Selasa, 19 Februari 2019

WORKSHOP PENDIDIKAN NASIONAL GURU PRODUKTIF TAHAP 2



Kegiatan workshop dalam rangka mengoptimalisasi proses kepenulisan bahan ajar SMK oleh PT. Kuantum Buku Sejahtera (Quantum Book) bertema "Pemantapan bahan ajar SMK berbasis STEM dan HOTS Untuk Revolusi Industri 4.0" Dilaksanakan pada :
  • Hari  : Selasa dan Rabu
  • Tanggal : 19 dan 20 Februari 2019
  • Waktu : 07.00 - 17.00 wib
  • Tempat : PPPPTK BOE VEDC Malang ( SGB lantai 2 Timur ). Jl. Teluk Mandar Tromol Pos No.5, Arjosari, Blimbing Kota Malang, Jawa Timur
  • Fasilitas : (1) pendampingan aktif maupun pasif dari Tim Quantum Book dan PPPPTK BOE selama dua bulan hingga buku diterbitkan (2) makan siang dan snack
Pemateri : Drs. Mulyana, S.Pd, M.Psi
No HP : 081332080275

Kesalahan dalam menulis "tidak ada satupun pekerjaan di dunia ini yang luput dari kesalahan, bahkan sepandai-pandainya seseorang dalam menulis."
  1. Kesalahan meletakkan tanda baca, titik, koma, seru, tanda tanya, garis hubung, dan tanda kurung harus ditempatkan secara tepat dalam suatu kalimat
  2. Menulis kata berbahasa asing, ditulis miring
  3. Mengumpulkan naskah kepada penerbit tanpa melakukan revisi adalah sebuah kesalahan besar
Yang ada dalam penulisan buku :
  1. Harus ada kompetensi  Dasar
  2. Tujuan Pembelajaran
  3. Peta konsep pahami KI KD
  4. Materi pembelajarannya
  5. Gambar dicarikan yang baik dan sesuai materi
  6. Ilustrasi dengan pertanyaan dan jawaban narasi
  7. Kerangka penulisan ditulis lebih dulu
  8. Penulisan sumber ditulis huruf kecil, font 8
  9. Penggunaan kata yang sama jangan muncul dalam satu larik kalimat
  10. Spasinya 1,3
  11. Jenis hurufnya verdana 11
  12. Ukuran kertas B5
  13. Daftar isi

Pemantapan cara penulisan :
  1. Buku disesuaikan dengan pasar, bila terlalu high class sedangkan marketnya rendah maka bisa tidak laku. misalnya menggunakan hardcover sehingga harganya lebih mahal
  2. Buku dari Singapura berorientasi ilmiahnya tinggi, dan harganya juga tinggi
  3. Bila ada KD yang mempunyai kemiripan, maka lebih baik materinya dikumpulkan dalam satu bab
  4. Mengedit meliputi : edit konten, edit bahasa, bicara alur, layout
  5. STEM bisa masuk dibeberapa lini, yang penting siswa bisa aktif melakukan sesuatu. bila dimasukan pada lembar kerja siswa diperbolehkan. yang penting ada sedikit "warna-cita rasa STEM" dalam buku.

Penjelasan Materi HOTS



Dr. Sumarno
WA : 082266248192

Baca Pula : STEM untuk Revolusi Industri 4.0

  1. Guru yang dikumpulkan di PPPPTK biasanya minta gratis, sedangkan yang hadir ini dengan biaya sendiri demi memperbaiki diri untuk lebih baik
  2. Mendukung gerakan literasi nasional yang bermanfaat bagi peserta didik
  3. Revolusi Industri 4.0 perkembangan global yang begitu pesat, agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri. Sehingga harus berbenah diri
  4. Bekal kebijakan, pengalaman, tuntunan, tantangan global, tuntutan pembangunan di Indonesia, sebagai instrumen mengarah revolusi industri 4.0
  5. Generasi Builder usia 70+; Baby Boomer usia 51-69; Generasi x usianya 36-50; Generasi y usianya 21-35; generasi z usianya 6-29; generasi alpha usia dibawah 6 tahun
  6. Karakteristik setiap generasi, era IT sudah melewati semua jenjang
  7. Trend pembelajaran ke depan : terbuka, bergerak, komunikasi, individual
  8. Kapanpun dan di manapun, definisi ruang kelas sudah bergeser sehingga bisa di restoran, stasiun dsb. karena definisi belajar sudah tidak dibatasi waktu. dan menu belajar bisa disesuaikan
  9. Dengan menggunakan alat akses dan kapanpun waktunya, resourcesnya bisa disimpan di cloud storage (FB, Instagram, dsb)
  10. Multilevel Delivery dengan menggunakan WA grup
  11. Abad 21, kurikulum K-13 mempunyai tiga pilar, yaitu pilar pendidikan karakter, pilar literasi, Pilar Kompetensi
  12. Kaidah ilmu pengetahuan harus diuji publik, sebelum dikonsumsi publik. sehingga karya tersebut kuat dilihat dari segala penjuru
  13. Hati-hati dalam mengambil sumber, agar tidak terkena plagiarisme
  14. Untuk menghasilkan siswa yang baik, maka harus improve semuanya, tidak ada dalil kebetulan untuk kesuksesan
  15. Aristoteles menyebut 1% Kecerdasan dan 99 % effort/usaha
  16. Cita-cita yang bertingkat, melalui benchmarking dengan membandingkan yang lebih baik kita samakan.
  17. Perbaikan yang berkelanjutan/ continous improvement
  18. Literasi yang paling basic, membaca, menulis dan hitung.
  19. Literasi numerical, sosial, ekonomi dan agama
  20. Lierasi Digital / ICT tanpa menggunakan kertas, Ilmu tidak disembunyikan namun harus dibagikan dengan mudah lewat IT. Semakin memberi, maka semakin bertambah keilmuwan.
  21. Kompetensi meliputi Kritikal, kreatif, kolaboratif.
  22. Kurikulum SD dengan tematik dengan mengkolaborasikan beberapa KD
  23. SMK tuntutannya HOTS dan berbasis STEM
  24. STEM terintegrasi dengan beberapa sistem ilmu
  25. Tahapan integrasi otomasi dengan ICT
  26. Tahapan Internet of things, semua kehidupan dikendalikan aplikasi internet
  27. Youtuber merupakan ICT literasi
  28. Bagaimana cara beradaptasi ? adalah dengan learning/ belajar
  29. Pembelajaran berbasis STEM, contohnya adalah beberapa kelompok yang mendesain jembatan untuk dicari yang paling kuat dalam menahan beban.
  30. Literasi diukur secara global : Bahasa, nemerik dan sains. 
  31. Finlandia nomer satu secara dunia berdasarkan PISA Prancis atau TIMMS Belanda
  32. PISA 2015-2016 Singapura peringkat 1, Indonesia pada Zona Merah dengan urutan 62 dari 70 Negara
  33. Jadilah manusia pembelajar, Individual responsibility, sebagai guru mendidik adalah tanggung jawab pribadi dengan memotivasi hadiah-hukuman, 
  34. Motivasi ekstrinsik kepada siswa bukan karena hadiah-hukuman, tapi kemampuan dari dalam dirinya yang meledak-meledak
  35. Abad 21, dalam taksonomi blom harus mampu meng-creat atau menciptakan. misalnya : ayam geprek, goreng, bakar; dan aneka jenis minuman kopi dengan kreasinya.
  36. Bila menulis buku : Untuk siapa, perilaku spesifik, syarat yang harus dipenuhi, batas minimal KKM berapa ?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar