Kamis, 26 Januari 2023

Membuat Larutan NaCl

Tujuan :

  1. Mengetahui perbedaan pembuatan larutan dengan wujud bahan padatan
  2. Mengetahui tahapan – tahapan dalam pembuatan larutan dengan konsentrasi yang beragam

Teori Dasar  :

Dalam kimia, larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari dua atau lebih zat. Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut (zat) terlarut atau solut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven.

Komposisi zat terlarut dan pelarut dalam larutan dinyatakan dalam konsentrasi larutan, sedangkan proses pencampuran zat terlarut dan pelarut membentuk larutan disebut pelarutan atau solvasi.

Natrium klorida ( sodium chlorida ) atau disebut juga dengan garam dapur dengan rumus kimia NaCl merupakan senyawa kimia berbentuk bubuk kristal padat berwarna putih, tidak berbau dan memiliki rasa asin.

NaCl merupakan larutan elektrolit yang kuat, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena ketika berbentuk larutan NaCl kembali menjadi ion-ion yang dapat bergerak bebas. Ion yang bergerak bebas ini yang dapat menghantarkan arus listrik.

Karena merupakan senyawa ion maka NaCl mudah larut dalam air dingin, air panas, gliserol, dan amoniak, tetapi sukar larut dalam alkohol.

NaCl yang lebih dikenal dengan garam dapur biasa digunakan oleh orang atau dalam bidang industri sebagai penambah rasa pada makanan, bumbu masakan, dan pengawet alami.

NaCl juga digunakan untuk memproduksi senyawa-senyawa seperti natrium karbonat, asam klorida, dan baking soda. Digunakan juga dalam industri tekstil, industri kertas, industri karet, dan industri pemurnian minyak.

Tugas ;

  1. Buatlah enam kelompok 
  2. Buatlah Larutan NaCl 0.1 M, 0.2 M, 0.3 M, 0.4 M, 0.5 M, 0.6 M. dari Kristal Murni NaCl sebanyak x cc (sesuai labu ukur yang didapat)
  3. Prosedur dan pembahasan dibuat oleh masing-masing siswa
  4. Catat perhitungannya pada laporan sementara dan resmi kalian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar