Senin, 15 Juli 2019

Berpagi, menemani Abil menuntut ilmu


Hadits Rasulullah SAW

Video : Ayo ke Sekolah

Senin, 15 Juli 2019
Setelah shubuh, mbak Ais sudah bangun dan siap diantar ke neneknya di gang SS untuk persiapan sekolah memasuki kelas III.

Sedangkan Abil setelah minum susu, sarapan dan mandi. Walaupun suasananya masih mengantuk dan rewel.

Setelah memakai seragam, masih merengek di baju bundanya. Hingga saat diantar Abi dan Bunda memasuki gerbang SDI Yamassa Kedung Asem masih enggan masuk.

"Antarkan anak saat awal masuk sekolah", ungkap para psikologi pendidikan membuat semangat menemani Abil hari ini.


Dengan perlahan-lahan mulai mau memasuki ruang kelas, walau ada temannya sewaktu di TK Safinah, namun tidak membuat Abil sumringah.

Pada kursi kosong paling belakang, Abil menempatinya sendirian ditemani Abinya.


Mengawali suasana kelas, Bu Guru mengajari bertepuk tangan. Abil mulai mengikuti tepuk tangan dan tepuk jari arahan gurunya.


Selanjutnya semua guru dan siswa dibariskan di tengah lapangan untuk upacara awal tahun pelajaran.

Abil masih malu-malu, namun sudah mulai berbaur dengan temannya. Disertai tatapan matanya yang sekali-kali mencari Abinya.


Amanat pembina upacara, menyampaikan tujuan niat dalam menuntut ilmu, yaitu mengikuti tuntunan dari Rasulullah Muhammad SAW. Tentang : "Menuntut ilmu itu fardlu/ wajib atas setiap muslim."

Bahkan beliau memberi motivasi ke siswanya sesuai hadits Rasulullah : "Carilah ilmu sampai ke negeri China."

Upacara diakhiri dengan doa para ustadz dan masyayikh :

Ustadz Khoirur Rozikin

Ustadz Kholil

KH. Ghozali

Selanjutnya masuk kelas kembali untuk dipresensi oleh gurunya, sekaligus perkenalan.

Abil sudah mulai enjoy di tempat duduknya, apalagi sudah berkenalan dengan teman barunya bernama Farhat


Saat observasi pengenalan lingkungan, Abil menggandeng Farhat yang bertubuh lebih mungil darinya.


Setelah itu, masuk kelas kembali dan istirahat. Abil menikmati bekal yang dibawanya berbagi bersama temannya


Dasar Abil, jajan dan minuman belumlah cukup untuk mengisi perutnya saat istirahat, sehingga ke kantin untuk membeli nasi goreng dan segelas es susu milo.


Melihat Abil bisa tersenyum dan menikmati bersama sekolah barunya, membuat hati menjadi tenang. Semoga mencapai ilmu yang bermanfaat.

Daftar presensi siswa kelas 1, Abil masuk kelas 1A dengan walikelasnya bernama Bu Sihah






Alhamdulillah, sampai hari ketiga Abil sudah menikmati agenda membawa balon untuk menerbangkan cita-cita.




(Video Balon Cita-Cita)

(Semoga Allah Mengabulkan)




Kalam Hikmah :





PESAN UNTUK KEGIATAN PARENTING AWAL TAHUN AJARAN BARU

Ada 14 permintaan anak (SUARA HATI) yang mungkin tidak pernah mereka ucapkan :
  1. Cintailah aku sepenuh hatimu.
  2. Jangan marahi aku di depan orang banyak.
  3. Jangan bandingkan aku dengan kakak atau adikku atau orang lain.
  4. Ayah Bunda jangan lupa, aku adalah fotocopy-mu.
  5. Kian hari umurku kian bertambah, maka jangan selalu anggap aku anak kecil.
  6. Biarkan aku mencoba, lalu beritahu aku bila salah.
  7. Jangan ungkit-ungkit kesalahanku.
  8. Aku adalah Ladang Pahala bagimu.
  9. Jangan memarahiku dengan mengatakan hal-hal buruk, bukankah apa yang keluar dari mulutmu sebagai orang tua adalah doa bagiku?
  10. Jangan melarangku hanya dengan mengatakan "JANGAN" tapi berilah penjelasan kenapa aku tidak boleh melakukan sesuatu.
  11. Tolong ayah ibu, jangan rusak mentalku dan pemikiranku dengan selalu kau bentak-bentak aku setiap hari.
  12. Jangan ikutkan aku dalam masalahmu yang tidak ada kaitannya denganku. Kau marah sama yang lain, aku imbasnya.
  13. Aku ingin kau sayangi cintai karena engkaulah yang ada di kehidupanku dan masa depanku.
  14. Berilah aku pendidikan agama, agar lepas tanggung jawabmu kelak, dan sebagai anak shaleh kita akan saling tarik-menarik ke Surga

SEMOGA BERMANFAAT, BAGI PARA GURU, KEPALA SEKOLAH, ORANG DEWASA DAN ORANG TUA....🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar