Halaman

Senin, 18 September 2023

PKK : Aspek-aspek perencanaan usaha dan produksi, Tahapan produksi

Rencana bisnis atau business plan adalah salah satu elemen penting yang mendukung keberhasilan sebuah bisnis. 

Para entrepreneur seharusnya menyediakan waktu terbaik untuk menyusun rencana bisnis, khususnya jika ingin menjaring investor untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Melalui rencana ini, para investor akan mendapatkan pemaparan tujuan serta keuntungan yang diterima jika usaha tersebut sukses.

Patrick Hull, seorang entrepreneur yang telah berpengalaman di dunia bisnis selama 25 tahun mengatakan bahwa sangat penting menyusun rencana bisnis dengan penuh kehati-hatian.

Lantas, Hull pun menjabarkan 8 komponen yang harus ada dalam sebuah rencana bisnis. Berikut di antaranya:

1. Visi dan Misi Perusahaan

Apa yang ingin Anda capai dengan bisnis tersebut? Apakah hanya semata-mata untuk mendapatkan keuntungan finansial? Bisa jadi, bisnis tersebut juga memiliki dampak sosial yang ternyata sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Salah satu contohnya, jika Anda bergerak di bidang penjualan buku, Anda berperan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Hal-hal ini perlu disampaikan dalam rencana bisnis supaya calon investor pun mengetahuinya dan tertarik untuk ikut mendukung visi dan misi tersebut.

2. Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan

Selanjutnya, di dalam sebuah rencana bisnis, Anda harus memastikan deskripsi perusahaan dan produk atau layanan juga ikut tertuang. 

Apabila bergerak di bidang kuliner, misalnya, ceritakan apa saja produk yang ditawarkan, seperti apa bentuknya, berapa harganya, dan sebagainya. 

Pemaparan ini akan menjadi salah satu pertimbangan bagi investor untuk mengambil keputusan apakah akan ikut mendukung bisnis tersebut atau tidak.

3. Keunikan Produk

Dalam sebuah rencana bisnis, Anda juga harus menyertakan keunikan produk yang diusung. Tuliskan hal-hal apa saja yang membuat produk tersebut berbeda dari merek lainnya. Deskripsi ini akan membuat para investor lebih tertarik untuk mendukung Anda daripada pengusaha lainnya. Bagaimana pun, banyak produk yang hampir sama, tetapi keunikanlah yang membuatnya lebih banyak dicari.

4. Analisis Pasar

Untuk semakin meyakinkan investor atau rekan bisnis Anda, lengkapi juga rencana bisnis tersebut dengan analisis pasar. Di bagian ini biasanya tercantum informasi terkait kondisi pasar yang akan ditembus, siapa saja kompetitornya, dan siapa yang kira-kira akan membeli produk Anda.

5. Tim yang Bekerja

Selain analisis pasar, tidak kalah penting untuk memastikan para investor mengetahui betapa Anda dan seluruh anggota tim dapat diandalkan. Tunjukkan apa saja prestasi serta pengalaman yang pernah Anda raih bersama tim supaya investor semakin mempercayai tim tersebut. Bagian ini penting karena tim sangat berperan dalam meraih keuntungan untuk sebuah bisnis.

6. Rencana Memasarkan Produk atau Layanan

Hal lain yang perlu ada dalam sebuah rencana bisnis adalah bagaimana cara Anda memasarkan produk atau layanan tersebut. Tuliskan metode terbaik yang akan dilakukan sehingga dapat menghasilkan keuntungan optimal. Jika metode Anda menarik, para investor pun pasti akan lebih yakin menggelontorkan modal.

7. Analisis SWOT Perusahaan

Anda tentu harus realistis dalam memandang bisnis tersebut. Wajar saja jika sebuah perusahaan memiliki kelemahan, selain kelebihannya. Anda juga perlu menuliskan apa saja peluang dan ancaman yang kira-kira bisa membahayakan bisnis tersebut. 

Dengan bersikap jujur seperti ini, investor akan menganggap bahwa rencana bisnis Anda lebih bisa diterima.

8. Rencana Uang Masuk dan Keluar

Anda juga perlu memasukkan rencana cash flow dalam rencana bisnis. Hal ini akan menjadi gambaran umum bagi investor mengenai aliran uang di bisnis tersebut sekaligus perkembangan modal yang diterima dan keuntungannya.

Selain 8 hal ini, tuliskan pula kesimpulan dari rencana bisnis Anda. Pada bagian akhir ini, Anda sekaligus dapat kembali menegaskan tentang bisnis tersebut sehingga layak untuk dilirik. Patrick Hull mengatakan,

Buatlah rencana tersebut dengan sangat detail. Ingat, investor potensial tersebut mungkin belum terlalu familiar dengan industri yang Anda jalankan sehingga sangat penting untuk menjelaskan konsep Anda dan hal-hal terkait di dalamnya.

Tugas Pribadi :

Pilih salah satu praktikum yang telah kalian laksanakan pada mapel PKK ini.

Dari jenis praktikum yang kalian pilih, Lalu uraian 8 hal yang meliputi  :

  1. Visi dan Misi Perusahaan
  2. Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan
  3. Keunikan Produk
  4. Analisis Pasar
  5. Tim yang Bekerja
  6. Rencana Memasarkan Produk atau Layanan
  7. Analisis SWOT Perusahaan
  8. Rencana Uang Masuk dan Keluar
Kirim ulasan kalian pada kolom komentar postingan blog ini, dengan menyertakan nama, kelas, no Absen 

22 komentar:

  1. A. Seftiano Yogi Prayuda28 September 2023 pukul 21.56

    Kerupuk kulit pisang kepok
    Nama : Achmad Seftiano Yogi Prayuda
    Kelas : XII Kimia industri 1
    No. Absen : 3

    Visi dan Misi

    •> Visi : Menjadi perusahaan penghasil produk kerupuk kulit pisang yang terbaik dengan memanfaatkan limbah kulit pisang menjadi produk makanan yang berkualitas baik di Indonesia
    •> Misi : memperkenalkan produk pada masyarakat luas,memberikan kepuasan pada pelanggan,memanfaatkan bahan baku yaitu kulit pisang Sederhana ,mencari Keuntungan dari modal yang kecil,selain ingin mendapatkan keuntungan kami ingin mendapatkan berkah dalam usaha
    ini dengan moto “berbisnis juga beramal".

