Karakter soal HOTS
- Mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi
- Menuntut kemampuan berfikir kritis
- Meminimalisir kemampuan mengingat kembali
- Transfer dari konsep ke konsep
- Menggunakan penalaran dan logika
"Sulit tidak mesti HOTS"
Teknik penulisan soal HOTS :
Ciri-ciri asesment kontekstual :
Asesment tradisional
Asesmen kontekstual
Langkah menyusun soal HOTS :
Baca pula : Materi HOTS dari Pak Hamid
- Mengetahui pengetahuan untuk penyelesaian masalah
- Menyediakan berbagai macam data
- Data-data memberikan informasi sehingga dapat diolah lebih lanjut
- Mengacu kepada kaidah penulisan soal :
- (Jumlah soal/ jumlah pilihan plus minus 3)
- Panjang jawaban harus hampir sama
- Jawaban benar dan salah tidak mencolok
- Jika jawaban berupa angka/ nominal harus diurut
- Soal jangan sampai ambigu
Ciri-ciri asesment kontekstual :
- Peserta didik mengkonstruksi responnya sendiri
- Tugas merupakan tantangan dunia nyata
- Memungkinkan banyak jawaban benar
Asesment tradisional
- Cenderung memilih respon yang diberikan
- Konteks dunia kelas
- Tidak cenderung teoritas
Asesmen kontekstual
- Mengekpresikan respon
- Konteks dunia nyata
- Pembuktian toeri, hitung, nyata
Langkah menyusun soal HOTS :
- Menganalisis KD yang dapat dibuat soal HOTS
- Menyusun kisi-kisi soal
- Memilih stimulus
- Menulis butir pertanyaan
- Sesuai kaidah
- Pedoman pensekoran (rubrik), kunci jawaban bila pilihan ganda
- Menyusun Stimulus
- Menyusun indikator soal
- A : Audiens
- B : Behaviour
- C : Condition
- D : Degree (tujuan)
Baca pula : Materi HOTS dari Pak Hamid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar