Senin - Kamis, 21 - 24 Oktober 2024 mengikuti Orientasi PPPK tahun 2024 di BPSDM Kawi Malang
Menjelang pembukaan dilatih materi :
- Hymne Adi Praja
- Mars Korpri
- Panca Prasetya Korpri
Sambutan Dra. Sri Rahayuningsih, M.Si.,M.Psi (Kabid pengembangan kompetensi dasar dan manajerial)
Lihat Paralayang terbang melayang
Beraksi tinggi di udara
Selamat datang peserta orientasi di Malang
Semoga berbahagia
Sambutan DR. Ramliyanto, Sp.,MP. (Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur)
Sejak tahun 2023 ada 13.000 pegawai akan selesai 2024 untuk rekrutan 2022
Orientasi PPPK secara tatap muka di Jatim, ada provinsi yang tidak mampu melaksanakan tatap muka karena biayanya yang tinggi
Orientasi PPPK adalah mandatori/wajib, maka BPSDM wajib memfasilitasinya
ASN PPPK sudah mengabdi jauh-jauh sebelumnya, tapi tetap harus dioerintasi karena ada tiga tujuan yang ingin dicapai :
- Lazimnya sebuah korps maka harus mempunyai visi, misi, dan nilai yang sama. Maka ditempat ini diselaraskan Ber-Akhlak
- Memahami pemerintahan secara umum, mempunyai peran dalam ketercapaian negara dalam tugas, fungsi dan peran dalam pemerintahan. ASN harus menjadi "virus kebajikan" bangga melayani bangsa sehingga keterikatan dalam pemerintahan dan berkontribusi. Menuju Indonesia Emas 2024 maka pendidik yang sekarang mengajar anak SMA - SMK seperti sedang melayani VVIP
- Ingin ASN terus mengikuti perubahan zaman, maka orientasi untuk meng-update kompetensi pengetahuan secara terus menerus. Saat pelatihan banyak berinteraksi dengan pelatih dan sesama peserta. Pelatihan sebelumnya bersifat kompetensi based learning yaitu seluruh ilmu pengetahuan dan sikap diterapkan. Sedangkan yang sekarang Performance based learning yaitu pelatihan harus punya dampak di tempat kerjanya
YEL YEL P3K
Selamat pagi :
Pagi...pagi...pagi Luar biasa tetap semangat P3K jaya (tepuk tangan di atas kepala 5x)
(2x)
Apa kabarmu Hari ini :
Luar Biasa
(2x)
Are you ready :
Yes I'am Ready (2x)
Cek Sound :
Tepuk paha 2x
Tepuk dada 2x
Ha...
(2x)
Adakah P3K di Matamu : (tepuk dada )Ada...
Adakah Merah putih di dadamu : (tepuk dada) Ada...
Mana Dia : Ini dia...Ini dia...Ini dia
Mana Dia : Ini dia...Ini dia...Ini dia
(Dari Kanan, tengah, kiri )
Buka gigi : Hii... (menoleh ke kanan)
Buka mulut : Haa...(menoleh ke kiri)
Maju jalan :
P3K beraksi.... walau panas terik matahari Berjuta kali P3K beraksi bagiku itu langkah pasti
Hari hari esok adalah milik kita
P3K kebanggaan bersama
Gegap gempita langkah kaki kita
Demi tugas suci yang mulia...
Marilah kawan mari kita nyanyikan sebuah lagu.... lagu kemenangan...2x
Hu..haa
P 3 K : Bangga melayani bangsa
Jawa Timur : Bersatu bersama untuk maju
(Tepuk tangan)
Bp. Akhmad Farid Gaftan (Widyaiswara BPSDM)
Akuntabilitas Kinerja
SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.