    Deskripsi perusahaan Dan produk atau layanan

    Pisang adalah salah satu buah yang digemari oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Rasanya yang enak, kandungan gizinya tinggi, mudahdidapat, dan harganya realatif murah. Jenis pisang banyak sekali antara lain pisang kepok, pisang ambon, pisang raja, pisang kapas, pisang susu dan masih banyak jenis pisang lainnya. Jenis pisang yang biasa digunakan oleh para pedagang pisang goremg, molen goreng dan para pengusaha makanan yangmenggunakan buah pisang sebagai bahan baku pada umumnya adalah pisang raja, pisang kepok, dan pisang ambon. Buah pisang mempunyai banyak manfaat, mulaidari daunnya, pelepah pisang, buah, dan umbi batang. Namun tak hanya itu saja,kulit buah pisang pun juga dapat dimanfaatkan. Selama ini ketika kita memakan buah pisang, kita hanya memakan buah dalamnya dan membuang kulit pisang begitu saja terkadang kita juga membuang kulit pisang disembarang tempat danhal itu bisa membahayakan orang lain.
    Kulit pisang merupakan bahan buangan (limbah buah pisang) yang cukup banyak jumlahnya. Pada umumnya kulit pisang belum dimanfaatkan secara nyata,hanya dibuang dan menjadi limbah organik atau digunakan sebagai makananternak seperti kambing, sapi, dan kerbau. Seperti kita ketahui pencemaran lingkungan bukan hanya dapat disebabkan oleh komponen non-organik seperti plastik saja, komponen organik sekalipun dapat menimbulkan masalah yang turut adil dalam pencemaran lingkungan walaupun waktu penguraiannya tidak lebih lama dari sampah non-organik.
    Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yangcukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat. Menurut penelitiantim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisangternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yangcukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata. Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak,meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit.
    Melihat disekitar kita banyak terdapat limbah kulit pisang yang terbuang begitu saja, padahal ada banyak begitu manfaat baik dalam segi kandungan nutrisimaupun segi ekonomis apabila hal tersebut dapat diolah dengan baik. Dengan rasaakan kesadaran terhadap lingkungan yang semakin tercemar oleh limbah, kami mencoba membuat inovasi dari limbah kulit pisang yang banyak dijumpai pada pedagang makanan yang memiliki bahan dasar dari buah pisang.
    Karakteristik masyarakat Indonesia salah satunya yaitu suka mengemil,dimana snack dan cemilan kering paling cocok dijadikan teman dalam berkumpulatau sembari menonton televisi. Salah satu cemilan kering yang digemari masyarakat kita yaitu kerupuk, beberapa menyebutkan bahwa terasa kurang lengkap apabila makan tanpa kerupuk. Dengan melihat peluang tersebut kamimemilih untuk mencoba membuat inovasi dari bahan baku kulit buah pisangmenjadi kerupuk, yang mana hal tersebut belum banyak kita jumpai.

    BalasHapus
  2. lanjutan deskripsi komentar saya (yogi)

    Keunikan produk

    Pisang kepok merupakan pisang berbentuk agak gepeng, bersegi dan kulit buahnya sangat tebal dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda coklat. Kulit pisang
    kepok dari pengolahan biasanya terbuang begitu saja. Jumlah kulit pisang dari buah pisang kira-kira sepertiga dari berat keseluruhan. Kandungan gizi kulit pisang cukup lengkap seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B, vitamin C dan air. Kandungan gizi inilah yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi manusia. Kulit pisang kepok dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi keripik. Pengolahan kulit pisang menjadi dodol memiliki beberapa keuntungan yaitu mengurangi limbah kulit pisang kepok, memanfaatkan
    kandungan gizi yang terdapat pada kulit pisang dan meningkatkan nilai ekonomis.
    Buah pisang kepok juga sangat berkhasiat untuk penyembuhkan penderita anemia karena dengan mengonsumsi buah pisang, kadar hemoglobin dalam darah meningkat. Kandungan kalium pada buah pisang dapat mengurangi tekanan stress, menurunkan tekanan darah, menghindari penyumbatan pada pembuluh darah, mencegah stroke, memberikan tenaga untuk berfikir dan menghindari kepikunan atau mudah lupa. Sementara serat pisang bermanfaat dalam membantu orang yang sedang diet, perokok yang ingin menghilangkan pengaruh nikotin, mengontrol suhu badan (khususnya ibu hamil), menetralkan asam lambung dan berbagai manfaat lainnya.
    Pisang kepok memiliki kandungan yang sangat bermanfaat salah satunya kaya akan vitamin B6, sebagaimana diketahui bahwa kekurangan B6 dapat menyebabkan letih mempengaruhi konsentrasi, insomnia, anemia dan penyakit kulit. Mengkonsumsi buah terutama pisang dalam jumlah yang cukup banyak sangat bermanfaat untuk tubuh karena pisang kaya akan mineral. Mineral merupakan unsur esensial bagi fungsi normal sebagian enzim
    Kegiatan pengolahan kulit pisang menjadi aneka makanan kulit pisang ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan melimpahnya limbah kulit pisang menjadi permen yang banyak diminati masyarakat sehingga kulit pisang yang sebelumnya hanya merupakan limbah saja dapat diolah menjadi bentuk makanan yang lebih menarik dan dapat dikomsumsi oleh masyarakat luas. Pengolahan kulit pisang menjadi permen kulit pisang juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa karena permen kulit pisang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan cangkang kulit pisang yang tidak diolah, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu menggerakan perkonomian masyarakat desa, para petani mampu meningkatkan kesejahteraannya agar tergerak menjadi masyarakat yang lebih sejahtera dan bahagia dari sisi ekonominya. Pisang kepok termasuk buah klimaterik sehingga mengalami kematangan dapat dilihat pada perubahan warna.kulit dimana sifat fisik dan kimia juga akan mengalami perubahan baik itu mengalami penurunan maupun kenaikan. pisang kepok juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi inflamasi, nyeri dan mengatasi gigitan ular (Imam, 2011). Natrium adalah kation utama dalam darah dan cairan ekstraselular yang mencakup 95% dari seluruh kation. Oleh karena itu, mineral ini sangat berperan dalam pengaturan cairan tubuh, termasuk tekanan darah dan keseimbangan asam basa, serta berperan pada regulasi tekanan osmotisnya juga pada pembentukan perbedaan potensial (listrik) yang perlu bagi kontraksi otot dan penerusan impuls saraf. Keunggulan dari produk olahan yang akan dihasilkan adalah :
    1) Produk olahan kulit pisang baik dan aman dikonsumsi karena mengandung vitamin B dan C, karbohidrat, serta kalsium.
    2) Produk olahan kulit pisang dalam bentuk keripik sehingga dapat bertahan hingga 7 hari setelah produksi.
    3) Produk kami memiliki berbagai varian rasa yang belum
    pernah ada.

