Selasa, 22 Oktober 2024

Orientasi PPPK Tahun 2024

Senin - Kamis, 21 - 24 Oktober 2024 mengikuti Orientasi PPPK tahun 2024 di BPSDM Kawi Malang 

Menjelang pembukaan dilatih materi :

  1. Hymne Adi Praja 
  2. Mars Korpri 
  3. Panca Prasetya Korpri 
Hymne Adi Praja 

Mars Korpri 

Panca Prasetya Korpri 

Sambutan Dra. Sri Rahayuningsih, M.Si.,M.Psi (Kabid pengembangan kompetensi dasar dan manajerial)

Lihat Paralayang terbang melayang

Beraksi tinggi di udara 

Selamat datang peserta orientasi di Malang

Semoga berbahagia 


Sambutan DR. Ramliyanto, Sp.,MP. (Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur)

Sejak tahun 2023 ada 13.000 pegawai akan selesai 2024 untuk rekrutan 2022

Orientasi PPPK secara tatap muka di Jatim, ada provinsi yang tidak mampu melaksanakan tatap muka karena biayanya yang tinggi

Orientasi PPPK adalah mandatori/wajib, maka BPSDM wajib memfasilitasinya

ASN PPPK sudah mengabdi jauh-jauh sebelumnya, tapi tetap harus dioerintasi karena ada tiga tujuan yang ingin dicapai :

  1. Lazimnya sebuah korps maka harus mempunyai visi, misi, dan nilai yang sama. Maka ditempat ini diselaraskan Ber-Akhlak
  2. Memahami pemerintahan secara umum, mempunyai peran dalam ketercapaian negara dalam tugas, fungsi dan peran dalam pemerintahan. ASN harus menjadi "virus kebajikan" bangga melayani bangsa sehingga keterikatan dalam pemerintahan dan berkontribusi. Menuju Indonesia Emas 2024 maka pendidik yang sekarang mengajar anak SMA - SMK seperti sedang melayani VVIP
  3. Ingin ASN terus mengikuti perubahan zaman, maka orientasi untuk meng-update kompetensi pengetahuan secara terus menerus. Saat pelatihan banyak berinteraksi dengan pelatih dan sesama peserta. Pelatihan sebelumnya bersifat kompetensi based learning yaitu seluruh ilmu pengetahuan dan sikap diterapkan. Sedangkan yang sekarang Performance based learning yaitu pelatihan harus punya dampak di tempat kerjanya 


YEL YEL P3K 

Selamat pagi :

Pagi...pagi...pagi Luar biasa tetap semangat P3K jaya (tepuk tangan di atas kepala 5x)

(2x)

Apa kabarmu Hari ini :

Luar Biasa 

(2x)

Are you ready :

Yes I'am Ready (2x)

Cek Sound :

Tepuk paha 2x

Tepuk dada 2x

Ha...

(2x)

Adakah P3K di Matamu : (tepuk dada )Ada...

Adakah Merah putih di dadamu : (tepuk dada) Ada...

Mana Dia : Ini dia...Ini dia...Ini dia

Mana Dia : Ini dia...Ini dia...Ini dia

(Dari Kanan, tengah, kiri )

Buka gigi : Hii... (menoleh ke kanan)

Buka mulut : Haa...(menoleh ke kiri)

Maju jalan :

P3K beraksi.... walau panas terik matahari Berjuta kali P3K beraksi bagiku itu langkah pasti

Hari hari esok adalah milik kita 

P3K kebanggaan bersama

Gegap gempita langkah kaki kita

Demi tugas suci yang mulia...

Marilah kawan mari kita nyanyikan sebuah lagu.... lagu kemenangan...2x 

Hu..haa

P 3 K : Bangga melayani bangsa

Jawa Timur : Bersatu bersama untuk maju

(Tepuk tangan)


Bp. Akhmad Farid Gaftan (Widyaiswara BPSDM)

Akuntabilitas Kinerja 

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

  • Pada era 80-90 ke bawah, bila instansi pemerintahan diberi anggaran tetapi tidak bisa menghabiskan, maka kinerja dianggap kurang
  • Pada era 90 ke atas, bila tidak bisa menghabiskan anggaran tidak apa-apa, anggaran akan dikembalikan 
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membelanjakan anggaran sesuai kebutuhan yang nyata