- Pada era 80-90 ke bawah, bila instansi pemerintahan diberi anggaran tetapi tidak bisa menghabiskan, maka kinerja dianggap kurang
- Pada era 90 ke atas, bila tidak bisa menghabiskan anggaran tidak apa-apa, anggaran akan dikembalikan
Bersama pemateri Bapak Akhmad Farid Gaftan |
Materi : Sikap dan Perilaku (Bintara Pendamping TNI - AD
Bp. Roedy |
Bp. Joko |
Empat Tipikal Peserta :
- Peserta sebagai peserta yang terpelajar, ingin adanya perubahan (memahami dan mengamalkan Panca Prasetya Korpri)
- Peserta tipe turis, enjoy tidak ada tekanan (ikut pelatihan, makan dan seterusnya tapi tanpa beban)
- Peserta tipe terpaksa, tidak mau jadi PPPK tapi terpaksa menuruti orang tua padahal punya usaha yang lebih besar perolehannya
- Peserta yang pengacau, orang yang menjadi "racun" bagi lingkungannya
STORY BOARD TUGAS VIDEO ANGKATAN 141
Tema : Beragam tipikal peserta orientasi tapi tetap bangga menjadi PPPK dalam melayani bangsa
Scene 1 : Tipikal Peserta terpelajar (mayoritas personil tim)
- Datang membawa tas dan atribut lengkap masuk aula
- Duduk teratur, mengikuti materi pelatihan dengan fokus dan konsentrasi
Scene 2 : Peserta Tipikal Turis (Bu. Dhian Maya)
- Jalan membawa tas sambil calling - calling HP (memakai kacamata hitam)
- Sambil dikit-dikit lihat jam tangan
Scene 3 : peserta tipikal terpaksa (Pak HEPI)
- Adegan duduk pucat sambil minum obat banyak karena kondisi sakit
- Sambil fantasi "angon ternaknya"
Scene 4 : peserta tipikal pengacau (Pak Fayaqi)
- Menunjukan pukul 07.00 pagi, tapi masih tidur pulas di kasur asrama
- Mengambil dan menyembunyikan bolpen temannya, sehingga temanya bingung mencarimya
Materi Bp. Anang Triharjono
Kanreg II BKN Surabaya
Kepala Bidang Informasi Kepegawaian
Karena sekarang pendaftaran hingga nilai kelulusan telah ditampilkan melalui website.
ASN bukan pejabat yang minta dilayani, tapi harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat dan mempunyai Core Value
- The Ever Changing Life
- Let's re-imaging
- Triple Disruption
- Change Everywhere
Nilai adalah suatu gagasan yang dimiliki seseorang atau kelompok mengenai apa yang dikehendaki serta apa yang baik dan buruk
Materi : Pengembangan Kompetensi ASN Terintegrasi dan Berkelanjutan
Materi Pengembangan Kompetensi Terintegrasi
Tantangan yang dihadapi saat ini :
- Digital Disruption
- Millenial Disruption
- Polycrisis
Diantaranya Berdampak pada Delayering Eselon : eselon banyak dihapus karena dinamika perubahan
Core Values ASN : Ber-AKHLAK
Flexible Work Arrangement : tidak suka terikat kerja, dan menganggap pekerjaan luas banget, tidak hanya sebagai ASN
Materi : Transformasi Digital
Literasi Digital ASN
DR. Eko Pamuji, M.Ikom
Perubahan Teknologi
- Industri 1.0 tahun 1784 ditemukan mesin uap yang telah menggantikan sumber energi dari sumber daya alam, manusia, maupun binatang
- Industri 2.0 tahun 1870 ditemukan mesin bertenaga listrik/minyak. Sehingga bisa memproduksi secara massal
- Industri 3.0 tahun 1969 tahun 1969 merupakan teknologi informasi dan mesin otomasi
- Industri 4.0 tahun 2011 ditandai dengan mesin yang berintegritasi internet
- Generasi 5.0 merupakan society 5.0 yang menyeimbangkan teknologi dan budaya
- Keamanan digital, misalnya dilarang klik judi online, bagaimana judi online bisa masuk dan mengenali bahayanya
- Budaya digital
- Ethic digital
- Kecakapan digital (skill)
Bersama dengan Bp. Eko Pamuji |
Guru adalah tenaga handal untuk menggaungkan kualitas pendidikan
- Pelaksana kebijakan publik
- Pelayanan publik
- Perekat dan pemersatu bangsa
Foto Dokumentasi :
kerenn sekalii learning journalnya paakk.. semoga bermanfaat utk tugas kita semua kedepan amin!
BalasHapusAamiin, terimakasih Bu atas komentarnya.
BalasHapus