    BalasHapus
  3. Lanjutan deskripsi komentar saya (yogi)

    Analisis pasar

    Strategi yang akan diterapkan dalam produksi pembuatan kerupuk kulit pisang kepok
    1. Kebijakan Produk : Usaha yang bergerak dalam bidang ini adalah produksi dan distribusi. Produk yang di hasilkan adalah kerupuk kulit pisang yang memiliki dua macam varian rasa yaitu original dan pedas. Supaya produk ini dapat menarik konsumen kami berupaya dalam pengemasan kerupuk dengan begitu akan memunculkan rasa penasaran dan minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk kami.
    2. Kebijakan harga : yang diberikan pada konsumen yaitu Rp.4000,00 per bungkus,Rp.3500,00 perbungkus bagi mitra distribusi
    3. Promosi : Dalam meningkatkan hasil penjualan produksi kerupuk kulit pisang ini maka diperlukan promosi, yaitu dengan memasarkan via onlinemelalui sosial media seperti facebook dan instagram. Dan kami berusahamembuat strategi pemasaran dari mulut ke mulut, supaya produk kamisemakin dikenal dan dilirik oleh konsumen.
    4. Sistem Distribusi : Distribusi produksi kepada konsumen yaitu dengan melakukan kerjasama dengan mitra distribusi yaitu toko-toko makanan ringan, pasar,internet dan pedagang asongan serta memasarkan sendiri.

    Tim yang bekerja

    Struktur perusahaan
    Ketua : Yogi
    Sekertaris : Agnesa
    Bendahara : Widia
    Pembelanjaan : Rindi, dinda, devi
    Produksi : Semua anggota
    Quality control : Arya nur, alvian, edo
    Pemasaran : Adi
    Driver (antar barang ) : Galang,candra,arya g

    Rencana memasarkan produk atau layanan

    > Proses pemasaran produk meliputi :
    1) Melalui distributor
    2) Langsung ke konsumen
    3) Brosur
    4) Pamphlet
    5) Mulut ke mulut
    6) Pedagang pasar yang dituju
    > Metode pemasaranya untuk produk Kulit Pisang Kepok ini menggunakan cara :
    1) Bekerja sama dengan produsen catering makanan atau snack.
    2) Menentukan harga se ekonomis mungkin untuk menarik konsumen.
    3) Menitipkan produk ke warung atau toko.
    4) Membuka warung sewaan dengan tempat yang strategis sehingga mudah dijangkau konsumen.
    5) Melaui brosur, mulut kemulut, dan pamphlet.

    BalasHapus
  4. Lanjutan deskripsi komentar saya (yogi)
    Analisa SWOT
    Analisa SWOT merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dari usaha yang didirikan. Berikut iniakan dipaparkan mengenai Analisa SWOT usaha Kerupuk Kulit Pisang ini.
    1). Kekuatan (Strenght)
    • Keunggulan produk saya mengangkat produk yang variatif dan inovatifserta ditujukanuntuk semua segmen pasar sehingga penjualan lebih besar
    • Bahan baku pembuatan produk ini mudah diperoleh karenamemanfaatkan limbah kulit pisang dari pedagang gorengan pisang yangnamyak dijumpai di daerah Tegal
    • Mudah dalam proses produksi
    • Modal untuk memulai usaha relatif kecil
    • Peralatan yang digunakan tidak terlalu mahal
    2). Kelemahan (Weakness)
    • Belum memiliki cukup pengalaman. Pengalaman untuk memulai usahamasih sangat minim danmerupakan pokok masalah yang harus diatasi
    • Kurangnya sumber daya manusia. Keterbatasan orang yang paham akan olahan kulit pisang menjadi kerupuk.
    • Produk tidak terlalu tahan lama karena tidak menggunakan pengawet
    3. Peluang (Opportunities)
    Di antara kerugian-kerugian yang ada, terdapat peluang besar bagi kerupuk kulit pisang untuk terus berkembang dan meningkatkan popularitasnya. Pertama, dengan adanya tren hidup sehat dan kesadaran akan pentingnya pola makan yang baik, kerupuk kulit pisang bisa memperluas pangsa pasar di kalangan konsumen yang peduli akan gizi.

    Selanjutnya, inovasi dalam varian rasa dan kemasan produk juga dapat menjadi peluang yang menarik bagi produsen kerupuk kulit pisang. Dengan memberikan variasi variasi yang menarik, seperti rasa pedas, keju, atau sarat rempah, kerupuk kulit pisang dapat menarik minat konsumen yang ingin mencoba sesuatu yang baru.

    4. Ancaman (Threats)
    Dalam menjalankan usaha, tentu ada juga ancaman yang harus dihadapi oleh produsen kerupuk kulit pisang. Salah satu ancaman yang utama adalah persaingan dari produk kerupuk lainnya. Memiliki inovasi dan strategi pemasaran yang unik menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.
    Selain itu, kebijakan pemerintah terkait regulasi produk makanan juga perlu diperhatikan sebagai ancaman potensial bagi produsen kerupuk kulit pisang. Standar keamanan pangan, labelisasi, dan sertifikasi produk merupakan hal yang harus dipatuhi supaya menghindari pelanggaran dan menjaga kualitas produk agar tetap terjaga baik.
    Secara keseluruhan, kerupuk kulit pisang adalah camilan yang menarik perhatian dengan rasa unik dan kandungan gizi yang tak terbantahkan. Dengan melihat analisis SWOT ini, para produsen dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman sehingga kerupuk kulit pisang semakin dikenal dan digemari oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  5. Lanjutan deskripsi komentar saya (yogi)

    1. Faktor Internal: Kekuatan dan Kelemahan Kerupuk Kulit Pisang
    Kekuatan (Strengths) kerupuk kulit pisang adalah faktor-faktor yang memberikan keunggulan kompetitif dalam industri ini.