Bersama pemateri Bapak Akhmad Farid Gaftan 


Materi : Sikap dan Perilaku (Bintara Pendamping TNI - AD

Bp. Roedy

Bp. Joko

Empat Tipikal Peserta :

  1. Peserta sebagai peserta yang terpelajar, ingin adanya perubahan (memahami dan mengamalkan Panca Prasetya Korpri)
  2. Peserta tipe turis, enjoy tidak ada tekanan (ikut pelatihan, makan dan seterusnya tapi tanpa beban)
  3. Peserta tipe terpaksa, tidak mau jadi PPPK tapi terpaksa menuruti orang tua padahal punya usaha yang lebih besar perolehannya
  4. Peserta yang pengacau, orang yang menjadi "racun" bagi lingkungannya


STORY BOARD TUGAS VIDEO ANGKATAN 141

Tema : Beragam tipikal peserta orientasi tapi tetap bangga menjadi PPPK dalam melayani bangsa

Scene 1 : Tipikal Peserta terpelajar (mayoritas personil tim)

  • Datang membawa tas  dan atribut lengkap masuk aula
  • Duduk teratur, mengikuti materi pelatihan dengan fokus dan konsentrasi 

Scene 2 : Peserta Tipikal Turis (Bu. Dhian Maya)

  • Jalan membawa tas sambil calling - calling HP (memakai kacamata hitam)
  • Sambil dikit-dikit lihat jam tangan

Scene 3 : peserta tipikal terpaksa (Pak HEPI)

  • Adegan duduk pucat sambil minum obat banyak karena kondisi sakit 
  • Sambil fantasi "angon ternaknya"

Scene 4 : peserta tipikal pengacau (Pak Fayaqi)

  • Menunjukan pukul 07.00 pagi, tapi masih tidur pulas di kasur asrama 
  • Mengambil dan menyembunyikan bolpen temannya, sehingga temanya bingung mencarimya
Scene 5 : Komitmen bersama dengan tagline
Angkatan 141 PPPK bangga melayani bangsa (syuting "menyapu" semua tim dengan ending tulisan BPSDM Jatim


Materi Bp. Anang Triharjono

Kanreg II BKN Surabaya 

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian 


Penipuan penerimaaan CPNS dengan modus penawaran dari orang lain yang mengaku dekat panitia, pejabat, bahkan DPR masih marak terjadi. Jadi bila ada penawaran seperti itu jangan tergiur 

Karena sekarang pendaftaran hingga nilai kelulusan telah ditampilkan melalui website. 

ASN bukan pejabat yang minta dilayani, tapi harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat dan mempunyai Core Value

  • The Ever Changing Life 
  • Let's re-imaging
  • Triple Disruption
  • Change Everywhere 

Nilai adalah suatu gagasan yang dimiliki seseorang atau kelompok mengenai apa yang dikehendaki serta apa yang baik dan buruk





Materi : Pengembangan Kompetensi ASN Terintegrasi dan Berkelanjutan 


Materi Pengembangan Kompetensi Terintegrasi 

Tantangan yang dihadapi saat ini :

  • Digital Disruption 
  • Millenial Disruption 
  • Polycrisis 

Diantaranya Berdampak pada Delayering Eselon : eselon banyak dihapus karena dinamika perubahan 

Core Values ASN : Ber-AKHLAK

Flexible Work Arrangement : tidak suka terikat kerja, dan menganggap pekerjaan luas banget, tidak hanya sebagai ASN 







Materi : Transformasi Digital

Literasi Digital ASN

DR. Eko Pamuji, M.Ikom

Perubahan Teknologi 

  • Industri 1.0 tahun 1784 ditemukan mesin uap yang telah menggantikan sumber energi dari sumber daya alam, manusia, maupun binatang 
  • Industri 2.0 tahun 1870 ditemukan mesin bertenaga listrik/minyak. Sehingga bisa memproduksi secara massal 
  • Industri 3.0 tahun 1969 tahun 1969 merupakan teknologi informasi dan mesin otomasi 
  • Industri 4.0 tahun 2011 ditandai dengan mesin yang berintegritasi internet 
  • Generasi 5.0 merupakan society 5.0 yang menyeimbangkan teknologi dan budaya
Teknologi telah mengubah budaya, contohnya "bangun tidur kuterus cari HP"

