidak melaksanakan PPG
- Mengkomunikasikan jadwal PPL kepada pihak jurusan kimia industri
- Guru menggunakan baju putih berdasi hitam, dan celana hitam saat pelaksanaan PPL
Hasil Video Pertemuan 1 :
https://drive.google.com/file/d/1-_0i2uqCyEu2G2Qf9uVQu2hRnAPLYNCm/view?usp=drivesdk
Hasil Video Pertemuan 2 :
https://drive.google.com/file/d/1-Fo4pVcARq00pJOVVNZLa18y2aAsBAow/view?usp=drivesdk
Bagaimana anda memaknai pengetahuan yang didapatkan pada praktik pembelajaran inovatif hari ini ?
Pengetahuan tentang penyusunan perangkat pembelajaran, mulai dari identifikasi permasalahan tentang Bagaimana meningkatkan keterampilan berfikir HOTS pada peserta didik dengan pemilihan solusi berupa pembelajaran model Project Based Learning dapat diterapkan beserta pemahaman sintak-sintaknya.
Link Materi Pembelajaran :
https://onnyfahamsyah.blogspot.com/2023/01/materi-ekstraksi-padat-cair.html?m=1
Hasil pekerjaan LKPD :
https://drive.google.com/file/d/1QwqnKJpnQtAUCtl9MR8mJsVCOIPh-WfK/view
Hasil Desain alat dan jadwal pelaksanaan
https://drive.google.com/file/d/1QxdUPHbzfPXRDC6JEwkMcmw2hisd61Jg/view
Presentasi Desain masing-masing kelompok |
Meluruskan bila tidak sesuai konsep |
Mengetahui kondisi peserta didiknya dalam ranah kognitif dengan memberikan pretes dan postest setelah pembelajaran
Dari grafik penilaian kognitif dapat disimpulkan adanya kenaikan hasil penilaian setiap siswa dalam mengerjakan soal HOTS
Untuk mengetahui penilaian ranah afektif dan psikomotorik dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung, terkhusus pada kerja kelompok, presentasi desain dan produk alat, dan diskusi tanya jawab
Testimoni dari peserta didik dapat mengetahui observasi kepuasan dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan
Penilaian dari observer guru memberikan gambaran tentang terlaksananya pembelajaran sesuai sintak model PjBL
Observer 1 pertemuan 1 |
Sambungan Observer 1 pertemuan 1 |
Observer 1 pertemuan kedua |
Sambungan observer 1 pertemuan kedua |
Dari testimoni peserta didik dalam refleksi pembelajaran :
- Peserta didik merasa tertantang dalam menyelesaikan Project tugas, walaupun mengalami suatu kegagalan tetapi tetap mencoba alternatif lain hingga berhasil
- Peserta didik merasa terasah dalam memunculkan kreativitasnya
- Saat merangkai peralatan, mereka mengetahui bahwa plat kaleng tidak bisa dilas karena bisa melubanginya, hingga mendapatkan solusi menyambung antar partisi dengan solder listrik
- Rangkaian peralatan bisa didesain dari botol plastik dan selang plastik, dengan botol pemanasnya dari botol kaca siswa minuman energi
- Pada suatu rangkaian kelompok tertentu, selang produk ekstraksi dari sokhlet ternyata mendapatkan tekanan dari botol pemanas, sehingga terjadi balikan lagi masuk ke sokhlet (kajian teori dari hukum termodinamika, Vapour Liquid Equilibrium - Liquid Liquid Equilibrium)
- Secara garis besar, desain produk peralatan peserta didik dapat diimplementasikan di masyarakat umum
Bagaimana perasaan anda selama melaksanakan proses praktik pembelajaran inovatif hari ini ?
Pembelajaran sangat menyenangkan, karena peserta didik mengikutinya dengan antusias
Antusias ini bisa terjadi karena materi, video, dan LKPD dapat tersaji dengan mudah pada web blog guru. Sedangkan semua siswa memiliki gadget beserta paket datanya
Di akhir pembelajaran, peserta didik memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran tersebut menyenangkan dan dapat diterima dengan mudah, maka membuat kepuasan tersendiri pagi guru pengajar
Ceritakan hal-hal positif yang terjadi dari praktik pembelajaran inovatif anda hari ini ?
Peserta didik hadir tepat waktu
Ketua kelas memimpin doa sebelum dan sesudah Pembelajaran, sebagai pembelajaran dari segi leadership
Bersama-sama berdiri dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai wujud Cinta Tanah Air
Semua Peserta didik membawa gadget beserta paket data di dalamnya, sehingga memudahkan mengakses materi pembelajaran, LKPD, video motivasi, kuis dan angket
Peserta didik aktif dalam diskusi, presentasi, dan tanya jawab
Ceritakan hal-hal yang dapat menghambat praktik pembelajaran inovatif Anda pada hari ini ?
Bila peserta didik tidak membawa gadget, atau tidak memiliki paket data. maka akan kesulitan mengikuti pembelajaran
Bila ada peserta didik yang tidak masuk, sebetulnya akan menghambat dalam penguasaan materi pembelajaran. Akan tetapi bila rekannya yang masuk mampu mentransformasikan maka tidak menjadi kendala. karena semua materi telah tersaji dalam web blog guru
Apakah pembimbingan yang dilakukan dosen dan guru pamong dalam pengembangan Perangkat pembelajaran menginspirasi dalam melakukan perbaikan ?
Sangat menginspirasi
Terutama dalam pemahaman sintak model pembelajaran PjBL
Dalam evaluasi pembelajaran, menjadi sarana yang komprehensif untuk menilai capaian pembelajaran dan menjawab permasalahan yang sedang dihadapi
Perangkat pembelajaran yang telah dibimbing selayaknya menjadi referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran lainnya
Ceritakan ide-ide yang muncul setelah Anda melaksanakan praktik pembelajaran inovatif hari ini ?
Setiap awal pembelajaran sebaiknya telah tersaji konten materi lengkap pada web blog guru
Konten web blog dapat lebih disempurnakan setiap waktu, sehingga menjadi literasi digital yang terbuka
Pada saat presentasi kelompok sebaiknya disyuting, agar gesture dan performance-nya menjadi referensi bagi penampilan yang prima saat presentasi di depan kelas
Ceritakan kesimpulan yang Anda dapatkan setelah praktik pembelajaran inovatif hari ini ?
Pembelajaran inovatif model PjBL ini dapat meningkatkan keterampilan berfikir HOTS peserta didik pada mata pelajaran Operasi Teknik Kimia
Observer 2 pertemuan 1 |
Sambungan Observer 2 pertemuan 1 |
Observer 2 pertemuan kedua |
Sambungan observer 2 pertemuan kedua |
Soal kognitif melalui media Quiziz |
Hasil penilaian kognitif media Quiziz |
https://uny-ac-id.zoom.us/j/94510092740
BalasHapus