    Beberapa kekuatan kerupuk kulit pisang antara lain:

    > Kulit pisang memiliki tekstur yang renyah dan gurih, memberikan pengalaman makan yang memuaskan bagi konsumen.
    > Kerupuk kulit pisang memiliki rasa yang unik dan autentik, menarik minat konsumen yang mencari makanan dengan cita rasa khas.
    > Produksi kerupuk kulit pisang dapat menggunakan bahan baku lokal yang lebih mudah didapatkan dan lebih murah.
    > Kerupuk kulit pisang dapat dijadikan alternatif makanan ringan yang lebih sehat dibandingkan dengan kerupuk jenis lainnya.

    2. Kelemahan (Weaknesses) kerupuk kulit pisang adalah faktor-faktor yang dapat membatasi keberhasilan produksi dan pemasaran kerupuk kulit pisang. Beberapa kelemahan kerupuk kulit pisang antara lain:

    > Kerupuk kulit pisang memiliki umur simpan yang lebih singkat dibandingkan dengan kerupuk jenis lainnya, sehingga membutuhkan penyimpanan dan distribusi yang lebih cepat.
    > Kebutuhan kerupuk kulit pisang akan pisang yang baik kualitasnya dapat menjadi kendala dalam memenuhi permintaan yang tinggi.
    > Persaingan dalam industri kerupuk kulit pisang cukup tinggi, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk memenangkan persaingan.
    > Proses produksi kerupuk kulit pisang masih melibatkan banyak tenaga kerja dan belum sepenuhnya terotomatisasi, sehingga mempengaruhi efisiensi produksi.

    2.Faktor Eksternal: Peluang dan Ancaman Kerupuk Kulit Pisang
    Peluang (Opportunities) kerupuk kulit pisang adalah faktor-faktor eksternal yang dapat memberikan manfaat positif terhadap produksi dan pemasaran kerupuk kulit pisang. Beberapa peluang kerupuk kulit pisang antara lain:

    > Peningkatan kesadaran masyarakat akan asupan makanan yang sehat dan alami, menjadikan kerupuk kulit pisang sebagai alternatif yang menarik.
    > Pasar ekspor yang luas, terutama ke negara-negara dengan minat tinggi terhadap makanan eksotis.
    > Perkembangan teknologi dalam proses produksi dan pengemasan yang lebih efisien, membantu meningkatkan produktivitas dan daya saing kerupuk kulit pisang.
    > Potensi pengembangan produk kerupuk kulit pisang dengan variasi rasa dan inovasi lainnya, menarik minat konsumen yang beragam.

    2. Ancaman (Threats) kerupuk kulit pisang adalah faktor-faktor eksternal yang dapat menjadi hambatan atau ancaman terhadap produksi dan pemasaran kerupuk kulit pisang. Beberapa ancaman kerupuk kulit pisang antara lain:

    > Persaingan yang ketat dengan produk kerupuk lainnya yang lebih terkenal dan sudah mapan di pasaran.
    > Perubahan tren konsumsi dan pola makan masyarakat yang dapat mengurangi minat terhadap kerupuk kulit pisang.
    > Perubahan iklim dan bencana alam dapat mempengaruhi ketersediaan bahan baku kerupuk kulit pisang.
    > Regulasi pemerintah terkait standar kualitas dan peraturan perdagangan internasional yang dapat mempengaruhi proses produksi dan ekspor kerupuk kulit pisang.

    BalasHapus
  6. Lanjutan Deskripsi komentar saya (yogi)

    Rencana Uang masuk dan keluar

    > Uang modal(keluar) :
    - buah dan kulit pisang kepok Rp. 10.000,
    - Tepung Tapioka 1 Kg Rp.8.000,
    - Bumbu-Bumbu - Rp. 20.000,
    - Minyak Goreng 3 Lt Rp. 32.000,
    - Plastik Pembungkus 1 pack Rp. 20.000,
    Total Rp. 90.000,00
    > Uang masuk (Keuntungan)
    1 bungkus kerupuk kulit pisang kepok Rp. 4000,jika yang beli 1 Hari 25 bungkus Jadi Rp. 100.000, jika dalam 1 bulan 1 Hari yang beli 20 bungkus Jadi Rp. Rp. 100.000, X 30 hari = Rp. 3.000.000
    Jadi bisa disimpulkan bahwa usaha produk kerupuk kulit pisang kepok ini sangat menguntungkan oleh karena itu saya memilih usaha ini Karena bahan Mudah didapat dan mendapatkan Keuntungan yang banyak dengan tetap mempertahankan kualitas produk kerupuk kulit pisang kepok yang enk

    Kesimpulan dan saran

    A. Kesimpulan
    Kerupuk Kulit Pisang merupakan cemilan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh oleh karena itu saya menciptakan produk ini atas praktikum pembuatan kerupuk kulit pisang kepok yang saya lakukan dan untuk mencari peluang bisnis dengan menggunakan bahan limbah yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, saya sangat mengharapkan produk yang saya buat dapat diterima dan dapat disenangi oleh para konsumen dan tertanam dibenak masyarakat luas.

    B. Saran
    a. Jangan takut untuk memulai suatu bisnis karena sesungguhnya halangan terbesar ternyata berasal dari dalam diri kita sendiri.
    b. Sekali telah memulai bisnis makatekunilah dan jalankan
    dengan disiplin untuk mencapai kemajuan yang di inginkan.
    c. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk dengan mutu yang terbaik karena sebaikbaik nya iklan adalah dari
    mulut-ke mulut dan seburuk-buruknya komplain adalah juga dari mulut ke mulut, nama besar produk dan brand
    image adalah aset yang wajib dijaga.

    ~Sekian dari komentar saya~

    Nama : Achmad Seftiano Yogi Prayuda
    Kelas : XII Kimia industri 1
    No. Absen : 3
    ~Terima kasih~

    BalasHapus
  7. Nama: Agnesya Putri Agustin
    Kelas : XII KI 1
    Absen: 06
    Pembuatan donat kentang

    1. Visi dan misi
    Visi :
    Menjadikan Donat Kentang ki1 sebagai perusahaan makanan kue yang terpercaya, terbaik dan menjadi merek yang di kenal dikalangan masyarakat dan bercita rasa bagi pelanggan.

