Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami berbagai kaidah tentang bahasa Indonesia ragam ilmiah serta penulisan karya ilmiah serta mampu
menerapkannya dalam praktik penulisan karya ilmiah.
- Pengertian karya tulis ilmiah, Ciri-ciri karya tulis ilmiah, Jenis-Jenis karya tulis Ilmiah
- Ciri-ciri Bahasa ilmiah
- Tahap-tahap penulisan karya ilmiah. (1) Tahap persiapan (2) Pengumpulan data (3) Pengorganisasian dan pengonsepan (4) Pemeriksaan/penyuntingan (5) Penyajian
- Pemakaian tanda baca dalam bahasa Indonesia, Pemakaian ejaan dalam bahasa Indonesia.
- Kaidah penyerapan istilah asing, istilah asing dalam bidang tertentu (register).
- Pilihan kata (diksi) dalam penulisan karya ilmiah
- Ketepatan makna dan bentuk kata baku dan tidak baku
- Prinsip-prinsip kalimat efektif : (1) prinsip kebakuan (2) prinsip kesepadanan (3) prinsip kesejajaran
- Lanjutan prinsip - prinsip kalimat efektif : (4) prinsip penekanan (5) prinsip kehematan (6) prinsip kevariasian
- Pengertian paragraf, Ciri-ciri paragraf yang baik, Pengembangan paragraf
- Organisasi karangan : (1) Penentuan tema, topik, tesis, dan judul (2) Penulisan bagian pendahuluan karangan (3) Penulisan bagian isi karangan
- lanjutan Organisasi karangan : (4) Penulisan bagian simpulan atau penutup (5) Penulisan kutipan, catatan kaki, dan daftar pustaka
- Kegiatan praktik menulis karya ilmiah : (1) Kegiatan prapenulisan (2) Penulisan draf (3) Revisi draf (peer review)
- lanjutan kegiatan praktik menulis karya ilmiah : (4) Penyuntingan format dan bahasa (5) publikasi
Daftar Pustaka :
- Prayitno, Harun Joko, dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muham- madiyyah University Press. Arifin, E. Zainal. 1998. Dasar-Dasar Penulisan Karya ilmiah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Widjono Hs. 2005. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum pembentukan Istilah. Bandung: CV. Yrama Widya.
- Pusat Bahasa Depdiknas. 2003. Pengindonesiaan Kata dan Ungkapan Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Pusat Bahasa Depdiknas. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Soeparno, dkk. Bahasa Indonesia untuk Ekonomi. Yogyakarta: Ekonisia.
- Wibowo, Wahyu. 2005. Enam Langkah Jitu Agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Razak, A. 1992. Kalimat Efektif. Jakarta: Gramedia.
- Kuntarto, Niknik M. 2007. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media
KUMPULAN :
1 Pendahuluan
BalasHapusPendahuluan memuat latar belakang berdasarkan analisis situasi lapangan, analisis kebutuhan, analisis masalah, dan tinjauan pustaka terkini yang relevan dengan masalah, dan tujuan penulisan. Naskah ini ditulis secara mengalir tanpa sub-judul.
7. 2 Metode penelitian
Metode penelitian memuat penjelasan tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan, jenis data yang diperlukan, metode pengumpulan data, metode analisis data dan hal-hal lain yang relevan dengan pelaksanaan penelitian.
8. 3 Hasil dan pembahasan
Bagian ini dapat diuraikan dalam beberapa sub-bagian sesuai dengan variabel penelitian. Tiap sub-bagian menyajikan hasil penelitian dalam bentuk deskripsi data, analisis data, dan intepretasi data, dan pembahasan. Hasil penelitian ini dibandingkan dengan teori-teori dan hasil penelitian lain yang terkini dan relevan.
9. 4 Simpulan dan saran
Bagian ini berisi simpulan hasil penelitian dan saran atau rekomendasi.
10. Ucapan terima kasih
Ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak yang sangat membantu dalam pendanaan dan pelaksanaan kegiatan penelitian disajikan dalam bagian ini.
11. Daftar pustaka
Bagian ini berisi seluruh rujukan yang dipakai dalam penyusunan makalah. 12. Lampiran
Lampiran memuat instrumen penelitian, data mentah penelitian, dan hal-hal lain yang perlu.
Penulisan makalah ini dilakukan sesuai dengan templet dalam Format 3.3.
Bagian awal
BalasHapusBagian awal mencakup hal-hal sebagai berikut.
1. Halaman muka (Format 1.12). 2. Halaman persetujuan ujian skripsi (sebelum ujian skripsi, Format 1.13) atau Halaman
pengesahan skripsi oleh dosen pembimbing (setelah ujian skripsi, Format 1.16). 3. Halaman pengesahan skripsi oleh tim penguji (Format 1.17). 4. Halaman pernyataan (Format 1.18). 5. Prakata (Format 1.19). 6. Daftar isi.
7. Daftar tabel.
8. Daftar gambar.
9. Daftar lampiran.
10. Abstrak (Format 1.21).
Abstrak merupakan ringkasan singkat yang memuat tujuan penelitian, metode penelitian,
BalasHapusdan hasil penelitian (maks. 250 kata) yang disertai dengan kata-kata kunci. Abstrak ditulis
dengan satu spasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 1.3.5.2 Bagian Inti
Bagian inti skripsi memuat hal-hal berikut ini.
1. BAB I PENDAHULUAN
Bab ini memuat 1) latar belakang penelitian berdasarkan analisis situasi lapangan, ana
Diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan). Penggunaan ketepatan pilihan kata ini dipengaruhi oleh kemampuan pengguna bahasa yang terkait dengan kemampuan mengetahui, memahami, menguasai, dan menggunakan sejumlah kosakata secara aktif yang dapat mengungkapkan gagasan secara tepat sehingga mampu mengomunikasikannya secara efektif kepada pembaca atau pendengarnya.
BalasHapusIndikator ketepatan pilihan kata tersebut adalah sebagai berikut:[1]
mengomunikasikan gagasan berdasarkan pilihan kata yang tepat dan sesuai berdasarkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar;
menghasilkan penafsiran atau pemaknaan yang tepat, tidak ambigu, dan tidak menyebabkan salah paham;
menghasilkan respons pembaca atau pendengar sesuai harapan penulis atau pembicara; serta
menghasilkan target komunikasi yang diharapkan.
Diksi dalam pembuatan karya sastra memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
membuat orang yang membaca ataupun mendengar karya sastra menjadi lebih paham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang;
membuat komunikasi menjadi lebih efektif;
melambangkan ekspresi yang ada dalam gagasan secara verbal (tertulis ataupun terucap); serta
membentuk ekspresi ataupun gagasan yang tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar ataupun pembacanya.
Deddy Kurniawan P.S.(212110002) Prodi Teknik Kimia Hadir
BalasHapushttps://drive.google.com/drive/u/2/folders/1ju8m2NQ5EQOcXfMJRbN0VBEc3RYPf9gZ
BalasHapus