Tugas kita mengarahkan kepada anak yang boleh diakses maupun situs yang tidak boleh diakses

AI hanya pengetahuan, bukan sampai ke pemahaman/ kompetensi. Sehingga butuh guru yang memahamkannya. Biasanya melalui tugas presentasi 

Yang harus diperhatikan dalam era digital :
  • Keamanan digital, misalnya dilarang klik judi online, bagaimana judi online bisa masuk dan mengenali bahayanya
  • Budaya digital
  • Ethic digital
  • Kecakapan digital (skill)
Jumlah pengguna internet di Indonesia sudah tinggi, menyatakan bahwa masyarakat Indonesia sudah ikut dalam arus perubahan tersebut.

Skeptis/ragu adalah cara memfilter sebuah informasi digital agar tidak mudah percaya, sehingga perlu uji informasi terlebih dahulu

Bersama dengan Bp. Eko Pamuji 


Materi : Orientasi Pengenalan Jabatan bagi PPPK selalu ASN

Oleh : DR. Aries Agung Paewai
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim 


Guru adalah tenaga handal untuk menggaungkan kualitas pendidikan 

Sebuah proses tidak ada nikmatnya, bila tidak ada tantangannya, maka buatlah proses nyamannya dalam mengejarnya

"Pendidikan itu bukan sebuah produk gelar, diploma, pekerjaan atau uang yang dihasilkan; Pendidikan itu suatu proses yang tidak akan pernah berakhir."

"Sentuhan jiwa tidak akan hilang, maka butuhlah guru"

Profesi yang tidak tergerus dengan tantangan dunia kerja adalah guru

Gen-Z adalah generasi stroberi, gampang berubah dan tidak nyaman, lebih menyukai segala sesuatu serba instan. Maka untuk mendapatkan informasi darinya, guru harus mempunyai kekuatan, bekal, dan kompetensi 

Kecakapan yang harus dimiliki seorang guru : loyal, totalitas, netral, militan, profesional 

"Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru hebat melahirkan banyak orang hebat."


Materi : Inovasi Pelayanan Publik 
Dr. Tiara Dinar Aulia


Logo peringatan hari jadi Jawa Timur ke - 79 (12 Oktober 2024)


Melambangkan tali remo, potensi pertanian tinggi, sektor kelautan dan memeluk erat persatuan masyarakat - pemerintahan 

Jawa Timur merupakan Gerbang Nusantara Baru, yaitu gerbang menuju IKN. Karena pasokan industri, pangan, bahan bangunan, bandara, pelabuhan, dan sumber daya manusia 

Inovasi adalah pembaruan produk, ide, desain, dst. Misalnya kehadiran telepon pertama di dunia untuk memudahkan komunikasi 

Fungsi ASN :
  1. Pelaksana kebijakan publik
  2. Pelayanan publik
  3. Perekat dan pemersatu bangsa 

Foto Dokumentasi :



















Video :

Mode Serius

Berbagi cerita 

Tagline Angkatan 141

Angkatan "dledek"

Diskusi "story board"








Kumpulan dokumentasi :

Sebuah tulisan dalam konten ini, tiada mampu mewakili luasnya materi yang telah disampaikan.

Namun, biarkan memori itu tetap "bergerak" untuk menemukan sendiri pembacanya

Dan, 
Waktu telah berlalu, tetapi kebersamaan itu akan tetap ada walaupun telah berpisah, karena.........

Dalam kehidupan ini, banyak orang yang akan keluar masuk dalam pintu hati kita, namun hanyalah sahabat - sahabat sejati yang akan selamanya di hati.

Salam hangat selalu, 
Surabaya, 24 Oktober 2024 (21.36 wib)
Onny Fahamsyah - SMKN 1 Mojoanyar 






2 komentar:

  1. kerenn sekalii learning journalnya paakk.. semoga bermanfaat utk tugas kita semua kedepan amin!

    BalasHapus
  2. Aamiin, terimakasih Bu atas komentarnya.

    BalasHapus