    Misi :
    Mengutamakan kemudahan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dalam proses pemilihan,pemesanan, penerimaan produk dan pembayarannya.
    Memberikan dan mempertahankan variasi akan cita rasa donat dan berbagai bentuk donat yang menarik.
    Mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk secara terus menerus yang berbeda dengan penjual donat lainnya
    Menjadi toko donat yang amanah terpercaya oleh masyarakat karena memiliki rasa dan kualitas donat kentang yang baik
    Mampu bersaing dengan toko donat yang telah ada

    2. Deskripsi perusahaan dan produk atau layanan

    Bisnis usaha Donat kentang ki1 ini bergerak dalam bidang makanan di Indonesia khususnya pada sektor donat. Kue donat kentang adalah salah satu varian donat yang semakin populer. Selain memiliki rasa yang lezat, kue donat kentang juga memiliki beberapa manfaat yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dinikmati, Kue donat kentang mengandung karbohidrat kompleks dari kentang yang memberikan energi yang tahan lama. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi tubuh, dan mengonsumsi kue donat kentang dapat memberikan pasokan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.
    Kue donat kentang juga mengandung serat pangan dari kentang yang bermanfaat bagi pencernaan. Serat membantu memperlancar sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Kentang sebagai salah satu bahan utama dalam kue donat kentang mengandung berbagai zat gizi penting seperti vitamin C, vitamin B6, potassium, dan magnesium. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B6 membantu fungsi otak dan sistem saraf. Potassium dan magnesium penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
    Mengenyangkan: Kue donat kentang mengandung kombinasi karbohidrat, lemak, dan protein yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan berlebih dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Kue donat kentang memiliki beragam varian rasa yang bisa dinikmati, mulai dari donat dengan taburan gula halus, hingga donat dengan berbagai topping dan isian yang menggugah selera. Kue donat kentang memberikan variasi rasa yang menarik untuk dinikmati oleh semua orang.
    Meskipun kue donat kentang memiliki manfaat-manfaat tersebut, tetap penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang. Menghindari mengonsumsi terlalu banyak gula dan lemak jenuh yang terdapat dalam kue donat kentang adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

    3. Keunikan produk

    Donat kentang ki1 ini menyediakan berbagai menu donat dengan bervarian rasanya. Bentuknya yang unik membuat donat ini memiliki ciri khas tersendiri. Pada umumnya donat memiliki bulatan pada bagian tengahnya, namun Donat ki1 memiliki bentuk bulat dalam ukuran yang sedang. Untuk topping yang disediakan pun beraneka ragam mulai dari cokelat meses, keju parut yang gurih, taburan cokelat warna – warni, dan beberapa topping lainnya. Dari segi tampilan, donat ini sangat menarik dan rasanya yang pas sehingga tidak mengecewakan lidah para penikmatnya. Teksturnya yang lembut dan citarasa manis dari topping nya membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan. Kue donat yang disediakan di Kedai Donat ki1 selalu fresh dan bersih. Selain itu juga, para pembeli yang datang ke kedai donat ki1 dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatannya mulai dari adonan, penggorenggan hingga penambahan topping. Donat kentang ki1 ini juga bisa dijadikan sebagai sajian di acara syukuran, ulang tahun, arisan, atau acara – acara lainnya. Namun perlu diketahui, kamu harus memesannya terlebih dahulu dengan mendatangi kedai Donat Kentang ki1 dan memilih sendiri berbagai macam varian dan jumlah donat yang kamu butuhkan

    BalasHapus
  8. 4. Analisi pasar Analisis pasar

    Strategi yang akan diterapkan dalam produksi pembuatan donat kentang ini adalah
    1. Kebijakan Produk : Usaha yang bergerak dalam bidang ini adalah produksi dan distribusi. Produk yang di hasilkan adalah donat kentang yang memiliki macam varian rasa Supaya produk ini dapat menarik konsumen kami berupaya dalam pengemasan kerupuk dengan begitu akan memunculkan rasa penasaran dan minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk kami.
    2. Kebijakan harga : yang diberikan pada konsumen yaitu 1 buah donatnya dengan harga, Rp 3.000 per bungkus nya 1 kotak harganya, Rp 10.000
    3. Promosi : Dalam meningkatkan hasil penjualan produksi donat kentang ini maka diperlukan promosi, yaitu dengan memasarkan via online melalui sosial media seperti facebook dan instagram. Dan kami berusaha membuat strategi pemasaran dari mulut ke mulut, supaya produk kami semakin dikenal dan dilirik oleh konsumen.
    4. Sistem Distribusi : Distribusi produksi kepada konsumen yaitu dengan melakukan kerjasama dengan mitra distribusi yaitu toko-toko makanan ringan, pasar,internet dan pedagang asongan serta memasarkan sendiri.

    5. Tim yang bekerja

    Struktur perusahaan
    Ketua : Yogi
    Sekertaris : Agnesa
    Bendahara : Widia
    Pembelanjaan : Rindi, dinda, devi
    Produksi : Semua anggota
    Quality control : Arya nur, alvian, edo
    Pemasaran : Adi
    Driver (antar barang ) : Galang,candra,arya g

    BalasHapus
  9. lanjutan Agnesya putri ☝️

    BalasHapus
  10. Lanjutan Agnesya Putri
    6. Rencana memasarkan produk atau layanan

    > Proses pemasaran produk meliputi :
    1) Melalui distributor
    2) Langsung ke konsumen
    3) Brosur
    4) Pamphlet
    5) Mulut ke mulut
    6) Pedagang pasar yang dituju

    Bukan hanya itu saja Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah kue donat. Usaha kue ini memiliki prospek pasar yang sangat baik karena kue donat merupakan salah satu kue yang banyak dicari oleh masyarakat. Jadi kesimpulannya untuk target sasaran ini bukan hanya untuk anak kecil saja melainkan semua kalangan masyarakat para remaja remaja

    7. Analisa SWOT

    a. 5 Analisa SWOT Kekuatan(Strengths) Usaha Donat Kentang

    1. Resep donat kentang yang unik dan berbeda dari donat pada umumnya. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi favorit pelanggan.
    2. Donat kentang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti kentang segar dan tepung terbaik.
    3.Pelanggan dapat memilih berbagai varian toping sesuai dengan selera mereka.
    4. Usaha donat kentang memiliki lokasi strategis yang dekat dengan sekolah-sekolah dan perkantoran, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat target pasar.
    5. Pelayanan yang cepat dan ramah dari para karyawan membuat pelanggan merasa dihargai dan kembali lagi

    b. Kelemahan (Weaknesses) Usaha Donat Kentang
    1.Varian rasa donat kentang masih terbatas, sehingga beberapa pelanggan mungkin merasa bosan setelah mencoba semua varian yang ada.
    2.Persediaan bahan baku yang terbatas dapat menyebabkan kehabisan stok dan membuat pelanggan kecewa.
    3.Proses produksi donat kentang membutuhkan waktu relatif lama, sehingga dapat mempengaruhi ketersediaan produk di jam-jam tertentu.
    4.Usaha donat kentang belum memiliki sistem pemesanan online yang terintegrasi, sehingga masih terjadi kesalahan dalam pengelolaan pesanan pelanggan.
    5.Staf produksi yang terbatas dapat mempengaruhi efisiensi produksi dan ketepatan waktu dalam pengiriman pesanan pelanggan

    C.Peluang (Opportunities) Usaha Donat Kentang
    1. Potensi pasar yang besar untuk makanan cepat saji di daerah perkantoran dan sekolah-sekolah.
    2. Peningkatan kesadaran masyarakat akan pola makan sehat dan makanan ringan yang rendah lemak menjadi peluang untuk memperluas varian rasa donat kentang.
    3. Peluang untuk bekerja sama dengan produsen kentang lokal guna memastikan pasokan bahan baku yang stabil dan berkualitas.
    4. Sinergi dengan toko kopi atau teh untuk menawarkan paket donat kentang dan minuman sebagai paket hemat.
    5. Pemasaran melalui influencer kuliner atau selebriti dapat meningkatkan popularitas usaha donat kentang secara signifikan

    d. Ancaman (Threats) Usaha Donat Kentang
    1. Persaingan yang ketat dengan usaha donat kentang sejenis dapat menyebabkan penurunan pangsa pasar atau harga jual yang lebih rendah.
    2. Krisis ekonomi dapat mempengaruhi daya beli pelanggan dan menyebabkan penurunan penjualan donat kentang.
    3. Kenaikan harga bahan baku seperti tepung, minyak, dan kentang dapat menciptakan tekanan pada profitabilitas usaha donat kentang.
    4. Perubahan tren makanan cepat saji dan preferensi pelanggan dapat mengurangi minat pada donat kentang.
    5. Tuntutan regulasi pemerintah terkait perizinan usaha dan standar kebersihan dan keamanan pangan dapat meningkatkan biaya operasional

    BalasHapus
  11. Nama: Arindya Annisa Rahmadany
    Kelas: XII KI 1
    No Absen: 19
    Pembuatan Donat Kentang

    1. Visi Dan Misi Perusahaan

    1. VISI

    Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses

    2. MISI

    A. Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen
    B. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini C.Mengembangkan makanan dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat menengah keatas.
    D. Kreatif dan Inovatif dalam membuat rasa atau model bentuk donat yang baru
    E. Teliti dalam berusaha,menciptakan daya tarik baru makanan berkelas,dengan menjamin mutu, kualitas dan kuantitas produk

    BalasHapus
  12. 2. Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan

    Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk donat kentang yang berbeda dengan donat yang sudah ada dipasaran.
    Berbagai macam toping dan isi didalam donat kentang kami menjadi menu utama.Donaat kentang sangat berbeda dengan donat-donat yang sudah ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari sayuran jadi donat kentang ini sangatlah sehat namun tetapbmenjaga cita rasa yang berkualitas. Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para penggemar donat untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan
    mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donat Kentang” akan dapat
    bersaing dengan usaha lain yang serupa.

    BalasHapus
  13. 3. Keunikan Produk

    Donat yang kami buat memiliki adonan yang sedikit berbeda dari donat yang lain. Bukan hanya tepung, melainkan ada campuran lain yang membuat rasanya semakin renyah,yaitu kentang

    Kentang dikukus, kemudian ditumbuk sampai halus. Baru selanjutnya dicampur ke adonan tepung hingga merata.

    BalasHapus
  14. 4. Analisis Pasar
    Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu "PRODUCT, PRICE,PROMOTION dan PLACE"
    1.Produk

    Didalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.

    2. Price (Harga)

    Harga dalam strategi pemasaran adalah suatu komponen yang sangat relative untuk dilakukan tergantung jenis konsumen yang mana yang akan saya jadikan sasaran Dalam hal ini saya melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha lainya berlomba-lomba membuat produk donat dengan menawarkan harga yang relative murah,jadi saya mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadikan masyarakat menengah keatas sebagai sasaran pemasaran, masyarakat yang lebih melihat dari segi produk bukan harga yang ditawarkan

    Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
    Sehingga saya memutuskan untuk menentukan harga jual produk saya sebesar
    Harga Jual: Rp. 2.500,-

    3. Promosi

    Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung-warung, dan iklan, saya menggunakan beberapa cara promosi yaitu:

    a. face to face
    b. melalui media social seperti facebook, WhatsApp dan instagram
    C. mouth to mouth atau dari mulut kemulut
    d. menggunakan situs jual beli online
    e. berkerja sama dengan pemilik market atau took khusus penjual donat ( relasi/rekan kerja)

    4. Place

    Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang
    membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
    a. Distribusi secara langsung
    b. Distribusi secara tidak langsung

    BalasHapus
  15. 5. Tim yang bekerja

    • Ketua : Achmad Seftiano Yogi.P

    • Sekertaris : Agnesya Putri Agustin

    • Bendahara : Ari Suci Widianingrum

    • Pembelanjaan :
    1. Arindya Annisa Rahmadany
    2. Dinda Aprilia
    3. Devi Alifia Sabilla Safa

    • Produksi : Seluruh Anggota

    • Quality control :
    1. Arya Nur Fathkurachma
    2. Alfian Tri Ainur R
    3. Alfredo Zadda Nur

    • Pemasaran : Adi Prastyo

    • Driver (antar barang ) :
    1. Achmad Galang D.F
    2.Candra Setiawan
    3. Arya Geraldy

    BalasHapus
  16. 6. Rencana memasarkan produk atau layanan

    Proses pemasaran produk meliputi :
    1. Melalui distributor
    2. Langsung ke konsumen
    3. Brosur
    4. Pamphlet
    5. Mulut ke mulut
    6. Pedagang pasar yang dituju

    BalasHapus
  17. 7. Analisa Swot

    1. Strength (Keunggulan)

    A. Produk mudah dipasarkan
    B. Cita rasa produk yang khas
    C. Harga termasuk murah
    D. Bentuk panganan yang menarik dan berbeda beda

    2. Weakness (Kelemahan)

    A. Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak, lezat,bergizi
    B. Kerugian akibat barang rusak
    C.Kurangnya karyawan dalam produksi

    3. Opprtunity (Peluang)

    A. Banyak orang tua ataupun anak-anak yang menyukai makanan donat yang lembut
    B. Proses distribusi mudah
    C. Sudah memiliki relasi usaha dalam bidang distribusi atau took
    D. Masyarakat yang kini lebih pintar dan modern yang lebih mementingkan kualitas produk dari pada harga yang murah
    E. Gaya/Trend masyarakat modern yang tidak mau ketinggalan jaman buat
    mencoba/membeli sesuatu

    4. Treatment (Ancaman)

    Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dangan harga setara.

    BalasHapus
  18. A. Kesimpulan

    Melalui praktik bazar/kewirausahaan diharapkan mampu menjadi motivasi bagi siswa-siswi untuk lebih kreatif dan dijadikan pengalaman dalam berwirausaha serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

    B. Saran

    Demi sempurnanya produk dan proposal yang saya sajikan, dengan kerendahan hati saya menerima saran dan kritik membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  19. Nama : Dinda Aprilia
    Kelas : XII-KI-1
    No.Absen :28
    PRATIKUM PEMBUATAN KERUPUK KULIT PISANG
    1. Visi dan Misi Perusahaan
    1.1 Visi
    Visi usaha kami yakni memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia "Kerupuk Kulit Pisang" selain itu juga kami berusaha mengolah limbah sehingga mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat dan bisa mengolah limbah dengan baik menjadi makanan cepat saji atau cemilan.
    1.2 Misi
    Adapun Misi yang Kami Coba Kami Terapkan adalah :
    1. Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
    2. Memberikan kepuasan pada pelanggan
    3.Memanfaatkan bahan baku yaitu, kulit pisang yang sederhana
    4. Mencari keuntungan dari modal yang kecil
    5. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk secara terus menerus yang berbeda dengan perusahaan kerupuk lainnya
    6. Menjadi perusahaan kerupuk kulit yang amanah terpercaya oleh masyarakat karena memiliki rasa dan kualitas kerupuk kulit pisang yang baik
    7.Mampu bersaing dengan perusahaan kerupuk kulit pisang yang telah ada

    2. Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan
    Di zaman modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak hal-hal yang instan, tidak terkecuali makanan. Proses yang instan inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan. Meski begitu menjamurnya makanan-makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi
    Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami guna mencoba memproduksi

    BalasHapus
  20. Lanjutan (Dinda Aprilia/28)
    suatu makanan dari bahan limbah yang tidak kalah menarik dengan makanan instan. Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar makanan. Produk tersebut adalah "kerupuk Kulit Pisang".

    Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami beri nama "KERUPUK KUPIS".
    Pisang adalah salah satu buah yang digemari oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Rasanya yang enak, kandungan gizinya tinggi, mudah didapat, dan harganya realatif murah. Jenis pisang banyak sekali antara lain pisang kepok, pisang ambon, pisang raja, pisang kapas, pisang susu dan masih banyak jenis pisang lainnya. Jenis pisang yang biasa digunakan oleh para pedagang pisang goreng, molen goreng dan para pengusaha makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan baku pada umumnya adalah pisang raja, pisang kepok, dan pisang ambon. Buah pisang mempunyai banyak manfaat, mulai dari daunnya, pelepah pisang, buah, dan umbi batang. Namun tak hanya itu saja, kulit buah pisang pun juga dapat dimanfaatkan. Selama ini ketika kita memakan buah pisang, kita hanya memakan buah dalamnya dan membuang kulit pisang begitu saja. Terkadang kita juga membuang kulit pisang disembarang tempat dan hal itu bisa membahayakan orang lain.
    Kulit pisang merupakan bahan buangan (limbah buah pisang) yang cukup banyak jumlahnya. Pada umumnya kulit pisang belum dimanfaatkan secara nyata. hanya dibuang dan menjadi limbah organik atau digunakan sebagai makanan ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau. Seperti kita ketahui pencemaran lingkungan bukan hanya dapat disebabkan oleh komponen non-organik seperti plastik saja, komponen organik sekalipun dapat menimbulkan masalah yang turut andil dalam pencemaran lingkungan walaupun waktu penguraiannya tidak lebih lama dari sampah non-organik.
    Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B. kalsium, protein dan karbohidrat. Menurut penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yang cukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata. Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak, meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit.
    Melihat disekitar kita banyak terdapat limbah kulit pisang yang terbuang begitu saja, padahal ada banyak begitu manfaat baik dalam segi kandungan nutrisi maupun segi ekonomis apabila hal tersebut dapat diolah dengan baik. Dengan rasa akan kesadaran terhadap lingkungan yang semakin tercemar oleh limbah, kami mencoba membuat inovasi dari limbah kulit pisang yang banyak dijumpai pada pedagang makanan yang memiliki bahan dasar dari buah pisang.
    Karakteristik masyarakat Indonesia salah satunya yaitu suka mengemil, dimana snack dan cemilan kering paling cocok dijadikan teman dalam berkumpul atau sembari menonton televisi. Salah satu cemilan kering yang digemari masyarakat kita yaitu kerupuk, beberapa menyebutkan bahwa terasa kurang lengkap apabila makan tanpa kerupuk. Dengan melihat peluang tersebut kami memilih untuk mencoba membuat inovasi dari bahan baku kulit buah pisang menjadi kerupuk, yang mana hal tersebut belum banyak kita jumpai.

    BalasHapus
  21. Lanjutan (Dinda Aprilia/28)
    3. Keunikan Produk
    Nama produk ini adalah “Pemanfaatan Kulit Pisang Kepok (Kerukupis) dalam Meminimalisir Limbah Kulit Pisang” yang merupakan salah satu olahan dari kulit pisang. Keunikan dari produk itu sendiri ialah makanan ringan yang jarang ditemukan dan dipasarkan karena mengingat pengolahan yang dihasilkan dari limbah makanan yang tidak layak dikonsumsi, tetapi dengan adanya inovasi dan ide baru untuk menghasilkan produk yang berbentuk makanan. dengan varian rasa yang memanjakan lidah bagi konsumen yang mengkonsumsinya.
    Berbicara tentang pemanfaatan kulit pisang bukanlah hal yang baru. Kandungan senyawa kimia yang dikandung oleh kulit pisang sangat banya sekali, bahkan penelitian terakhir menunjukkan bahwa ekstrak air kulit pisang kaya akan senyawa serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang diperlukan tubuh kita terutama pada orang yang menderita depresi. Pada penderita depresi kadar serotonin berkurang hal ini dikarenakan aktivitas enzim monoamine oksidase yang terlalu kuat dalam menguraikan amin biogenik seperti serotonin ini. Kekurangan serotonin dapat dihilangkan dengan pemberian ekstrak air kulit pisang yang kaya akan senyawa serotonin.
    Pisang kepok termasuk buah klimaterik sehingga mengalami kematangan dapat dilihat pada perubahan warna kulit dimana sifat fisik dan kimia juga akan mengalami perubahan baik itu mengalami penurunan maupun kenaikan. pisang kepok juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi ainflamasi, nyeri dan mengatasi gigitan ular (Imam, 2011). Natrium adalah kation utama dalam darah dan cairan ekstraselular yang mencakup 95% dari seluruh kation. Oleh karena itu, mineral ini sangat berperan dalam pengaturan cairan tubuh, termasuk tekanan darah dan keseimbangan aasam basa, serta berperan pada regulasi tekanan osmotisnya juga pada pembentukan pearbedaan potensial (listrik) yang perlu bagi kontraksi otot dan penerusan impuls saraf.
    •Keunggulan dari produk olahan yang akan dihasilkan adalah :
    1) Produk olahan kulit pisang baik dan aman dikonsumsi karena mengandung vitamin B dan C, karbohidrat, serta kalsium.
    2) Produk olahan kulit pisang dalam bentuk Kerupuk sehingga dapat bertahan hingga _+3 hari setelah produksi.
    3) Produk kami memiliki berbagai varian rasa, bentuk yang belum pernah ada.(Asin,Gurih& Renyah)

    4. Analisis Pasar.
    Supaya produk Kerupuk Kulit Pisang ini diminati banyak kalangan maka perlu mengetahui strategisnya. Misalnya :
    1. Dengan memberi diskon pada setiap produk Kerupuk Kulit Pisang dijual ( Untuk Pembelian pertama saat kedai baru saja dibuka)
    2. Membuat aneka varian rasa supaya menarik minat konsumen.
    3. Menjual produk Kerupuk Kulit Pisang dengan harga terjangkau sehingga siapa pun bisa membelinya. (Kisaran harga Rp. 5000 _ Rp 10.000 , Tergantung berat kemasan kerupuk kulit pisang)
    4. Dipasarkan melalui media sosial , misalnya : WhatsApp, Instagram, Facebook, Tiktok. Karena media sosial saat ini sangat berpengaruh dalam berkembangnya bisnis dan menarik pembeli itu membeli produk yang kita jual.

    BalasHapus
  22. Lanjutan (Dinda Aprilia/28)
    5. Tim yang Bekerja
    Struktur Perusahaan
    • Ketua : Achmad Seftiano Yogi.P
    • Sekertaris : Agnesya Putri Agustin
    • Bendahara : Ari Suci Widianingrum
    • Pembelanjaan :
    1. Arindya Annisa Rahmadany
    2. Dinda Aprilia
    3. Devi Alifia Sabilla Safa
    • Produksi : Seluruh Anggota
    • Quality control :
    1. Arya Nur Fathkurachma
    2. Alfian Tri Ainur R
    3. Alfredo Zadda Nur
    • Pemasaran : Adi Prastyo
    • Driver (antar barang ) :
    1. Achmad Galang D.F
    2.Candra Setiawan
    3. Arya Geraldy

    6. Rencana Memasarkan Produk atau Layanan
    Proses pemasaran produk meliputi :
    1. Melalui distributor
    2. Langsung ke konsumen
    3. Brosur
    4. Pamphlet
    5. Mulut ke mulut
    6. Pedagang pasar yang dituju.

    7. Analisis SWOT
    Analisis SWOT kerupuk kulit pisang adalah suatu metode analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) terhadap produksi, pemasaran, dan konsumsi kerupuk kulit pisang.
    SWOT merupakan singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Dalam analisis SWOT kerupuk kulit pisang, kita akan mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan produksi dan pemasaran kerupuk kulit pisang.
    1. Identifikasi Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weaknesses) Internal
    Langkah pertama adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal kerupuk kulit pisang. Anda dapat melakukan observasi langsung terhadap proses produksi, kualitas produk, pemasaran, sumber daya manusia, dan aspek-aspek lain yang terkait.
    2. Identifikasi Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) Eksternal
    Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal yang dapat mempengaruhi produksi dan pemasaran kerupuk kulit pisang. Anda dapat melakukan riset pasar, memantau tren konsumsi, dan mempelajari faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi industri makanan ringan.
    3. Analisis Internal dan Eksternal
    Setelah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, langkah selanjutnya adalah menganalisis hubungan antara faktor-faktor internal dan eksternal. Misalnya, apakah kekuatan internal dapat mendukung peluang eksternal yang ada? Atau sebaliknya, apakah kelemahan internal dapat memperburuk ancaman eksternal yang ada?
    4. Perumusan Strategi
    Berdasarkan analisis SWOT, langkah terakhir adalah merumuskan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman. Strategi-strategi ini dapat berkaitan dengan pengembangan produk, pemasaran, operasional, atau kepemimpinan dalam industri.

    BalasHapus